Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
Kaskus.co.id
www.Ujwar.com - Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat - Lagi-lagi kota Bandung. Kota yang memiliki banyak tempat wisata untuk tujuan para wisatawan berkunjung. Mempunyai topografi berupa pegunungan, kawasan kota Bandung memungkinkan wilayah ini menyimpan sumber daya alam berupa air terjun. Dalam bahasa Sunda, air terjun artinya curug. Sedangkan di daerah timur pulau jawa menyebutnya dengan nama grojogan. Curug merupakan andalan tempat wisata di kota Bandung.

Air Terjun di Bandung sudah tersebar mulai dari kabupaten Bandung hingga kota Cimahi. BTW, apakah kamu sudah mengetahui curug-curug yang ada di Bandung? Atau pernah mengunjunginya? 

Bagi yang belum tahu, nih aku akish tahu mengenai curug-curug di kota Bandung yang sangat mempesona. Berikut adalah 7 curug yang terdapat di kota Bandung;

1. Curug Maribaya

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
JejakPiknik.com

Berlokasi di kampung Cikondang, desa Lamajang, kecamatan Pangalengan, kabupaten Bandung, tempat wisata Maribaya merupakan salah satu tempat tujuan yang populer di kota Bandung. Jarak dari pusat kota menuju Curug Maribaya sekitar 21 Km, bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun angkutan umum.

Curug yang terdapat di Maribaya ini tidak terlalu besar pun tidak terlalu tinggi. Tinggi yang dimiliki oleh Curug Maribaya sekitar 15 meter. Tetapi, curug ini terbagi menjadi tiga curug, yakni Curug Cigulung, Curug Cikoleang, dan Curug Cikawari. Apabila kamu pergi ke curug ini jangan khawatir, karena sudah disediakan fasilitas yang nyaman seperti; taman bermain anak, mushala, toilet, kebun bunga, dan sebagainya.

2. Curug Tilu Leuwi Opat

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
Curugtiluleuwiopat.com

Curug yang memadukan antara air terjun, sungai (leuwi), gua dan tanaman hijau, maka curug yang satu ini dinamakan dengan Curug Tilu Leuwi Opat. Kawasan ini mempunya 4 sungai, 4 air terjun, dan 2 gua. Curug ini berlokasi di Jl. Kp. Ciwangun Indah Camp, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Akses yang digunakan untuk pergi ke curug ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Berjarak sekitar 20 Km dari pusat kota, perjalanan menuju curug ini menempuh waktu selama 2 jam. Setibanya di lokasi, banyak sekali pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan seperti  outbond, arum jeram, rappeling, Bermain Rakit, panjat tebing, Paint Ball,  flying fox, shaking brigde, kemping dan lain-lain.

3. Curug Panganten

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
Berkeliling.com

Curug ini awalnya bernama Curug Sewu atau Curug Manglayang. Karena pada zaman dahulu ada sepasang kekasih yang tewas di curug ini dengan mengenaskan, maka para warga sekita menamai curug ini menjadi Curug Panganten. Perjalanan menuju curug ini sangat melelahkan. Namun semua kelelahan itu akan terhapus dengan suasana asri dan  deburan air curug Panganten.

Curug Panganten yang berlokasi di Jalan Cihanjuang, Desa Padaasih, Kec. Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, tentu berbeda dengan Curug Pengantin yang berada di Baturraden atau curug pengantin di daerah lainnya yang memang diambil dari penampakan air terjun yang kembar dan mirip sepasang kekasih.

4. Curug Malela

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
Kaskus.co.id

Curug di kota Bandung yang satu ini berada diurutan pertama yang paling populer di kawasan temapt wisata Bandung. Curug ini memiliki karakteristik memeanjang dengan terjunan airnya deras. Curug ini disejajarkan dengan Curug Niagara versi mini. Tertraik untuk pergi ke sini?

Curug Malela berlokasi di kampung Manglid, desa Cicadas, kecamatan Rongga, kabupaten Bandung Barat. Akses yang digunakan menuju curug ini, menempuh 3 jam perjalanan dari pusat kota menuju Perkebunan Montaya yang berada di ketinggian 1000mdpl. Setelah itu, untuk sampai ke kawasan Curug Niagara versi mini ini dengan berjalan kaki melewati jalan yang curam.

5. Curug Siliwangi

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
sky-adventure.com

Curug Siliwangi terletak di  Gunung Puntang, Mekarjaya, Banjaran, Bandung, Jawa Barat yang indahnya tak terdandingi. Curuig ini dijadikan tempat bermain dan mandi oleh para pengunjung karena kolam yang terdapat di bawah curug ini relative dangkal dan aman. Curug ini berada di ketinggian 1.200mdpl yang membuat sekitar curug ini terasa sejuk dan cenderung dingin.

6. Curug Cinulang 

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
Jeryanuar.web.id

Bagi warga Bandung khusunya dan umumnya bagi warga Jawa Barat, mungkin nama curug ini sudah tidak asing lagi karena sangat legendaris. Bahkan keindahan curug ini sampai diabadikan dalam sebuah lagu yang berjudul ‘Curug Cinulang’. Curug ini berada di akwasan Bandung Timur dan berbatasan dengan kabupaten Sumedang. Tepatnya curug ini berada di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Curug ini juga dikenal dengan nama curig Sindulang. 

Keindahan tempat wisata curug ini sudah dikenal sejak zaman dulu, makanya tak heran apabila curug ini selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan atau libur nasional.

7. Curug Dago

Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat
tripadvisor.co.za

Curug Ini beralamat di Jl. Dago Pojok, Dago, Coblong, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. Curug Dago menajdi salah satu spot yang sedikit pengunjungnya karena posisi curug ini sedikit tersembunyi. Padahal di kawasan ini terdapat peninggalan dari kerajaan Thailand berupa batu prasasti.

Sebenarnya, curug yang berada di ketinggiam 800mdpl ini mudah dijangkau, sebab dekat dengan Terminal Dago. Apabila kamu pergi ke curug ini, kamu akan menemui prasasti batu tulis tahun 1818. BAtu prasasti tersebut diduga peninggalan Raja Rama V (Raja Chulalonkorn) dan Raja Rama VII (Pradjathipok Pharaminthara) yang pernah berkunjung ke Curug Dago. 

Nah itulah curug-curug yang terdapat di kota Bandung. Sebenarnya masih banyak curug-curug indah yang terdapat di kota Bandung. InsyaAllah lain waktu aku bahas yaa



Belum ada Komentar untuk "Mempesona! Inilah 7 dari 10 Curug yang Terdapat di Kota Bandung, Jawa Barat"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel