Nyangka, Nggak Nyangka! ini Dia 17 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Nyangka, Nggak Nyangka! ini Dia 17 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan
tribunnews.com
Ujwar.com - Nyangka, Nggak Nyangka! ini Dia 17 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan - Jahe merupakan tanaman herbal yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan, dan tidak jarang dimanfaatkan untuk mengobati penyakit seperti mual, batuk, nyeri sendi, sampai nyeri akibat terapi kanker. Ada beberapa jenis jahe dan salah satunya yang paling terkenal adalah Jahe Merah. Jahe mempunyai senyawa yang diyakini mampu bereaksi fositif pada lambung dan usus sehingga dapat mengurangi rasa mual dan nyeri. Senyawa yang dimimliki jahe tersebut juga dipercaya dapat bekerja baik pada otak dan sistem saraf yang akan meredam rasa mual. Selain itu masih banyak lagi manfaat dari jahe, berikut 17 manfaat dari jahe bagi kesehatan:

Baca juga: Wow! Ternyata Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, ini Dia 14 Manfaat Wortel Lainnya

1. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Manfaat dari jahe yang pertama adalah membantu menyehatkan sistem pencernaan. Menurut cerita, bahwa jahe bermanfaat untuk kesehatan pencernaan serta mencegah beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, atau naiknya aslam lambung terkait dengan stress.

2. Menyehatkan Otak
Manfaat yang kedua adalah membantu menyehatkan otak. Cukup dengan kamu mengkonsumsi jahe secara teratur. Menurut penelitian, jahe mampu membantu menghambat peradangan yang terjadi di otak. Hingga fungsi otak akan meningkat, fungsi kognitif akan betambah, dan stres oksidatif penyebab penyakit demensia pun akan berkurang.

3. Melindungi dari Sinar UV
Penelitian menyatakan bahwa manfaat dari jahe mampu menyerap sinar UV, yang dianggap sebagai penyebab dari kerusakan DNA. Ekstrak dari jahe mampu merangsang produksi antioksidan dalam tubuh sehingga akan memberikan perlindungan dari sinar UV.

4. Menjaga Kesehatan Tekanan Darah
Manfaat jahe yang selanjutnya yaitu menjaga kesehatan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian di Thailand menunjukan bahawa manfaat dari jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama untuk anda yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

5. Berkhasiat untuk Osteoarthritis
Osteoarthritis merupakan kondisi kekakuan sendi atau nyeri sendi yang disebabkan oleh cedera, obesitas, serta penuaan dini. Menurut beberapa penelitian kondisi ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak jahe. Tidak hanya diminum, tapi melalui pijatan menggunakan minyak yang mengandung jahe dan jeruk dipercaya dapat mengurangi kekakuan sendi dan nyeri sendi akibat osteoarthritis.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah
Banyak penelitian yang menemukan bahwa jahe memiliki efek kuat untuk mengontrol kadar gula darah, karena jahe mendukung metabolisme karbohidrat dan lipid. Selain terkenal karena keampuhannya yang mampu mengontrol kadar gula darah, jahe juga dipercaya memiliki efek perlindungan yang kuat bagi penderita diabetes untuk mencegah terjadinya kerusakan mata dan komplikasi lainnya. 

7. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular
Jahe memiliki kandungan bahan aktif yang bernama 6-gingerol, diketahui dapat mengatur kadar gula darah dan mendukung kesehatan kardiovaskular. Sehingga bertambah lagi satu manfaat dari jahe yaitu menjaga kesehatan jantung, dan merupakan obat alami dari penyakit jantung.

8. Mengurangi Nyeri Otot
Pada penelitian tahun 2013 yang berkaitan dengan jahe menemukan bahwa manfaat dari jahe mampu mengurangi ketidak nyamanan pada otot seorang atlet. Selama percobaan 6 minggu, mereka yang mengkonsumsi jahe mengalami penurunan nyeri otot yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

9. Mencegah Kanker Usus
Manfaat jahe yang selanjutnya adalah mencegah terjadinya kanker usus. Pada sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika, menyebutkan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi jahe memiliki sedikit resiko terjadinya kanker usus.

10. Mengurangi Peradangan
Pada umumnya peradangan yang terjadi menimbulkan dampak yang demikian, dan bukanlah hal yang bagus. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan jahe sebagai solusinya. Pada dasarnya salah satu manfaat dari jahe yaitu untuk antiinflamasi, antiviral, serta anti bakteri dalam tubuh.

11. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh
 Manfaat selanjutnya dari jahe adalah menguatkan sistem kekebalan tubuh. Dan salah satu solusi meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan rajin mengkonsumsi jahe, karena sistem kekebalan tubuh yang kuat itu penting untuk mencegah datangnya penyakit ke tubuh.

12. Menyembuhkan Alergi
Manfaat ke dua belas dari jahe adalah menyembuhkan alergi. Jahe biasanya digunakan untuk mengusir rasa gatal pada kulit. Dengan kamu rajin mengkonsumsi jahe dipercaya dapat membantu menyembuhkan alergi.

13. Mencegah Kebotakan
Selanjutnya manfaat jahe yang ke tigabelas adalah mencegah kebotakan. Untuk kamu yang mempunyai masalah kerontokan pada rambut, mungkin jahe menjadi salah satu solusinya. Jahe akan merangsang folikel di kulit kepala, memelihara setiap helai rambut serta menguatkan. Kamu cukup membuat jahe menjadi masker rambut yaitu dari campuran jahe yang sudah dihaluskan dengan minyak murni, kamu tinggal mengoleskan masker tersebut ke rambut kepala kemudian diamkan selama 30 menit lalu keramaslah.

14. Melegakan Tenggorokan
Salah satu manfaat lain dari jahe adalah dapat membantu melegakan tenggorokan, apalagi ketika tengorokanmu gatal akibat penyakit pernapasan. Dengan mengkonsumsi jahe akan memberikan efek hangat pada tenggorokanmu.

15. Mencegah Selulit
Manfaat jahe lainnya adalah membantu mencegah selulit. Jahe akan meningkatkan sirkulasi dan meregenasi kulit yang pada gilirannya akan membantu mencegah selulit. Dengan cara kamu membuat scrub kulit dari campuran jahe, gula organic, minyak zaitun, serta perasan air jeruk nipis. Kamu tinggal menggosokan scrub tersebut pada kulit dengan cara memutar, tunggu bererapa saat kemudian bilaslah

16. Membakar Timbunan Lemak
Jahe merupakan pembakar kalori, penguat metabolisme tubuh, serta membantu meningkatkan rasa kenyang. Penelitian yang dilakukan di Institute For Human Nutrition di Columbia University, menyatakan bahwa orang yang rajin mengkonsumsi minuman panas dengan kandungan jahe larut didalamnya  dapat lebih mudah merasa kenyang dari pada mereka yang jarang mengkonsumsinya. 

17. Menghaluskan Kulit dan Mencegah Penuaan
Manfaat jahe yang terakhir adalah menghaluskan kulit dan mencegah penuaan. Jahe memiliki kandungan zat antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen, meminimalkan terjadinya kerusakan pada kulit, serta mencegah peradangan. Kamu cukup menggosokan irasan jahe ke kulitmu, setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Itulah 17 manfaat dari jahe, dan masih banyak lagi manfaat jahe yang lainnya. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat.



6 Komentar untuk "Nyangka, Nggak Nyangka! ini Dia 17 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan "

  1. Aku baru tahu jahe punya banyak manfaat bahkan mencegah penuan. Konsumsi jahe tiap hari gpp kan kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak apa-apa, asal penggunaannya secukupnya aja :D jangan berlebihan.

      Hapus
  2. Bermanfaat banget kak. Bahan alami biasanya lebih aman

    BalasHapus
  3. Sebenarnya aku suka minum air jahe macam sekoteng atau bandrek. Cuma hangatnya itu nggak tahan. Kadang agak menyakitkan, tapi setelah itu enak ^^

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel