Unik! 10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!

Ujwar.com - Unik !  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis! - Dari makanan berat sampai camilan khas sunda, semuanya sangat menggugah selera. Pasti bikin orang yang mencobanya ketagihan. Namun, apakah kalian pernah mencoba 10 camilan khas sunda yang namanya berupa singkatan? baca juga : 10 Kuliner Garut Yang Lezat Dan Rasanya Tak akan Tergantikan

Berikut adalah 10 camilan khas sunda yang hits abis.

1. Batagor ( Baso Tahu Goreng)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Cookpad.com

Batagor, camilan ini merupakan campuran dari daging ikan tenggiri, tepung tapioka, yang dibalut dengan kulit lumpia, lalu digoreng hingga kering. Dihidangkan dengan potongan tahu goreng, kemudian diberi bumbu kacang, kecap, serta perasan jeruk nipis. Bagi yang suka pedas bisa ditambahkan saos atau sambal.
Apabila anda ingin mencobanya, jangan khawatir. Mudah untuk mencarinya kok, dan lagi harganya sangat terjangkau. Tidak hanya tersedia di kota asalnya yaitu Bandung, tetapi kalian juga dapat menemukan camilan khas Sunda ini di kota-kota lainnya yang ada di Indonesia.  

2. Basreng (Bakso Goreng)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Cookpad.com

Basreng adalah camilan dari bakso yang diolah dengan mengiris tipis-tipis bakso kemudain digoreng lalu diberi bumbu. Camilan basreng ini sangat populer di kalangan anak-anak karena biasanya dijual di lingkungan sekolah atau warung kecil. Seiring dengan berjalannya waktu bahwa banyak orang yang menyukai basreng. Sekarang banyak usaha yang menjual basreng aneka rasa ke lingkungan luas, seperti jual beli online.

3. Cireng ( Aci digoreng)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Merdeka.com

Bahan utama yang digunakan untuk membuat camilan ini adalah tepung kanji atau yang dikenal dengan sebutan aci. Bentuknya lonjong atau pipih tergantung pembuatnya. Setelah adonan selesai, kemudian aci tersebut digoreng sampai bagian luarnya kering, lebih enak lagi bagian dalamnya itu agak basah dan kenyal-kenyal gimana gitu. Orang sunda biasanya menyajikan cireng dengan bumbu cocolan seperti bumbu rujak atau bumbu kacang. Saat ini sudah banyak ditemukan cireng dengan inovasi  yang berbeda.

4. Cilok ( Aci dicolok)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Merdeka.com

Cilok juga merupakan salah satu camilan khas sunda yang terbuat dari tepung aci. Adonan yang dibuatnya hampir sama dengan membuat cireng, bedanya kalau cilok ini direbus atau dikukus. Namun sebelum dikukus atau direbus, cilok dibentuk bulat-bulat terlebih dahulu, setelah matang cilok di sajikan dengan disiram bumbu kacang. Cara memakannya adalah dengan dicolok.

5. Cimol (Aci sa-cemol)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Maknai.com

Olahan dari tepung aci sangat banyak ragamnya. Selain cireng dan cilok ada juga cimol. Yaitu olahan dari aci yang dibentuk bulat-bulat kecil kemudian digoreng. Soal harga, sangat terjangkau! Hanya dengan Rp. 2.000,- hingga Rp. 5.000,- anda dapat menikmati cimol yang hangat ini dengan ditaburi  bumbu pilihan sesuai selera anda.

6. Cipet ( Aci ka-cepet)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
IDN Times

Unikan namanya? Hihi. Camilan ini hampir mirip dengan batagor, yaitu dengan dibaluti oleh tahu putih. Dan disebut aci kacepet karena acinya di jepit oleh tahu. Untuk rasanya, jangan risau. Tidak kalah enak sama camilan lainnya.

7. Cibay (Aci ngambay)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Cookpad.com

Yang tak kalah uniknya adalah cibay, ya camilan asal Tasikmalaya ini adalah camilan yang dibuat dari kulit lumpia yang di dalamnya terdapat aci yang kenyal. Kenapa ngambay? Karena pada saat digigit acinya akan keluar dan memanjang (ngambay). Enak dinikmati saat hangat apalagi ditambah cocolan sambal atau saos.

8. Cilung ( Aci digulung)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Youtube

Masih olahan dari tepung aci, cilung adalah aci yang ditambah air kemudian digoreng dengan sedikit minyak kemudian digulung dengan tusuk sate, setelah itu ditaburi dengan bumbu serundeng atau abon tergantung selera. Bentuknya menyerupai kerak telor.

9. Cimin/Cilor ( Aci Mini dan Telor)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Cookpad.com

Orang sunda memang tidak habis kreativitasnya, kali ini namanya cimin. Ya bentuknya menyerupai cilok tetapi mini. Memasaknya dengan cara digoreng dan dicampur dengan telor. Supaya lebih lezat dan gurih, pedagang cimin biasanya menambahkan bumbu aneka rasa. 

10. Comro ( Oncom dijero)
Unik!  10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!
Jokowarino.id

Disebut comro karena oncomnya terdapat di dalam, dengan dibaluti parutan singkong dan kelapa. Namun sebelumnya oncom tersebut di jadikan sebagai isian, akan terlebih dahulu dibumbui atau bahkan ditambah irisan cabai rawit. 

Nah itulah beberapa singkatan camilan khas sunda yang sangat hits dan unik. Namun selain itu, masih banyak lagi camilan-camilan singkatan lain, seperti cipuk, comring, comet, misro, sukro, gedas, gehu, colenak, cuanki, dan yang lainnya. 
Bagaimana, penasaran untuk mencicipinya? Jangan lupa di Share ya .

0 Response to "Unik! 10 Singkatan Camilan Khas Sunda yang Hits Abis!"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel