5 Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis Artikel

Wahgila.com – 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis Artikel

5 Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis Artikel
pixabay.com


Artikel menjadi salah satu media penting saat ini. Berita-berita di internet, itu bisa berupa artikel. Iklan di internet, itu juga bisa berupa artikel. Bahkan hal-hal yang berbau How To, masuknya juga artikel.

Well, banyak yang tanya. Bisa nggak sih, kita ngehasilin duit dari artikel?

Ya bisa. Selagi hal tersebut masih dibutuhkan, itu sangat bisa.

Bagaimana cara menghasilkan uang dari artikel? Berikut aku kasih tahu sumber-sumber keuangan penulis artikel:

1. Dari Blog Pribadi

Ini jelas ya guys. Bagi teman-teman yang nulis di blog, jelas akan ada penghasilan jika memang blognya sudah dimonetisasi dengan perusahaan periklanan seperti Google Adsense, dan lain-lain. Atau bahkan, teman-teman dapat penghasilan dari orang-orang yang pasang iklan di blog teman-teman.

Memang, ini tidak secara langsung memperjual-belikan artikel, tetapi penghasilan dari blog teman-teman, ada karena artikel tersebut.

Jadi buat opsi pertama, kawan-kawan bisa mulai menulis artikel, upload di blog, dan tunggu hasilnya sampai blognya berpenghasilan. Sederhana sekali ya? Tapi ya, tidak sesederhana itu sih. Kawan-kawan akan menjalani proses yang sangat panjang untuk bisa menghasilkan uang dari artikel di blog teman-teman.

2. Jual Beli Artikel

Oh, ternyata artikel bisa dijual? Ya bisa dong. Selagi hal itu bermanfaat, pasti akan ada yang selalu mencari. 

Aku banyak memiliki teman yang kerjaannya sebagai penulis artikel. Dia biasanya akan mengerjakan tulisan pesanan dari perusahaan, perorangan, bahkan penulis blog lain yang memang tidak memiliki waktu untuk membuat artikel.

Berapa harga satu artikel?

Banyak pertimbangan harga. Harga bisa dipengaruhi dari: seberapa berkualitas tulisan kita; seberapa bagus popularitas kita; seberapa besar perusahaan yang mengorder (semakin bagus, semakin mahal), dan pertimbangan lain. Tergantung negosiasi.

Aku juga pernah jadi penulis artikel. Bayarannya waktu itu rentang 5-10k per artikel dengan panjang 300 kata. Murah ya? Ya, tapi nggak apa-apa sih. Itu dulu banget, baru pertama kali terjun menjadi penulis artikel. Nggak tahu kalo sekarang, aku sudah move on dan memilih nulis di Motivisnis aja. Hehehe.

3. Nulis Artikel di Web Besar

Ada penulis UCNews? 

Yaps, ketika kita menulis di sana. Bayaran dari situs-situs seperti itu utamanya dilihat dari view artikel yang kita tulis. Semakin banyak artikel yang kita tulis, semakin banyak view terhadap artikel kita, semakin besar pendapatannya. Dan ya, hal ini jelas akan menguntungkan bagi kita sebagai seorang yang mencari uang dari artikel.

Tapi ada pula kok WEB yang memberikan fee kepada kita. Biasanya sistemnya ACC. Ketika naskah di-ACC, maka akan dibayar per artikel. Enak kan?

4. Nulis Artikel di Media Cetak

Pernah menulis opini, artikel, atau tulisan di media cetak? Jangan salah lho, ketika tulisan kita dimuat, biasanya akan ada fee yang mereka kasih ke si penulis. Tapi ada juga sih yang nggak ngasih. Yang terpenting, kita bisa mengirimkan tulisan kepada media cetak yang sudah pasti memberikan fee. Untuk informasi soal media cetak mana saja, bisa di cek di mbah google.

5. Artikel Pesanan Agency

Wah, artikel juga ada agency-nya ya? Ya ada dong. Sama aja kaya hal lainnya. Sebenarnya nomor 5 ini sama saja dengan kita berjualan artikel biasa. Bedanya, jika kita jualan artikel pribadi, itu langsung tertuju kepada orang lain atau perusahaan lain. Sementara kalo lewat agency, ya kita lewat agency saja. Perkara artikel akan dijual lagi ke siapa,  itu sudah menjadi hak dari Agency.

Nah, guys, Itulah 5 Cara Menghasilkan uang dari Menulis Artikel. Sudahkah teman-teman menulis hari ini? Atau belum pernah? Wah, seru kayaknya kalau dicoba. Hehehehe.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Menghasilkan Uang Dari Menulis Artikel"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel