Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung

Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung
Detik Travel
www.ujwar.com - Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung - Seperti kota lainnya, di Bandung juga terdapat monumen atau tugu yang didirikan sebagai keindahan kota atau artistik. Bisa juga sebagai pengingat sejarah tentang peristiwa yang pernah terjadi di kota tersebut. 

Seperti halnya di Bandung, berikut ini adalah 5 monumen yang terdapat di kota Bandung, diantaranya :


1. Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat

Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung
infobdg.com

Dikenal  dengan sebutan Monju berbentuk utama bambu runcing, monumen yang di resmikan tahun 1995 juga sering disebut sebagai markas power ranger ini. Monumen yang beralamat di Jalan Dipati Ukur No. 48, Bandung ini belum berfungsi maksimal karena koleksinya masih kurang. Masyarakat mengharapkan monumen ini menjadi dokumentasi tentang perjuangan rakyat Jawa Barat.

2. Monumen Kereta Api

Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung
rmoljabar.com

Terdapat di 2 lokasi, Tugu Kereta Api ini berada di Stasiun Bandung dan Di Kantor Pusat PT KAI. Dulunya, tugu kereta yang berada di stasiun selatan merupakan lokasi berdirinya tugu lentera yang berfungsi sebagai titik triangulasi (titik orientasi pengukuran kota). Tetapi pada tahun 1960-an tugu tersebut dibongkar, dan menggantinya menjadi monumen lokomotif uap TC 10.08, yang masih ada hingga sekarang.

Monumen kereta yang kedua adalah monument yang merupakan kantor pusat PT. Kereta Api Indonesia yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No. 5. Lokomotif yang dijadikan monumen tersebut merupakan lokomotif uap TD.1002.


3. Monumen Bandung Lautan Api

Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung
Flickr

Untuk mengenang peristiwa Bandung Lautan Api yang terjadi tahun 1946, Monumen Bandung Lautan Api atau yang biasa kita sebut dengan nama BLA yang berada di lapangan tegalega dijadikan tempat untuk memperingati peristiwa tersebut. Monumen yang sudah ada sejak tahun 1981 di Bandung ini memiliki tinggi 45 meter. Ada ritual pawai obor untuk napak tilas peristiwa Bandung Lautan Api ini yang dilakukan setiap malam tanggal 23 Maret dan berpusat di lapangan tegalega dan monumen BLA ini.

4. Monumen Asia Afrika

Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung
TripAdvisor.com

Untuk memperingati peristiwa Konferensi Asia Afrika ini, maka dibuatlah sebuah tugu bernama Tugu Dasasila yang awalnya berlokasi di simpang lima, kemudian lokasinya dipindahkan ke samping Gedung Merdeka ketika  peringatan KAA yang ke- 60 tahun. Setelah Tugu Dasasila dipindahkan, kemudian dibangun Menara Jam Asia Afrika setinggi 15 meter di lokasi lama Tugu Dasasila yaitu di simpang lima, yang di seluruh badan menara tersebut tertulis nama - nama negara peserta Peringatan Konferensi Asia Afrika yang ke-60 yang anggotanya pada saat itu berjumlah 109 negara.


5. Monumen Nol Kilometer Kota Bandung

Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung
Detik Travel

Diresmikan pada tahun 2004, monumen yang berada di depan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Barat ini dijadikan sebagai penanda titik nol Kota Bandung.

Beberapa orang mengira bahwa monumen ini adalah lokomotif  zaman dahulu karena monumen ini berupa mesin penggilingan kuno atau di Bandung biasa disebut dengan nama setum. 

Sejak kawasan asia afrika dipercantik bergaya eropa lama dalam menyambut peristiwa peringatan 60 tahun KAA, kini monumen nol kilometer ini menjadi salah satu favorit objek selfie warga.

Nah, inilah monumen-monumen di kota Bandung yang sering terlupakan. Dilupakan itu sakit ya? Supaya monumen ini tidak merasa seperti itu, maka setiap kita berkunjung ke kota Bandung, Jangan lupa untuk mengunjungi monumen bersejarah tersebut ya  

Di Bandung juga ada : 9 Foto Studio di Bandung

Sampai jumpa dengan Minid ditulisan selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung.

Belum ada Komentar untuk "Sering Terlupakan! Inilah 5 Monumen yang Terdapat di Kota Bandung"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel