Suka Minum Teh Hijau? Inilah 15 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Suka Minum Teh Hijau? Inilah 15 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan
IDN Times
www,ujwar.com - Suka Minum Teh Hijau? Inilah 15 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan - Sudah sejak lama teh hijau dikenal sebagai jenis teh yang super sehat. Karena teh hijau memiliki kandungan zat antioksidan seperti enzim, asam amino, dan polifenol yang tinggi, yang berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak hanya itu, ternyata teh hijau juga mengandung vitamin B, cafein, folat, magnesium, mangan, dan potasium.

Berbicara tentang teh hijau, apakah kamu sudah tahu manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari teh hijau? Nah, berikut adalah 15 manfaat yang dapat diperoleh dari teh hijau bagi kesehatan :

1. Mempercantik Kulit Wajah

Manfaat yang pertama dati teh hijau adalah untuk kecantikan. The hijau dapat mempercantik kulit pada bagian wajah, terutama wanita. Pada tahun 2003, Medical Collage of Georgia melakukan penelitian , bahwa dengan mengonsumsi teh hijau akan mengeluarkan racun dari kulit, mengurangi peradangan, menyembuhkan bekas luka pada kulit, serta meningkatkan elastisitas kulit.

2. Mengurangi Mata Bengkak dan Mata Panda

Salah satu kandungan teh hijau yaitu antioksidan dan tannin, bermanfaat untuk mengurangi bengkak pada mata dan lingkaran hitam dibawah mata (mata Panda). Zat alami dari teh hijau mampu menyusutkan pembuluh darah di bawah kulit halus disekitar mata. Gilirannya mampu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

3. Mencegah Penuaan

Manfaat selanjutnya dari teh hijau adalah mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Hal ini karena teh hijau mengandung zat polifenol yang mampu menangkal radikal bebas berbahaya yang bisa mengakibatkan kerusakan kulit secara signifikan, dan bahkan mempercepat proses penuaan.

4. Mengobati Jerawat

Kandungan katekin pada teh hijau dapat membantu mengobati maslaah kulit pada remaja. Biasanya masalah kulit pada remaja adalah munculnya jerawat. Kandungan katekin tersebut bersifat anti bakteri, membantu mengatur keseimbangan hormone dan anti inflamasi penyebab terjadinya jerawat. Pada tahun 2012 dilakukan sebuah penelitian yang diterbitkan pada ournal of Investigative Dermatology, mengatakan bahwa epigallocatechhin -3- gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau mampu mengobati jerawat dan menghambat bakteri terjadinya jerawat.

5. Berfungsi Sebagai Toner Kulit

Ternyata manfaat lainnya dari teh hijau yaitu bisa dijadikan sebagai toner untuk mempercantik kulit. Teh hijau mampu menarik kotoran yang tertinggal pada kulit, memperkecil pori-pori, serta menghidrasi kulit.

6. Membantu Memobilisasi Lemak dan Sel Lemak

Manfaat teh hiaju selanjutnya  adalah dalam penurunan berat badan. teh hijau mampu memindahkan lemak yang berasal dari sel lemak. Karena untuk membakar lemak , hal pertama yang harus terjadi adalah memecahkan sel lemak kemudian dipindahkan ke aliran darah. Proses ini tersebut bisa kami peroleh dengan mengonsumsi teh hijau, karena teh hijau mengandung senyawa EGCG (Epigallocathecin Gallate)  dan kafein.

7. Meningkatkan Pembakaran Lemak

Dengan minum teh hijau, akan lebih banyak terbakar. Terutama saat kamu berolahraga. Ya, manfaat lainnya dari teh hiaju adalah untuk meningkatkan pembakaran lemak ketika kamu sedang berolahraga. Sebuah penelitian menyatakan bahwa, orang yang minum teh hijau sebelum berolahraga dapat membakar lemak 17% lebih banyak dibanding dengan orang yang tidak meminum teh hijau sebelum olahraga.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Agar bisa berlangsung sukses ketika sedang proses penurunan berat badan, maka perlu system metabolisme tubuh yang baik. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh secara alami, kamu bisa mengonsumsi teh hijau.

9. Mengonsumsi Kalori Lebih Sedikit

Manfaat teh hijau lainnya untuk membantu menurunkan berat badan adalah, akan membantu mengurangi nafsu makan.  Karena salah satu rahasia gara penurunan berat badan sukses adalah kamu harus mengontrol jumlah kalori yang dikonsumsi.

10. Menghilangkan Lemak Abdominal

Lemak jenis abdominal ini merupakan lemak yang bersarang di bawah kulit dan membahayakan. Apabila lemak ini muncul dapat mengakibatkan peradangan dalam tubuh, resistensi insulin, bahakn penyakit jantung. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan minum teh hijau dapat emmbakar lemak abdominal tersebut secara signifikan.

11. Meningkatkan Fungsi Otak

Bahan aktif dalam teh hijau, yaitu kafein dapat bermanfaat untuk mendukung fungsi otak. Karena pada saat kafein masuk kedalam otak, kafein akan memblokit neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine. Dengan demikian, akan terjadi penembakan neuron dan konsentrasi neurotransmitter seperti dopamine dan norefinefrin. Hasilnya akan meningkat fungsi otak.

12. Menurunkan Resiko Kanker

Teh hijau tinggi akan kandungan zat antioksidan. Hal tersebut dapat bermanfaat untuk menurunkan resiko terjadinya kanker. Sebab kandungan antioksidan teh hijau diketahui mampu menangkal kerusakan oksidatif  berkontribusi terhadap perkemabnagan kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, serta kanker prostat.

13. Meningkatkan Kesehatan Oral

Kandungan katekin dalam the hijau dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan gigi. Bebebrapa penelitian menyatakan bahwa teh hijau dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan plak dan resiko gigi berlubang. Bakteri tersebut adalah Sterptococcus mutans.

14. Menurunkan Resiko Diabetes

Jangan khawatir, apabila kamu sedang mengalami diabetes. Karena dengan mengonsumsi teh hijau dapat menurunkan resiko etrjaidnya diabetes. Di Jepang dilakukan sebuah penelitian dan menghasilkan bahwa mereka yang minum teh hijau memiliki resiko 42% lebih rendah untuk mengalami diabetes.

15. Mengurangi resiko penyakit Kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular dapat dicegah dengan minum teh hijau. Sebab teh hijau akan meningkatkan kapasitas zat oksidasi dalam darah, yang bergunai untuk melindungi partikel LDL dari oksidasi. Bagi peminum teh hijau memiliki resiko 31% lebih rendah untuk terkena penyakit kardiovaskular.

Nah itulah 15 manfaat yang dapat kita peroleh dari teh hijau untuk kesehatan tubuh. Untuk jaga-jaga konsumsilah teh hijau secara rutin agar kita terhindar dari serangan penyakit. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari segala penyakit. Aamiin …

Semoga bermanfaat, jangan lupa dishare 



1 Komentar untuk "Suka Minum Teh Hijau? Inilah 15 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan"

  1. selama ini suka minum teh biasa tapi karena ada yang bilang teh biasa menjadi salah satu penyebab jadi gigi kuning alhasil pindah ke teh hijau, rupanya banyak banget manfaatnya y baru tahu hihi

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel