25 Cara Menjadi Orang yang Selalu Berpikir Positif

Wahgila.com - 25 Cara Menjadi Orang yang Selalu Berpikir Positif

25 Cara Menjadi Orang yang Selalu Berpikir Positif
pixabay.com


Hallo, ketemu lagi dengan Mimin nih. Kali ini, Mimin bawa kabar gembira soal, Berpikir Positif.

Yaps. Berpikir positif adalah pola pikiran, di mana kita menghindari hal-hal yang membuat berprasangka buruk kepada setiap hal. Berprasangka buruk jelas membuat produktivitas kita melemah, bahkan akan membuat energi kita terkuras cepat. Lagipula, di dalam agama juga suudzon itu juga merupakan hal yang buruk.

Pertanyaannya, apakah manusia bisa mengendalikan diri, untuk tetap bersikap positif thinking? Jelas bisa dong. Berikut 25 Cara Menjadikan diri untuk tetap Berpikir Positif:

1. Netralkan Pikiran

Untuk menjadi seseorang yang bisa berpikir positif, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menetralkan pikiran. Jika kita ingin berpikir positif, tetapi kemudian masih ada hal-hal negatif dari diri, sangatlah sulit. 

Bagaimana cara menetralkan diri? Bisa dengan istirahat dan menyepi. Hal itu membuat tubuh kita relaks, dan kemungkinan besar akan menjadikan kita lebih cepat bersikap netral. Dengan begitu, ketika kita akan menambah sisi positif dalam diri, tidak akan begitu kesulitan.

2. Dilarang Berprasangka Terlalu Dalam

Manusia itu entah kenapa selalu suka menduga-duga, menerka-nerka, padahal hal tersebut akan membuat pikiran justru berat. Dari pikiran berat, tidak menutup kemungkinan, ada aura negatif yang membuat pikiran kita tak terkontrol. Ya, hal tersebutlah yang menjadi cikal bakal pikiran negatif. Cobalah untuk mengusir menebak-nebak, agar bisa selalu berpikir positif.

3. Menggunakan Bahasa yang Berkonotasi Baik

Yaps. Penggunaan bahasa juga sangat mempengaruhi pikiran kita. Ketika kita dengan berlanjut berkata: Aku nggak bisa! Secara otomatis, hal tersebut mengarah kepada pikiran negatif. Kalau sudah negatif, kita akan malas, tidak semangat, bahkan tidak punya tekat kuat untuk menggapai sesuatu. Biasakan untuk terus mengatakan hal-hal positif seperti: Aku bisa! Aku cinta diriku! Dia sangat baik! Dan lain-lain.

4. Berolahraga

Pikiran keruh kadang muncul karena kita terlalu lama berkutat dengan pekerjaan, dengan kegiatan  dan hal lain. Salah satu hal yang bisa digunakan dalam meminimalisir hal ini adalah olahraga. Selain pikiran yang menjadi lebih segar, jelas tubuh pun segar, sehat dan bugar. Coba, bedakan jika dirimu tak pernah olahraga sama sekali, dengan kamu yang senang berolahraga, ya minimal punya jadwal dalam seminggu sekali. Pasti bisa merasakan perbedaannya.

5. Mengarahkan Perhatian

Perasaan negatif, juga hal-hal yang berkonotasi buruk, kadang muncul saat kita mengobrol dengan orang lain. Ketika bertemu dengan teman, kita kadang mengobrol soal tempat menarik, bahkan mengobrolkan orang lain.

Di sanalah akar permasalahannya. Kalau sudah mengobrolkan hal-hal mengenai orang lain, biasanya akan menjulur ke hal buruk. Jarang sekali orang membicarakan kebaikan manusia lain. Kebanyakan justru membicarakan hal-hal buruknya.

Arahkan perhatian kepada hal lain. Ketika kita mulai menyinggung soal orang lain, berusahalah berpindah topik, sehingga tidak ada pembicaraan yang memang benar-benar membuat rugi.

6. Percayalah Terhadap Diri Sendiri

Prasangka negatif itu, kadang muncul ketika kita tidak percaya akan diri sendiri. Ya, kita selalu merendahkan diri, tidak percaya akan kemampuan, dan hal lainnya. Itu semua merupakan hal buruk. Ayolah untuk tetap percaya diri, untuk tetap menjadi orang yang senantiasa positif. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, bisa dibaca di:

7. Evaluasi Kesalahan

Lagi-lagi, perasaan negatif ini membuat kita akan semakin down. Evaluasi kesalahan bukanlah hal buruk. Mengevaluasi bisa membuat kita lebih bersemangat dalam memupuk diri untuk bisa menggapai cita-cita kita. Ya, dari sana, akan ada masa kita lebih visioner.

8. Jangan Selalu Menyalahkan Diri

Ya, pikiran negatif itu kebanyakan berasal dari dalam diri. Kita kadang sering sekali menyalahkan diri sendiri jika ada kesalahan. Jangan, anggap saja itu sebagai sebuah lelucon. Kesalahan dianggap sebagai sesuatu kelucuan yang harus ditertawakan. Itu akan membuatmu lebih enjoy. Itu akan membuatmu lebih tenang, ketimbang memikirkan kesalahan yang pernah diperbuat. Waktu terus berjalan, langkah selalu ditata. Maka satu-satunya jalan adalah maju.

9. Berilah Penghargaan Kepada Diri

Ketika selesai melakukan sesuatu, berilah diri kita penghargaan. Misalkan dengan cara membawa diri kepada alam bebas, jalan-jalan, rekreasi bersama keluarga, atau hal-hal yang berjauhan dengan pekerjaan yang sering muncul. Hal itu jelas lebih positif ketimbang hal-hal lainnya.

Selain itu, kita bisa memanjakan diri dengan membeli makanan favorit, memberikan pujian terhadap pencapaian kita, atau hal-hal menarik lain, yang bisa menghilangkan pikiran negatif tersebut.

10. Biarkan Diri Istirahat

Ya, semua pikiran negatif, kadang kala muncul dari ambisi yang terlalu menggebu, sementara tubuh sudah tak mampu melakukan hal-hal tertentu. Istirahatlah. Tidurlah. Makanlah yang cukup. Lakukan yang terbaik demi kehidupan kedepannya.

11. Ikhlas Dan Bersyukur

Ketika kita tidak bisa mencapai kebahagiaan (yang kita anggap demikian), sementara orang lain bisa dengan cepat menggapai keinginan, kita kadang iri. Hal tersebut karena kita kadang terlalu melihat ke atas, ketimbang melihat ke bawah. Banyak orang di luar sana yang tak beruntung. Kita lebih beruntung. Maka, ikhlaslah dan bersyukur dengan apa yang didapatkan. Ketika kita berhasil melakukan itu, maka hidup akan tenang. Kita akan bisa berpikir jernih dan positif.

12. Menghayalkan yang Baik

Yaps, untuk berpikir lebih positif, berpikirlah, menghayallah untuk menjadi orang terbaik. Gambarkan dirimu suatu saat, di masa depan, atau kapan pun itu untuk menjadi orang terbaik. Jadikan dirimu seolah-olah sedang berada dalam sebuah video, dan telah berhasil menggapai mimpi. Pasti dirimu akan lebih positif lagi. Percayalah.

13. Mewujudkan Hayalan Itu

Kalau menghayal, tanpa mengerjakan apa yang dihayalkan, sama saja dengan membiarkan pikiran buruk berputar di otak. Karena menghayal itu bisa disebut malas kalau tidak direalisasikan. Baru akan menjadi hal positif jika bisa direalisasikan. Cintai proses dalam penggapaian hayalan positif tersebut. 

14. Meditasi

Meditasi bisa membuat diri lebih rileks. Fokuskan otak terhadap hal-hal yang baik. Fokuskan diri terhadap sesuatu yang lebih bermanfaat. Hal ini bertujuan untuk membuat ringan pikiran dan juga badan kita. Hal tersebut pula yang akan membuat kita lebih semangat dalam menjalani hari-hari kita esok hari. 

15. Melakukan Hipnoteraphy

Pernah dengar Hipnoteraphy? Yups, kamu bisa menemui seorang ahli untuk berkonsultasi. Kadang kala, pikiran negatif ini memang sangat berbahaya, bisa jadi berujung di stres dan depresi. So, lakukan yang terbaik untuk dirimu . Biasanya dalam hal ini, akan ada proses terapi dari ahli tersebut.

16. Jangan Terlalu Lama Bersedih

Yaps, pikiran-pikiran negatif akan senantiasa berkutat jika kita masih berada dalam kesedihan. Ketika kita gagal, bersedih, menangis, itu adalah hal yang wajar. Tapi jangan sampai hal itu membuat kita terus terpuruk, dan membiarkan hal buruk menimpa kita. Bangkitlah.

17. Jangan Terlalu Lama Sendiri

Bagi kamu yang masih single, mencari pasangan mungkin bisa menjadi salah satu pendorong agar kita senantiasa berpikir positif. Pasangan kita ada, mensupport segala hal yang kita lakukan. Merangkul disaat ada kesalahan. Mengingatkan disaat ada hal yang salah. 

18. Mendekatkan Diri Kepada Allah

Seharusnya nomor 18 ini ditulis di nomor satu, hehe. Tidak ada gunanya sebagai manusia, kita cerdas, jika tanpa memiliki nilai religius yang tinggi. Tuhan menjadi sandaran dari semua sandaran.  Ketika pikiran buruk muncul, ingatlah, bahwa Allah ada. Dia senantiasa melihat aktivitas kita. Dia senantiasa menjadi pendorong makhluknya. Percayalah, kita akan lebih berpikir positif jika kita juga dekat dengan Sang Pencipta.

Banyak orang cerdas, ujung-ujungnya terjerembab dalam jurang kesesatan, tetapi ketika kita dekat dengan Allah, sudah pasti, ada yang membuat kita tetap berteguh dan berprinsip akan kebaikkan dan kebenaran.

19. Let It Flow

Jangan Biarkan semua hal yang menimpa kita dianggap sebuah kesialan. Bisa saja itu merupakan bentuk kasih sayang Tuhan agar kita senantiasa berjuang. Yaps, mulai dari sekarang, biarkan semuanya mengalir. Nikmati sesuatu yang menghajar kita. Sembuhkan dengan cara terus berjalan.

20. Lihatlah Diri Sendiri Lebih Dekat

Pikiran negatif, memang sulit dilepaskan. Apalagi hal yang berhubungan dengan diri sendiri. Semua orang tahu, kadang pikiran negatif kebanyakan berasal dari hati kita. Lihatlah diri lebih dekat, kenali, lihat keunggulannya, dan berilah penghargaan menarik.

21. Jangan Berhenti Tersenyum

Ini sangat penting. Senyum bisa meluruhkan segala hal negatif. Senyum bisa sedikit menenangkan jiwa. Hanya dengan tersenyum, kita bisa menjadi orang yang paling berserah. Ingatlah, senyum itu bagaiman ganjaran dari kepedihan yang dirasakan. Sebab, sebuah kesulitan, seharusnya memang harus selalu dihargai.

22. Bergaul dengan Orang-orang Keren

Yaps. Mungkin, lingkaran pertemanan kita terlalu sempit, sehingga kita tidak mengetahui, bahwa di luar sana ada perkumpulan orang, yang jika mengadakan pertemuan, ada energi positif yang terpancar. Kadang, kita memang butuh mengenal lebih banyak orang. Salah satunya untuk belajar, bagaimana mereka bisa tetap bahagia di sela hari-harinya. Bagaimana pula mereka selalu berpikir positif dan juga berwawasan luas.

23. Mengikuti Seminar Motivasi

Energi positif ini juga bisa didapatkan dari mengikuti seminar nasional. Kita bebas memilih pemateri mana yang inspiratif. Sehingga dengan begitu, kita jadi lebih terbiasa berpikir positif, sebab ada dorongan dari orang-orang hebat.

24. Isi Hari Dengan Membaca Buku Inspiratif

Yaps, energi positif akan keluar, saat kita membaca buku. Mimin juga pernah membaca buku karya Bapak Isa Alamsyah berjudul No Excuse, buku tersebut sedikitnya mengubah pola pikir untuk tetap berpikir positif, dan menghilangkan alasan-alasan yang bisa menghambat pertumbuhan.

Baca juga:

25. Berkutat dengan Kesenian 

Ya, bagi penyka seni, mereka akan merasakan betapa seni itu bisa benar-benar membuat manusia yang awalnya biasa saja, bisa menjadi luar biasa. Seni tari, seni musik, teater, dan lain-lain, memiliki cara masing-masing untuk menjadikan penikmatnya menjadi lebih baik, dan lebih bisa melihat sesuatu dari berbagai sudut pandang.

Tidak perlu menjadi bagian dari mereka yang melakukan seni, cukup menjadi penikmat, maka akan ada hal menarik yang bisa didapatkan.

Nah kawan-kawan, itulah 25 Cara Menjadi Orang yang Selalu Berpikir Positif. Mimin mau ngasih tahu, untuk bisa benar-benar menjadi orang yang senantiasa berpikir positif, terapkanlah semuanya satu per satu. Nikmati prosesnya. Dijamin, perlahan-lahan, semua akan baik-baik saja. Dan lagi, mungkin teman-teman punya cara tersendiri untuk bisa berpikir positif? Yuk sharing!











Belum ada Komentar untuk "25 Cara Menjadi Orang yang Selalu Berpikir Positif"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel