15 Tips Menjadi Pemimpin Hebat dan Berpengaruh di Lingkungan Kerja

Wahgila.com - 15 Tips Menjadi Pemimpin Hebat dan Berpengaruh di Lingkungan Kerja

15 Tips Menjadi Pemimpin Hebat dan Berpengaruh di Lingkungan Kerja
pixabay.com


Pemimpin menjadi tonggak keberhasilan sebuah bisnis, atau usaha. Baik usaha rumahan, atau usaha yang memang sudah besar dan memiliki kantor. Kenapa? Sebab pemimpin menjadi penggerak dari karyawan-karyawan dan juga timnya.

Bagaimana jika kita sebagai pemimpin tidak keren, tidak hebat, bahkan tidak bisa mempengaruhi karyawan untuk bisa menjadi team yang baik dan solid? Yaps, di sini, aku akan kasih 15 Tips untuk menjadi pemimpin yang hebat dan berpengaruh:

1. Dalami Materi Kepemimpinan

Hal pertama yang harus dilakukan calon pemimpin adalah mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan kepemimpinan. Baik dari tata cara, atau sesuatu hal yang harus dilakukan selayaknya pemimpin.

Memperdalam materi kepemimpinan ini bisa dilakukan dengan mengikuti seminar, atau pelatihan kepemimpinan. Ya, teman-teman bisa mengikuti di tempat-tempat yang bisa dikira work.

2. Menjadi Pemimpin dari Hal Terkecil

Menjadi pemimpin bukan hal mudah. Hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk menjadi seorang pemimpin adalah: memulai memimpin dari hal terkecil. Seperti hal-hal yang berhubungan dengan diri sendiri. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, sebab sebelum memimpin orang lain, maka alangkah baiknya kita untuk memimpin diri sendiri dulu.

3. Menjadi Contoh Positif

Menjadi pemimpin itu bukanlah hal yang mudah. Banyak yang harus dilakukan. Salah satunya harus menjadi teladan bagi team, dan juga karyawan-karyawannya. Ketika pemimpin tidak bisa menjadi telada bagi karyawan, maka sudah bisa dipastikan akan menjadi bahan perbincangan. Dan wibawa kamu akan jatuh di hadapan mereka.

4. Tidak Mementingkan Diri Sendiri

Kadang, ada pemimpin yang hanya memikirkan tentang dirinya, juga tentang kemajuan perusahaan. Dia lupa, ada kepentingan yang lebih besar, dan lebih memberikan magic besar. Yaitu kepentingan bersama. Kita harus mampu membuat pergerakkan, dan menunjukkan, bahwa usaha yang kita lakukan itu adalah usaha bersama. Demi keuntungan bersama.

5. Harus Bisa Menempatkan Sesuatu

Ada pemimpin yang terlalu baik. Ada pemimpin yang terlalu tegas, dan malah membuat karyawannya susah berkembang. Sebagai seorang pemimpin, alangkah baiknya kita itu bisa menempatkan sesuatu. Ketika tegas, ada waktunya tegas. Ketika harus marah, ada waktunya marah, ketika harus menjadi sahabat bagi karyawan, maka lakukanlah.

Kadang, hal ini yang sering menjadi masalah. Masalah ini yang juga sering membuat orang-orang merasa tidak betah, dan memilih keluar dari perusahaan kita.

6. Memiliki Sistem Dalam Kepemimpinan

Sistem menjadi suatu hal yang sangat diperlukan. Ketika sistem sebuah perusahaan baik, maka akan ada proses ketika karyawan kagum, dan tidak bisa menolak apa pun, karena memang sudah ada di sistem. Pemimpin susah mengatur karyawan, juga hal-hal lain, biasanya karena sistem tidak jelas.

Pembentukkan sistem ini bisa dibentuk bersama-sama. Sesuai kesepakatan bersama. Jadi ketika ada apa-apa, semua orang yang berada dalam perusahaan tersebut mengacu terhadap sistem yang ada.

7. Menjadi Pemimpin yang Energic dan Open Minded

Ini adalah poin penting. Kadang, ada pemimpin yang tidak bisa open minded, tidak bisa menerima masukan, tidak bisa melihat peluang, tidak bisa melihat sesuatu yang sedang populer. Guys, perlu diketahui, menjadi pemimpin itu harus fleksibel. Karena ini akan menjadi tonggak keberhasilan kita ketika memimpin perusahaan.

8. Menjadi Pemimpin yang Mengerti Karyawannya

Yaps, ini adalah hal yang sangat dibutuhkan. Kita sebagai pemimpin memang harus mengerti akan team yang kita kelola. Jangan hanya memikirkan diri sendiri. Dan itu adalah hal yang patut dijadikan sebagai acuan. Supaya  ada komunikasi antara karyawan dan pimpinan.

9. Menjadi Pemimpin yang Pintar Berkomunikasi

Kawan-kawan, to be a leader, sangatlah sulit. Kita memang diharuskan untuk bisa berkomunikasi yang baik. Komunikasi adalah tonggak ukur, dalam pelaksanaan kegiatan kita. Nah, komunikasi itu bisa menjadi karyawan anda kagum. 

10. Menjadi Pemimpin yang Bisa Memberi Motivasi

Ya, motivasi ini adalah hal yang sangat penting. Pemimpin memang tugasnya seperti itu. Jangan sampai kamu sebagai pemimpin tidak bisa memotivasi karyawan. Karyawan akan kagum dengan pemimpin yang bisa menjadi penggerak atau motor bagi kegiatan dan kerjaan mereka.

11. Pemimpina Harus Bisa Menerima Masukan

Banyak orang yang hanya mengatur bawahan, tanpa bisa menerima masukan yang membangun. Ketahuilah, hal itu hanya sebuah kemunduran. Kemunduran ini berhubungan dengan kualitas karyawan kita, juga kualitas pekerjaan kita.

12. Pemimpin Harus Punya Visi dan Misi yang Jelas

Visi misi yang jelas, berhubungan dengan perusahaan kedepannya. Sebagai pemimpin, kita memang diharuskan untuk tegas, dalam menjalani hari-hari sebagai seorang penggerak. Pemimpin yang hebat dan baik adalah pemimpin yang memiliki visi misi yang jelas untuk kedepannya.

Kejelasan visi misi membuat semuanya terarah, kita pun bisa menggerakkan semua team untuk menuju visi misi itu.

13. Selalu Mencintai Pekerjaan

Salah satu yang bisa dipancarkan pemimpin, di hadapan orang-orang adalah rasa cintanya terhadap pekerjaan. Ketika kita cinta kepada pekerjaan, karyawan pun akan cinta pula, terhadap pimpinan, juga terhadap pekerjaannya.

14. Pemimpin Selalu Tegas

Ya, pemimpin ini memang harus tegas terhadap peutusan, risiko, dan juga team-nya. Jangan sampai, pemimpin yang disetir oleh orang lain. Pemimpin justru harus bisa menyetir semuanya. Terutama hal-hal yang berhubungan dengan orang-orang. Seperti yang telah kita sebut-sebut dari awal, bahwa pemimpin itu adalah penggerak.

15. Pemimpin Selalu Percaya Diri

Ini penting, berikanlah aura positif berupa kepercayadirian yang tinggi. Ini berhubungan dengan sikap kita. Berhubungan dengan personal kita yang selalu optimis dalam menjalani hari-hari sebagai pemimpin. Juga selalu fresh, dalam menjalani hari-hari.

Nah, 15 Tips Menjadi Pemimpin Hebat dan Berpengaruh di Lingkungan Kerja. Sudahkah menjadi pemimpin yang baik?

Belum ada Komentar untuk "15 Tips Menjadi Pemimpin Hebat dan Berpengaruh di Lingkungan Kerja"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel