11 Strategi Untuk Menjadi Penulis Terkenal yang Disukai Orang Banyak

Ujwar.com - 11 Strategi Untuk Menjadi Penulis Terkenal yang Disukai Orang Banyak

11 Strategi Untuk Menjadi Penulis Terkenal yang Disukai Orang Banyak
pixabay.com


Apalah arti penulis jika tidak ada pembaca. Semua yang ditulis, dihasilkan untuk dibaca orang lain. Namun, mengumpulkan pembaca tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dan ya, hal tersebut jelas menjadi salah satu tugas penulis supaya bisa menjadi penulis favorit, plus dikenal.

Well, kali ini, aku akan menjelaskan 10 Strategi Untuk Menjadi Penulis Terkenal yang Disukai Orang Banyak. Berikut ulasannya:

1. Buatlah Tulisan Dengan Satu Genre Saja

Lho, aku kan sukanya nulis berbagai genre?

Ya, aku juga sama guys, sukanya nulis ini dan itu. Tapi ketahuilah, menulis satu genre saja akan memberikan keuntungan tersendiri, terutama bagi penulis yang belum benar-benar dikenal oleh orang lain. 

Kenapa?

Karena menjadi penulis dengan genre khusus akan membuat kita lebih diingat. 

“Tere Liye, nulisnya berbagai genre tuh. Bukunya tetep laku.”

Lha iya, kalau Tere Liye kan emang udah banyak pembacanya. Kalau sudah banyak seperti itu, mau nulis genre apa pun pasti laku.

Intinya, untuk membangun dunia kita dalam menulis, mulailah dengan satu genre saja. Paling tidak, kita menulis novel yang masih satu lingkup seperti: Misteri, thriller, atau horor.

Meski ketiga genre itu beda, tapi orang kadang selalu menyamakan genre-genre tersebut.

2. Fokus Menulis di Satu Platform

Ini sih yang aku pelajari sekarang. Banyak orang yang pengin mulai dikenal dengan cara aktif di seluruh medsos. Aktif di IG, Facebook, bahkan beberapa medsos lainnya. Saran, lebih baik aktif di salah satu platform yang diunggulkan saja.

Aku juga awalnya aktif di segala medsos. Namun pada akhirnya, memilih wattpad dan juga blog sebagai media menulis. Karena semakin banyak yang kita urus, semakin banyak pula, tenaga, pikiran dan waktu yang harus dikeluarkan.

Dengan fokus di satu atau dua platform, strategi kita akan lebih terstruktur. Kamu juga menulis akan semakin fokus di satu tempat saja. Bagiku, itu adalah strategi yang sangat cerdik.

Setelah kamu sukses di salah satu platform, dijamin, medsos kalian (Seperti IG dan Facebook), akan ikutan ramai karena satu platform.

Baca juga: 

3. Fokus Membangun Branding Di Media Sosial

Berbeda dengan menulis, kalau sekadar membangun branding, kamu bisa menggunakan medsos apa saja, Facebook, instagram dan twitter biasanya menjadi yang cocok untuk menunjukkan diri sebagai seorang penulis. Tidak usah berkata:

“Gue penulis!”

“Gue novelis!”

No, just show your novel. Tunjukkan paling tidak quotes-nya, cuplikannya, atau hal-hal menarik dari novelmu. Hal itu sudah sangat membantu supaya dirimu menjadi orang yang lebih dikenal.

Baca juga:

4. Berkolaborasi dengan Orang Terkenal Sebelumnya

Ini bisa menjadi salah satu jalan supaya kamu ketularan terkenal. Apakah ini pansos? (Panjat Sosial)

Ya, apa pun itu, berkolaborasi dengan orang yang sudah terkenal bisa membuat kita juga lebih dikenal. Yang penting niat kita baik. Bagaimana cara berkolaborasi?

Ada tiga cara: menjadi murid orang terkenal tersebut, menjadi sahabat orang tersebut, atau menjadi teman kerjasama.

Hal ini akan membuat kelas kita ikut meningkat. Disadari atau tidak, ketika kita satu lingkungan dengan orang-orang hebat, maka kita juga akan ketularan hebat, insya allah.

5. Selalu Ikut Event Apa pun Tentang Menulis

Ini work lho. Kadang, orang lebih suka menulis dan menyepi sendiri di ruangan dengan imajinasinya. Kita juga perlu untuk bersosialisasi di lingkungan yang kita sukai dan kita harapkan. Hal ini akan membuat kita lebih baik, baik dan baik lagi.

Semakin kita sering ikut lomba, maka akan semakin kita terlatih. Semakin kita sering ikut event (seperti seminar, temu penulis, workshop), maka kita akan menemukan orang-orang baru, bahkan pembaca baru.

6. Membuat Komunitas Sendiri

Well, salah satu alasan membuat komunitas sendiri adalah: ingin mewadahi orang-orang yang suka menulis. Tapi di sisi lain, ini juga akan memberikan keuntungan kepada kita selalu pemilik komunitas. Mungkin dalam hal apa pun, akan banyak keuntungan.

Namun ada yang perlu diingat, kalau ingin membuat komunitas, jangan hanya membuat, tapi juga harus fokus membangun dan benar-benar memberikan ilmu berharga. Secara otomatis, kita juga harus upgrade ilmu, jangan hanya sok-sok-an bisa dan jadi master. Kita harus senantiasa belajar, dan membagikannya kepada orang lain.

Melalui komunitas ini, lambat laun kita juga bisa memperkenalkan karya sendiri. Bahkan tanpa memperkenalkan pun, anggota juga akan kepo kepada kita dengan catatan, kita tidak hanya mengambilan keuntungan dari mereka, tetapi kita juga memberikan pengalaman berharga bagi mereka ketika bergabung dengan komunitas kita.

7. Rajin Mampir ke Tulisan Penulis Lain

Apakah kita tipe orang yang: Ingin dibaca tulisannya? Tapi nggak mau baca tulisan orang?

Hem, terdengar picik sekali jika kita memiliki pemikiran model begitu. Dalam hal apa pun, akan ada timbal baliknya. Ketika kita berbuat baik kepada orang lain, maka orang lain juga akan berbuat baik kepada kita.


Ketika dengan tulus, sopan, dan juga penuh perhatian kita menghargai karya orang, memberikan saran dan kritik membangun, ikut bahagia ketika orang punya karya, maka mereka juga akan melakukan hal yang sama kepada kita.

Jangan sampai, kita maksa orang buat baca karya kita. Ngotot pengin gini dan gitu, tetapi kitanya malah tidak perhatian terhadap orang lain. Hum, belajar buat care aja deh ke orang lain, insya allah orang lain juga akan baik kepada kita.

8. Menang Satu Ajang Bergengsi

Apakah semudah itu menjadi penulis terkenal dengan memenangkan sebuah ajang bergengsi? Ya nggak mudah, tapi siapa saja berkesempatan. Perlu dibayangkan, bahwa memenangkan ajang bergengsi akan membuat kita ter-up. Baik oleh teman-teman, pembaca, atau bahkan media.

Saya jadi ingat ajang menyanyi. Banyak orang yang ketika sudah memenangkan suatu ajang bergengsi, atau minimal, berhasil membuat kagum dengan penampilannya di TV (meski hanya di tahap awal), mereka jauh lebih dikenal. Sering diundang mengisi acara sekolah, kampus, dan wedding. Padahal awalnya mungkin tidak dikenal sama sekali.

Begitu pun penulis. Ketika kita masuk nominasi ajang bergengsi, yang semua orang tahu, maka kemungkinan besar kita akan  semakin di kenal oleh orang lain. Dijamin, penerbit akan berdatangan untuk menerbitkan karyamu.

9. Memiliki Keunikan dan Prestasi Lain 

Di dunia ini, kita tidak cukup hanya memiliki satu bakat dan skill. Kita akan lebih mendapatkan nilai jika kita memiliki bakat lain. Ketika menjadi seorang penulis, misal kita juga penyanyi, pemain pentas, penyuka tari, dan lain-lain. 

Kenapa begini? Kadang kala, untuk masuk ke dalam suatu industri, banyak yang menjadi penilaian. Salah satunya bakat lain itu tadi. Contoh: sebuah penerbit (yang nanti akan mengorbitkan naskah kita), akan lebih memilih penulis saja, atau penulis yang jago bahasa inggris dan kuliah di luar negeri?

Ya, bisa dipastikan, ketika prestasi si penulis itu banyak, maka akan menjadi nilai jual juga bagi penerbit yang akan mengorbitkan naskah si penulis tersebut.

10. Menulis Sesuatu yang Dibutuhkan

Kamu sudah menulis apa saja? Apakah tulisanmu dibutuhkan orang lain? Kadang kala, manusia itu akan lebih suka sesuatu yang real. Novel yang kaya akan pesan, buku yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, buku kesuksesan seseorang, biasanya akan lebih banyak dicari. Ketika tulisan semacam itu dibutuhkan, maka mereka juga akan membutuhkan penulisnya. Ada dua cara penulis bisa dikenal. Pertama: dia terkenal karena tulisannya. Kedua: dia terkenal karena KETERKENALAN sebelumnya. Ya, tinggal pilih saja, mau menjadi penulis dengan langkah yang mana. 

11. Konsisten Adalah langkah Awal

Ketika ingin mencapai poin 1-9, maka yang diperlukan adalah konsistensi. Sebesar apa pun mimpi, sebanyak apa pun prestasi, atau apa pun itu, kalau tidak konsisten menulis dan terus tidak menindaklanjuti karya kita, maka dijamin, perkembangan karir kita tidak akan cepat berkembang. Impian untuk menjadi penulis yang karya-karyanya dibaca orang lain pun akan sirna. Ya, jangan pernah berhenti menulis. Karena itulah yang menjadi kekuatan utama.

So guys, itulah 11 Strategi Untuk Menjadi Penulis Terkenal yang Disukai Orang Banyak. Akankah impian itu terwujud? Ayo, sama-sama berjuang.

Belum ada Komentar untuk "11 Strategi Untuk Menjadi Penulis Terkenal yang Disukai Orang Banyak"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel