10 Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan, Nomor 6 Disukai Orang Gede!

10 Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan, Nomor 6 Disukai Orang Gede!
Nusantaranews
www.ujwar.com - 10 Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan, Nomor 6 Disukai Orang Gede! - Buah duku merupakan buah yang memiliki bentuk bulat dan berukuran kecil. Buah duku sering dijadikan sebagai pencuci mulut. Padahal kita bisa memanfaatkannya juga menjadi selai, isian pudding, dan lainnya. Kandungan dari buah yang satu ini tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah duku memiliki kandungan energy sebesar 63 kg kalori, 1 gram kalori, 16,1 gram karbohidrat, 18 miligram kalsium, 1 gram zat besi, 0,2 gram lemak, dan 9 miligram fospor. Selain itu, buah duku juga mengandung vitamin A sebanyak 0 lU, 0,05 miligram vitamin B, dan vitamin C sebanyak 9 miligram. 

Hasil tersebut didapatkan dari hasil penelitian 100 gram buah duku, dengan jumlah  yang berhasil dimakan 64%. 

Berikut adalah 10 manfaat yang dapat diperoleh dari buah duku :

1. Sumber Antioksidan

Antioksidan sendiri merupakan nutrisi yang berfungsi untuk mencegah radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah duku berperan sebagai antioksidan.  Antioksidan juga berperan untuk menghindari kerusakan pada tubuh yang disebabkan oleh polusi atau zat beracun.

2. Mencegah Penuaan

Manfaat selanjutnya dari buah duku yaitu dapat mencegah penuaan. Penuaan tersebut disebabkan juga oleh radikal bebas. Selain berperan sebagai antioksidan, vitamin C pada buah duku juga bermanfaat untuk melindungi protein lipid, karbohidrat, asam nukleat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau zat racun.

3. Menguatkan Gigi

Kandungan fospor yang terdapat dalam buah duku mampu menjaga gigi agar tetap kuat. Jika kita sering mengonsumsi buah duku, maka gigi kita akan tetap sehat dan kuat. Selain dengan buah duku, kita juga dapat memanfaatkan strawberry untuk menguatkan gigi.

4. Menjaga Kesehatan Gusi

Agar gusi tetap sehat, kita bisa merawatnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. seperti yang sudah kita ketahui, bahwa buah duku mengandung vitamin C yang banyak. Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan gusi. Selain buah duku, buah jeruk, lemon, dan jeruk nipis juga mengandung vitamin C.

5. Meningkatkan Sistem Imun

Untuk menjaga kesehatan tubuhnya semua orang membutuhkan vitamin, salah satunya vitamin C. ternyata selain untuk membantu merawat gusi, kandungan vitamin C yang terandung dalam buah duku juga berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh manusia dan berkhasiat juga untuk membantu orang yang sedang dalam masa pemulihan.

6. Menurunkan Berat Badan

Tidak disangka, ternyata buah duku dapat membantu dalam menurunkan berat badan. buah duku dapat membantu tubuh untuk mendapatkan carnitine. Carnitine merupakan zat yang mengarahkan molekul lemak kedalam jaringan pembakar lemak. 

Semua orang harus memperhatikan molekul lemak dalam tubuh, karena apabila terjadi kekurangan molekul lemak, tubuh akan teras lelah dan kurang berenergi. Jadi buah duku juga merupakan buah yang baik dikonsumsi apabila sedang melakukan proses diet.

7. Melancarkan System Pencernaan

sistem pencernaan yang lancar pun dapat dibantu dengan mengonsumsi buah duku. Karena kandungan serat pada buah duku dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain buah duku, buah papaya juga bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. 

Selain itu, buah duku juga mampu mencegah kanker pada saluran pencernaan.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat vitamin E dari buah duku yaitu dapat membantu menjaga kulit agar tetap sehat. Kandunagn vitamin pada buah duku sangat efektif untuk menjaga kesehatan kulit seperti mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, menghaluskan dan melembutkan kulit, menjaga kulit dari sinar matahari, dan menyembuhkan luka pada kulit.

9. Mengendalikan Kadar Kolesterol

Dengan mengonsumsi buah duku secara rutin dan teratur, hal ini dapat membantu penderita kolesterol untuk mengendalikan kadar kolesterolnya.

10. Mengatasi Diare dan Demam

Ternyata oh ternyata, buah duku juga bermanfaat untuk mengatasi diare dan menurunkan  demam yang tinggi. Cara membuatnya cukup mudah ; ambil biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus, lau tambahkan air secukupnya. Minum sehari satu kali.

Nah itulah 10 manfaat yang dapat kita peroleh dari buah duku untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba 

Jangan lupa dishare  


3 Komentar untuk "10 Manfaat Buah Duku bagi Kesehatan, Nomor 6 Disukai Orang Gede!"

  1. Ealah, padahal aku pengen naikin berat badan tapi makan duku malah menurunkan bb -,-

    BalasHapus
  2. Wah pas banget tuh,disini lagi musim duku beli yang banyak ah buat kesehatan saya

    BalasHapus
  3. baru tau loh kak duku bisa menguatkan gigi.. soalnya yaang saya tau cuma antioksidan saja. ternyata banyak juga manfaatnya ya kak

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel