11 Museum Terkenal di Surabaya

www.ujwar.com - 11 Museum Terkenal di Surabaya 

11 Museum Terkenal di Surabaya
www.ulinulin.com

Kota Surabaya merupakan kota yang memiliki sejarah panjang setelah Jakarta. Hal tersebu diperkuat dari banyaknya cagar budaya yang dimiliki oleh Surabaya. Apabila anda ingin tahu sejarah mengenai Kota Surabaya dari zaman dahulu hingga sekarang, maka anda harus  mengunjungi museum-museum berkunjung yang tersebar di wilayah Kota Surabaya. Berikut 11 museum di Kota Surabaya, yuk simak:


1. Museum De Javasche Bank (Jl. Garuda No.1 Surabaya)

niezfreaks.wordpress.com

De Javasche Bank merupakan salah satu bank tekenal pada zaman kolonial Belanda, didirikan di Batavia pada tanggal 24 Januari 1828. Bahkan De Javasche Bank juga membuka cabang di berbagai kota seperti Surabaya, Yogyakarta, Solo, Cirebon, Makasar, Palembang serta Pontianak. Pada tanggal 14 September 1892 Kantor cabang De Javasche Bank Surabaya dibuka dengan kepala cabang pertama yaitu F.H Preyer dibantu asisten A.H. Buchler dan J.D.A Loth sebagai komisaris. Museum ini buka dari pukul 08.00 – 16.00, dan tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

2. House of Sampoerna

www.ulinulin.com

House of Sampoerna merupakan bangunan megah dengan 4 pilar besar di pintu utama, dan dibangun sejak tahun 1858 di sekitaran wilayah Surabaya Lama. Bangunan ini sebelumnya  merupakan tempat panti asuhan yang dikelola oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1893 bangunan ini dibeli oleh seorang pengusaha bernama Liem Sieng Tee dengan tujuan akan mendirikan pabrik rokok Sampoerna. Saat ini bangunan tersebut masih menjadi tempat produksi rokok, sekaligus museum yang dikenal dengan nama House of Sampoerna yang menjadi situs bangunan bersejarah di Kota Surabaya.

Tidak hanya museum, House of Sampoerna juga menjual berbagai macam oleh-oleh Surabaya. Di tempat ini juga terdapat cafe di sebelah kanan bangunan utama. Di lantai dua pada bangunan utama kita dapat melihat para pekerja sedang memproduksi rokok. House of Sampoerna juga menyediakan bis dengan nama Surabaya Heritage Track. Bis ini dipusatkan untuk tur kota mengelilingi tempat bersejarah di Kota Surabaya. Jangan khawatir karena layanan tur kota ini gratis.

3. Museum Sepuluh Nopember

mhannahct.blogspot.com/

Museum ini merupakan museum yang memiliki bentuk arsitektur yang menarik , letaknya berada di dalam komplek Tugu Pahlawan. Berdasarkan ruas, tinggi juga setiap garisnya mengandung makna 10, 11 dan 1945 yang merupakan Hari Pahlawan yaitu 10 November 1945. Maka  museum ini dinamakan dengan nama museum Sepuluh Nopember untuk mengabadikan dan mengenang hari Pahlawan di mana saat itu terjadi pertempuran hebat yang dilakukan oleh arek-arek Suroboyo melawan serdadu Belanda di Kota Surabaya. 

4. Museum W.R. Soepratman

snap361.net

Pastinya anda tahu siapa W. R. Soepratman sang pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya, ternyata di Kota Surabaya ada museumnya. Sebelumnya bangunan ini merupakan rumah kakak Soepratman yaitu Rukiyem Supratijah yang kemudian sejak tahun 1936 turut ditempati oleh Soepratman sebagai tempat persembunyian dari kejaran pasukan Belanda akibat menciptakan lagu Indonesia Raya. Soepratman menempati rumah ini sampai akhir hayatnya. Bahkan makamnya terletak tidak jauh dari rumah ini.

Museum ini berada di tengah pemukiman penduduk yaitu di Jalan Mangga No. 21, Surabaya. Pada bagian halamannya kita dapat melihat langsung patung W. R. Soepratman  sedang bermain biola. Sedangkan di bagian dalam terdapat berbagai foto W. R. Soepratman serta replika biola-biola yang dimilikinya.

5. Museum Surabaya (Siola)

Reresepan

Museum ini terletak di pusat kota dan berdiri dengan megah di ujung persimpangan Jalan Genteng Kali dan Jalan Tunjungan. Sejak berdirinya pada tahun 1877 museum ini dikenal dengan Gedung Siola. Bangunan museum ini memiliki sejarah panjang.

Di museum ini memamerkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan Kota Surabaya. Mulai dari Walikota pertama pada saat zaman Belanda hingga Walikota saat ini.

Selain benda-benda bersejarah pemerintah Kota Surabaya, artefak yang dipamerkan juga termasuk benda yang dimiliki oleh tokoh-tokoh legendaris dari Surabaya hingga kendaraan tempo dulu. 

6. Monumen Kapal Selam

Lelungan.net

Monumen ini bukan hanya semata-mata bentuk monumen saja, ternyata sebuah museum yang benar-benar berbentuk kapal selam. Kapal selam ini bernama KRI Pasopati dan didatangkan langsung dari Vladivostok, Uni Soviet dan pada tahun 1962 dimiliki resmi oleh Indonesia. Sekitar tahun 1989 kapal tersebut berhenti beroperasi. Monumen ini terletak di Jalan Pemuda, tepat berada di antara sungai Kalimas, Surabaya dan Plaza Surabaya.

sudah terdapat pemandu wisata yang cakap menemani dan menjelaskan seluk beluk kapal selam kepada pengunjung. Kita akan bisa mendapatkan wawasan mengenai bagaimana kapal selam bekerja, teknologi perkapalan, sampai dengan kemaritiman Indonesia, khususnya Surabaya.

7. Museum Kanker Indonesia

surya - Tribunnews.com

Museum ini berdiri pada tahun 2013 yang didirikanoleh Yayasan Kanker Wisnuwardhana. Di museum ini kita dapat menambah wawasan mengenai berbagai penyakit kanker. Kita akan mengetahui penjelasan mengenai penyakit kanker mulai dari gejala sampai penanganannya di setiap sudut ruangan, juga tersedia puluhan alat peraga yang menyerupai berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker tulang dan lainnya. Di museum ini juga disediakan mikroskop untuk melihat sel-sel kanker.

Museum Kanker Indonesia ini merupakan museum yang membahas mengenai kanker satu-satunya yang berada di Indonesia,hingga menjadikan museum ini sangat istimewa. Tujuan didirikannya yakni untuk mengenalkan penyakit kanker yang terkenal ganas serta sebagai kampanye untuk pencegahan dini penyakit kanker supaya masyarakat lebih waspada.

8. Monumen Jalesveva Jayamahe

Travellingyuk.com

Salah satu monumen kebanggan Kota Surabaya yakni Patung laksamana yang sangat ikonik dan berdiri menjulang tinggi dengan gagahnya. Monumen ini bernama Monumen Jalesveva Jayamahe (Di Lautan Kita Jaya) yang melambangakan kejayaan armada maritim Indonesia. Berlokasi di kawasan Tanjung Perak, Pelabuhan Utama, Kota Surabaya. 

Tepat di bawah patung, ada bangunan yang berisikan berbagai foto-foto dokumentasi, ruang teater, aula, dan segala hal mengenai armada TNI Angkatan Laut Indonesia. Namun museum yang satu ini tidak terbuka untuk umum karena berada di dalam markas komando Armatim Surabaya sehingga terdapat penjagaan ketat oleh petugas.

Namun bukan berarti kita tidak dapat mengunjungi museum ini. Kawasan Mako Armatim, termasuk museum, biasanya akan dibuka pada saat ada acara tertentu, salah satunya peringatan hari ulang tahun TNI. 

9. Museum TNI Loka Jaya Crana

Panduan Wisata Surabaya

Pada awalnya Museum TNI Loka Jaya Crana bernama Museum Akabri Laut. Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1979. Loka Jala Crana memiliki arti yakni tempat untuk menyimpan, mengabadikan dan menyajikan peralatan atau sarana yang digunakan oleh TNI Angkatan Laut.  

Di museum ini tersedia berbagai koleksi benda-benda bersejarah mengenai TNI Angkatan Laut, contohnya berbagai jenis alutsista, kendaraan tempur, alat-alat yang dipakai oleh prajurit, sampai dengan koleksi planetarium dan astronavigasi.

10. Museum Kesehatan

backpackerjakarta.com

Berbeda dari museum lainnya, Museum Kesehatan ini memiliki kesan aura mistis. Museum ini te cagar budaya yang terletak di Jalan Indrapura merupakan museum cagar budaya Surabaya yang kerap disebut sebagai museum santet. Ternyata, di dalam museum ini ada boneka jelangkung. Boneka ini dahulunya dipercaya untuk mendiagnosa penyakit dan pengobatan. Tidak hanya itu di museum ini juga terdapat boneka Nini Towok yang dilakukan dengan cara ritual untuk menjaga keselamatan desa dan menolak bala.

Kedua boneka tersebut masuk dalam koleksi museum kesehatan karena masih menjadi bagian dari alat peraga kesehatan yang dipercaya pada zaman dulu. museum kesehatan yang berada di Surabaya ini memang mengoleksi berbagai benda yang berkaitan dengan kesehatan sejak zaman tradisional yang masih percaya akan hal-hal mistis.

Tidak hanya memiliki boneka mistis saja, di museum ini juga terdapat banyak sekali benda-benda kesehatan lainnya yang tentunya akan menambah wawasan kita. Mulai dari barang kuno alat kedokteran, celana anti pemerkosaan, hewan yang dipercaya sebagai penyebar penyakit dan masih banyak lagi.

11. Museum De Mata Trick 

jejakpiknik.com

Berlokasi di Surabaya Town Square 1st Level I 73, Jl. Hayam Wuruk No. 6, Surabaya. Di Museum De Mata Trick ini, pengunjung bisa merasakan sensasi 3D dengan berbagai pose dan latar belakang seperti nyata. Museum ini mempunyai koleksi lebih dari 104 gambar 3D. Menyediakan berbagai gambar 3D Art mulai dari tema alam, olahraga, angka, binatang, super hero, romance, sirkus, ornamen, dll. Museum ini buka dari pukul 10.00 – 22.00 WIB. 

Nah, itulah 11 Museum yang terdapat di Surabaya, semoga bermanfat. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini. 



Belum ada Komentar untuk "11 Museum Terkenal di Surabaya "

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel