12 Manfaat Personal Branding Bagi Pembisnis Online

Wahgila.com - 12 Manfaat Personal Branding Bagi Pembisnis Online


12 Manfaat Personal Branding Bagi Pembisnis Online
pixabay.com


Hallo guys. Aku kembali lagi nih. Apa kabar semuanya? Kalau baik-baik saja, syukurlah.

Kali ini, aku ingin  membahas soal Personal Branding. Sebagai seorang pembisnis, teman-teman pasti tahu kan Personal Branding itu apa? Atau minimalnya pernah mendengar dua kata berbahasa inggris itu.

Faham saya, Personal Branding adalah suatu upaya yang dilakukan manusia untuk membentuk persepsi orang-orang secara umum. Persepsi itu bisa berupa kelebihan, kekayaan, cerita hidup, dan hal-hal yang menginspirasi.

Pertanyaan selanjutnya:

Apakah Personal Branding itu penting?

Bagiku, Personal Branding memang sangat penting. Amat sangat penting. Kenapa? Dengan Personal Branding, apa pun yang kita kenalkan selanjutnya (Bisnis kita, Brand kita, dll), akan sangat mudah diserap. Sebab, manusia yang sudah kenal dengan kita tanpa disadari sudah mengenal kita lebih jauh. Ada ikatan emosional antara diri kita dengan orang lain (Secara tidak langsung).

Berikut ini adalah 20 manfaat personal Branding:

1. Seseorang Bisa Lebih Dikenal

Benar, ketika Personal Branding yang kita lakukan berhasil, kita akan dikenal banyak orang. Sementara, orang yang terkenal biasanya akan dipuji, dielu-elukan, dipintai masukan, atau hal-hal menarik lainnya. Tak terkecuali soal produk. Kalau sudah dikenal mah, apa pun gampang untuk dijual.

2. Seseorang Menjadi Terkenal Sebagai Ahli

Dalam Personal Branding, biasanya akan terbentuk opini publik terhadap kita. Dalam proses Pembangunan Personal Branding, secara otomatis kita akan lebih dikenal ahli di bidang tertentu, tergantung kita menyebarkan persepsi tadi terhadap publik.

Ketika terkenal sebagai ahli, orang-orang tidak hanya cukup mengenal, biasanya mereka akan meminta bantuan, bahkan akan berusaha mencari tahu apa yang membuat kita sehebat itu dalam bidang tertentu.

Contoh: kita itu hebat di bidang marketing, kemudian kita bikin produk buku yang berisi tentang ilmu marketing. Sampai kapan pun, mereka akan terus mencari buku itu (bukunya jadi laku kan). Sebab orang yang menulis sudah terlihat secara nyata. Wajahnya bagaimana, prestasinya seperti apa, dan juga produk yang dia hasilkan seperti apa.

3. Prestise Seseorang Meningkat

Ketika kita mempelajari, bahkan mencoba membangun personal Branding, maka prestise kita akan meningkat di mata mereka. Kita akan terlihat lebih professional, lebih bisa dipercaya, dan menjadi dambaan. 

Tahu Artis? Karena personal branding mereka keren, maka mereka akan menjadi idola banyak orang.

4. Membangun Branding Sama Dengan Menunjukan Jati Diri

Ya, Personal Branding adalah suatu proses memperkenalkan diri lebih jauh kepada orang lain. Seorang penulis novel akan membangun Personal Branding dengan cara menulis novel dan menerbitkannya, bahkan menyebarkannya secara luas. Dia akan melakukan Personal Branding dengan mengadakan pertemuan, pelatihan, juga hal-hal menarik dengan calon penulis lain, atau dengan calon kunsumen.

Ya, dengan begitu, penulis tersebut akan semakin dikenal. Penulis tersebut menjadi dikagumi. Semakin sering membangun Branding, penilaian orang terhadap kita semakin tinggu.

5. Hasil Personal Branding Menjadi Identitas Kita

Setelah kita berhasil Membangun Personal Branding, maka hal selanjutnya: semua yang kita bangun akan menjadi identitas yang kuat, yang melekat di diri kita. Identitas itu yang nanti akan menjadi keunggulan. 

Misal Bunda Asma Nadia. Siapa yang tidak kenal beliau? Dia adalah penulis novel islami yang buku-bukunya sering dijadikan film islami.

Siapa yang tidak kenal Dewa Eka Prayoga? Dia adalah salah satu pembisnis yang dikenal sebagai ‘Dewa Selling’

Nah, itulah yang dinamakan identitas. Kita sebagai seseorang yang akan, atau sedang berusaha membangun Personal Branding, tunjukkanlah sesuatu yang mungkin akan menjadi identitas kita nanti.

6. Kamu Akan Dikenal Sebagai Pimpinan Keren

Ya, kebanyakan orang yang membangun Personal Branding pasti akan ada hubungannya dengan prestasi atau sesuatu yang diraih sebelumnya. Jika kamu seorang pemilik Toko A, maka akan dikenal sebagai orang yang sukses membangun toko A. Secara tidak langsung, kepemimpinamu bakal disorot lebih luas.

Karena pada dasarnya, Personal Branding berhubungan dengan Skill, prestasi, kebiasaan, dan passion. 

Jika semua itu berjalan sukses, maka Personal Branding pun akan terbilang sukses. Karena ada bukti-bukti. Kamu sebagai orang yang sedang membangun Personal Branding, akan dikagumi sebagai pimpinan, atau CEO, atau manager, atau apa pun sebutan itu sebagai pimpinan sebuah usaha atau lembaga yang dikelola.

7. Personal Branding Sebagai Tolak Ukur

Personal Branding menjadi sesuatu rem, atau sekat, agar kita tidak melakukan hal-hal yang mungkin akan merugikan. Jika Personal Branding kita sudah dinilai keren dan tinggi, maka jika ada satu hal buruk saja yang terjadi, akan menjadi sorotan.

Nah, dengan adanya hal ini, kita akan lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu. Kita akan terus berusaha memperbaiki kualitas diri, kualitas produk yang dijual, dan kualitas apa pun yang menjadi alat membangun Personal Branding.

8. Banyak Orang yang Akan Mengajak Kerjasama

Ketika kita sudah semakin dikenal. Brand Personal kita dilihat ‘mahal’ dan ‘berbobot’, tidak menutup kemungkinan, banyak orang lain yang mungkin akan mengajak bekerjasama. Mereka mungkin ingin membantu meluaskan produk kita, berinvestasi, atau hal-hal menarik lainnya. Sehingga, bisnis kita akan semakin berkembang, sesuai yang diinginkan.

9. Mendapat Kepercayaan Lebih Daripada Sebelumnya

Kepercayaan ini bisa berbagai bentuk. Bisa berupa kepercayaan terhadap personalnya. Bisa pula kepercayaan terhadap produknya. Semakin orang percaya, semakin laku produk yang dihasilkan. Bukankah tujuan dari Personal Branding pada dasarnya memang untuk membuat orang percaya kepada kita Seratus persen?

10. Personal Branding Mempermudah Anda Mendapatkan Pekerjaan

Khusus bagi orang yang membangun Personal Branding secara pribadi (Bukan bersamaan dengan usahanya, atau produk dan jasa yang sedang dibuat) hal ini sangat dibutuhkan untuk proses pekerjaan. Jika Personal Branding baik, tidak akan susah jika ingin mendapatkan pekerjaan. Jika dirimu memiliki banyak prestasi, maka akan menjadi salah satu bentuk penilaian tambahan bagi perusahaan yang dilamar.

11. Personal Branding Membuat Kuat

Yaps, seseorang yang sudah mengarah untuk membangun personal Branding, secara tidak langsung akan menjadi orang yang kuat. Kenapa? Sebab hal ini akan membuat kita sebagai pelaku akan lebih bersemangat menentukan target ke depan, visi, misi, juga hal-hal yang akan diraih dalam jangka panjang dan pendek. Berbeda dengan orang yang sama sekali belum masuk ke ranah ini. Kemampuan diri sendiri saja belum tahu, pasti tujuan pun belum tersusun dengan benar-benar matang.

12. Personal Branding Sebagai Penguji

Jika kamu sudah cukup lama membangun Branding diri sendiri, maka kamu bisa mencoba untuk menguji orang-orang di sekelilingmu. Melalui media sosial, kita bisa mengadakan survey kecil-kecilan, tentang: apa yang mereka kenal dari kita?

Jika Personal Branding benar-benar kuat terbangun, mereka akan melihat dirimu sebagai mana yang kamu tunjukkan. Jika masih melenceng, maka harus ada evaluasi diri. Dari sinilah proses dari manfaatnya. Personal Branding benar-benar akan membuat kita senantiasa memperbaiki diri, menilai diri, dan terus meng-upgrade sesuatu yang dibutuhkan.

Membangun Personal Branding memang bukan perkara mudah, itu sesuai dengan manfaatnya bagi kita sebagai pembisnis, calon pembisnis, biusiness owner, bahkan juga bagi pribadi orang biasa yang tak memiliki bisnis sekalipun.

So, Itulah 12 Manfaat Membangun Personal Branding Bagi Pembisnis Online. Sudahkah memulai membangun Personal Branding? Sharing yuk ....










Belum ada Komentar untuk "12 Manfaat Personal Branding Bagi Pembisnis Online"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel