13 Langkah Menghasilkan Uang Jutaan Dari Blog

Nahgila.com - 13 Langkah Menghasilkan Uang Jutaan Dari Blog

 13 Langkah Menghasilkan Uang Jutaan Dari Blog
pixabay.com


Hallo guys, kali ini aku akan membagikan langkah demi langkah, supaya mendapatkan uang Jutaan dari Blog.

“Wah, ternyata blog bisa menghasilkan duit ya?”

“Gimana caranya?”

“Pengen dong ....”

Yaps, mungkin itu kata-kata bagi orang yang belum tahu menahu soal blog. Wajar, namanya saja baru tahu. Kalau sudah tahu, nggak mau ninggalin kesempatan emas kan?

Kali ini, aku akan menjelaskan detail langkah untuk mewujudkan impian itu menjadi kenyataan. Berani baca? Well, inilah Langkah menghasilkan uang Jutaan dari Blog:

1. Buat Dulu Blog-nya Dong

Yaps, langkah pertama, kamu memang harus membuat blog. Kalau sudah membuat, skip saja pembahasan nomor satu ini. Teman-teman bisa membuat blog, baik di platform blogger, atau di wordpress, itu diserahkan kembali kepada kalian.

Blogger sendiri (blogspot) lebih mudah menurutku. Tutorialnya juga banyak. Sementara Wordpress memang agak rumit, atau memang, aku saja yang nggak bisa makainya? 

Ya intinya, kalian bisa memilih, memakai blogger atau wordpress. Sesuai kebutuhan dan kesukaan kalian.

2. Pilih Template yang Bagus

Kawan-kawan, template ini sangat mempengaruhi performa dari sebuah blog. Semakin bagus template, maka akan semakin keren sebuah blog. Template yang bagus itu seperti apa? Pertimbangannya dari: tampilan, kemudahan, kesederhanaan, SEO, Friendly user, dan lain-lain.

Kalau tidak mau ribet, teman-teman bisa pakai template bawaan blogspot (untuk yang pakai blogspot) atau juga bisa download template gratisan yang tersebar di google. Kalau sudah ada modal sih, mending beli template premium aja. Biasanya template premium ini lebih keren, karena sudah serba dioptimasi. Dari mulai segi SEO, bahkan hal-hal sederhana dan detail demi kebaikkan blog kita.

Satu lagi, ketika sudah memiliki template, jangan sampai blognya terlalu banyak pernak-pernik. Sesuatu yang tak dibutuhkan lebih baik dicopot. Semakin sederhana dan gampang diakses, blogmu semakin disukai oleh orang lain.

3. Membuat About, Kontak, Disclaimer

Kawan-kawan, biasanya menu-menu atau kategori yang berhubungan dengan artikel kita. seperti: trik dan tips, wisata, dll (atau apa pun itu) bisa diedit di menu atas. Tinggal ngedit di HTML. Nah, menut About, Kontak dan Disclaimer juga biasanya sudah ada, namun kita memang harus benar-benar membuat hal tersebut. Untuk meyakinkan, bahwa blog kita benar-benar professional. Jika ada yang mau mengajak kerjasama, atau kita mau menjadi publisher iklan, pasti hal-hal seperti itu sangatlah dibutuhkan. Karena terlalu panjang soal cara membuat about, kontak dan disclaimer, maka bisa dicari di sumber lain ya untuk cara pembuatannya.

4. Membeli Domain TLD Untuk Blog

Jika menggunakan blogger.com, maka domain kita akan berupa subdomain yaitu: blogspot.com. Misa kalau kita membuat blog, biasanya begini: Wahgila.blogspot.com. Atau kalau di wordpress, maka akan seperti: wahgila.wordpress.com.

Nah, supaya blog kita terlihat lebih professional, alangkah baiknya kita membeli domain TLD, seperti .com; .co.id ; .net ; dan lain-lain. Hal ini sangat dibutuhkan demi menjadi blog yang keren.

5. Mulai Memilih Niche atau Jenis Artikel yang akan Diupdate

Setelah blog siap, tentu kita harus memikirkan niche apa yang akan dipilih. Niche itu adalah jenis-jenis tulisan. Misal: wisata, kesehatan, teknologi, android, dan lain-lain. Pilihlah niche yang menurut kita menarik dan memang kita suka. Supaya ketika menulis, tidak ada hambatan berat. Dengan begitu, kita menulis bisa lebih enjoy.

6. Mulai Isi Dengan Artikel

Sampai sini, kita masih belum bisa menghasilkan uang guys. Kita harus update artikel setiap hari. Seberapa banyak? Ya sebanyak-banyaknya. Semakin banyak, semakin okey. Update artikel ini tidak bisa sekali dua kali. Harus konsisten. Semakin kita konsisten, maka semakin baik. 

Jangan sampe, baru beberapa artikel sudah bosan, ya nggak akan dapat penghasilan lah. Semuanya nggak instan. 

7. Setelah Banyak Pengunjung, Mulai Daftarkan Jadi Publisher Adsense

Salah satu hal yang pasti soal penghasilan blog adalah menjadi publisher dari google adsense. Ketika pengunjung blog kita sudah cukup banyak, kita bisa mulai mendaftarkan blog kita ke google adsense. Namun, kita harus sabar, karena proses peninjauan itu akan sangat lama. Membutuhkan waktu beberapa hari, bahkan minggu. Berdoalah agar permohonanmu diterima.

8. Mendapatkan Uang Dari Orang yang Memasang Iklan

Selain menjadi publisher google adsense, kita juga bisa membuka jasa iklan. Misal, ada suatu produk yang barangnya ingin diiklankan di blog kita. Nah, itu merupakan sesuatu yang nantinya akan menambah penghasilan kita. 

Semakin banyak pengunjung blog kita, biasanya akan semakin banyak yang berbondong-bondong menggunakan jasa blog kita. Menggiurkan bukan?

9. Mendapatkan Uang Dari Content Placement

Biasanya, akan banyak perusahaan yang ingin mempromosikan usaha mereka. Salah satunya dengan artikel yang dipasang di blog kita. Sekali memasang artikel mereka di blog kita, kita bisa mendapatkan uang minimal 100k. Semakin bagus popularitas blog kita, maka akan semakin besar bayarannya. Bahkan kita sendiri bisa menentukan besaran rate untuk content placement.

10. Konsistensi Dalam Mengurusi Blog

Kawan-kawan, poin nomor 7-9 hanyalah gambaran tentang penghasilan para blogger. Masih banyak sebenarnya sumber penghasilan blogger (tidak hanya 3 tadi). Namun, inti dari postingan ini adalah: tetap konsisten dalam mengupload artikel bermanfaat. Semakin kita konsisten, bahkan sering mengupload artikel, semakin blog kita dicintai google. 

11. Rentang Waktu

Just Information, bahwa untuk mendapatkan uang dari blog membutuhkan waktu yang lama. Kalau baru beberapa bulan sudah bosan (karena susah dapet uangnya) maka tentu saja sampai kapan pun tidak akan ada penghasilan.

Proses mendapatkan penghasilan dari blog itu tahunan. Ada yang satu tahun (minimal), ada yang 2 tahun, 3 tahun, bahkan setelah 5 tahun, baru kelihatan hasilnya.

Sabar dan terus mengurus blog adalah kuncinya. Kalau kamu adalah orang yang nggak sabaran, mending cari hal lain selain ngeblog.

Usahakan, niat awal dari ngeblog bukan hanya karena uang, sebab ada yang lebih penting selain itu. Yaitu: kebermanfaatan. Semakin blog kita bermanfaat, maka hal-hal yang berhubungan dengan materi semacam itu akan semakin mendekat.

12. Ketika Blog Tidak Rame, lakukan Ini

Misalkan, sudah lama sekali teman-teman ngeblog. Namun kok, pengunjungnya segitu-segitu saja. Nah, teman-teman mungkin harus banyak memperhatikan soal artikel itu sendiri. Berikut yang harus menjadi pusat perhatian:

-Artikel harus benar-benar bagus. Jika artikel sebelumnya nggak jelas, maka jadi bahan evaluasi kedepannya untuk menulis sesuatu yang memang dibutuhkan.

-Gaya Kepenulisan menjadi salah satu faktor juga kenapa pengunjungnya sedikit. Mungkin banyak bahasa yang membuat pembaca nggak nyaman, sehingga mereka pada kabur.

-Atau, artikelmu hasil copy paste? Wah, ini bahaya. Selain plagiat dan merenggut hak intelektual orang lain, teman-teman juga telah melanggar ketentuan google. Biasanya google tidak suka dengan konten hasil copy paste.

-Bisa juga dari SEO. Mungkin teman-teman kurang memperhatian SEO di artikel. 


13. Terus Melangkah dan Jangan Lupa Berdoa

Misalkan, semuanya sudah diperbaiki. Berarti kita tidak boleh bosan sampai sana. Teruslah berjalan. Bikin konten-konten baru, menarik dan bermanfaat. Terus perbaiki struktur blog yang mungkin nggak bikin nyaman. Terus nyari visitor dengan pasang backlink, share artikel ke media sosial, dan hal-hal lainnya.

Setelah blogmu bener-bener hebat. Artikel-artikelmu semuanya bermanfaat dan bahkan ada di page one google, tidak menutup kemungkinan kalau visitornya banyak. Darisanalah sumber yang akan membuat penghasilanmu meningkat.

Nah, itulah 13 Langkah Menghasilkan Uang Jutaan Dari Blog. Sudahkah terjun ke dunia blog? Kalau nggak mau ribet, mending jangan deh. Biar aku saja. Hehehehe. Selamat membaca artikelku yang lain guys.



Belum ada Komentar untuk "13 Langkah Menghasilkan Uang Jutaan Dari Blog"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel