10 Cara Untuk Menjadi Orang yang Super Optimis


Wahgila.com - 10 Cara Untuk Menjadi Orang yang Super Optimis


10 Cara Untuk Menjadi Orang yang Super Optimis
pixabay.com

Hallo kawan-kawan, Mimin kembali datang lagi niiih buat ngebagiin hal-hal yang bermanfaat. Yups, ini mengenai optimis.

Kadang kala, kita sebagai manusia diharuskan untuk tetap optimis, bagaimana pun keadaannya. Sebab, sikap kita, akan menggambarkan seberapa besar kesuksesan yang akan kita raih dan terwujud.

Menjadi orang yang bisa optimis memang susah-susah gampang. Namun, semua itu harus tetap dilakukan, bukan? Demi tercapainya tujuan, sebagai manusia yang selalu bersikap positif.

Berikut ini adalah 10 Cara Untuk Menjadi Orang yang Super Optimis:

1. Percaya Diri

Untuk menjadi optimis, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah percaya diri. Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri? Baca dulu deh artikel ini:

Yaps, seseorang akan optimis, jika sudah terdapat rasa percaya diri di dalam dirinya. Hal ini akan memperkuat rasa optimis. So, tingkatkan dulu rasa percaya dirinya, baru rasa optimis itu akan membesar di dalam dirimu.

2. Bersyukur

Dengan bersyukur, kita akan lebih optimis ddalam menghadapi sesuatu. Bayangkan, jika kita tak bersyukur atas apa yang Tuhan berikan, mungkin kita hanya akan terus pesimis, malas, dan bahkan tidak ada gairah untuk mempercayai sesuatu hal baik akan terjadi.

Bersyukur memang selalu memunculkan hal baik. Selain akan menenangkan diri, juga akan membuat diri lebih tertawa. Dan jika pun ada kegagalan dalam hidup, semua kesedihan tak akan berlangsung lama. Akan banyak hal inidah lain yang lebih baik.

3. Persiapan yang Matang

Biasanya optimis berhubungan dengan sesuatu yang telah kita lakukan. Misal, kita akan melakukan perlombaan, kita presentasi di hadapan orang banyak, kita menjadi pelopor kemajuan suatu hal. Dengan persiapan yang matang, maka akan ada rasa percaya, bahwa apa yang telah kita lakukan akan membuahkan hasil. Ya, rasa percaya itu adalah optimis.

Sudahkah melakukan persiapan yang matang sebelum melakukan sesuatu? Jika belum, siap-siap, tidak akan ada rasa optimis yang besar, yang bisa mengantarkan kepada kemenangan.

4. Memahami Maksud Suatu Tujuan

Kadang kala, kita tak sedikit pun mengerti, apa tujuan dari hal yang kita lakukan. Kita harus tahu lebih dahulu tujuan kita melakukan sesuatu. Jika tujuan tersebut mengarahkan kepada kebaikan, maka rasa optimis akan secara otomatis meningkat, karena memang untuk kepentingan di atas kepentingkan.

Bagaimana jika seandainya apa yang kita lakukan, tujuannya menjulur kepada keburukan? Jelas tidak akan ada energi positif di sana. Hal-hal tersebut hanya akan membuat kita takut. Membuat diri sendiri seperti dikejar-kejar sesuatu. Dan itu tidak enak.

Marilah mengenal tujuan dari sesuatu yang kita lakukan. Setelah mengetahui semuanya, dijamin, akan ada hal menarik dalam kehidupan. Motivasi diri untuk terus optimis pun akan terus meningkat pesat.

5. Selalu Menghargai Apa yang Orang Lakukan 

Berapa kali kamu mengucapkan terima kasih dan maaf dalam sehari? Kita harus selalu memberikan energi baik dengan cara selalu mengapresiasi orang lain dengan cara mengucapkan kalimat-kalimat penghargaan. Hal ini akan membuat kita lebih optimis.

Seberapa seirng juga, kita menyadari kesalahan, dan bahkan meminta maaf kepada orang lain? Semakin sering mawas dan intropeksi diri, semakin besar energi baik dalam diri kita. Secara cepat, optimis juga akan merembet di seluruh jiwa kita.

6. Mengubah Sudut Pandang

Manusia cenderung melihat sudut pandang dari hal buruk dan kegagalan. Salah satu menciptakan jiwa yang optimis adalah mengubah sudut pandang. Kita bisa mengubah sudut pandang dari mana saja. 

Contoh: Kita mengikuti sebuah perlombaan, kemudian ingin menang, tetapi malah kalah. Kekalahan ini akan menjadi hal yang memang membuat down. Untuk menghindari itu, kita harus mengambil kisah kekalahan ini dari sudut pandang lain. Misal, bisa saja, Tuhan ingin kita belajar lebih giat, dan mengikuti lomba lagi di kesempatan selanjutnya. Hal tersebut akan membuat rasa optimis terus terpupuk. Sehingga berani mencoba dan terus berjuang lebih keras.

7. Do Something!

Ya, lakukan sesuatu. Dalam kehidupan, pasti akan ada kegagalan. Bahkan kegagalan ini selalu muncul setiap saat. Hal yang perlu kita lakukan setelah gagal adalah lakukan hal baru. Lakukan sesuatu yang menyehatkan. Waktu akan terus berjalan, dan banyak yang harus kita persiapkan selain meratapi hal buruk tadi.

Rasa optimis diciptakan bukan dalam sekejap, tetapi dalam proses yang panjang. Nikmati proses, coba hal-hal baru, dan lakukan hal yang bisa membuat sehat, seperti olahraga, dan hal-hal positif lainnya.

8. Evaluasi Diri

Kadang kala, terlalu optimis bisa membuat kita lupa terhadap kesalahan yang harus diperbaiki. Ya, mengevaluasi setiap hal yang pernah dilakukan adalah hal terbaik, terkece. Jangan sampai, karena terlalu optimis, kita mengabaikan evaluasi. Bahkan menjelek-jelekkan orang lain. Evaluasi harus senantiasa dilakukan setiap saat.

9. Dengarkan Naishat Orang

Nasihat berbeda dengan Judge ya. Kalau ada orang yang memberikan nasihat, saran, bahkan masukan, jangan sampai kita tidak mau menerima saran tersebut. Hal ini akan berhubungan dengan perbaikan untuk kedepannya. Semakin kita lebih baik, semakin besar optimis kita.

Sementara, judge adalah hinaan, caciaan dan hal-hal yang bertujuan untuk menjatuhkan. Hal semacam itu, tidak perlu didengarkan, hanya saja perlu dijadikan sebagai pelatih mental, agar selalu menjadi orang yang tahan dibanting-banting.

10. Selalu Berbica Dengan Konotasi Baik

Ya, hal ini sangat penting. Semakin kita pintar memilih kata yang lebih positif, semakin kita gampang untuk terus optimis. Semakin kita sering menggunakan kata negatif, semakin pesimis hati kita. Ya, banyak padanan kata yang mungkin bisa diganti. 

Contoh kalimat ini: Aku bakalan kalah, aku kan memang bodoh!

Mungkin akan lebih punya kekuatan jika diganti: Persiapanku kurang maksimal. Kalau pun kali ini kalah, berarti aku harus belajar lagi, dan mencoba tahun depan.

Apa susahnya berkata yang baik-baik?

Yaps, itulah 10 Cara Agar kita Bisa optimis. Sudahkan menjadi orang yang optimis hari ini? Ayo sama-sama melangkah ....












Belum ada Komentar untuk "10 Cara Untuk Menjadi Orang yang Super Optimis"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel