Seram! Inilah 6 Misteri yang Terdapat di Gunung Manglayang

Seram! Inilah 6 Misteri  yang Terdapat di Gunung Manglayang
Wikipedia
Ujwar.com - Seram! Inilah 6 Misteri  yang Terdapat di Gunung Manglayang - Gunung Manglayang merupakan gunung yang terbentuk dari letusan Gunung Sunda pada zaman Purba, yang terjadi sekitar 3 juta tahun yang lalu. Sama halnya dengan Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul yang terbentuk dari hasil letusan.

Karena ketinggiannya hanya 1818 MDPL, banyak yang berpendapat bahwa Gunung Manglayang tidak begitu populer di kalangan masyarakat. Tetapi gunung ini memiliki keunikan tersendiri di hati beberapa pendaki yang pernah mendaki gunung ini. Baik karena pemandangannya yang ‘amazing’ atau pun karena jalurnya yang kejam, yang setara dengan gunung-gunung di atas ketinggian 2.000 MDPL.

Sampai saat ini, Gunung Manglayang memiliki 3 jalur pendakian, yakni Jalur Barubereum di Jatinangor, Batu Kuda di Cibiru, dan Palintang di Ujung Berung, Bandung.

Tetapi di balik keindahan gunung tersebut, ternyata menyimpan sebuah  misteri. Apa saja misteri yang terdapat di Gunung Manglayang? Berikut adalah 6 misteri yang terdapat di Gunung Manglayang.

1. Sejarah Penamaan Gunung Manglayang

Nama Manglayang diambil dari kata ‘layang’ yang berarti terbang. Dahulunya ada seekor kuda yang bernama Semprani sedang melakukan perjalanan di udara dari Cirebon menuju Banten. Tetapi pada saat melintasi kawasan Gunung Manglayang, Semprani terjatuh dan tidak bisa bebas, karena semak belukar yang membelit dirinya. Nah oleh karena itulah gunung yang terbentuk dari letusan Gunung Sunda yang satu ini dinamakan Gunung Manglayang.

2. Misteri Batu Kuda di Gunung Manglayang’

Cerita lanjutan dari ulasan di atas, bahwa Kuda Semprani tidak dapat membebaskan dirinya dalam waktu yang cukup lama. sehingga ia berubah menjadi batu yang menyerupai kuda. Sampai saat ini, masyarakat sekitar mempercayai bahwa batu besar yang menyerupai kuda yang terletak di jalur pendakian Batu Kuda adalah bentuk perwujudan dari Kuda Semprani.

3. Misteri Batu Kursi

Konon, setelah terjebaknya Kuda Semprani yang ditunggangi oleh Prabu Layang Kusuma atau Eyang Prabu di Lereng Gunung Manglayang, beliau merasa putus asa. Kemudian ia menunggu kuda tersebut di atas kursi yang terbuat dari batu , yang sekaramg dinamakan sebagai Batu Kursi.

4. Misteri Batu Lawang

Selain terdapat Batu Kuda dan Batu Kursi, di Gunung Manglayang juga terdapat batu kembar yang berdiri sejajar, yang dinamakan Batu Lawang. Batu tersebut bentuknya mirip dengan gerbang. Biasanya diantara kedua batu tersebut, banyak orang yang melakukan ritual agar keinginannya dapat tercapai. Ritual tersebut berupa mantra atau dzikir.

Namun tidak semua orang dapat melakukan ritual tersebut, karena harus meminta izin terlebih dahulu kepada kuncen Gunung Manglayang dan ruh penunggunya.

5. Kepercayaan Masyarakat Sekitar Tentang Gunung Manglayang

Dahulu, masyarakat sekitar Gunung Manglayang percaya, bahwa pada hari senin dan kamis tidak diperbolehkan memasuki kawasan Gunung Manglayang, serta tidak boleh melakukan pendakian dengan jumlah rombongan yang ganjil. Karena, pada hari senin dan kamis, para leluhur dan roh Kuda Semprani akan datang ke Gunung Manglayang untuk berkumpul.

Pada saat itu, hampir 44 sesepuh di Jawa Barat berkumpul di Gunung Manglayang untuk meminta kepada para roh agar tidak mengganggu kepada siapa saja orang yang datang atau mendaki ke Gunung Manglayang. Kejadian tersebut dinamakan ritual ‘keakuran’ antara roh dan manusia.

Setelah para sesepuh melakukan ritual di area Batu Kuda. Akhirnya menghasilkan kesepakatan, bahwa siapa pun dapat mendatangi Gunung Manglayang kapan pun dan dari mana pun. Asalkan orang-orang yang datang tidak merusak keasrian Gunung Manglayang, mencoreti batu, mengupas kulit pohon, dan membawa atau mencabut apapun tanpa izin.

6. Tragedi Tahun 1977 di Gunung Manglayang

Menurut kuncen Gunung Manglayang, Pak Epen, pada tahun 1977 merupakan pertama kali datangnya Kuda Semprani ke Gunung Manglayang. Setelah datangnya kuda tersebut, terjadilah longsor yang mengakibatkan 51 rumah mengalami kerusakan, dan untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Menurut Pak Epen, kedatangan Kuda Semprani tersebut mengartikan bahwa akan terjadi bencana di tempat yang didatanginya.

Nah itulah 6 misteri yang terdapat di Gunung Manglayang, Bandung – Jawa Barat. Serem? Selama kita mengikuti aturan dan persyaratan di atas, insyaAllah tidak akan terjadi apa-apa

O iya, di Gunung Manglayang juga pernah terjadi, seorang perempuan yang pingsan sebelum sampai ke basecamp, karena melihat sosok atau penampakan nenek-nenek di Gunung Manglayang. Sampai-sampai perempuan tersebut terpaksa harus dipulangkan kembali ke rumahnya. 

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. Aamiin …


Belum ada Komentar untuk "Seram! Inilah 6 Misteri yang Terdapat di Gunung Manglayang"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel