Liburan ke Bandung? Ini Dia 9 Wisata Budaya Recommended untuk Anda Coba

 
Liburan ke Bandung? Ini Dia 9 Wisata Budaya Recommended untuk Anda Coba
blognuhunonline
www.ujwar.com - Liburan ke Bandung? Ini Dia 9 Wisata Budaya Recommended untuk Anda Coba - Bandung merupakan salah satu kota yang terkenal di Jawa Barat. Tidak heran, Bandung banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar Bandung karena Bandung memang memiliki letak geografis yang unik yaitu dikelilingi oleh panorama alam yang sangan indah. Bandung juga merupakan kota bersejarah serta kaya akan kesenian. Jadi untuk anda yang sedang berlibur di Bandung, mungkin beberapa tempat wisata ini bisa menjadi referensi wisata budaya anda:

1.    Taman Budaya Jawa Barat
klikhotel
 
Taman Budaya Jawa Barat merupakan tempat wisata yang sudah lama terkenal bahkan sejak zaman penjajahan Belanda. Dahulunya tempat ini merupakan tempat minum teh dan tempat makan yang bernama Dago The Huis ( Rumah The Dago). Sekarang tempat ini berganti fungsi menjadi taman budaya jawa barat, dan bernama Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat. Pergantian fungsi ini dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan sunda. Di tempat ini para wisatawan bisa melihat pertunjukan dan teater terbuka khas sunda.

2.    Kampung Adat Mahmud
intisarionline-girl.Id
 
Kampung Adat Mahmud merupakan tempat pusat penyebaran islam di Bandung. Kampung adat Mahmud memang hanya kampung kecil, namun memiliki peranan besar terhadap Bandung pada masa lalu. Kampung ini memiliki nilai historis yaitu dari sejarah perkembangan dan penyebaran agama islam. Wisatawan yang datang ke tempat ini dapat belajar sejarah agama islam yaitu tentang Eyang Dalem Abdul manaf, beliau dikenal sebagai tokoh yang menyebarkan agama islam di kawasan tersebut.

3.    Saung Angklung Udjo
youtube
 
Saung angklung udjo merupakan paguyuban kesenian sunda yang didirikan oleh sepasang suami istri yaitu Udjo Ngalagena dan Uum sumiati pada tahun 50-an. Tujuan didirikannya adalah untuk melestarikan keseniaan sunda. Paguyuban ini diresmikan pada tahun 1966, di tempat ini terdapat pasilitas kesenian dan panggung pertunjukan yang didominasi oleh material dari bambu. Wisatawan yang datang juga akan diajak memainkan alat musik tradisional angklung bersama.

4.    Kampung Adat Cireundeu
info cimahi
 
Kampung Adat Cireundeu adalah kampung adat yang masih lestari sampai sekarang. Wistawan akan belajar tentang sejarah budaya disana, selain itu kampung adat Cireundeu kondisi alamnya masih lestari. Namun, perlu diingat bahwa di kampung ini ada sebuah hutan larangan yang tidak boleh dimasuki oleh para wisatawan.

5.    Kampung Adat Cikondang
phinemo
 
Kampung Adat Cikondang adalah salah satu kampung yang masih menjaga adat budaya dari leluhur mereka. Kampung ini dahulunya memiliki mata air yang dikeilingi oleh  pohon besar, dan pohon itu diberi nama kondang. Itulah mengapa kampung ini dinamakan kampung Cikondang.

6.    Gedung Kesenian Rumentang Siang
bandung-merdeka.com
 
Gedung kesenian rumentang siang merupakan salah satu tempat yang sering dipakai untuk aktifitas seni Bandung. Gedung ini dahulunya adalah bioskop dan sudah tidak digunakan sejak tahun 1975. Kemudian tempat ini diubah fungsikan menjadi gedung kesenian. Sejak pengesahannya gedung ini sudah berusia 80 tahun dan sekarang kondisinya sudah tidak terawat, padahal gedung ini mempunyai nilai sejarah yang cukup berpengaruh untuk kesenian Bandung.

7.    Gedung Sate
blognuhunonline
 
Gedung sate merupakan tempat yang lumayan populer di kota Bandung, gedung ini memiliki ciri khas berupa atap yang menyerupai sate. Gedung sate juga menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat. Gedung sate dibangun pada tahun 1920 dan dikenal dengan nama gedung Hebe. Pada tahun 1982 tempat ini menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat dan tetap lestari sampai sekarang.

8.    Jalan Braga
wisatabdg.com
 
Jalan braga memang sudah terkenal bahkan dari Zaman penjajahan Belanda. Jalan ini merupakan salah satu ikon sejarah kota Bandung yang kemudian dikenal sebagai paris van java. Di tempat ini terdapat bangunan peninggalan zaman Belanda dan merupakan pusat bisnis kota Bandung sejak zaman dahulu.

9.    Padepokan Seni Mayang Sunda
 
Padepokan ini merupakan padepokan seni yang berada di kawasan kota bandung. Di tempat ini sering digelar event atau acara seni. Kebanyakan seni yang ditampilkan di tempat ini adalah seni tradisi dan kontemporer, yang tentunya akan menambah pengetahuan masyarakat mengenai kesenian khas sunda.

Itulah 9 wisata yang bisa anda kunjungi ketika anda sedang berlibur di kota Bandung, masih banyak lagi wisata budaya di kota Abndung lainnya. Terima kasih telah membaca postingan ini, semoga bermanfaat.

0 Response to "Liburan ke Bandung? Ini Dia 9 Wisata Budaya Recommended untuk Anda Coba"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel