15 Keuntungan Terjun Ke Dunia Bisnis Online

Wahgila.com -  15 Keuntungan Terjun Ke Dunia Bisnis Online 

15 Keuntungan Terjun Ke Dunia Bisnis Online
pixabay.com


Bisnis online cukup menjadi primadona di era digital sekarang. Siapa sih yang tidak terjun ke dunia online? Bahkan sekarang, hampir setiap perusahaan yang pemasarannya offline, mulai berlomba-lomba membuat website untuk tokoknya. Waw, semenarik itukah bisnis online?

Internet menjadi langkah kedua setelah bisnis offline. Banyak sekali yang bisa dilakukan dengan internet, entah membuat toko online, berdagang di media sosial, bahkan ikut membuat toko di marketplace yang ada.

Lantas, apa saja keuntungan terjun ke dunia Bisnis Online? Berikut Ulasannya:

1. Minim Biaya Pembangunan

Bener, bisnis online itu minim biaya. Kawan-kawan yang budiman, kita nggak perlu sewa tempat, kalau belum ada modal, bisa juga jualan tanpa harus produksi, bahkan nih, kita bisa bisnis tanpa membuat produk. Yaps, tinggal menjajakan skill yang kita punya. Sangat mudah.

Banyak orang yang membisniskan skill-nya dalam dunia desain grafis, melukis, membuat quotes dan lain-lain. Sesuatu yang kita anggap sepele, nyatanya punya andil besar kalau dijajakan lewat internet. Wah-wah, emezing ya guys :D

2. Nggak Perlu Punya Bangunan Mewah Nan Megah

Diriku buka penerbitan buku, masih di rumah guys. Ruang kerjanya gudang yang nggak kepake gitu. Dibersihkan dong, masa enggak. Tapi ya gitu, bisnis online nggak kaya bisnis offline yang harus kelihatan gedungnya, kantornya, tokonya. Kalau bisnis online, kita bisa perlahan-lahan membangun. 

BTW, doakan saja ya agar diriku cepat punya kantor sendiri, yang misah dari rumah. Hehehe. Kamu juga, yang baru mau bisnis online, jangan takut karena belum punya kantor dan hal lainnya, langsung aja hajar.

3. Bisnis Online Tidak Perlu Modal Besar

Sebenarnya masih ada kaitannya dengan nomor 1, tapi sengaja dipisahkan. Berhubung nomor 3 ini khusus membahas modal untuk pengadaan produk. Yups, jika seandainya kita belum memiliki modal banyak, kita bisa mulai bisnis dengan menjadi reseller, dropsipper dan lain-lain. Bahkan justru, lebih gampang jadi reseller ya, karena tinggal masarin produk orang ketimbang produksi yang memang harus memiliki banyak hal.

Berproses saja guys, setelah lama-lama uang terkumpul, baru naik kelas dengan merekrut karyawan misal, kemudian produksi barang yang ingin kita pasarkan. 

4. Prosesnya Sederhana

Ya iyalah, sangat sederhana. Kita bisa bekerja di rumah sambil koloran, sambil maen medsos, sambil maen game. Duh, udah kaya bos aja ya. Tapi nyatanya memang begitu. Diriku aja memilih resign dari kerjaan nyata, demi membangun pekerjaan online ini.

5. Bisa Bekerja Part Time

Bagi kamu yang belum menjual produk, bisa juga lho bekerja di orang sebagai team dari mereka. Karena bisnisku penerbitan, aku juga banyak menerima editor frelance, desainer freelance, bahkan team marketing freelance. Ternyata, sesuatu yang diribetkan bisa mudah ya. Dirimu yang masih sekolah dan masih memiliki pekerjaan utama pun bisa masuk ke ranah bisnis online ini.

6. Banyak Media Untuk Memperluas Bisnis

Wah, begitu hebatnya era digital ini. Di mana-mana, kita bisa jualan. Di facebook, instagram, website, marketplace, dan tempat-tempat lain. Dan sebagian dari itu awalnya hanya dipakai main-main saja, tapi kemudian bisa menghasilkan duit. Wah-wah, nggak nyangka ya?

Aku aja tempat promosi utama penerbitan adalah facebook dan instagram. Lewat dua medsos itu, sudah bisa menghasilkan uang setiap bulannya. Lumayan guys ternyata. Hal sederhana bisa jadi luar biasa.

7. Semakin Sini, Semakin Canggih

Kenapa banyak perusahaan besar yang juga mulai berjualan secara online? Sebab, semakin sini teknologi semakin canggih. Orang-orang lebih senang menggunakan gadget. Mereka lebih senang belanja online dan diantarkan langsung ke rumah.

Hal ini harus menjadi kesempatan bagi kita semua. Untuk memanfaatkan keinginan konsumen kita. 

8. Prospek Bisnis Online Sangat Bagus

Bener guys. Tahun-tahun sebelumnya, tidak ada marketplace. Namun lihat sekarang, para pendirinya sukses, bahkan banyak orang yang ikut sukses gara-gara berjualan di marketplace punya mereka. Belum lagi konsumen jadi dimudahkan. Makanan siap saji saja sekarang bisa diantar. Jelas itu merupakan sebuah gambaran, bahwa kemudahan di dunia online ini akan terus meningkat.

9. Mudahnya Melakukan Promosi

Salah satu media promosi dalam bisnis biasanya adalah browsur, banner, media cetak atau koran. Namun di era sekarang, siapa saja bisa promosi di setiap sudut internet. Youtube melejit, instagram melejit, facebook apalagi, blog makin banyak dicari. Waw kan ya. Ayooo, manfaatkan media yang ada. Jaringan itu sangat luas. Sesuatu yang biasa saja bisa menjadi pembicaraan di dunia internet.  Jelas, itu sebuah peluang.

10. Sangat Ramah Terhadap Lingkungan Sekitar

Ya, ini bener sih. Kalau bisnis offline adakalanya banyak pengeluaran, banyak mengeluarkan kendaraan, dan lain-lain. Namun dengan bisnis online, kita bisa sedikit mengurangi hal itu. Karena proses kerjanya cukup praktis.

11. Bisnis Modal HP DOANG!

Mungkin dari semua barang yang dibutuhkan dalam usaha bisnis,  HP menjadi barang yang tak menjadi tanggungan berat. Karena setiap manusia sekarang pasti punya HP. Ya, paling satu dua orang saja yang nggak punya. Kebanyakan orang sudah menjadikan HP sebagai kebutuhan primer.

Jadi, HP yang biasanya digunakan untuk main-main, kini bisa dipakai sebagai barang untuk bisnis online. Lumayankan, bisa memberikan manfaat yang double.

12. Bisnis Jalan, Kitanya Santai

Mungkin nomor 12 ini menggambarkan kita jika sudah sukses bisnis online. Ya, ini gambaran kedepannya. Ketika kita sudah memiliki karyawan, sebagai pemilik usaha, tinggal banyak jalan-jalan dan santai-santai. Enak banget ya?

Tapi nggak sesederhana itu, tetep, bisnis online ini perlu dibangun. Jangan memikirkan enaknya saja. Makanya, ayo mulai bangun bisnis online kita dari sekarang, biar ketika orang lain baru terjun, kita sudah jauh di atas sana. Hehehe.

13. Segala Proses Penjualan Gampang

Sekarang bisa melakukan apa pun dengan gampang. Pembayaran bisa pakai internet banking, pengantaran barang pakai ekspedisi, proses komunikasi dengan pelanggan bisa lewat media sosial. Duh, apa saja sekarang serba gampang. Jadi menurutku, prospek bisnis online ini sangat menjanjikan. Sesuatu yang memudahkan akan diterima.

14. Anak-anak Milenial Gila Teknologi

Sebagai penjual, kita memang harus bisa mengikuti zaman. Makin sini, orang-orang makin suka yang cepet, makanya, pedagang dituntut untuk mengikuti alur. Kalau seandainya kita terus-terusan berjualan dengan model lama, jelas saja tidak akan begitu efektif. Perlahan-lahan, kita memang harus mulai membuka jalur online, selain offline yang sudah dijalankan.

15. Segala Hal Bisa Dijual

Ya, di media online, apa pun bisa dijual. Nanti akan ada pembelinya masing-masing. Sesuai kebutuhan. Bahkan hal-hal yang tak terpikirkan pun bisa dibisniskan. Baru-baru ini, ada orang yang menjual jasa bikin caption. Itu jadi bisnis dengan omzet puluhan juta.

Nah, kita juga yang merasa punya keahlian bisa mulai membuka diri di dunia online. Mulai memperkenalkan kekuatan kita. Tak disangka, sesuatu yang memang jarang dibisniskan, di media online justru bisa berubah pesat. 

Nah guys, itulah 15 Keuntungan Terjun ke Bisnis Online. Sudahkah memulai? Ayo kita bangun bisnis sama-sama.

Belum ada Komentar untuk "15 Keuntungan Terjun Ke Dunia Bisnis Online "

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel