22 Rahasia Jualan Online Supaya Laris Manis


Wahgila.com - 22 Rahasia Jualan Online Supaya Laris Manis

22 Rahasia Jualan Online Supaya Laris Manis
lintasid.com


Di era digital sekarang, menjadi penjual Online benar-benar menjanjikan. Hal ini memang menjadi kesempatan bagi siapa saja yang mau berbisnis, tanpa harus menyewa tempat, tanpa harus banyak modal, bahkan hanya bermodalkan android.

Hem, tapi banyak yang bilang: bisnis online itu susah! Susah laku, suka membesarkan! Susah .... dan susah-susah lainnya. 

Well, kali ini, saya akan sedikit memberikan tips dan trik bagi kawan-kawan, supaya produk yang dijual online laku keras. Wah-wah, bagaimanakah caranya?

Berikut 22 Cara Jualan Online Agar Laris Manis:

1. Jualan Dengan Manfaatkan Facebook Gratisan

Yups, facebook bisa menjadi salah satu tempat paling menarik, sekaligus berpeluang untuk berjualan. Kenapa? Sebab facebook menjadi platform yang juga sering digunakan oleh kebanyakan orang. Orang yang punya facebook, kebanyakan punya instagram. Tapi orang yang punya instagram, ada banyak yang nggak pakai facebook. 

Jadi untuk usaha, facebook masih menjadi salah satu tempat  untuk menggelar dagangan. Pertanyaannya:

“Aku juga sudah berjualan di facebok, tapi kok nggak laku-laku ya?”

Aku akan bertanya balik. Apakah kamu sudah menggunakan facebook dengan sebaik-baiknya? Atau hanya numpang jualan, setelahnya ditinggal?

Facebook itu sudah kaya rumah guys. Harus diurus, harus dibersihkan, harus dibuat pernak-pernik agar menarik. Yaps, cara mengoptimalkan facebook gratisan untuk berjualan diantaranya:

-Menggunakan nama asli, dan keterangan-keterangan asli di bio.

-Menggunakan foto Profil Asli

-Sering update status.

-Sering berinteraksi.

-Menambah pertemanan sesuai target jualan kita. Kalau targetnya ibu-ibu, maka add mereka-mereka.

Hal-hal di atas, akan berjalan baik jika terus dijalankan dengan baik. Percaya deh. Tapi nggak instan. Karena kita menggunakan facebook gratisan, maka harus sabar membangun image di facebook.

2. Jualan Menggunakan Facebook Ads

Masih berhubungan dengan facebook, bedanya, kali ini kita menggunakan facebook berbayar. Yaps. FB ads. Kita memasang iklan di fanspage kita, dan secara otomatis, facebook akan mempromosikan barang kita.

Kita hanya tinggal mengeluarkan uang, maka facebook ads akan berjalan. Tapi hati-hati, jangan salah target ya. Karena biasanya kalau salah target, facebook ads akan tetap sepi. Untuk mempelajari soal FB ads, kawan-kawan bisa ikutan kelas berbayar, atau membeli buku soal cara berdagang lewat FB ADS.

3. Berdagang Lewat Grup Facebook

Ya, ternyata facabook ini sangat menjanjikan. Banyak sekali tempat berjualan. Bisa melalui facebook pribadi (poin 1), Fanspage (Poin 2), dan bahkan grup. Ya, carilah grup jual beli yang ramai. Maka kawan-kawan bisa menggelar dagangan di grup tersebut. Ingat, cari grup yang sesuai dengan dagangan kita. Jangan sampai, kita jualan pakaian dalam di grup jual beli buku. Kurang nyambung. Hehehe.

4. Jualan Menggunakan Jasa Paid Promote di Instagram

Setelah berjualan di facebook, mari kita luaskan pemasaran melalui instagram. Kita bisa menggunakan jasa orang lain untuk mempromosikan akun instagram kita supaya ramai. Hal ini cukup berpengaruh. Untuk jenis akun yang mempromosikan, kita bisa memilih sesuai budged. Semakin dia banyak followers, maka kita yang menggunakan jasanya akan membayar semakin mahal.

5. Jualan Menggunakan Jasa Endorse di Instagram

Ininih yang sekarang sedang populer. Banyak orang yang membuka jasa endorse. Biasanya, jasa endorse ini berlaku bagi orang yang sudah memiliki banyak followers. Bisa disebut selebgram, bahkan artis Indonesia. 

Berapa biaya Endorse? Tergantung orangnya tetep. Semakin berpengaruh, maka semakin mahal. Ada pula yang mengendorse hanya dengan modal mengirimkan barang ke dia, maka orangnya akan memposting di akun IG-nya.

6. Menggunakan Instagram Ads Untuk Menjual Barang dan Jasa

Nah, fitur dari instagram ini juga sangat penting jika memang mau digunakan. Sepertinya hampir sama dengan facebook ads. Tapi sih, aku sendiri belum pernah coba. Untuk mempelajari Instagram Ads, kawan-kawan bisa ikut kelas-kelas tentang marketing.

7. Menggunakan Instagram Gratisan Untuk Jualan Online

Nah, kalau ini, kita berjualan di akun IG pribadi secara langsung tanpa jasa apa pun. Sama halnya dengan poin no 1 (mengenai facebook), sangat dibutuhkan proses yang lama dalam membangun akun IG. Dibutuhkan konsistensi yang tinggi untuk terus mengupdate gambar produk setiap hari. 

Kunci dari berjualan semacam ini adalah konsisten. Bocoran: buatlah foto yang menarik dari setiap feed. Semakin menarik, semakin membuat produk kita berkesempatan laku terjual.

Jangan lupa, lengkapi data kita di bio. Seperti nomor yang bisa dihubungi, testimoni, dan lain-lain. Ingat, bangun kepercayaan.

8. Mengadakan Giveaway Untuk Memperkenalkan Produk

Giveaway ini aku rasa merupakan strategi penjualan juga. Kita memang ngasih kepada orang lain, tapi itu adalah salah satu cara agar produk kita dikenal, setidaknya oleh orang-orang yang emngikuti giveaway tersebut.

Pernah mengadakan giveaway?

9. Jualan Online Menggunakan Jasa Buzzer

Teman-teman bisa menggunakan jasa dari orang yang punya followers banyak di twitter.  Mereka biasanya akan memposting soal produk kita sekian kali, sesuai dengan bayaran yang kita berikan. Semakin banyak followers, semakin mahal pembayarannya. Ini juga lumayan efektif.

10. Jualan Online dengan Membuat Landing Page

Tahu Landing Page? Jika kita membeli barang, kadang ada yang mengarahkan kita ke suatu website tertentu. Kita diarahkan untuk membeli produk di page tersebut. Nah, itulah landing page. Biasanya, landing page akan dibuat semenarik dan seinformatif mungkin kepada calon pembeli supaya menarik perhatian

11. Jualan Online di Whatsapp

Siapa bilang, WA hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi saja. Banyak orang di luar sana yang berhasil meraup puluhan juta hanya dari berjualan menggunakan WA. Ya, teman-teman bisa mencoba untuk memulai jualan di WA dengan mengirim pesan siaran, dengan mengumpulkan nomor orang lain, dan memulai menawarkan produk. WA story juga sangat berpengaruh lho. Yuk dicoba jualan lewat WhatsApp.

12. Menyewa Jasa Iklan Blogger

Nah, kita juga bisa menyewa jasa blogger. Kita pilih blogger paling populer, lalu bisa meminta memasang banner produk kita di blognya. Ini sangat efektif. Apalagi jika blog yang digunakan sangat sesuai dengan produk kita.

Untuk harga, bisa tanya-tanya langsung ke blogger yang ditargetkan. 

13. Berjualan Online di Blog Sendiri

Yaps, jika kawan-kawan tidak mau mengeluarkan uang dengan menyeba blogger lain, kita bisa membuat blog sendiri, lalu mulai menjual produk kita di blog tersebut. Tapi jangan heran jika awal-awal belum banyak pengunjung. Yang terpenting adalah konsisten update produk, atau kalau perlu, diselingi dengan update artikel-artikel yang membantu.

14. Membangun Team Reseller

Aku dapet ilmu ini dari Kang Dewa Eka Prayoga, bahwa membangun team reseller adalah salah satu cara efektif dalam meningkatkan penjualan. Bayangkan saja guys, kita selama ini jualan sendiri, tetapi ketika ada reseller, secara otomatis, kita menjadi lebih bersemangat berjalan bersama-sama. Coba deh, rekrut reseller, pasti hasilnya joss.

15. Mendistribusikan Barang ke Toko Online Terkenal

Banyak sekali toko Online terkenal di Indonesia. Kita bisa mulai menyebarkan barang untuk dijual di toko online terpercaya. Toko online terpercaya biasanya memiliki websiter tersendiri. Cari saja di Instagram, atau di website mana pun. Kita lihat jumlah followersnya, jika banyak, kita bisa mulai mengajukan kerjasama pemasaran.

16. Jualan di Marketplace

Mungkin sebagai orang awam, bingung juga kita kita harus membangun website sendiri, kemudian menjual barang di blog sendiri. Tenang, sekarang, banyak marketplace yang menyediakan tempat supaya kita bisa berjualan dengan tenang, tanpa harus membuat website yang ribet, tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Sudah banyak yang terbukti sukses berjualan di marketplace. Mereka bisa menjual ratusan produk hingga ribuan dalam satu harinya. Nggak ngiler?

17. Jualan Dengan Mengedepankan Kemudahan

Buatlah berbagai kemudahan agar mereka mau membeli produk kita. Salah satunya dengan cara pembayaran yang mudah. Misal pembayarannya bisa lewat minimarket (Indomaret/alfamaret, dll), atau juga kita menyediakan berbagai rekening bank untuk kemudahan.

18. Jualan Dengan Mengedepankan Kepentingan Pelanggan

Di mana pun tempat jualannya, satu hal yang harus dipegang teguh: Barang kita harus benar-benar bermanfaat. Barang apa pun yang bermanfaat, pasti akan laku. Ayo, pikirkan, barang dan jasa apa yang kira-kira laku 100%. Hehe.

19. Jadi Penjual yang Ramah dan Easy Going

Ini juga penting. Bagian penjualan adalah bagian terpenting. Bagian ini biasanya berhubungan langsung dengan orang yang membeli produk. Jangan sampai sebagai penjual kita jutek dan tidak mengenakan. Di zaman sekarang, bukan hanya soal produk yang menarik, tapi juga manusianya yang menarik.

20. Berikan Bonus-bonus Saat Jualan 

Nah, ini bisa dijadikan strategi juga agar produk kita laku dijual. Orang akan sangat suka jika ada bonus tertentu, potongan-potongan harga, dan lain-lain. Tapi ingat, jangan sampai potongan itu menghabiskan modalmu. Sesuaikan semuanya. Penting: masukkan hal-hal yang berhubungan dengan bonus ke biaya pemasaran.

21. Jualan Menggunakan Jasa Google Adwords

Nah, dengan cara ini juga, kawan-kawan bisa berjualan. Ini jasa yang bisa digunakan oleh penjual online seperti kita. Jelas berbayar. Dengan Google Adwords, orang yang mau membeli sebuah produk akan diarahkan ke blog, atau situs kita, karena memang di-sett page one oleh google. 

22. Upload-lah Testimoni, Hasil Transperan, Atau Foto Produk di Media Sosial 

Ya, ini berhubungan dengan teknis sih. Kawan-kawan bisa melakukan ini dengan rutin. Yang paling susah ketika berjualan online itu adalah kepercayaan. Maka, ketika kekawan sudah bisa membuat mereka percaya, produk apa pun akan gampang untuk dijual.

Nah, kawan-kawan, itulah 22 rahasia Jualan Online Agar Laris Manis. Sudahkah melakukan trik di atas? Atau kawan-kawan punya Cara Jualan Online Agar Laris Manis, yang lainnya? Bisa sharing di komentar yaaaa :)








Belum ada Komentar untuk "22 Rahasia Jualan Online Supaya Laris Manis"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel