11 Taman di Kota Jakarta ini Bisa Menjadi Referensi Untuk Liburan Anda

11 Taman di Kota Jakarta ini Bisa Menjadi Referensi Untuk Liburan Anda
taman-taman di Jakarta - wordpress.com
www.ujwar.com - 11 Taman di Kota Jakarta ini Bisa Menjadi Referensi Untuk Liburan Anda - Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia yang juga merupakan provinsi pusat pemerintahan. Tidak hanya itu jakarta juga sebagai pusat perdagangan, bisnis, industri, dan sentra-sentra lainnya, yang juga merupakan kota besar metropolitan. Oleh karena itu membuat kota jakarta kepadatan penduduk dan urbanisasi yang besar-besaran. Hal tersebut menyebabkan Jakarta semakin lama semakin padat dan sempitnya ruang terbuka hijau seperti taman dikarenakan beralihnya fungsi lahan menjadi perumahan, pertokoan, jalan-jalan dan sebagainya. 

Ditambah lagi kepadatan kendaraan yang mengakibatkan polusi dan pencemaran udara yang sangat tinggi. Untuk itu sangat diperlukan sekali taman / ruang terbuka hijau untuk menurunkan tingkat polusi dan pencemaran udara. Bahkan taman juga sangat membantu untuk memulihkan pikiran terhadap kejenuhan aktifitas sehari-hari serta dapat dijadikan rekreasi keluarga dan olahraga. Berikut 11 taman yang berada di Kota Jakarta, yuk simak:

Baca juga: Inilah 6 Tempat Wisata Anak yang Paling Banyak Dikunjungi di Kota Jakarta
                  Inilah 8 Gunung yang Dekat dengan Kota Jakarta, Keren!
                  Yuk Berlibur di 9 Wisata Air yang Terdapat di Jakarta

1. Taman Menteng

jejakpiknik.com

Bagi anda Warga Jakarta yang ingin berlibur tapi tidak menguras isi kantong dan menempuh waktu perjalanan jauh ke luar kota. Di pusat kota Jakarta terdapat tempat wisata ruang terbuka hijau yang tak kalah menarik dengan nuansa alam di daerah pesisir ibukota Yaitu Taman Menteng. Taman ini berlokasi di Jl. HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat. 

Taman yang satu ini dapat dimasukkan ke dalam rundown wajib rekreasi bersama keluarga anda tercinta. Taman Menteng menawarkan beragam fasilitas penunjang yang dapat anda dan keluarga nikmati, mulai dari olahraga, sarana bermain anak, jogging track, air mancur, dan lainnya. Pemandangan yang disajikannya pun sungguh sangat memanjakan mata, dengan udara yang sejuk dari hembusan angin pepohonan. Kebersihanannya di taman ini juga sangat terjaga, tidak nampak sampah-sampah dedaunan di dasar lantai karena petugas kebersihan siaga menyapu setiap satu jam.

2. Taman Mangrove Jakarta

jejakpiknik.com

Di Kota Jakarta juga ternyata punya yang namanya hutan mangrove. Terdapat dua hutan mangrove di Jakarta, Hutan Mangrove pertama berlokasi di Jalan Pantai Indah Utara I, Jakarta Utara, Hutan ini bernama Hutan Mangrove Jakarta. Untuk masuk ke Hutan Mangrove yang pertama Tidak ada biaya yang dikeluarkan, namun untuk kendaraan dikenakan biaya parkir. 

Selanjutnya Hutan mangrove yang kedua bernama Taman Wisata Alam Angke Kapuk. Hutan Mangrove yang kedua ini sekarang sedang populer di media sosial, karena terdapat banyak tempat yang bisa digunakan untuk foto-foto. Hutan Mangrove yang kedua ini berlokasi di Pantai Indah Kapuk, Kamal Muara, Jakarta Utara, Indonesia. apabila anda memilih tempat ini sebagai tempat wisata bersama teman ataupun keluarga, maka anda tidak salah pilih. Hutan yang satu ini juga bagus untuk menambah pengetahuan, karena termasuk Hutan Konservasi Mangrove. 

3. Taman Langsat

jejakpiknik.com

Taman Langsat merupakan taman yang berlokasi di Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan, di belakang Pasar Burung Barito. Taman yang satu ini mempunyai luas lahan seluas 3,6 hektar. Awalnya Taman Langsat merupakan tempat penampungan bibit tanaman, namun sekarang taman ini telah ditingkatkan fungsinya menjadi area penyuluhan pertamanan, serta beberapa fasilitas yang dapat dipergunakan untuk umum. Apabila anda ingin mengajak anak-anak ke Taman Langsat ini, sebaiknya datanglah pada pagi hari supaya mereka masih sempat mendengar suara burung juga menghirup sejuknya udara pagi di dari rindangnya pepohonan. 

4. Taman Medan Merdeka

taman-taman di Jakarta - wordpress.com

Taman Medan Merdeka merupakan suatu taman yang terbesar di Asia Tenggara, bahkan salah satu yang terbesar di Asia. Sebuah taman yang menjadi landmark dari Indonesia, negeri kita tercinta. Taman Medan Merdeka berlokasi di jantung ibu kota negeri ini, sehingga sangat mudah untuk dijangkau. Sesudah melalui berbagai macam perbaikan, pengembangan dan penertiban, lokasi lapangan yang selanjutnya dikenal dengan Taman Medan Merdeka ini, telah berubah menjadi lapangan yang luas serta indah dengan luas +/- 80 hektar.

5. Taman Tribeca

youtube

Taman Tribeca merupakan salah satu alternatif yang menarik untuk anda yang sudah jenuh dengan atmosfer mall. Lokasinya berada di dalam mal Central Park, Jakarta Barat.  Taman ini mempunyai aneka jenis tanaman, dengan komposisi pohon-pohon rindang di lingkar dalam taman, tanaman hias di lingkar luar taman. Taman ini menjadi salah satu tempat ngabuburit di Jakarta yang asyik untuk sekadar bersantai, menikmati beragam tanaman serta mendengarkan gemericik air kolam yang berisikan ikan koi dan kura-kura Brasil. 

6. Taman Fatahillah

cityseeker

Taman Fatahillah yang sebelumnya bernama Stadhuisplein ini merupakan sebuah lapangan yang berada di kawasan pusat Kota Tua Jakarta. Di Taman ini berdiri beberapa bangunan tua seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Kantor Pos Kota, serta Museum Seni Rupa dan Keramik. Tempat ini dinamakan Fatahillah, Fatahillah merupakan seorang tokoh yang berhasil merebut Sunda Kelapa dari tangan Portugis. 

7. Taman Situ Lembang

TravelBOS.id

Taman Situ Lembang merupakan sebuah taman kota yang berlokasi di pusat Jakarta. Situ yang mempunyai arti danau yang payau, sedangkan Lembang yaitu nama sebuah jalan yang berada di dekat taman tersebut. Taman yang satu ini merupakan salah satu taman tertua yang terdapat di Jakarta, dan memiliki danau kecil yang airnya berasal dari sumber air alam. Taman Situ Lembang ini memiliki fasilitas arena pemancingan, trek lari, dan arena permainan anak. Taman Situ Lembang dikelilingi dengan rumah-rumah di kawasan elite Menteng. 

8. Taman Barito (Taman Ayodya)

Hello - PET.com

Taman Barito atau juga dikenal dengan nama Taman Ayodya ini merupakan salah satu tempat wisata populer di jakarta selatan populer. Taman ini berlokasi di atas tanah dengan luas 7500 meter persegi, dimana dulu lokasi tersebut merupakan pasar ikan. Lokasi ini sangat ramai di kunjungi,  mulai dari anak anak remaja juga orang tua. Daya tarik taman ini adalah keindahan taman dan udara sejuk. Apabila pagi ataupun sore hari anda dapat menjadikan tempat ini sebagai tempat joging yang sangat menyenangkan.

9. Taman Cattleya

atourin.com

Taman Cattleya berada di wilayah Jakarta Barat tepatnya di perempatan Tomang – menuju Tol Kebon Jeruk. Taman ini mempunyai luas sekitar 3 hektar dan ditumbuhi beragam jenis tanaman, pohon, bunga serta sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum. Taman Cattleya atau juga disebut dengan nama Taman Tomang ini kerap dijadikan sebagai tempat berkumpulnya anak-anak muda jakarta dikala libur atau sekadar menikmati waktu santai taman. 

Bahkan taman ini juga dijadikan tempat berolahraga oleh warga sekitar, karena memang banyak fasilitas kesehatan dan kebugaran yang diberikan secara gratis ditaman ini. untuk masuk ke tman ini tidak dikenakan biaya alias gratis, namun pengunjung harus tetap menjaga kebersihan taman. Di taman ini kerap diadakan event, mengingat rimbunnya pepohonan dan tempatnya yang cukup luas di kawasan taman ini, membuat banyak orang memanfaatkannya untuk berkumpul.

10. Taman Tabebuya

bibittanamanpohon.wordpress.com

Menghabiskan waktu akhir pekan di kota Jakarta pasti seru jika liburan di taman terbuka hijau. Taman Tabebuya yang berlokasi di ciganjur jagakarsa jakarta selatan ini bisa menjadi salah satu solusinya. Di tempat ini anda dapat menikmati bunga yang sangat indah, selayaknya bunga sakura jepang. Tampatnya cukup rampai pada hari sabtu dan minggu atau pas libur panjang. Anda tidak hanya dapat menikmati banyak pemandangan bunga dan udara yang segar, bahkan di tempat ini juga terdapat tempat bermain untuk anak anak. Taman ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata bersama keluarga tercinta. 

11. Taman Suropati

jejakpiknik.com

Taman Suropati yang awalnya bernama Burgemeester Bisschopplein  merupakan nama sebuah taman di Jakarta. Awalnya nama taman ini diambil dari nama wali kota Batavia pertama yaitu G.J. Bisshop. Taman yang satu ini merupakan pusat kawasan Menteng, terletak tepat di antara pertemuan tiga jalan utama, yaitu Menteng Boulevard (Jalan Teuku Umar), Orange Boulevard (Jalan Diponegoro), dan Nassau Boulevard (Jalan Imam Bonjol).  Taman Suropati ini disebut-sebut sebagai titik nol Republik Indonesia, sejak beberapa tahun yang lalu taman ini dihiasi dengan patung-patung karya pematung dari negara-negara pendiri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. 


Itulah 11 taman yang terdapat di Jakarta, terima kasih sudah membaca postingan ioni. semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "11 Taman di Kota Jakarta ini Bisa Menjadi Referensi Untuk Liburan Anda"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel