18 Oleh-Oleh Wajib Khas Kota Surabaya

www.ujwar.com - 18 Oleh-Oleh Wajib Khas Kota Surabaya

18 Oleh-Oleh Wajib Khas Kota Surabaya
resepyummy.com

Kota Surabaya ini merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota dengan julukan Kota Pahlawan yang menyimpan legenda hiu dan buaya tersebut sering dikunjungi oleh sebagian orang untuk urusan bisnis. Ternyata tidak hanya untuk bisnis, Surabaya juga menyimpan keindahan alam yang menarik untuk untuk dinikmati.

Apabila sewaktu-waktu anda mempunyai rencana untuk liburan ke Surabaya, jangan sampai lupa untuk menikmati pariwisata dan kuliner khasnya. Selain itu anda juga disarankan untuk membeli beberapa buah tangan untuk dibawa pulang. Berikut beberapa macam oleh-oleh yang wajib anda bawa pulang, yuk simak:

Baca Juga: 23 Taman Rekomended di Surabaya11 Bioskop Terfavorit di Kota Surabaya14 Spot Foto Instagramable di Surabaya

1. Bunarendang

travelingyuk.com

Bunarendang meupakan singkatan dari “burger nasi rendang”. Bentuknya memang sama dengan  hamburger tetapi yang membedakannya yaitu nasi sebagai pengganti roti dan rendang sebagai pengganti daging. Bunarendang yakni kreasi kuliner buatan sekelompok mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Barunendang sangat nikmat jika disntap selagi hangat. Dengan harga Rp. 10.00 – Rp. 15.000 anda sudah bisa membawa pulang oleh-oleh yang satu ini. Anda bisa menemukannyanya dengan mudah di kawasan Dukuh Kupang, Swalayan Sakinah ITS, kawasan Jalan Manyar, atau Fakultas Ilmu Budaya UNAIR.

2. Kue Bikang Peneleh

resepyummy.com

Kue Bikang Peneleh yakni sejenis kue basah yang memiliki rasa yang khas dan berbeda dari kebanyakan kue bikang lain. Kue Bikang Peneleh menjadi salah satu jajanan favorit warga Surabaya. Kue yang satu ini terbuat dari tepung beras, gula, dan santan, sehingga sangat legit. Bagian atasnya lembut dan empuk, sedangkan bagian bawahnya garing.

Pada saat anda menggigit kue khas Surabaya ini, anda akan langsung mendapatkan cita rasa gurih dan manis. Harga satu potong kue bikang sebesar Rp7.000. Pusat penjualan kue ini di Jalan Peneleh 32 – 34. Anda juga bisa menemukan Kue Bikang Peneleh di Pasar Atom Surabaya Tahap III.

3. Siropen Telasih

SisiWisata

Sebelumnya Siropen Telasih dikelola oleh perusahaan milik Belanda sebelum akhirnya jatuh ke tangan Indonesia. Sekarang, anda dapat berkunjung ke pabriknya yang berlokasi di Jalan Mliwis No 5. Hal yang membuat Siropen Telasih ini menjadi istimewa adalah pembuatannya yang tidak menggunakan pemanis buatan. Tersedia dalam beberapa rasa seperti jeruk, vanili, frambozen, mawar, coco pandan, leci, karamel, hingga peppermint. Harga Siropen Telasih perbotolnya dijual sekitar Rp. 23.000 – Rp. 25.000.

4. Kue Lapis Surabaya

Resep dan Masakan

Kue lapis Surabaya merupakan kue yang memiliki rasa dan penampilan yang khas karena berbeda dari kebanyakan kue lapis. Kue dengan tekstur lembut tersedia dalam beberapa rasa tertentu sesuai dengan selai yang digunakan sebagai perekatnya. Tekstur lembut kue ini berasal dari penggunaan telur dalam jumlah banyak sebagai bahan roti.

5. Kue Mente

Shopee

Ketika mendengar kue yang satu ini tentunya kita tahu bahwa kue ini pasti terbuat dari bahan mente yang dipadupadankan dengan roti. Kue ini memiliki bentuk bulat dan pipih dengan rasa khas yang gurih serta memiliki tekstur sangat lembut. Proses memasaknya yang masih konvensional menjadi salah satu alasan rasa khas dan juga gosong di bagian bawah kue ini.

6. Almond Crispy Cheese

omiyago

Almond Crispy Cheese  menjadi salah satu kue modern khas Surabaya . Kue ini tersedia dalam berbagai varian rasa seperti cokelat, durian, stroberi, blueberry, dan green tea.

7. Sambal Bu Rudy

Travel Kompas

Masakan pedas mmang sudah menjadi menjadi sesuatu yang telah identik dengan makanan Jawa Timur khususnya Surabaya. Sambal Bu Rudy ini mempunyai rasa pedas yang khas dengan paduan rasa udang. Tidak hanya sambal rasa udang, Bu Rudy juga mempunyai produk sambal dengan varian rasa lain seperti sambal bajak dan sambal bawang.

8. Sambal Cuk

detikFood

Sambal Cuk yang dibuat oleh Ibu Mujiati mempunyai rasa unik khas Surabaya dengan berbagai varian rasa. Ibu Mujiati membuat Sambal Cuk dengan 13 varian rasa yang tentunya dengan rasa pedas yang dijamin akan membuat siapapun berkeringat dan makan dengan lahap. Varian rasa yang terkenal dan memiliki banyak penggemar yaitu sambal rasa udang ebi, bawang, teri medan, korek bebek Madura, Klotok pete, matah Bali dan rica tuna asap.

9. Keripik Buah Kane-Kane

aremafood.com

Keripik buah yang satu ini merupakan salah satu oleh-oleh unik yang dapat kita ditemui di kota Surabaya. keripik Kane-Kane ini terbuat dari berbagai macam buah-buahan yang diolah dengan metode vaccum frying yang menggunakan suhu rendah. Hasilnya berupa keripik buah yang renyah dan tidak mudah melempem.

10. Pohong Tata

Telusur Indonesia

Pohong Tata yakni produk makanan dengan bahan pohong atau singkong yang diolah dengan campuran keju. Singkong rasa keju yang dikemas dengan rapi dan mewah menjadikan makanan dari bahan yang kerap dianggap kampungan ini menjadi berkelas dan pastinya memiliki cita rasa yang lezat.

11. Belinjo Udang

Medium.com

Belinjo atau melinjo merupakan bahan emping, namun di Surabaya terdapat emping belinjo dengan rasa udang yang lezat dan unik. Makanan yang menjadi oleh oleh khas Surabaya ini mulai dikenal sejak tahun 1970-an dan kini sudah berkembang dengan banyak varian rasa seperti rasa manis dan pedas.

12. Bandeng Asap

Rinjanifnb.blogspot.com

Layaknya seperi sebuah kota di tepi laut, Surabaya memiliki produk kuliner berbahan ikan yang unik berupa bandeng asap. Berbeda dengan proses mengolah bandeng pada umumnya, bandeng asap ini diolah dengan proses yang rumit sehingga memiliki cita rasa yang khas. Biasanya Bandeng Asap khas Surabaya dinikmati dengan ditemani sambal petis.

13. Oseng Tuna Asap

Foursquare

Oseng tuna asap Jeng Intan merupakan salah satu produk tuna asap khas Surabaya yang banyak dicari-cari. Tidak hanya rasanya yang lezat,  Oseng tuna asap Jeng Intan juga memiliki kandungan gizi yang tinggi. Tersedia varian rasa tradisional orisinal dan rasa pedas .

14. Kerupuk Udang Lobster

Bukalapak

Mungkin kerupuk udang merupakan jenis kerupuk yang lazim ditemui, namun berbeda dengn di Surabaya ada kerupuk udang unik yang dibuat dari udang lobster. Berbeda dengan kerupuk yang dibuat dari bahan udang rebon, kerupuk udang lobster memiliki cita rasa yang lebih khas dan tentunya memiliki nilai gizi yang istimewa. Salah satu kerupuk udang lobster yang terkenal karena memiliki cita rasa lezat yakni kerupuk udang lobster Ny. Siok.

15. Kopi Bandrek

Cikopi

Kopi bandrek juga merupakan salah satu jenis minuman yang umum dan banyak ditemui. Namun Surabaya mempunyai kopi bandrek dengan cita rasa khas. Kopi bandrek khas Surabaya memiliki rasa yang khas karena menggunakan beberapa rempah-rempah sebagai bumbu dari campuran kopi dan jahe. Tidak hanya kopi bandrex dengan rasa tradisional, juga terdapat kopi bandrek khas Surabaya yang memiliki rasa kekinian seperti rasa kopi krim yang dibuat oleh Kopi Bandrek Sreg. Minuman instan tanpa pengawet ini memiliki daya tahan hingga 6 bulan dalam penyimpanan.

16. Rambak Sapi

Bukalapak

Rambak sapi yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari bahan daging sapi. Rambak sapi khas Surabaya mempunyai keunikan dan cita rasa khas berupa rasa yang tidak amis. Rambak sapi Surabaya memiliki tekstur yang lebih tipis sehingga lebih renyah ketika dimakan. Proses memasak manual yang rumit mulai dari perendaman dengan air kapur, menghilangkan lemak dan bulu hingga dijemur dan kemudian digoreng.

17. Abon Sapi Padmosusastro

Surabaya - wordpress.com

Abon Sapi Padmosusastro bisa kita dapatkan di Jalan Padmosusastro. Ibu Sarti adalah salah satu produsen abon sapi di Jalan Padmosusastro. Abon dengan merek “Dua Bersaudara” tersebut memiliki dua varian rasa yakni rasa manis dan pedas. Tidak hanya dijual dengan kemasan eceran berukuran kecil, mereka juga menjual produk abon dengan kiloan.

18. Souvenir Unik Oleh Oleh Khas Surabaya Kaos Cak Cuk

Go Travelly

Tidak hanya berbagai jenis makanan yang dijadikan sebagai buah tangan unik dari Surabaya, produk Kaos Cak Cuk juga dapat dijadikan sebagai salah satu buah tangan dri Surabaya. Produk Kaos Cak Cuk yang mempunyai desain unik dengan konten khas Suroboyoan. Kaos ini diproduksi sejak tahun 2005.


Nah, itulah 18 oleh-oleh khas Surabaya, bagi anda yang sedang atau akan berkunjung ke kota Surabaya bisa menjadikan aneka oleh-oleh tadi sebagai referensi ketika mencari berbagai oleh oleh khas Surabaya.

Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudh membaca postingan ini.



1 Komentar untuk "18 Oleh-Oleh Wajib Khas Kota Surabaya"

  1. Wah enak banget nih semuanya. Apalagi yang Almond Crispy Cheese

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel