12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang


www.ujwar.com - 12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Kuliner Semarang

Pengalaman liburan yang mengesankan selalu ditawarkan oleh ibukota provinsi Jawa Tengah, yaitu Semarang. Selain mengunjungi tempat wisata alam yang ada di sana, mengunjungi wisata kuliner pun menjadi hal yang wajib kamu lakukan ketika berada di ibukota Jawa Tengah ini. 

Pada umumnya, berbagai kuliner masakan kota Semarang didominasi oleh makanan khas Jawa. Namun bagi kamu yang ingin merasakan sajian kuliner tradisional dalam balutan gemerlap kota Semarang, berikut adalah 14 tempat wisata kuliner di kota Semarang yang wajib untuk dikunjungi ketika liburan ke Semarang, diantaranya :

1. Bakmi Jawa Pak Gareng

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Kuliner Semarang

Berbagai lapisan masyarakat di seluruh kota di Indonesia tentunya menyukai mi sebagai olahan makanan yang dijadikan salah satu sajian kuliner paling banyak digemari. Jika kamu adalah seorang pecinta mi, maka di Semarang ada sebuah tempat yang menyajikan kuliner Bakmi Jawa milik Pak Gareng. Tempat wisata kuliner ini snagat cocok untuk kamu kunjungi ketika sedang berburu mi di kota Semarang.
Berlokasi di Jalan Wotgandul Dalam No. 173, Gabahan, Semarang Tengah, Bakmi Jawa Pak Gareng buka setiap hari untuk melayani konsumen setianya. Tepat bukanya yaitu setelah matahari terbenam, sekitar pukul 18.00 WIB. Menu andalah dari tempat wisata kuliner ini adalah sajian mi dengan cita rasa khas Jawa. Terdapat dua Variasi dari mi tersebut, yaitu bakmi kuah dan bakmi goreng.

Seelain menyediakan bakmi, tempat wisata kuliner di Semarang yang satu ini juga menawarkan menu nasi ruwet. Yaitu olahan nasi goreng yang dicampur dengan mi serta sate ayam atau sate kambing. Menu alternatif ini juga tidak kalah lezatnya dengan bakmi-nya.

2. Mangut Welut Warung Bu Nasima

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
kulinersemarang

Salah satu jenis ikan yang mempunyai daging paling gurih adalah belut. Selain itu, ikan jenis ini mengandung kaya akan gizi dan relatif mudah diolah. Untuk bisa menikmatinya, ada dua cara. Yaitu digoreng kering atau di kuah dengan santan yang kental, atau biasa disebut dengan mangut.

Di kota Semarang juga memiliki tempat yang cukup terkenal sebagai penyedia mangut, yaitu  Warung Bu Nasima. Apabila kamu penasaran ingin mencoba kuliner tersebut, datang saja langsung ke Warung Bu Nasima yang berada di Jalan Menoreh No. 10, Sampangan, Gajahmungkur, Semarang.

Ketika menyantap mangut yang sudah diracik dengan bumbu kuah yang pedas, serta belutnya yang sudah memiliki rasa gurih dan empuk saat disantap, keringatmu dijamin akan  bercucuran. Selain mangut, Warung Bu Nasima juga menyediakan menu lainnya, seperti ayam goreng, bandeng goreng, belanak goreng, garang asem, ikan belanak goreng, keong bumbu pedas, kering tempe, lele goreng,  mujair goreng, nila bumbu rujak, serta oseng-oseng dan pepes.

Warung Bu Nasima buka setiap hari senin – sabtu, dari pukul 06.00 – 16.00 WIB.

3. Tahu Gimbal Pak Edy

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Travel Kompas
salah satu kuliner favorit di kota Semarang yang sudah terkenal adalah Tahu Gimbal. Belum lengkap rasanya apabila kamu berkunjung ke kota Semarang, namun belum mencicipi tahu yang berbalut udang ini.

Tahu Gimbal ini merupakan kuliner milik Pak Edy yang berada di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Semarang Selatan. Patokannya tempat wisata kuliner ini adalah Taman Keluarga Berencana (KB). Bisa dibilang, bahwa  kawasan taman ini memang pusatnya penjualan tahu gimbal di Semarang. Kamu bisa menikmati Tahu Gimbal ini di sore sampai malam hari.

Terdiri dari irisan lontong, sayur kol, telur, tauge dan taburan bawang goreng dan kerupuk, Tahu Gimbal pasti membuat kamu ketagihan ketika memakannya. Supaya kenikmatannya terasa merata, Tahu Gimbal Pak Edy ini disajikan dengan bumbu kacang yang agak encer dan banyak. Di tempat wisata kuliner Semarang ini, kamu bisa juga memesan tingkat kepedasan sesuai selera.

4. Lumpia Gang Lombok

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Poskota News

Ketika singgah di Semarang, dapat dipastikan kamu akan berburu kuliner khas Semarang yang satu ini, ya lumpia. Karena kota Semarang identik dengan makanan yang satu ini.  Kamu nikmati dulu  rasanya lumpia ini di Lumpia Siem Swie Kiem, sebelum membungkusnya untuk oleh-oleh keluarga atau kerabat lainnya.

Lumpia Gang Lombok adalah nama beken dari makanan ini. Diberi nama Gang Lombok dibelakangnya, karena makanan ini berada di Gang Lombok No. 11, Kauman, Semarang Tengah. Ketika kamu berniat untuk mengunjungi tempat wisata kuliner Semarang ini, tempat ini berdekatan dengan Klenteng Tay Kak Sie, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Para pecinta kuliner semarang berhasil dibuat jatuh hati oleh Lumpia Gang Lombok ini. Karena  tidak terlalu dominan rasa rebungnya. Selain itu, porsinya dari lumpia ini juga cukup besar dan bisa lebih hemat karena bisa dimakan oleh 2 orang.

Tempat kuliner ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Meski begitu, Lumpia Gang Lombok bisa tutup lebih awal, jikalau pelanggan yang datangnya berlimpah. Jadi jangan heran, kalau kamu pergi ke tempat kuliner ini harus mengantre duku selama 1 jam.

5. Warung Makan Asem-asem Koh Liem

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
TripAdvisor

Asem-asem merupakan kuliner Semarang  yang berbahan utamanya daging sapi yang kemudian dipotong dadu atau kotak-kotak kecil dengan kuah berwarna bening kecokelatan. Sebagai bumbu utamanya, makanan ini menggunakan belimbing wuluh. Untuk menghasilkan rasa asam dan pedas yang sangat menyegarkan, makanan ini bisa ditambahkan cabai.

Warung Makan Koh Liem yang berlokasi di Jalan Karanganyar No. 28/C4, Gabahan, Semarang Tengah ini merupakan tempat kuliner Semarang terbaik untuk mencicipi rasa segarnya asem-asem. Mulai  pukul 09.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB  Warung Koh Liem siap melayani kamu setiap hari.

kikil lombok ijo, nasi langgi, dan bandeng sarden sangat Indonesia adalah menu lainnya yang ditawarkan oleh warung ini selain asem-asem. Tidak hanya itu, warung ini juga menyediakan makanan khas Tionghoa seperti capcai, daging kodok lontong Cap Gomeh,  udang, hingga olahan daging babi.

6. Waroeng Semawis

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Explore Semarang

Hanya buka pada malam hari saja, namun antusias para pecinta kuliner Semarang akan terlihat sangat jelas ketika mereka meramaikan Waroeng Semawis pada malam minggu. Tempat wisata kuliner ini menawarkan aneka menu oriental dan nusantara untuk para pengunjungnya. 

Terdapat di Jalan Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang Tengah, pilihan makanan yang dapat kamu nikmati di tempat kuliner ini adalah nasi gudeg, nasi pindang, sate sapi, serta berbagai hidangan seafood. Untuk pilihan minumannya, di tempat ini tersedia wedang ronde dan aneka teh dengan berbagai merek,  tempo dulu.
7. Es Puter Cong Lik

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
detikFood

Tempat wisata kuliner yang satu ini menyediakan banyak sekali pilihan es puter, seperti es puter cokelat, kopyor, leci, sirsak, kelengkeng, blewah, alpukat, kacang dan durian. Pilihlah es yang sesuai dengan seleramu, karena setiap rasa memiliki tingkat kelezatan yang berbeda.

Es Puter Cong Lik berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Dahlan A No.11, Karangkidul, Semarang Tengah dengan porsi es puter yang disajikan tidak terlalu besar. Namun kelihatannya cukup padat karena diberi komposisi 1-2 scoop es krim. Untuk  harga Es Puter Cong Lik yang berada di bawah tenda dan tempatnya yang tidak terlalu besar cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 10.000,- sampai Rp. 12.000,-. Murah kan?

8. Mie Siang Kie

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Kuliner Semarang

Sudah berdiri sejak zaman Belanda lalu, dengan menu andalannya yaitu mi pangsit. Satu porsi mi pangsit biasanya terdiri dari bakso ikan, irisan tipis daging ayam, kekian udang, pangsit rebus berisi daging babi, serpihan telur dadar, dan tahu bakso.

Kelezatan Mie Siang Kie yang disajikan dalam mangkuk dengan tambahan kuah ini tidak perlu diragukan lagi. Tempat kuliner ini buka setiap hari dari pukul 08.30 sampai 16.30 WIB. 

Jika kamu penasaran untuk mencobanya, silahkan datang saja langsung ke Jalan Gang Lombok No. 10, Kauman, tempatnya tidak jauh dari Klenteng Tay Kak Sie. Ketika sudah sampai di tempat ini, siap-siap untuk mengantre ya, Karen atempat kuliner ini sellau ramai dikunjungi teutama warga Tionghoa.

9. Pisang Plenet

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Travelingyuk.com

Sesuai dengan namanya, kuliner ini merupakan pisang yang bakar  dengan cara ditekan sehingga bentuknya berubah menjadi pipih. Makanan ini disajikan dengan berbagai toping, seperti cokelat, keju, selai stroberi, selai nanas, dan kacang.

Kalau di Semarang, ada tiga tempat yang menyediakan makanan ini. Yaitu di seberang Mall Sri Ratu Pemuda, di Pasar Semawis, dan di Jalan Gajah Mada. Meskipun simple terlihatnya, namun kuliner Semarang yang satu ini termasuk ke dalam kuliner yang legendaris, misalnya Pak Tuko yang berada di Jalan Pemuda, beliau sudah melayani pembeli Pisang Plenet sejak tahun 1960an.
Tetapi saat ini yang menjual Pisang Plenet di Jalan Pemuda namanya adalah Pak Turdi. Beliau merupakan generasi kedua dari Pak Tuko, dan beliaulah yang akan melayani kamu ketika hendak membeli satu porsi pisang plenet dengan harga Rp4.000,00 per satuannya.

10. Soto Bangkong

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Wikipedia

Diberbagai kota di Indonesia, Kuliner Soto Bangkong  relatif akan mudah ditemukan, salah satunya jika kamu sedang liburan ke kota Semarang. Tempat kuliner ini merupakan salah satu tempat soto paling terkenal di kota Semarang. Sudah sejak tahun 1950an, tempat kuliner Semarang ini melayani pembeli.

Walaupun nama soto ini adalah Soto Bangkong, namun soto ini tidak menggunakan olahan daging katak (bangkong) sebagai bahannya, melainkan nama tersebut diambil dari nama jalan tempat berjualannya. Tempat tersebut juga dikenal dengan nama jalan  Brigjen Katamso No. 1, Peterongan, Semarang Selatan.

Satu porsi dari soto ini terdiri dari, ayam suwir, irisan tomat, bihun, tauge, serta taburan bawang putih dan bawang merah, serta dilengkapi dengan kuah bening yang memiliki warna agak kecokelatan yang muncul dari campuran kecap. Cukup membeli dengan harga Rp. 10.000,- kuliner khas Tionghoa ini sudah bisa kamu nikmati.

Selain itu, menu lainnya yang ditawarkan dari tempat ini adalah  ayam goreng, brutu goreng dan semur, garang asem, menthok goreng, rempelo ati goreng atau semur sate ayam, sate kerang, sate telur puyuh, dan tempe bergedel.

11. Bebek Goreng Pak Thori

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Jateng Live Event

Ketika sedang berada di kota Semarang, untuk pecinta bebek, tempat yang paling cocok untuk dikunjungi adalah Bebek Goreng Pak Thori.

Tampilan dari bebek goreng pak Thori ini sekilas sama dengan bebek goreng pada umumnya. Namun jangan salah,  setelah kamu melakukan gigitan kedua, kamu akan menemukan perbedaannya. Karena  daging bebek pak Thori sangatlah lembut dan empuk, disertai juga bumbunya yang sangat meresap ke dalam daging.

Untuk menemani kenikmatan santap bebek gorengnya, pilihlah sambal hijau pedas atau sambal merah. Harga satu porsinya juga cukup terjangkau kok, yaitu  seharga Rp. 25.000,-  saja.

Beberapa menu lain yang ditawarkan tempat kuliner ini adalah  ayam goreng, lele goreng, dan nasi goreng. Semuanya disajikan dengan sambal yang tingkat kepedasannya berbeda-beda sesuai dengan seleramu. Tempat wisata kuliner ini berada di Jalan Raya Gunung Pati KM 15.

12. Kue Leker Paimo

12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang
Phinemo

Selain lumpia, kota Semarang juga ternyata mempunyai jajanan lezat yang memiliki cita rasa manis yaitu bernama kue leker. Kue ini sudah ada sejak zaman Belanda dulu. Kue Leker ini memiliki rasa yang sangat khas dengan bentuknya seperti martabak namun teksturnya agak lebih garing.

Kue Leker Paimo adalah salah satu penjual kue leker yang terkenal di Semarang. Ketika sedang menghabiskan waktu bersama keluarga atau sahabat, tempat kuliner Semarang ini sangat cocok dijadikan tempat nongkrong. Karena di tempat ini menghadirkan jajanan ringan yang bisa manjadi kudapan favorit kalian. 

Terdapat 6 varian rasa dari Kue Leker Pamio ini, yaitu cokelat, keju, stroberi, pisang, kacang, hingga rasa pedas. Jika kamu ingin mencobannya, tempat kuliner ini berada di Jalan Karanganyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah.

Nah, itulah 12 tempat wisata kuliner di Semarang. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata kuliner di Semarang yang menyajikan makanan-makanan dengan rasa yang super lezat.

Terima kasih sudah membaca


1 Komentar untuk "12 Tempat Wisata Kuliner di Kota Semarang"

  1. Enak banget Es Puter Cong Lik. Apalagi di minum pas hawa panas gini

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel