10 Strategi Agar Lolos Audisi Stand Up Comedy

Ujwar.com - 10 Strategi Agar Lolos Audisi Stand Up Comedy

10 Strategi Agar Lolos Audisi Stand Up Comedy
wikipedia


Hallo guys, ketemu lagi dengan saya. Yeah, kali ini, saya ingin berbagi tips soal Stand Up Comedy Academy yang ada di Indonesiar.

Seperti yang kawan-kawan ketahu (yang pernah baca curhatan saya sebelumnya), bahwa saya ini pernah ikutan audisi Stand Up Comedy Academy, waktu audisi Bandung 2018 lalu. Nggak lolos sih, tapi saya punya kesimpulan sendiri, bagaimana agar kita berkemungkinan besar lolos. Dan ya, hal tersebut tidak rugi kan, kalau saya bagikan ke kawan-kawan?

Yaps, berikut ini adalah 10 Strategi Agar Lolos Audisi Stand Up Comedy:


1. Siapkan Materi Kebanggaan

Banyak orang yang mencoba materi-materi baru, yang langsung ditampilkan saat audisi. Padahal belum tahu bagaimana reaksi orang-orang. Apakah materi itu cukup pecah? Apakah materi itu lucu? Relate sama orang lain, atau bagaimana?

Waktu audisi, aku bawain materi baru. Ya, namanya juga belum pernah open mic, jadi emang nggak tahu kualitas diri plus kualitas materi. 

Saranku, bawa materi yang sudah benar-benar dicoba. Materi pamungkas temen-temen. Yang sudah kebukti bikin ngakak dan pecah. Setidaknya, itu akan menambah sedikit kelegaan saat kita tampil. Seperti itu.

2. Datang Bersama Komunitas

Saat audisi, aku datang sendiri. Ya iyalah. Aku baru nonton stand up comedy sekali dua kali, itu pun di TV, udah nekat datang ke tempat audisi? Is, is ....

Yang aku lihat, orang-orang komunitas ini mendapatkan keistimewahan lebih. Terutama dari tampil audisi. Aku dengar sendiri, kalau ada komunitas yang dateng (banyakan), maka bisa langsung audisi. Alias dikedepankan oleh panitia.

Menurut saya, itu adalah kesempatan besar bagi kita (bagi yang ikut audisi). Pertama, orang-orang yang ikut komunitas lebih dipercaya. Kedua, waktu audisi jadi nggak lama. Kebayangkan, waktu aku audisi aja ngantrinya dari jam 11. Dan tampil di hadapan jurinya sekitar jam 9 malem.

Tapi, kalau seandianya nggak ikut audisi pun, dateng aja sih sendiri. Nggak apa-apa. Toh yang penting materi kita keren, menggelegar dan membahendol, eh, membahana.

3. Datang Paling Pagi

Khusus bagi dirimu yang jauh, diusahakan datang paling pagi. Aku waktu audisi sampe ke Bandung jam 10 pagi. Jelas saja kebagian audisinya malem. Sebisa-bisa, dari pagi, kawan-kawan udah dateng, udah ngantri. Semakin pagi, semakin oke.

Lagian, telinga juri pas lagi ngedengerin dikau stand up pasti masih baik. Karena belum mendengarkan audisi-audisi lainnya yang bikin mumet. Kebayang kalau kebagian audisi malem. Juri mungkin udah bosen mendengarkan ribuan orang ngoceh.

Kesempatan audisi pagi lebih direkomendasikan. 

4. Siapkan Mental

Sumpeh dah, tampil di hadapan satu orang manusia, di sebuah ruangan kecil itu sangat-sangat menguji adrenalin. Bayangin guys, waktu audisi 2018 kemarin, disediakan beberapa room. Setiap room yang kecil itu ada satu juri.

Bisa dibayangin, gimana krik krik-nya suasana jika kita tampil hanya ditonton oleh satu orang manusia saja. Duh, kalau nggak siap mental, bisa pingsan di tempat audisi.

Lagian setau aku, kebanyakan juri itu jarang ketawa, tatapannya tajam, dan agak-agak jutek begitulah. Mungkin itu salah satu strategi untuk melihat calon-calon komikanya. Kalau dihadapan dengan orang seperti itu saja udah down duluan, gimana kalau lolos nanti?


5. Perbanyak Jam Terbang

Tips nomor 5 ini sih sebenarnya bisa dilakuin berbulan-bulan sebelum audisi, bahwa bertahun-tahun sebelum audisi. Artinya, sebelum mengikuti ajang seperti ini, kawan-kawan sudah punya jam terbang yang banyak. Sudah sering stand up comedy, udah sering tampil, udah sering ikut lomba. Hal ini akan mempermulus perjalanan. Karena semakin banya jam terbang, kita semakin tahu bagaimana cara ngeklik diri saat audisi. Bagaimana cara membuat suasana hangat antara dirimu dengan juri.

6. Jaga Kesehatan

Ini paling susah diduga-duga. Ketika semua materi udah siap, eh kemudian sakit saat hari H audisi, itu akan mengurangi stamina kita. Dna jelas, penampilan pun tidak akan begitu maksimal. Sedangkan, juri nggak bakalan denger alasanmu sedang sakit, atau sedang galau, dan sedang apa pun itu. Karena pada intinya, kamu harus siap berdiri di depan juri, dan ngoceh-ngoceh.

7. Bawa Keunikanmu

Yang audisi itu ribuan orang men.  Bisa kebayang kan kalau kamu nggak ada bedanya sama yang lain. Ah, membosankan pasti. Ketika audisi, aku melihat beberapa orang unik. Darimulai orang yang berpakaian perempuan, orang yang memakai aksesoris aneh, orang yang memakai baju Bupati, atau baju dinas, dan lain-lain. Tak lain, hal itu untuk mendatangkan perbedaan dan keunikan.

Namun, jika dirimu tak memungkinkan untuk seperti itu (dan tidak membuat nyaman), maka kamu bisa mencari keunikan lain. Bisa dari Persona di atas panggung, ciri khas berbicara, jargon, atau apa pun itu yang membuat beda. Atau bisa alat musik? Hem, bisa dicoba sih supaya kaya komika sebelum-sebelumnya. Tapi sih, diusahakan memiliki sesuatu yang unik, yang jarang dimiliki banyak orang.

8. Pemanasan Sebelum Audisi

Yaps, banyak orang yang tampil biasa aja karena nggak pemanasan alias nggak latihan sebelum audisi. Usahakan untuk kembali membuka materimu dan mencobanya sebelum audisi. Hal ini untuk memastikan bahwa dirimu benar-benar siap dan mengetahui, bagian mana saja yang akan dibuat beda. Misal dengan ditambah act out, atau apa begitu. Itu sangatlah penting.

9. Jangan Melupakan Materi

Maksudnya gimana nih?

Stand up comedy itu kalau kata Bang Radit bukan hanya ingin tampil lucu di hadapan orang, tetapi soal bagaimana kita mentransper keresahan yang kita miliki ke audience. Bayangkan, jika keresahan kita nyampe, garing sekali pun, pendengar mungkin akan ketawa.  Karena yang paling penting adalah: nyambung nggak, materi kita sama orang-orang. Mereka kira-kira bakal ikut manggut-manggut nggak kalau kita nyampein materi itu.

Stand Up Comedy itu kalo kataku sih realita yang dibalut canda. Jadi, pastikan materi itu merupakan sebuah keresahan, dan memang kerap terjadi di lingkungan kita. Atau sesuatu yang menjadi kebiasaan.

10. Ikhlas dan Berdoa

Terkesan sepele tips nomor 10 ini. Ketika kita sudah mempersiapkan semuanya, tetapi kemudian tidak ikhlas, bahkan terkesan maksa dan ambisi menggebu-gebu, apalagi tak berdoa, mungkin saja akan terhambat. Manusia hanya bisa berencana pengin ini pengin itu, tapi kehendak Tuhan lebih kuat. Kita nggak bisa nolak.

Ketika kita sudah hapal, mungkin pas tampil mendadak blank, itu adalah hal yang perlu dievaluasi. Mungkin saja apa yang dilakukan tidak berpegang teguh terhadap aturan Allah. Banyak hal-hal yang mungkin bisa terjadi, tapi tak terjadi gara-gara kesalahan yang sangat terlihat kecil di mata.

Well, itu saja guys 10 Strategi Agar Lolos Stand Up Comedy. Mau diikutin syukur, nggak diikutin juga nggak masalah. Aku sih waktu itu nggak lolos dan emang nggak mungkin lolos karena kemampuannta masih tahi kukunya, tapi mungkin aku merasakan jelas situasi yang terjadi terhadapku tahun lalu, yang aku bagikan saat ini.

So, mari berjuang. Gapai impian. Selamat berlatih. Selamat membaca artikelku selanjutnya. 

2 Responses to "10 Strategi Agar Lolos Audisi Stand Up Comedy"

  1. ayoooo..dong Mas, nanti ikutan audisi lagi yach, saya adalah pengemar Stand Up Comedy, saya bisa dukung loh kalau sudah masuk tivi, ntar kalau masuk pilih tema blogger yach, kayaknya lebih seru dan unik.

    ReplyDelete
  2. Wah artikelnya cocok banget nih buat kalian yang mau ikutan audisi stand up comedy

    ReplyDelete

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel