20 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Menambah Penghasilan

Wahgila.com - 20 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Menambah Penghasilan 

20 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Menambah Penghasilan
pixabay.com


Bisnis menjadi salah satu jalan bagi manusia untuk menghasilkan uang sendiri. Banyak di antara kita yang memilih untuk keluar dari kerjaan, dan membuka usaha modal kecil. Namun, bagaimana dengan kamu yang ingin memulai usaha, tapi bingung memilih bisnis yang diinginkan? Bahkan ada beberapa binsis online yang cocok untuk mahasiswa juga.

Kali ini, aku akan menyebutkan beberapa contoh dari Bisnis Rumahan, yang mungkin bisa dicoba oleh teman-teman semua:

1. Jasa Cetak Undangan

Siapa bilang cetak undangan itu perlu modal besar? Yang kita butuhkan untuk pertama kali adalah PC dan printer yang mumpuni. Banyak sekali orang yang memulai usaha dengan hanya bermodalkan dua barang itu. Selebihnya, kita jago desain dan editing di pohotoshop. Bahkan kita tidak perlu susah payah mendesain undagan dari awal. Banyak yang sudah menyediakan blangko undangan yang bisa kita beli kapan saja.

2. Jasa Cetak Foto

Ini juga menjadi usaha rumahan yang banyak diminati orang lain. Di zaman sekarang, banyak orang yang pengin mencetak fotonya dan kemudian dipajang di rumah. Ya, kita bisa mencoba membuka percetakkan foto di depan rumah. Modal utamanya hanyalah komputer/ laptop, kemudian printer yang mumpuni dalam mencetak.

3. Loket Pembayaran Listrik dan Penjualan Pulsa

Sampai sekarang, loket pembayaran listrik dan pulsa masih menjadi promadona. Meskipun sudah banyak marketplace online yang membuka pembayaran serupa, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa di tempat rumahan juga bisa dijadikan sebagai peluang. Kenapa? Karena semakin kita dekat dengan keinginan masyarakat, semakin semuanya akan mempermudah.

Biasanya, pembayaran listrik atau virtual produk lainnya itu berada di sekitaran kota, atau terutama di pinggir-pinggir jalan raya. Nah, kita bisa membuka di sekitaran rumah kita. Akan banyak orang-orang yang mulai melirik dan membayarkan listriknya di kita.

Untuk pertama, kita tidak perlu modal besar. Kita tester saja dengan men top up pulsa dan juga uang pembayaran listrik. Menarik kan?

4. Membuka Jasa Print dan Pembuatan Makalah

DI sekitarmu banyak anak-anak sekolah?

Yaps, membuka jasa print dan juga pembuatan makalah bisa menjadi salah satu pilihan. Banyak orang yang utamanya tidak memiliki komputer dan printer di rumah. Maka, ini semua bisa dijadikan kesempatan untuk nambah-nambah penghasilan. Hasilnya pastu jos gandos. Ini juga bisa dijadian sebagai bisnis untuk mahasiswa.

5. Menyediakan Konsultasi Online

Bisnis Konsultan bisa dibilang bisnis rumahan tanpa modal. Mengapa? Bagi kamu yang memiliki keahlian tertentu, kemudian bingung karena tidak memiliki kantor sendiri untuk membuka hal yang berhubungan dengan konsultasi, maka bisa juga membuka konsultasi secara online. Bahkan melalui media sosial. Nggak perlu modal. Kita hanya memerlukan ponsel. Aku kira, ponsel adalah barang yang pasti dimiliki siapa saja.

6. Membuka Usaha Katering Rumahan

Ini adalah salah satu bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga. Banyak orang yang sering mengadakan kegiatan-kegiatan rumahan. Kegiatan pengajian, syukuran, khitanan, dan lain-lain. Untuk memanfaatkan itu, kita bisa mulai membuka usaha katering rumahan. Pastinya, modalnya minim, sebab biasanya pembeli juga selalu memberikan uang di muka, atau paling tidak, memberikan DP.

7. Usaha Toko Kelontong

Mungkin kalau dipikir-pikir, usaha toko kelontong ini memang sudah sangat mainstream. Tapi disadari atau tidak, Toko Kelontong di perkampungan, atau di perumahan, tidak akan pernah punah. Sebab, selain untuk berbelanja, biasanya akan dijadikan tempat nongkrong dan membangunkan keramaian. Usaha seperti ini bisa dicoba.

8. Usaha Bakso

Siapa yang tidak suka bakso. Semua orang sepertinya suka bakso. Makanan yang satu ini menjadi makanan yang sering dibicarakan. Kenapa? Sebab bakso memang sangat cocok dengan lidah orang Indonesia. Kita sebagai warga Indonesia, bisa mengambil peluang ini menjadi  usaha yang besar.

9. Usaha Fashion

Wah, bukannya fashion itu harus punya butik atau toko? Kalau modalnya belum ada, ya bisa dong, dilakukan di rumah. Kenapa? Sebab usaha fashion bisa juga dipasarkan melalui online. Yaps, bisnis online memang menjadi salah satu usaha yang paling diminati sekarang ini. Kita bisa membuka usaha dnegan pre order terlebih dahulu, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

10. Bisnis Kerajinan Tangan

Banyak orang-orang kreatif yang memilih membuka bisnis kerajinan tangan rumahan. Seperti kerajinan dari kayu, dari kaca, dari kertas bekas, bahkan dari plastik yang notabene-nye tidak bisa digunakan kembali.

Ya, orang-orang kreatif memang selalu menarik untuk diikuti. Kita juga bisa mengikuti jejak mereka jika memiliki ide brilian soal kerajinan tangan. Bisa berupa gantungan kunci, pin, bros, gelang, kalung, dan aksesoris unik lainnya.

11. Usaha Air Minum Galon

Sekarang, banyak yang memilih membeli air, ketimbang memasaknya sendiri. Nah, ini bisa menjadi peluang membuka usaha air galon.  Hal ini bisa menjadi salah satu hal yang membantu orang-orang. Bagaimana jika di rumahmu ada pengisian ulang air galon? Pasti mereka akan sangat terbantu.

12. Usaha Pom Mini

Sekarang, semakin marak usaha POM Mini, tapi memang usaha ini lumayan menggiurkan, karena semakin sini semakin banyak kendaraan yang memang membutuhkan bahan bakar. Kita bisa membuka pom mini di depan rumah, sehingga bisa mengurangi kecemasan bagi orang-orang yang mungkin tiba-tiba kehabisan bensin di sekitaran rumah kita.

13. Laundry Pakaian

Setuju nggak, kalau makin sini kita sebagai manusia pengin semakin puas dengan kebersihan pakaian? Kalau mencuci menggunakan tangan, atau bahkan mesin cuci, kadang terlalu banyak menghabiskan tenaga dan waktu. Kadang kala, baju juga tidak begitu bersih. Namun kalau di laundry, pakaiakan kita akan senantiasa dikerjakan tanpa membuang-buang tenaga kita. Bahkan biasanya akabn langsung disetrika.

Nah, kita bisa mengambil peluang ini. Kita bisa mencoba membuka usaha laundry untuk membantu meringankan calon pelanggan kita.

14. Usaha Jahit Pakaian

Menjahit pakaiaan yang sobek, atau mengecilkan pakaian yang sobek, menjadi salah satu hal yang sering dilakukan. Ya, dengan begitu, kita bisa membuka usaha tersebut. Kita bisa membuka jasa mengecilkan baju, memotong, atau bahkan membuat sekali pun. Kelihatannya itu sangat menarik.

15. Bengkel Tambal Ban

Di perkampungan, masih jarang usaha tambal ban. Ini bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang memiliki kendaraan. Ini juga peluang untuk pembetulan kendaraan pegunungan. Yaps, membuka bengkel tambal ban, bisa menjadi mata pencaharian. Ini salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan di desa.

16. Membuka Jasa Cuci Motor

Orang-orang memang menginginkan sesuatu yang serba cepat. Cuci motor, merupakan hal yang cukup menguras waktu. Namun jika mencuci di jasa cuci motor, biasanya cepat dan bersih. Yaps, kenapa nggak kita saja yang membuka usaha tersebut?

17. Jasa Snack Kemasan

Snack kemasan bisa dijual kepada anak-anak kecil, atau orang yang memang akan mengadakan ulang tahun. Biasanya orangtua akan memesan paket snack ulang tahun untuk dibagikan di hari ulang tahun anak tercinta.

18. Membuka Rumah makan atau Toko Makanan Instan (Mie rebus dan Kopi seduh)

Lagi-lagi, kecepatan saji menjadi salah satu prioritas orang-orang. Berbeda dengan memasak sendiri yang bisa memperbanyak waktu. Yaps, kita bisa membuka usaha rumah makan ini di depan rumah. Cocok banget buat usaha ibu rumah tangga. Sangat menggiurkan.

19. Jasa Pengetikan atau Penerjemah

Ini cocok buat kamu yang berada di lingkungan dengan mahasiswa banyak. Biasanya, dengan kesibukan mereka, banyak banget orang yang tidak sempat mengetik dan mengerjakan tugas, maka, kita bisa menjadi salah satu solusi untuk mempermudah mereka.

Atau jasa penerjemah? Tak disangka, semakin sini penerjemah semakin eksis dalam melakukan kegiatan kerjanya.

20. Membuka Jasa Privat atau Les

Ini adalah bisnis untuk mahasiswa. Cocok sekali dilakukan bagi mahasiswa di sela-sela aktivitasnya. Ya, hidup sebagai mahasiswa memang penuh tantangan. Dengan membuka les privat rumahan, maka akan sedikit mengurangi beban.

So guys, itulah 20 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Wajib Kamu Coba. Bagaimana? Ada ide usaha rumahan apa hari ini?

Belum ada Komentar untuk "20 Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Bisa Menambah Penghasilan "

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel