Wow! Ternyata Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, ini Dia 14 Manfaat Wortel Lainnya

Wow! Ternyata Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, ini Dia 14 Manfaat  Wortel Lainnya
tips kesehatan dan kecantikan
www.ujwar.com - Wow! Ternyata Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, ini Dia 14 Manfaat  Wortel Lainnya - Wortel merupakan salah satu sayuran yang mengandung begitu banyak vitamin dan nutrisi. Wortel mengadung vitamin, mineral, karbohidrat, serat dan senyawa lainnya seperti; lutein, karenoid, anthocyanin, likopen, alpa karoten dan beta karoten yang mengolah vitamin A, poliasetilenes yaitu sebagai senyawa bioaktif yang melindungi tubuh dari sel kanker. Selain untuk kesehatan mata, wortel juga memiliki segudang manfaat lainnya. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang diberikan sayuran yang satu ini yuk simak, berikut beberapa manfaat dari wortel:

1. Menjaga Kesehatan Jantung
Manfaat dari sayur wortel yang pertama adalah menjaga kesehatan jantung. Sayur yang satu ini memiki kandungan hidrat arang, vitamin A, kalsium, fosfor, dan beta karoten yang mampu membantu menjaga kesehatan jantung. 

2. Meningkatkan Metabolisme
Selanjutnya manfaat dari wortel yang kedua adalah meningkatkan metabolisme. Dengan mengkonsumsi jus wortel, bisa membantu meningkatkan metabolisme. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B yang terdapat pada wortel mampu memecah glukosa, lemak, dan protein, serta memastikan energi ini dipakai secara efisien oleh tubuh.

3. Melawan Efek Buruk Radikal Bebas
Manfaat dari wortel yang ketiga adalah  melawan radikal bebas. Kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki sayuran ini mampu berfungsi melawan radikal bebas, radikal bebas yang akan merusak tubuh dari dalam. 

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Untuk manfaat wortel yang keempat adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Campuran antara wortel dengan ketumbar diyakini bermanfaat untuk kesehatan. Menurut beberapa penelitian, sup wortel dengan ketumbar mampu mempertahankan kekebalan tubuh, sehingga mampu menghindarkan anda dari infeksi yang disebabkan oleh virus. 

5. Menjaga Kesehatan Otak
Selanjutnya manfat dari wortel yang kelima adalah menjaga kesehatan otak. Mengkonsumsi sayuran umbi akar seperti wortel mampu meningkatkan daya ingat dan daya kognitif atau kemampuan berpikir seseorang.

6. Turunkan Kolesterol
Manfat dari wortel selanjutnya adalah mampu turunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian di Harvard University mengungkapkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi enam wortel dalam seminggu dapat menurukan resiko kolesterol tinggi, dari pada orang yang hanya mengkonsumsi satu wortel dalam satu bulan. Wortel merupakan salah satu sayur yang tinggi serat, rendah kalori, serta rendah lemak. Dengan kandungan serat yang dimilikinya, wortel bermanfaat untuk menurunkan kolesterol karena sifatnya menghambat lemak dan menurunkankan kolesterol dalam darah. 

7. Menyembuhkan Luka
Wortel merupakan sayuran yang memiliki beta karoten tinggi, yang akan di ubah menjadi retinol, yaitu salah satu bentuk murni dari vitamin A. Vitamin A mampu bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan peradangan pada kulit. 

8. Membantu Mencegah Penuaan Dini
Manfaat yang selanjutnya yaitu membantu mencegah penuaan dini. Kandungan beta karoten berfungsi sebagai sumber antioksidan yang membantu memperlambat penuaan sel, sehinnga kulit tidak mudah mengalami keriput. Dengan cara rajin mengkonsumsi jus wortel atau memakainya sebagai masker merupakan salah satu mencegah panuaan dini secara alami.

9. Menstimulasi Produksi Kolagen
Manfaat yang kesembilan adalah menstimulasi produksi kolagen. Seiring dengan bertambahnya usia, maka kolagen semakin berkurang, kolagen merupakan zat yang membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Salah satu yang dapat meningkatkan produksi kolagen adalah wortel. kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki jus wortel dapat bekerja menstimulasi kolagen dalam kulit dan menjaga elastisitas kulit. 

10. Mengencangkan Kulit
Seperti sudah diketahui diatas bahwa kolagen dapat membuat kulit kencang, elastis, dan sehat. Cukup dengan cara meminum jus wortel atau memakainya sebagai masker secara teratur dapat membantu mengencangkan kulit. 

11. Mengatasi Kulit Kering
Untuk kamu yang memiliki kulit kering, mungkin sayuran yang satu ini bisa jadi solusi. Kamu cukup menyiapkan wortel dan mentimun yang sudah dihaluskan serta sour cream. Selanjutnya kamu tinggal mencampurkan 2 sendok wortel, 1 sendok timun yang sudah dihaluskan, dan satu sendok sour cream, lalu aduk hingga rata. Kamu bisa langsung meratakan masker tersebut kebagian wajahmu dan tunggu sampai 15 menit dan bilaslah menggunakan air hangat.

12. Melembabkan  Wajah
Kulit wajah yang kering bisa membuat kulitmu mengalami iritasi serta mengelupas, untuk solusi melembabkan wajahmu kamu bisa menggunakan sayuran yang satu ini. Kandungan kalium yang dimiliki wortel membantu mencerahkan kulit, kamu cukup mengkonsumsi jus wortel setiap hari.

13. Relaksasi Kulit
Kulit yang lelah karena terkena debu, polusi, serta stress akibat pekerjaan sehari-hari bisa di rawat menggunakan sayur yang satu ini. Cukup dengan cara menghancurkan wortel yang telah dikupas sampai menjadi kental lalu tambahkan dengan sedikit air mawar, selanjutnya masukan kedalam botol semprot. Semprotkanlah ketika wajahmu terasa lelah. 

14. Kesehatan Mulut
Manfaat dari wortel yang terakhir adalah membantu kesehatan pada mulut. Selain wortel bermanfaat untuk kesehatan mata, wortel juga berfungsi untuk kesehatan mulut. Cukup dengan mengkonsumsi wortel setelah makan akan membantu membantu mengurangi resiko gigi berlubang, karena akan membantu meningkatkan produksi air liur yang befungsi membersihkan gigi. 

Itulah 14 macam manfaat dari wortel, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari wortel. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare.

Belum ada Komentar untuk "Wow! Ternyata Tidak Hanya untuk Kesehatan Mata, ini Dia 14 Manfaat Wortel Lainnya"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel