5 Misteri yang Terdapat di Gunung Burangrang, Bandung - Jawa Barat

5 Misteri yang Terdapat di Gunung Burangrang, Bandung - Jawa Barat
adrianpradana.com
ujwar.com - 5 Misteri yang Terdapat di Gunung Burangrang, Bandung - Jawa Barat - Gunung Burangrang terletak di kota Bandung Utara, Jawa Barat. Gunung ini merupakan gunung api yang sudah tidak aktif lagi, dan Gunung Burangrang merupakan salah satu gunung sisa kemegahan gunung Sunda Purba yang meletus dengan sangat dahsyat pada zaman prasejarah. Setiap gunung mempunyai cerita mistis atau mitos-mitos di dalamnya. Apabila kamu pergi ke sana, kamu akan menemukan makam para tentara dari kerajaan Mataram yang pada waktu itu melarikan diri dari  serangan penjajah Belanda.

Oleh karena itu, kita tidak akan menemukan titik akhir ketika bercerita tentang misteri-misteri di balik keindahan gunung, salah satunya Gunung Burangrang. Sebelumnya apakah kamu sudah tahu mengenai misteri-misteri yang terdapat di Gunung Burangrang? 

Berikut adalah 5 misteri yang terdapat di Gunung Burangrang, yang sudah terkenal di kalangan masyarakat sekitar. 

1. Sejarah Gunung Burangrang Menurut Cerita Legenda Sangkuriang

Kamu pasti sudah mengetahui tentang legenda sangkuriang, yang menendang perahu besar buatannya sehingga berbalik dan emmebntuk gunung, yang sekarang dikenal dengan nama Gunung Tangkuban Perahu. Sedangkan Gunung Burangrang, konon merupakan tumpukan kayu yang dibiarkan sehingga membentuk menjadi sebuah gunung. 

2. Sejarah Terbentuknya Gunung Burangrang Menurut Para Ahli Sejarah

Seperti yang sudah tadi diulas, bahwa Gunung Burangrang terbentuk karena letusan gunung di Sunda pada zaman Purba, yang terjadi sekitar 3 juta tahun silam. Selain Gunung Burangrang, Gunung Manglayang, Gunung Bukit Tunggul, dan Gunung Tangkuban Perahu pun merupakan gunung yang terbentuk akibat letusan. 

Dengan begitu, kita dapat membayangkan betapa megahnya Gunung Sunda pada masa itu.

3. Misteri Curug Cijalu di Gunung Burangrang

Di Gunung Burangrang terdapat sebuah curug, yakni Curug Cijalu. Curug ini berada di ketinggian 1.300 MDPL (Meter di Atas Permukaan Laut) Gunung Burangrang. Menurut penduduk sekitar, katanya Curug Cijalu merupakan tempat bersemedi orang-orang sakti dan masyarakat Tionghoa. Karena Curug Cijalu ini dipercaya sering dijadikan tempat mandi oleh para bidadari.

Masih berada di kawasan Gunung Burangrang, selain Curug Cijalu di sana juga terdapat curug lainnya, salah satunya Curug Putri. Masyarakat sekitar mengibaratkan Curug Cijalu bermakna laki-laki (Jalu dalam bahasa artinya laki-laki) dan Curug Putri bermakna perempuan, yang merupakan sepasang kekasih.

4. Misteri Terjatuhnya Setiap Pesawat yang Melintasi Gunung Burangrang

Tumbuh mitos di masyarakat sekitar, konon setiap pesawat yang melewati makam Para tentara Kerajaan Mataram, seketika pesawat itu akan jatuh. Namun, terdapat mitos lanjutan yang mengejutkan yaitu, setiap pencarian pesawat yang jatuh, keadaan langit atau cuaca pasti mendung dan hujan.

Mitos tersebut di sampaikan oleh Jajang, masyarakat  sekitar Gunung Burangrang yang sering ikut serta dalam pencarian pesawat yang jatuh di kawasan Gunung Burangrang.  

5. Misteri Lainnya yang Terjadi di Kawasan Gunung Burangrang

Tidak hanya misteri diatas, tetapi masih ada beberapa misteri lainnya yang terjadi di Gunung Burangrang. Misteri tersebut diantaranya ; Bagian dataran tinggi gunung tersebut sudah dihuni oleh manusia sejak ribuan tahun lalu, dan sebagian ahli sejarah percaya sejak zaman batu; Gunung Burangrang memiliki tanjakan, yaitu Tanjakan Cinta sama halnya Gunung Semeru; Banyak kejadian aneh yang dialami oleh Pendaki dan Masyarakat sekitar; Curug Pocong yang ada di Gunung Burangrang; dan Rawa Kunti di Gunung Burangrang.

Nah, itulah 5 misteri yang terdapat di Gunung Burangrang, Bandung – Jawa Barat. 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan sahabat semua. Aamiin …

Belum ada Komentar untuk "5 Misteri yang Terdapat di Gunung Burangrang, Bandung - Jawa Barat"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel