35 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil, Berani Coba?


Wahgila.com - 35 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil, Berani Coba?

35 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil, Berani Coba?
pixabay.com



Bisnis Online menjadi salah satu primadona bagi masyarakat kita saat ini. Kenapa? Kemudahan internet, membuat semuanya bisa berubah secepat kilat. Bisnis yang biasanya harus nyata, ada tempat, toko, kantor, kini bisa dilakukan hanya di depan komputer, di kamar dengan hanya koloran dan dasteran. 

Hal ini membuat peluang bisnis online dengan modal kecil  sangatlah diminati masyarakat kita. terlebih, mereka bisa tetap usaha, tetapi juga bisa melakukan kegiatan utamanya. Misal sebagai mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan bekerja di kantor sebuah perusahaan.

Kali ini, aku bakalan membagian 35 peluang usaha yang mungkin diminati. 

1. Pemasukan dari Blog Sendiri

Untuk nomor 1 ini, bisa dibilang sebagai usaha online, maupun bisnis online. Why? Karena ketika kita memiliki blog, kita bisa menghasilkan uang dari iklan, atau dari orang-orang yang memakai jasa blog kita. Wah, enak ya kalau punya blog?

Enak banget guys. Ketika blog kita ramai, hal ini bisa membuat blog kita banyak mendapatkan pemasukan dari iklan. Selain itu, akan banyak perusahaan atau bahkan perorangan yang berbondong-bondong untuk bekerjasama dengan blog kita.

2. Jualan Online di Blog Pribadi

Yaps, selain mendapatkan pemasukan dari blog, kita bisa  mengembangkan bisnis melalui blog pribadi. Banyak blogger yang hasil jualannya laku keras gara-gara blog yang banyak pengunjung. Ya, begitulah kawan-kawan, kita memang harus terus mengembangkan sesuatu yang kita miliki. Ketika kita awalnya hanya berniat berbagi informasi lewat blog, ternyata akan ada hal-hal tak terduga.

3. Membuka Bisnis Percetakan Undangan

Wah, bukankah percetakan itu harus ada toko atau kantornya? 

Siapa bilang, di situasi sekarang, usaha percetakan lumayan epic juga kalau dipasarkan melalui online. Kita bisa memasarkan atau mempromosikan semuanya di media sosial. Wah, seru ya? Kita bisa bekerja di rumah dan semuanya bisa aman terkendali.

4. Menjual Desain Grafis

Ada yang jago desain? Kesempatan untuk menjadi seorang yang sukses di jual beli desain adalah hal yang sangat besar. Di zaman sekarang, apa sih yang tidak memerlukan desain? Mau bikin banner, butuh desain. Mau bikin browsur, butuh desain, mau bikin buku, butuh desain cover. Ya, desain itu sangat dibutuhkan sekarang ini. Terlebih tidak semua orang bisa edit-edit foto.

5. Menjual Lukisan Tangan

Ini juga menarik guys. Modal bisnis kecil, untuk usaha. Ini hanya membutuhkan skill dan juga kemauan. Aku punya teman yang kerjanya full di rumah. Tau apa yang dia kerjakan? Yaps, melukis wajah si pemesan . Hasilnya bisa dikirimkan lewat ekspedisi.

6. Membuka Toko Buku Online

Toko buku online cukup menjamur di kita. Banyak orang yang memilih menjadi penjual buku secara online, berhubung, kemudahan yang disuguhkan memang lebih besar ketimbang jika langsung ke toko buku offline.

Penjual-penjual di Instagram banyak yang sukses dengan membuka toko buku online. Apalagi jika menjual buku-buku populer dengan fans yang sangat banyak. Kesempatan untuk laris manis di toko kita amat besar.

7. Menjadi Reseller Produk

Yaps, solusi usaha dengan modal kecil bisa juga bisa diantisipasi dengan menjadi reseller. Kamu nggak perlu produksi barang. Kamu tidak harus memiliki modal puluhan juta. Cukup menyetok beberapa barang saja, sudah bisa jualan online. Bahkan bisa dilakukan di sela-sela aktivitas.

8. Menjadi Dropsipper

Bedanya reseller dan dropsipper itu apa?

Kalau reseller, kita juga bertanggungjawab mengatur pengiriman barang, karena biasanya barang akan datang ke rumah kita. Berbeda dengan dropsipper, kita bisa mempromosikan barang orang lain, tanpa harus datang ke rumah barangnya. Pengiriman dilakukan oleh penjual utama. Biasanya, nama pengirim bisa menggunakan nama si dropsipper.

9. Menjual Produk Digital

Sahabat, produk digital menjadi hal yang sangat diminati. Apa saja? Seperti ebook buku, ebook panduan, atau barang-barang lain yang berbentu digital. Biasanya, barang digital lebih murah dari barang fisik, sehingga harga juga lebih murah. Teman-teman bisa mencoba.

10. Menjadi Penulis Buku

Menjadi penulis buku tidak harus di kantor lho. Kita bisa mengerjakannya di rumah. Setelah terbit, bisa pula disebar dan dijual secara online. Kita bisa menjual buku-buku lewat akun pribadi. Biasanya, para penulis famous bisa meraup royalti yang besar dengan menjual buku-bukunya secara online.

11. Menjadi Penulis Artikel

Yaps, menjadi penulis artikel ini memang sangat  populer. Kita bisa menyebarkan promosi secara online untuk proses penjualan buku kita. Banyak perusahaan yang mencari jasa penjual artikel. Biasanya, artikel-artikel yang sesuai dengan perusahaan mereka akan banyak yang membeli.

12. Menjual Produk Virtual

Yaps, menjual produk virtual juga bisa menjadi pilihan. Kenapa? Sebab orang-orang sekarang lebih banyak membutuhkan pulsa, atau paket data. Bayangkan, orang-orang sekarang sudah lebih sering berselancar di google. Secara otomatis, mereka juga akan mencari produk-produk yang bisa dibeli melalui internet.


13. Menjadi Web Development

Bagi yang jago bikin web atau blog, sepertinya usaha menjadi seorang web development bisa menjadi salah satu pilihan. Saya punya teman. Tinggalnya di pedesaan (termasuk pedalaman), tapi keuangannya ngalir dan lancar. Saya bertanya-tanya dong ... Dan jawabannya, ternyata dia lebih maju dari aku sekalipun jika berbicara soal internet. Dia mendapatkan banyak pesanan pembuatan Web setiap harinya.

14. Menjual Template Blog 

Perkembangan blogger di Indonesia lumayan pesat guys. Banyak yang sukses dengan berjualan desain blog. Biasanya mereka membutuhkan desain-desain yang ringan, tetapi tetap sarat akan SEO. Baik di mata mesin pencari (google, yahoo, dll), atau di mata penggunan atau pembaca tulisan-tulisannya di blog.

15. Menjadi Guru Les atau Privat Online

Percaya atau tidak, saat ini selain nulis, aku juga dipercaya untuk mengisi kelas-kelas online soal kepenulisan. Salah satu hal yang menjadi keuntungan di media sosial adalah: bisa gampang menemukan orang-orang yang memiliki passion sama di bidangnya.

Seperti halnya saya yang banyak berteman dengan calon-calon penulis. Yang jelas, calon-calon penulis ini akan membutuhkan jasa-jasa dari cara menulis novel yang baik, atau bahkan cara-cara menulis pengalaman sekali pun. Ini menyenangkan.

Bahkan ada yang mengadakan pelatihan privat khusus blogger. Dan para pelatihnya jelas mendapatkan keuntungan dari kelas tersebut.

Intinya, kalau kamu memiliki suatu keahlian, sepertinya bisa dimanfaatkan dengan mengadakan les privat untuk orang-orang yang memang membutuhkan.

16. Menjadi Seorang Konsultan

Menjadi konsultan online bukan hal yang mustahil. Konsultan dalam hal apa? Dalam hal apa saja sesuai keahlian dirimu. Tentu saja, banyak yang lebih suka berkonsultasi secara online, selain cepat, mereka juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar.

17. Bergabung Menjadi Affiliate Tertentu

Waw, di sini ada yang tahu affiliate?

Sebenarnya, affiliate ini hampir sama dengan menjadi dropsipper. Bedanya, kalau dropsipper, pemesan itu tetap berhubungan dengan kita, tetapi kalau affiliate, kita hanya promosi, sementara untuk pembelian produk dari pemesan, langsung ke pihak pertama, bukan ke kita.

Ya ampun, enak banget ya. Bahkan ada pekerjaan yang tidak perlu repot seperti affiliate ini. Bahkan ini tak mengeluarkan modal sedikit pun. Hanya modal ponsel sebagai barang untuk promosi produk.

Mantul kan?

18. Menjual Produk Apa Pun di Marketplace

Sekarang, e-commerce atau Start Up lagi booming banget. Banyak pasar online yang hadir di Indonesia. Indonesia ini memang salah satu pasar ekonomi yang besar. Jadi perkembangannya cukup cepat.

Sebagai orang yang mungkin kesulitan dalam membuat website pribadi. Kita bisa menjadi salah satu pedagang di marketplace. Nggak perlu sewa tempat guys. Kita tinggal buka toko, beres deh. Mereka bahkan bisa langsung berkunjung ke marketplace tanpa dipromosikan sekali pun. Karena marketplace memang sudah sangat terkenal.

Tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, etc, itu adalah marketpace.

19. Menjadi Ghost Writer

Ternyata ada juga yang pekerjaan model begini. Rahasia-rahasiaan. Hehe. Jadi gini guys, banyak banget orang yang pengin nulis buku, pengin mengabadikan kisahnya menjadi sebuah buku. Baik menjadi novel, autobiografi, dan lain-lain.

Ya, seseorang yang bekerja menuliskan kisah orang lain, dengan naskah akan menjadi milik orang lain, disebut ghostwriter. Well, menjadi ghostwriter menjadi salah satu peluang untuk kita. Sebab bayarannya cukup besar. Satu kali bikin tulisan orang lain (yang pastinya untuk menjadi satu buku), bayarannya dari 2 juta ke atas.

Ya, bagi kamu yang memiliki kemahiran dalam menulis novel atau buku-buku sejenis, bisa mulai membuka jasa ghost writer.

20. Menjadi Pembuat tulisan ‘Copywriting’

Kamu sering lihat tulisan-tulisan keren yang bisa menghipnotis pembeli? Jangan sembarangan, ada jasanya juga lho itu. Kita bisa membuka jasa copywriting jika kita memang cerdas membuat tulisan yang bisa mempengaruhi pelanggan.

Banyak yang nggak bisa promosi, maka kita bisa memanfaatkan semuanya.

21. Menyediakan Jasa Pembuatan Quotes dan caption Instagram

Baru dengar ya? Beberapa bulan terakhir, orang-orang yang membuka jasa ini cukup terkenal dan diundang ke TV-TV di Indonesia karena keunikannya menjual caption, bahkan orang tersebut kini mulai merangkak membuat kantor secara resmi.

Idenya sih kaya sederhana, sepele, terus kita mungkin bertanya: apakah semalas itu, sehingga caption saja beli?

Ya, nggak semua orang bisa buat kata-kata indah. Makanya, banyak yang mau merasakan dapet ribuan like dengan caption menarik sesuai foto.

Kamu bisa meraup uang jutaan rupiah setiap bulan, hanya dengan membuat caption untuk instagram.

22. Membuat Agency Penerimaan Naskah

Gila, ternyata naskah atau artikel itu ada agency-nya juga guys. Kita bisa lho mmebuat agency sendiri. Kemudian bekerja sama dengan berbagai perusahaan. Kita tingga mengumpulkan penulis buku dan artikel paling keren, sehingga ada kualitas yang bisa dipertaruhkan.

23. Menjadi Editor Buku Online

Aku memiliki penerbitan Indie. Dan editornya justru online, alias orang yang nggak hadir dan kerja di rumahku. Penghasilan dia lumayan kalau memang banyak orderan editing dari aku. Ya, sekarang, pekerjaan apa pun bisa dikerjakan secara nyaman di rumah. Jasa-jasa kita bisa dijual secara online dengan modal kecil.

24. Menjadi Translator

Sebelas-dua belas dengan editor. Biasanya translator buku ada juga yang frelance, dan memang bekerja di rumah. Proses pemesanan naskah yang harus diterjemahkan dilakukan secara online, pembayaran pun juga sama guys. 

Bukan hanya translator buku, kamu juga bisa menjadi translator untuk film luar negeri, atau tulisan-tulisan pendek.

25. Membuka Pelatihan Online

Pelatihan online biasanya lebih umum. Banyak peserta yang bisa mengikuti dalam sekali pelatihan. Berbeda dengan privat yang memang hanya dilakukan empat mata (biasanya) atau hanya beberapa orang saja.

Kamu bisa membuka pelatihan via aplikasi tertentu. Misal grup facebook, WA, Telegram, dll.

26. Menjadi Penjual Produk Sosial Media

Sering melihat orang-orang yang menjual followers, like atau sebagainya? Ternyata usaha ini menjadi usaha yang lumayan menggiurkan dengan modal kecil. Setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing untuk media sosialnya. Terutama bagi pebisnis online. Entah nambah followers, like, dan lain sebagainya.

27. Menjual Jasa SEO

Jasa SEO bagi perorangan atau perusahaan merupakan sesuatu yang dicari. Impian blog/website bisa nangkring di halaman utama google  merupakan keinginan semua orang. Terutama yang memang bekerja di Internet semacam itu.

Bayangkan saja, jika sehari ada 10 orang yang memesan jasa ini, teman-teman pasti akan sangat sibuk.

28. Menjadi Admin Online

Memang ada ya, admin online? Ada dong. Aku saja pernah kok menyewa jasa admin online untuk media sosial. Dan memang, ketika kita bisa lebih interaktif melayani orang lain, kita bisa juga menawarkan diri menjadi seorang admin kepada perusahaan tertentu untuk mengurus media sosial. Hasilnya keren, gajinya bisa lebih besar dari gaji orang yang bekerja di kantor.

29. Menjadi Selebgram

Wah, ini juga bisa dijadikan peluang usaha online. Kamu bisa mulai membangun akun Instagram dalam bentuk apa pun. Dari apakah seorang selebgram mendapatkan uang? Yaps, dari endrose dan sponsor biasanya. 

Ketika akun kita semakin keren dengan banyak followers, semakin besar kesempatan kita bekerja hanya dengan mempromosikan barang. 

30. Menjadi Seorang Youtuber

Yeah, di zaman sekarang, youtuber bisa menjadi salah satu pekerjaan, atau bahkan bisnis melalui channel  youtube. Banyak orang yang menghasilkan uang hanya dari menjadi seorang youtuber. Bahkan bisa menjadi seleb sekaligus ketika vilar di youtube.

31. Bisnis Publisher

Sekarang, publisher juga mulai beralih ke online. Baik Publisher produk-produk digital seperti ebook, atau bahkan publisher nyata seperti Publisher buku. Sama halnya dengan aku. Aku memulia bisnis penerbitan indie sejak 2016. Alhamdulillah, sekarang sudah memiliki 7 orang team. Hihi.

Awalnya memang seperti hal yang mustahil, tetapi kemudian bisa di jalani hingga sekarang. Modal awalku nol rupiah waktu itu. Karena memang dikerjakan serba sendiri dari mulai desain, layout, dan lain-lain.

32. Jasa Layout  dan Ilustrasi Buku

Seorang ilustrator bisa juga memulai bisnis jasanya di media online. Semakin sini, semakin banyak buku yang terbit. Ilustrator berkualitas selalu ditunggu. Semakin bagus kualitas ilustrasimu, semakin banyak orang yang akan memesan ilustrasimu.

33. Jasa Meme dan Gambar Hari-hari Besar

Sebenarnya ini masih nyambung dengan desainer grafis, cuman nomor 33 ini lebih khusus. Ketika aku jalan-jalan ke Bandung, aku bertemu dengan orang yang bekerja di kantor desain. Yaps, ternyata mereka spesialis pembuatn Meme dan gambar hari-hari besar, atau gambar-gambar nyeleneh yang siap diviralkan di media sosial.

Benar-benar keren idenya. Mereka bisa memanfaatkan sesuatu hal yang jarang terpikirkan menjadi sesuatu hal yang menghasilkan. Wagelaseh.

34. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile 

Sekarang, hampir semua orang berbondong-bondong membuat aplikasi online berbasis ponsel yang bisa dunduh di google play. Bagi kamu yang pintar mengotak-atik hal-hal semacam ini, bisa juga membuka jasa pembuatan aplikasi mobile ini. Bisnis yang sangat menggiurkan, sebab jasa yang berhubungan dengan teknologi, selalu menjadi  bahan perbincangan.

35. Berjualan Pakaian

Ini yang paling umum guys. Banyak jenis pakaian yang bisa dijual. Modal minim. Nggak perlu harus ada toko. Nggak perlu ada karyawan. Untuk pertama kali, kita bisa bekerja sendiri, atau kalau sudah punya pasangan, bisa bareng dengan pasangan.

Pemasaran bisa dilakukan di Instagram, facebook, atau marketplace. Banyak yang jadi jutawan dari usaha pakaian.

Nah, guys, itulah 35 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil. Sudahkah memuliai usaha?

Belum ada Komentar untuk "35 Peluang Bisnis Online dengan Modal Kecil, Berani Coba?"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel