12 Makanan Khas Kota Semarang, Wajib Coba!

www.ujwar.com - 12 Makanan Khas Kota Semarang, Wajib Coba! 

12 Makanan Khas Kota Semarang, Wajib Coba!
Blanja.com

Kota Semarang merupakan kota terbesar kelima setelah Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung di Indonesia. Tidak hanya itu, kota yang sekaligus merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah ini mempunyai jumlah penduduk mencapai angka 2 juta jiwa. Kota ini memiliki beberapa julukan, diantaranya Venetie van Java, Kota Atlas, The Port of Java, Semarang Pesona Asia, serta Kota Lumpia.

Kota Semarang dijuluki dengan nama kota lumpia karena di kota dengan dominasi penduduk dari suku Jawa tersebut terdapat makanan khas yakni berupa lumpia. Bahkan, tidak hanya lumpia ternyata masih ada banyak makanan khas Semarang. Berikut beberapa makanan khas Kota Semarang, yuk simak:


1. Bandeng Presto

Bandeng Presto Semarang

Bandeng presto yakni olahan dari ikan banden, dimasak dengan cara dipresto untuk melunakkan duri pada ikan tersebut. Sebelum dipresto, ikan Bandeng yang bernama latin Chanos chanos ini harus diberi bumbu berupa bawang putih, garam, dan kunyit yang sudah dihaluskan.

Olahan ini pertama kali ditemukan pada 1977 silam oleh Hanna Budimulya yang merupakan seorang warga Pati, Kemudian Bandeng Presto mulai menyebar secara cepat ke Semarang dan Sidoarjo khususnya. Karena perkembangan inilah, Bandeng Presto menjadi salah satu oleh-oleh khas ibukota Jawa Tengah tersebut.

2. Nasi Ayam Semarang

Travellingyuk.com

Nasi ayam khas Semarang merupakan makanan berupa nasi liwet, telur rebus, serta suwiran ayam yang kemudian diberi kuah opor juga tambahan sambal goreng jipan. Sepintas Nasi Ayam Semarang memang mirip dengan nasi liwetnya Solo, namun biasanya nasi ayam ini disajikan dengan tambahan sate telur puyuh, sate usus, dan teh hangat. Perbedaan lainnya yakni nasi liwet menggunakan kuah areh, sedangkan pada Nasi Ayam memakai kuah opor kuning.

Untuk penyajiannya memang terbilang cukup sederhana, yaitu hanya berada di atas piring yang telah diberi alas daun pisang dengan isian seperti yang telah disebutkan seperti di atas.

3. Garang Asem

Dictio community

Olahan tradisonal bernama garang asem merupakan makanan khas Semarang yang lezat berisi ayam dengan kuah santan berbumbu belimbing wuluh juga cabai. Uniknya, ayam dan kuah santan dimasak dengan dimasukkan terlebih dahulu ke dalam daun pisang selanjutnya ditutup atasannya dengan lidi. Untuk menambah kenikmatannya, garang asem biasanya diberi tambahan nasi hangat, tempe goreng, jeroan ayam yang ditusuk seperti sate, serta perkedel. Ayam yang dipakai dalam garang asem yakni ayam kampung, tekstur dari daging ayam kampung lebih lembut dan empuk dibanding dengan ayam lain.

Untuk dapat menemukan makanan khas yang satu ini cukup sulit, namun salah satunya anda dapat menemukannya di restoran dengan alamat di Jalan Gajah Mada.

4. Mie Kopyok

Seputar Semarang

Mie kopyok merupakan makanan yang berbahan utama mie lalu ditambah dengan tetelan daging dengan tambahan lauk seperti tahu dan kerupuk gendar. Gendar merupakan kerupuk yang terbuat dari adonan nasi yang memiliki rasa renyah juga gurih. Terdapat nama lain yang melekat pada makanan satu ini seperti mie lontong dan mie teng teng. Untuk nama terakhir diberikan karena dahulunya makanan ini dijual dengan cara membunyikan piring sehingga menghasilkan suara “teng teng teng” untuk menarik minat para pembeli.

Di dalam satu porsi mie kopyok juga terdapat irisan lontong, sehingga disebutlah mie lontong. Pembuatannya cukup mudah, hanya dengan menyelupkan mie basah dan kecambah ke dalam air mendidih, kemudian menaruhnya di piring setelah irisan lontong dan tahu pong dimasukkan. Selanjutnya mie ini diberi kuah dengan bumbu putih yang telah diulek, kemudian diberi irisan bawang goreng dan kecap di atasnya.

5. Nasi Goreng Babat Gongso

detikfood

Nasi Goreng Babat Gongso yakni nasi goreng yang disekitarnya ditambah dengan babat alias kulit sapi bagian lambung. Babatnya dipotong 3×4 cm, penjual biasanya ada yang mengeroknya ada juga yang tidak mengerok babatnya. Bumbu dari Nasi goreng Babat Gongso ini yaitu bawang merah dan putih, cabai merah, , terasi, serta kecap yang kental sehingga memiliki warna kecokelatan di sekelilingnya. Anmda juga bisa lho memesan dengan memilih ditambahkan telur yang nantinya akan diorak-arik. Akan lebih nikmat jika ditambahan kerupuk dan acar mentimun.

6. Tahu Petis

picBon

Dari namanya saja kita sudah dapat menebak bahwa tahu petis merupakan makanan pedas Semarang dengan bahan dasar tahu kemudian diberi isian petis. Tahu yang digunakan adalah tahu putih yang tidak terlalu padat, selanjutnya tahu siap untuk digoreng. Pada saat proses penggorengan usahakan tahu harus garing, baru diisi dengan petis dengan cara disayat. Untuk yang suka pedas, bisa juga menyantapnya dengan menambahkan cabai rawit segar agar terasa lebih enak.

7. Lumpia Semarang

carica.co.id

Semarang di sebut juga sebagai Kota Lumpia, rasanya kurang lengkap tanpa mencicipi lumpia jika berkunjung ke Semarang. Makanan tersebut dibuat dengan adonan tepung yang dibuat bundar kemudian diberi isian lalu dilipat dan digulung, kemudian baru digoreng di minyak panas. Isiannya berupa daging ayam, bawang putih, telur orak-arik, ebi, kecap, potongan sayuran, bahkan rebung. Untuk cara memakannya bisa dengan cara mencocolnya bersama saus segar atau menyantapnya secara langsung.

8. Tahu Pong

pegipegi

Tahu Pong memng mirip dengan tahu bulat. Ya, isi di dalamnya sama- sama kosong. Namun terdapat perbedaanya, yakni dari segi cara penyajian dan memakannya. Tahu Pong biasanya akan dimakan besama dengan gimbal udang (bakwan udang dengan bentuk pipih) serta sambal rawit pedas untuk dicocol. Tahu pong juga diberi pelengkapa berupa irisan acar lobak dan tahu pong emplek yang digoreng dengan telur.

Tahu pomg dibuat menggunakan tahu khusus kemudian akan digoreng dengan minyak panas sampai garing sehingga menghasilkan tahu tanpa isi. Untuk penyajiannya, tahu akan dipotong terlebih dahulu menjadi beberapa bagian untuk mempermudah mencocolnya dengan sambal rawit bercampur petis yang tentunya akan memberikan rasa pedas manis dari sambal, plus gurih nan empuk dari tahunya.

9. Gandos

Resep kue

Gandos? Gandos merupakan jajanan yang termasuk jajanan tradisional dan saat ini jarang ada pembuatnya. Makanan ini dibuat dari tepung beras dengan campuran santan kemudiandiberi garam, selanjutnya akan dimasukkan ke loyang sebagai cetakannya. Dimasak dengan api yang sangat panas. Biasanya bentuk gandos ini setengah lingkaran dengan taburan gula di sekelilingnya.

Gandos memiliki nama lain pada setiap daerah seperti kue rangin di Surabaya, pancong di Jakarta, tratak jaran sebutan kue gandos bagi orang Bojonegoro, di Bandung dinamai bandros dan bahkan di Bali diberi nama daluman.

10. Kue Moaci

Blanja.com

Kue moaci yakni kue khas Semarang berbentuk bulat dan berbahan dasar tepung ketan sebagai luaran serta gula karamel bercampur kacang sebagai isian. Karena memiliki bentuk yang bulat, kalian bisa salah sangka dengan menyebutnya mochi Jepang atau onde-onde bahkan klepon. Namun karena moaci biasanya dijual dengan kemasan, maka akan terdapat label nama makanan tersebut pada kemasannya.

Seiting berjalannya waktu, kini kue moaci mulai berkembang dengan adanya berbagai varian warna mulai dari putih yang original, hijau, kuning, merah, sampai dengan cokelat seperti onde-onde. Selain warna, isiannya jugsa mulai berkembang seperti rasa original dengan isian kacang dan gula, durian, stroberi, cokelat, sampai pandan. Ada juga yang menambahkan varian wijen di sekelilingnya agar memiliki rasa lebih beragam. Harga dari satu kemasan mini dengan isi 4 moaci ini adalah 3 ribu rupiah saja. Sedangkan kemasan besar berisi 10 moaci besar harganya mulai dari 18 ribu.

11. Gudangan

Telusur Indonesia

Gudangan yaitu urapan sayur rebus dengan bumbu sambal gudangan. Samal Gudangan sebenarnya hanyalah parutan kelapa berbumbu bawang merah dan putih, cabai merah, dan jeruk purut. Isian sayurnya beragam mulai dari sayur bayam, wortel, daun singkong, kubis, kecambah, sampai kacang panjang. sayuran tersebut dipotong kecil-kecil terlebih dahulu baru nantinya direbus sampai lunak agar mudah dimakan. Untuk pembuatan sambal gudangan diperlukan beberapa bahan seperti bawang merah dan bawang putih, cabai merah, perutan daging kelapa muda, kencur, jeruk purut, dan garam.

Kemudian semua bahan pembuatan sambal tersebut dihaluskan kecuali parutan kelapa, setelah semuanya halus nanti parutan kelapa baru bisa dicampur sampai merata. Gudangan akan lebih nikmat jika dimakan bersama dengan nasi hangat. Untuk memperlengkap rasa anda dapat menambahkan telur rebus, rempeyek, juga ikan gereh.

12. Roti Ganjel Rel

Travel Today

Salah satu makanan khas khas Kota Semarang yang saat ini mulai sulit untuk ditemukan adalah roti ganjel rel, karena peminatnya mulai sedikit. Bentuk dari makanan yang satu ini mirip dengan alat musik gambang dengan bentuk kotak warna cokelat dan di sekelilingnya bertabur wijen. Karena bentuknya yang mirip gambang, maka roti ini juga sering disebut roti gambang. Sedangkan asal usul dari penamaan roti ganjel rel yakni teksturnya yang keras dan alot seperti ganjalan rel kereta api. Tidak hanya itu, jika dilihat dengan teliti roti yang telah ada sejak zaman Hindia Belanda ini juga mirip ganjalan rel.


Apabila anda berencana berkunjung ke Semarang untuk menjelajah kekayaan wisata yang dimilikinya, jangan sampai terlupakan 12 daftar makanan khas Semarang di atas. Kuliner yang unik dan enak dari kota Semarang dapat memberikan pengalaman baru pada lidah anda.

Nah, itulah 12 makanan khas kota Semarang, semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca postingan ini.


Belum ada Komentar untuk "12 Makanan Khas Kota Semarang, Wajib Coba! "

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel