Wajib Tahu! 10 Manfaat dan Khasiat Cabai Bagi Kesehatan

Wajib Tahu! 10 Manfaat dan Khasiat Cabai Bagi Kesehatan
food.detik.com
www.ujwar.com - Wajib Tahu! 10 Manfaat dan Khasiat Cabai Bagi Kesehatan - Sebagian besar orang Indonesia menggunakan cabai sebagai bumbu dapur. Cabai dikenal sebagai penambah cita rasa dalam makanan saja. Tetapi ternyata cabai mempunyai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh. Saya pun belum tahu manfaat yang terdapat dalam cabai, mungkin sahabut pun sebelumnya belum mengetahui. 

Cabai berasal dari Mozambik yang memiliki banyak jenis. Cabai termasuk ke dalam keluarga terung-terungan. Di pasaran kita dapat menemukan cabai manis (paprika), cabai rawit, cabai merah besar, cabai gondola, cabai keriting dan sejenisnya. Sebenarnya tanpa kita ketahui cabai memiliki banyak jenis baik yang suka kita konsumsi atau yang sebagai hiasan saja.

Sejak dulu, cabai dikenal sebagai tanaman yang mempunyai khasiat obat, misalnya di Negara China, eropa, dan Amerika. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan Cabai diantaranya  penyakit alergi, angina, arthirits, asma, penyumbatan, pembuluh darah, kanker, sesak napas, usus buntu, sakit kepala, gangguan jantung, hipertensi, ,gangguan menstruasi, proriasis, kudis, lumbago, stroke, diabetes dan trigieserida, fatigue, dan kolesterol. 

Berikut manfaat dan khasiat cabai berdasarkan kandungannya.

1. Menjaga Ketajaman Mata

Khasiat pertama dari cabai adalah untuk mempertajam penglihatan. Karena cabai mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Apalagi cabai rawit, cabai rawit merupakan jenis cabai yang paling tinggi mengandung vitamin A dibandingkan dengan cabai hijau dan cabai merah. Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A yang terkandung di dalam cabai juga berfungsi untuk mencegah infeksi terhadap virus. Tetapi itu semua perlu pengolahan yang baik dalam memanfaatkan vitamin A pada cabai atau berbagai jenis sayuran dan buah.  Karena tidak jarang banyak yang mengkonsumsi sayuran tetapi kekurangan vitamin A.

Salah satu yang menyebabkan kekurangan vitamin A adalah obat penurun kolesterol. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak. Namun jika lemak yang digunakan untuk melarutkan vitamin A tidak ada, serapan untuk vitamin A pun akan berkurang. Jika anda sedang mengkonsumsi obat penurun kolesterol, perbanyaklah asupan vitamin A agar tidak terjadi kekurangan vitamin A atau difesiensi vitamin A.

2. Mencegah dan Mengobati Sariawan

Selain vitamin A cabai juga mengandung vitamin C yang besar. Dengan kandung vitamin C yang besar, maka cabai berkhasiat untuk mencegah dan mengobati sariawan. Perlu diketahui, berdasarkan penelitian dari siriraj hospital Bombai, bahwa efek yang berlangsung dari cabai hanya sebentar, oleh karena itu manfaat dari cabai harus dioptimalkan, dengan mengkonsumsi cabai setiap kali makan dengan porsi yang kecil.

3. Mencegah dan Mengobati Gusi Bengkak

Manfaat vitamin C yang terkandung pada cabai juga bisa sahabat gunakan untuk mengobati gusi yang bengkak. Caranya adalah dengan mengkonsumsi sesering mungkin cabai agar kesehatan mulut dan gusi juga bertambah baik.

4. Mencegah Penimbunan Lemak

Vitamin C yang terkandung pada cabai, selain untuk mengobati sariawan dan gusi juga bermanfaat untuk mencegah penimbunan lemak. Sehingga anda tidak perlu repot-repot mengurangi lemak dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi cabai setiap saat itu akan membantu mencegah dan mengurangi penimbunan lemak dalam tubuh, dimana vitamin C akan memepercepat proses pencernaan. Selain itu juga meningkatkan energy termogenik, sehingga aktivitas metabolisme lebih cepat dan terhindar dari timbunan lemak. 

5. Tonikum Tanpa Efek Samping

Banyak herbalis yang berpendapat bahwa cabai merupakan stimulant paling murni dengan khasiat paling baik diantara herbal dan makanan alami. Cabai mempunyai efek sebagai stimulant, karminatif, dan tonikum.

Berbeda dengan tonikum lain yang memiliki efek samping, cabai murni sebagai tonikum tidak menyebabkan ganggaun pada tubuh setelah dikonsumsi. Rasa hangatnya dapat melancarkan rasa sirkulasi darah, dan mengurangi lemah lambung serta mencegah gangguan usus.

6. Menghangatkan dan Mendinginkan Tubuh

Ketika tubuh terasa dingin cabai dapat menghangatkan. Sebaliknya ketika tubuh panas cabai dapat mendinginkan. Begitu juga  kepercayaan banyak orang sejak masa kaisar Yunani yang mengungkapkan khasiat dari sayuran tersebut (cabai). Cabai merupakan tumbuhan herbal yang unik. 

7. Melancarkan Peredaran Darah

Perkembangan pengobatan saat ini sudah sangat pesat. Di Eropa masih sering menggunakan simpisia bubuk cabai dimanfaatkan untuk membuat ramuan obat. Kesimpulan yang didapat dari uji klinis dan uji empiris adalah, cabai memiliki khasiat untuk melancarkan peredaran darah.

8. Mencegah dan Mengobati Diabetes

Pada saat ini, penyakit diabetes sedang menyerang berbagai kalangan masyarakat. Bukan saja yang sudah lanjut usia, tetapi juga banyak remaja yang terkena penyakit tersebut. Manfaat dan khasiat cabai kali ini sangatlah bermanfaat bagi kita semua. Karena cabai dapat berkhasiat untuk mencegah dan mengobati diabetes yang diakibatkan oleh tingginya tingkat kadar gula darah.

Senyawa dari pada cabai berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah, sehingga dapat mengobati penyakit diabetes. Senyawa tersebut sangat efektif dalam merangsang metabolisme karbohidrat, sehingga jumlah gula yang diserap oleh tubuh tidak berlebihan. Menurut naturopathy Barat, bahwa cabai digunakan untuk menurunkan  kadar gula pada penderita diabetes militus.

9. Kaya Antioksidan untuk Mencegah Kanker

Walaupun belum terdapat data ilmiah, banyak ahli berbagai Negara yang menyatakan bahwa cabai memiliki manfaat dan khasiat dalam menyembuhkan kanker. Hal ini sangatlah mungkin, karena cabai mengandung banyak antioksidan . antioksidan utama pada cabai adalah solanin.

Solanin pada terung telah terbukti berkhasiat secara nyata. Selain itu solanin juga mempunyai kandungan antosianin yang sebelumnya sudah dikenal sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk melawan kanker. Seperti halnya pada tumbuhan sayur dan buah, antioksidan terbukti efektif melawan dan menghambat kanker. Jadi tidak heran kalau banyak orang memperkirakan adanya manfaat dan khasiat dari cabai.

10. Menghambat Penyebaran Virus Penyebab HIV

Manfaat dan khasiat yang satu ini merupakan berita baik bagi dunia kedokteran. Peneliti yang dilakukan secara kelanjutan di Amerika telah membuktikan bahwa bubuk cabai ternyata mempunyai harapan yang baik bagi penderita AIDS. Terapi penderita AIDS dengan bubuk cabai ini berkhasiat untuk meningkatkan T-sel dan interlankin-2.

Nah itulah 10 manfaat dan khasiat dari cabai bagi kesehatan tubuh. Meskipun begitu jangan terlalu banyak pula mengkonsumsi cabai, nantinya sakit perut. Konsumsi cabai secukupnya saja.

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare


Belum ada Komentar untuk "Wajib Tahu! 10 Manfaat dan Khasiat Cabai Bagi Kesehatan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel