23 Langkah Mengoptimalkan Instagram Supaya Menghasilkan Jutaan

Wahgila.com -   23 Langkah Mengoptimalkan Instagram Supaya Menghasilkan Jutaan

23 Langkah Mengoptimalkan Istagram Supaya Menghasilkan Jutaan
publicdomainpictures.net


Adakah yang tidak punya instagram? Wah, kalau ada yang belum punya, berarti teman-teman harus buat dulu. Tapi aku yakin deh, hampir semua orang sudah punya akun instagram. Kita juga pasti tahu, bahwa Instagram bisa menjadi salah satu ladang usaha. Yaps, banyak yang berpenghasilan jutaan, hingga puluhan juta per bulan dari instagram.

Waw, kok bisa?

Ya bisa lah, semua itu ada carannya. Tenang saja. Hehehehe.

Prospek usaha di instagram makin sini makin besar. Sebab pengguna instagram juga semakin sini semakin bertambah. Tak jarang, banyak yang memilih jualan online di instagram, termasuk kamu mungkin.

Aku telah beberapa kali ikut pelatihan Teknik marketing di Instagram, dan kali ini, aku akan coba menuliskannya sebagai bahan pengingat untuk diri sendiri, sekaligus untuk dipelajari oleh teman-teman.

Berikut ini 23 Langkah Mengoptimalkan Instagram Supaya Menghasilkan Jutaan

1. Buat Akun Instagram Baru

Membuat akun instagram baru adalah tugas pertama. Ya, usahakan untuk bikin akun instagram berbasis toko. Artinya, kamu buat akun sesuai barang daganganmu, atau tokomu, jangan akun pribadi. Hal ini disebabkan karena kita akan berjualan secara lebih khusus. Supaya jualannya optimal. Akun pribadi biarkan saja dijadikan sebagai akun Personal Branding, untuk mendorong penjualan di akun toko ini.

2. Buat Nama Akun yang Mudah Diingat

Buat nama akun yang memang gampang untuk diejak dan diingat. Jangan alay. Jangan terlalu panjang. Dan pastinya, namanya berhubungan dengan usahamu. 

Misal: @JualJaketKulit @JaketkulitKeren @JaketKulitSquad, dll.

Intinya, buatlah akun yang nantinya akan berhubungan dengan nama produk, atau sesuatu berdasarkan tokomu. 

3. Pasang Bio yang Lengkap

Ya, ini menjadi salah satu kunci juga. Pasanglah BIO yang benar-benar informatif. Jangan bikin penasarna orang, apalagi nggak jelas dan malah bikin orang lain curiga.

Well, dalam bio, setidaknya ada beberapa hal:

-Jargon tokomu, kalau ada. Misal: Siap antar, walau menyebernag pulau. Atau apa gitu. Ada juga yang sering pakai jargon: Amanah adalah visi kami.

-Tuliskan produk yang tersedia dengan hastag. Misal: #JaketKulitgarut #JaketKulitKeren #JaketKulitBerkualitas. Jangan terlalu banyak hastag di BIO, cukup 1-3 saja.

-Tuliskan nomor telepon, email, medsos, dan lain-lain. Atau kalau ada akun lain soal testimoni, bisa juga disebutkan.

-Sebutkan tempat pengiriman dan ekspedisi yang digunakan. 

-Tuliskan pula link jika ingin langsung memesan yang langsung terhubung ke WhatsApp.

4. Pakai Foto Profil Menarik

Ini sangat penting guys. Jangan lupa ya, untuk pasang foto profil di IG-mu. Usahakan menggunakan gambar menarik, seperti logo, gambar produk unggulan, dan ha-hal yang menunjukkan tentang identitas dirimu sebagai akun toko.

5. Mulai Isi Feed dengan Gambar

Isilah Feed Instagram dengan foto produk. Dalam mengisi Feed ini ada tekniknya. Buatlah tema atau konsep Feed sehingga terlihat menarik. Dalam instagram, feed adalah etalase toko yang indah dan menarik untuk dilihat-lihat, ujungnya, mereka memutuskan untuk membeli.

6. Konsisten Update Dalam Waktu Tertentu

Setelah membuat akun instagram, usahakan update 50-100 gambar pertama. Jangan langsung diupdate, tapi berkala antara 1-7 hari saja. 

Kenapa?

Ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan orang-orang terhadap toko kita. Semakin banyak gambar, semakin oke. Semakin banyak gambar, mereka makin betah buat scroll ke bawah. Faktanya, calon pembeli lebih senang memilah dan memilih.

Jika sudah terpenuhi hingga ratusan post, maka selanjutnya mulai update minimal 3 kali sehari. Misal pagi, siang dan malam. Pokoknya atur sendiri waktu update. Sebisa-bisa update di waktu ketika orang-orang sedang aktif.

7. Pasang Hastag Ketika Upload Gambar

Hastag ini sangat bermanfaat untuk mengumpulkan gambar kita di bagian tertentu. Gunakan hastag sebanyak-banyaknya dan yang sesuai dengan produk kita. Misal: #JualSepatuMurah #JualSepatuBandung #JualSepatuOri, dll. Usahakan untuk menggunakan hastag tidak lebih dari 20 hastag.

8. Gunakan Caption Menarik Ketika Upload Gambar

Jelas, masukkan caption menarik. Sebisa-bisa isi dengan data produk, harga, dan lain-lain. Untuk jualan di IG seperti ini, menggunakan HARD SELLING juga tidak masalah. Karena orang-orang justru ingin tahu hal-hal yang berkenaan dengan produk saat itu juga.

9. Balas Komen

Banyak orang yang nulis di BIO: Tidak menerima komentar!; Pemesanan Langsung KE WA; dll. Kalau menurutku, lebih baik kalau ada yang komen tetap dibalas, tetapi tetap diarahkan ke kontak pribadi. Yang DM juga jangan lupa di balas, sebab kenyamanan pelanggan tetap nomor satu.

10. Cari Target Pembeli yang Sesuai

Apakah kamu punya kompetitor? Well, setiap orang yang berjualan pasti punya kompetitor sendiri-sendiri. Kita bisa membuka akun kompetitor, lalu follow orang-orang yang mengikuti akun tersebut. Kumpulkan semakin banyak.

Ada juga tekniknya dalam follow orang lain. Sebisa-bisa, kita memfollow minimal 100 orang per hari. Lalu like beberapa postingan mereka untuk memastikan mereka melihat bahwa kita memfollow. Jika mereka tertarik kepada kita, biasanya mereka bakal langsung kepoin akun kita, dan berjujung memesan produk kita.

Terus saja seperti itu siklusnya. Follow, unfollow lagi setelah beberapa hari. Hal ini bertujuan agar orang percaya. Biasanya kalau akun yang ‘diikuti’-nya sedikit dan ‘pengikut’-nya banyak, maka akan semakin dipercaya.

Atau bisa unfollow orang-orang yang tidak folbek, ini lebih bagus.

11. Pindahkan Akun Instagram Menjadi Akun Bisnis

Kawan-kawan, ini adalah salah satu fitur Instagram. Dengan mengalihkan ke akun bisnis, penggunaan akun IG akan lebih mudah dan juga lebih khusus. Bahkan kita bisa melihat perkembangan akun kita. Seperti orang-orang yang follow kita, jumlah pengunjung ke feed kita, dan lain sebagainya.

12. Gunakan Jasa Paid Promote

Jika usaha kita mulai maju, bisa bisa mulai menggunakan jasa Paid Promote. Hal ini bertujuan untuk meluaskan pemasaran. Banyak jasa Paid Promote. Untuk harga, kita bisa sesuaikan dengan dana pemasaran yang kita miliki.

13. Mengendorse Selebgram dan Artis

Wah, salah satu hal yang bisa membuat kita kebanjiran order adalah endorse dari artis atau selebgram. Banyak yang memilih jalan ini. Untuk harga, lagi-lagi bisa dipilih sesuai kantong. Semakin mengendorse orang terkenal maka harganya semakin mahal. Dipilih saja sesuai kemampuan.

14. Adakan Diskon 

Penting nih guys. Diskon menjadi sesuatu yang sering diburu oleh orang-orang. Jangan lupa untuk mengadakan diskon setidaknya seminggu sekali, atau masalah waktu terserah dirimu. Yang penting ada hal yang bisa menarik perhatian orang-orang.

15. Mengadakan Giveaway

Giveaway adalah suatu program yang bertujuan untuk berbagi, sekaligus meluaskan jaringan dan pemasaran. Tanpa disadari, dengan mengadakan giveaway, kita sedang memperkenalkan produk kita ke khayalak umum. Pengalaman ngadain giveaway, malah banyak juga yang mesen berbarengan dengan ikutan giveaway. Bahkan yang nggak kepilih dan nggak menang, banyak juga yang memilih beli. 

Giveaway itu kaya membangun kepercayaan netizen kepada kita selaku penjual. Sudah pernah mengadakan giveaway?

16. Membuat Halaman Facebook

Sebenarnya, akun instagram juga sudah cukup, namun biasanya ketika beralih ke akun bisnis, maka diharuskan membuat fanspage facebook. Nanti setelah itu, kita juga bisa sekalian mengotimasi fanspage untuk berjualan lebih giat, sekaligus meluaskan jaringan.

17. Promosi dengan Instagram Ads

Sering lihat postingan orang yang bertulisan: bersponsor?

Yups. Itu adalah akun yang dirpomosikan menggunakan jasa Instagram Ads. Instagram ads ini bertujuan untuk mengenalkan dan menawarkan produk kita kepada orang yang tertarget, sesuai pengaturan yang kita buat sebelum mendaftar Instagram Ads. Sistem ini cukup work, apalagi jika kita pintar dan tahu trik mengatur Instagram Ads-nya.

18. Masukan Link Tautan atau Website di Instagram

Wah, fitur ini tak kalah hebat guys. Kita bisa memasukkan link akun medsos kita yang lain di bio. Ini bertujuan untuk mengenalkan akun media sosial kita yang lain, atau bahkan website. Mungkin saja orang lebih nyaman belanja di website, who know?

19. No Spam Komentar

Banyak aplikasi komentar. Tapi jatuhnya, itu membuat reputasi akun kita justru buruk. Kita akan terkenal sebagai akun yang spam. Sering kan lihat orang-orang yang komen soal peninggi badan, pelangsing dan lain-lain. Itu sangat mengganggu. Sebab komentarnya tidak berbobot dan tidak nyambung.

Kalau mau komentar, mending menggunakan komentar manual saja guys. Yang lebih nyambung tentunya. Agar pengguna instagram lain tidak terganggu.

20. Tetap Interaksi dengan Memberi Like dan Komen

Algoritma IG berubah-ubah. Dengan kita selalu berinteraksi dan memberikan like kepada orang lain, secara otomatis, akun kita akan bisa dijangkau oleh orang-orang. Ini sangat penting untuk meningkatkan kedekatan dengan mereka.

21. Gunakan fitur IG Story

Ketika kita mengupload foto di feed, kadang kala ada gambar-gambar yang kurang menarik dan kalau diupload di feed, bakal kelihatan jelek. Maka, kita bisa upload gambar-gambar tersebut di IG Story.

Seperti apa?

Seperti testimoni, gambar asli, proses packing dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk membangun kepercayaan orang-orang terhadap produk yang kita jual.

22. Upload Testimoni Dari Pelanggan

Testimoni menjadi salah satu hal yang harus ditunjukkan. Kita bisa buat akun khusus testimoni, atau pun langsung di IG utama. Baik itu di IG Story, atau di feed. 

23. Upload Bukti Transper dari Pelanggan

Percaya atau tidak, ini juga bisa menjadi salah satu hal yang menarik perhatian. Yang terpenting dari kita adalah selalu jujur dalam melakukan usaha. Jangan mengambil bukti transper orang lain lalu diupload ya. Hehe. Sebisa-bisa, foto-foto itu real, dari pembeli-pembeli kita.

Nah, guys, itulah 23 Langkah Mengoptimalkan Instagram Supaya Berpenghasilan Jutaan. Sudah banyak yang terbukti menghasilkan dengan cara-cara yang saya sebutkan di atas. Selamat mencoba yaaa.

Belum ada Komentar untuk "23 Langkah Mengoptimalkan Instagram Supaya Menghasilkan Jutaan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel