13 Macam Kuliner Legendaris Surabaya

www.ujwar.com - 13 Macam Kuliner Legendaris Surabaya 

13 Macam Kuliner Legendaris Surabaya
www.petisudang.com

Surabaya merupakan kota tertua di Indonesia yang memang istimewa dengan beragam wisata yang dapat dinikmati siapa saja. Salah satu daya tarik dari kota Surabaya yaitu wisata kulinernya. Sama seperti kotanya yang menyimpan begitu banyak gedung-gedung tua penjaga sejarah. Wisata kuliner legendaris di Surabaya juga tidak jauh berbeda dengan gedung-gedung tua yang punya segudang kejutan.

Di kota yang terus bersolek ini anda bisa menemukan banyak sekali wisata kuliner legendaris. Ketika datang ke Surabaya artinya anda harus melupakan diet dan mencicipi 13 makanan legendaris berikut ini.

Baca juga: 10 Upacara Tradisional Unik Kota Surabaya

1. Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator”

Rawon Kalkulator ini merupakan makanan khas Jawa Timur yang terkenal. Di Surabaya sudah banyak warung rawon yang terkenal. Apabila anda kebetulan sedang jalan-jalan di daerah Taman Bungkul anda bisa langsung mampir ke Warung Sedap Malam “Rawon Kalkulator” yang legendaris. Di warung ini rasa rawonnya sangat gurih dan dagingnya juga empuk. Tidak hanya rasanya saja yang enak, bahkan rawon kalkulator ini jadi legend karena ketika anda akan bayar, sang kasir begitu sangat cepat menghitung bagai kalkulator.

2. Es Krim Zangrandi

Kedai Es Krim Zangrandi ini termasuk salah satu kedai tertua di Indonesia. Sampai sekarang kedai es krim yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso ini masih mempertahankan keasliannya. Bahkan sampai teknik pembuatannya tidak berubah jauh. Semua bahan-bahan yang digunakan juga alami dan tidak menggunakan bahan pengawet loh.

3. Depot Ai Doho

Kuliner legendaries selanjutnya yaitu Depot. Lokasi Depot Ai Doho ini tidak terlalu jauh dari Jl. Dr Soetomo dan Taman Bungkul. Makanan rumahan yang disajikan di tempat ini akan langsung mengingatkanmu pada masa kecil. Anda tidak perlu bingung ketika akan memilih makanan apa, karena pilihan lauk di sini sangat sederhana. Menu seperti ham telur, kornet telur, atau ayam bumbu rujak merupakan rekomendasi makan yang bisa anda cicipi di tempat ini. 

4. Nasi Cumi Waspada

Ketika perut lapar anda tengah malam, tenang! Karena Surabaya tidak pernah tidur juga wisata kuliner malamnya juga enak. Warung Nasi Cumi Waspada bisa memadamkan rasa laparmu di malam hari, lokasinya dekat dengan Pasar Atom. Nasi Cumi Waspada ini mirip seperti nasi rames, jadi anda bisa memilih lauk pauknya. Menu paling laris dan terkenal di tempat ini yakni cumi masak tinta.

5. Nasi Krawu Mbuk Su

Meskipun berasal dari Kota Gresik, Nasi Krawu juga sangat terkenal di Surabaya. Anda dapat merasakan nasi krawu yang otentik ini di Nasi Krawu Mbuk Su yang berada di daerah Gubeng. Penyajian Nasi krawu disajikan di atas pincuk, sedangkan lauknya berisi suwiran daging, dua macam serundeng kelapa, juga sambal. Walaupun sederhana tetapi nasi krawu ini mempunyai rasa yang unik karena serundengnya yang punya rasa gurih sekaligus manis.

6. Lontong Kupang Artomoro

Kupang merupakan sejenis kerang berukuran kecil yang hanya dapat ditemukan di Surabaya. Jadi ketika anda berkunjung ke Surabaya wajib banget untuk makan lontong kupang. Kupang mempunyai tekstur yang unik dan sedikit seperti pasir tapi rasanya enak. Anda bisa mencicipi makanan unik ini di Lontong Kupang Artomoro yang sudah terkenal lihai mengolah kupang.

7. Bebek Goreng Sinjay

Pasti anda pernah dengar warung bebek goreng di Madura yang ngantrinya panjang banget? Nah, benar namanya yaitu Bebek Goreng Sinjay. Sekarang anda dapat mencicipi gurihnya bebek goreng ini di Surabaya. Bebek Goreng Sinjay sudah membuka cabang di daerah Tambak Rejo. 

8. Ote-Ote Porong 

Berlokasi di Jl. Peneleh Gang 1 No.33, Genteng, Surabaya. Jajanan yang satu ini sejenis gorengan yang sering disebut bakwan goreng atau bala-bala, namun orang Surabaya dan sekitarnya menyebut jenis makanan inidengan nama ote-ote. Hal istimewa dari ote-ote ini yaitu ukurannya yang besar bahkan satu ote-ote bisa dimakan dua orang. Anda bisa memilih ote-ote dengan isian daging babi (non halal), daging ayam, jamur tiram atau rumput laut. 

9. Tahu campur legendaris Warung Pak Hasyim

Salah satu tempat tahu campur yang paling terkenal di Surabaya yaitu warung Pak Hasyim. Warung ini berlokasi Jl. Rungkut Madya No.79, Rungkut Kidul, Surabaya. Bumbunya pas, porsinya juga bikin puas! Tidak hanya menjual tahu campur di warung ini juga terdapat berbagai kuliner khas Jawa Timur lainnya. Tentunya dengan harga terjangkau, rasa yang enak juga tempat yang nyaman. 

10. Spesial Belut Surabaya H. Poer

Spesial Belut Surabaya H. Poer ini berlokasi Jl. Banyu Urip No.139, Banyu Urip, Kec. Sawahan, Surabaya. Sudah dapat kita ditebak, menu yang dihidangkan di tempat ini yakni berupa pecel belut kering atau basah. Tidak hanya disajikan dengan sambal pedas, hidangan satu ini juga semakin istimewa dengan bawang putih geprek. Untuk anda yang tidak suka belut pasti bakal ketagihan kalau mencobanya.

11. Semanggi Surabaya Taman Bungkul

Makanan yang satu ini telah menjadi ikon Kota Surabaya karena memang merupakan salah satu makanan para pejuang zaman dahulu. Kuliner ini mirip dengan pecel pincuk tetapi yang membedakanya yaitu bahan dasarnyabahan dasarnya yakni sayur semanggi. Sayangnya kuliner satu ini sekarang mulai langka, bukan hanya pembeli yang semakin sepi namun daun semangginya pun yang semakin sulit untuk didapat didapat.

12. Tahu Telor Pak Jayen

Tahu Tek atau juga dikenal dengan Tahu Telor Pak Jayen ini isinya yakni potongan tahu goreng, lontong, kentang rebus yang digoreng, telur, touge serta kerupuk yang kemudian dibalur dengan bumbu kacang dan petis. 

13. Nasi Campur Tambak Bayan

Berlokasi di Jl. Ps. Besar Wetan No.7, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya. Nasi campur yang satu ini beda dari nasi campur biasa yang banyak dijual di Jawa. Nasi campur di tempat ini menggunakan bihun coklat, potongan daging kemerahan, daging ayam yang dimasak kecap/semur, potongan telur coklat, tahu dengan bumbu santan kuning serta sambal. Meski harganya sedikit mahal, namun rasanya tidak akan mengecewakan. Harganya Rp. 40.000 /porsi.



Apabila anda sedang berkunjung dan menelusuri kota Surabaya, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi 13 kuliner legendaris khas kota Surabaya diatas, semoga bermanfaat. heheh…

Terima kasih telah membaca postingan ini.



0 Response to "13 Macam Kuliner Legendaris Surabaya "

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel