5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang

www.ujwar.com - 5 Wisata Belanja Murah di kota Semarang

5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang
Travel Kompas

Nah setelah membahas mengenai mall besar di Semarang, kali ini aku akan membahas mengenai wisata belanja murah di Semarang. Salah satu surga belanja di Pulau Jawa adalah Semarang. Tidak kalah menarik dengan kota-kota lainnya, kota Semarang pun juga memiliki tujuan wisata. lebih dikenal, Semarang sebagai kota perdagangan. 

Perlu kamu ketahui, bahwa di Semarang terdapat beberapa tempat belanja yang murah, dengan menjual barang seperti harga grosir . tak Cuma beda dengan kota besar lainnya, kota Semarang juga mempunyai berbagai tempat perbelanjaan yang menyediakan kebutuhan rumah tangga, pakaian, sepatu, tas, peralatan kantor, perhiasan, kosmetik, elektronik dan kebutuhan-kebutuhan yang lainnya. Semua barang yang kamu inginkan bisa dibeli dengan harga yang murah. 

Berikut adalah 6 wisata belanja murah di kota semarang, antara lain : 


1. Simpang Lima

5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang
Wikipedia

Simpang Lima adalah salah satu tempat belanja murah di Semarang. Tempat wisata belanja ini adalah alun-alaun yang berada di tengah persimpangan, tepatnya berada di Jl. Pandanaran di sebelah barat, di sebelah timur Jl. A. Yani, Jl. Gajahmada dan Jl. Pahlawan, dan di sebelah timur laut ada Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Untuk daerah Semarang, Simpang Lima merupakan pusat belanja paling lengkap. Di sana juga terdapat beberapa pusat perbelanjaan besar lainnya seperti Matahari Mall, Plaza Simpang Lima, dan Ramayana. Apalagi pada saat hari weekend, masyarakat sekitar menjadikan Simpang Lima sebagai pusat penjualan barangnya yang beraneka ragam dan tentunya cukup murah. Di sini kamu bisa membeli nasi ayam atau tahu gimbal sebagai kulinernya. Apabila sedang mencari  oleh–oleh khas semarang, di Jalan Pandanaran juga tersedia, seperti bandeng presto, lumpia, wingko babat, dan lain-lain.

2. Pasar Johar

5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang
TripAdvisor

Pasar Johar merupakan pasar dua lantai yang terletak di sekitaran pinggir kali kota Semarang. Bisa dibilang, Pasar Johar juga merupakan pusat kegiatan ekonomi warga Semarang dari sejak dulu. Bahkan di era colonial Belanda Pasar Johar sempat menjadi pasar terbesar dan termegah. Wisatawan yang berkunjung ke pasar ini, untuk mencari oleh-oleh yang murah meriah dan komplit sangatlah banyak. Tetapi kamu juga harus berhati-hati ketika berbelanja di sini, karena pedagang di sini suka menawarkan harga yang tinggi-tinggi. Jadi harus pandai-pandai bernegosiasi.


Selain menjual beragam oleh-oleh, baju, buah-buahan, kain gorden, peralatan rumah tangga dan dapur, sepatu, tas kain dan batik. Tidak hanya barang-barang tersebut, di pasar ini juga terdapat penjual yang tidak memiliki kios permanen, misalnya penjual aneka kacamata, batu akik, jam tangan, makanan, piala dan tropi, reparasi elektronik, dan masih banyak yang lainya juga di pasar sini. Beraneka ragam souvenir pernikahan dan pernak-pernik lainnya juga ada di Pasar Johar. Pasar ini beralamatkan di Jl. Ps. Johar, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang 50188.

3. Pasar Gang Baru

5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang
Pesona Travel

Tempat wisata belanja murah di Semarang yang berikutnya adalah Pasar Gang Baru. Pasar Gang Baru ini berada di daerah Pecinan, lebih tepatnya pasar ini berada di sebelah timur Beteng, yang membentang antara dua gang, yaitu Gang Pinggir dan Gang Tengah. Pasar ini biasanya memulai aktivitas pada pagi hari setelah subuh. Sekitar pukul 05.00 WIB. Pedagang  yang berjualan di pasar ini berasal dari berbagai daerah yang bertempat tinggal di sekitar Semarang. Kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan, obat-obatan tradisional, pakaian, hingga perlengkapan upacara untuk ritual masyarakat tionghoa, tersedia di pasar tradisional yang umurnya ini sudah puluhan tahun.

Jalan Sebandaran atau dari Gang Warung adalah akses untuk menuju pasar ini. Selain itu,  bisa juga melalui gang kecil yang dapat dilalui oleh para pejalan kaki atau kendaraan roda dua. Yaitu melalui Gang Cilik dan Gang Pasar Baru. Jam 06.00 – 10.00 WIB dalah waktu yang paling ideal untuk mengunjungi pasar ini, karena berbagai jenis barang masih lengkap. Jikalau berkunjung lebih dari pukul 10.00 WIB, biasanya para pedagang sudah kehabisan stok dagangannya.

4. Kampung Batik Semarang

5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang
Travel Kompas

Salah satu tempat berbelaja murah yang selanjutnya bisa kamu kunjungi untuk memuaskan hobi belanja adalah Kampung Batik Semarang. Berbagai jenis kain khas daerah terdapat di sini. Walaupun tidak selengkap di Kampung Batik Laweyan, kampong batik ini juga biasa dikunjungi wisatawan lokal lho sebagai tempat membeli oleh-oleh. Hal yang sama yang akan tetap kamu dapatkan di dua tempat tersebut adalah belajar membatik, serta sejarah batik.


Tidak jauh dari Bundaran Bubakan, Lokasi Kampung Batik ini berada di Semarang Tengah. Apabila posisimu sedang berada di Pasar Johar, maka cari jalan menuju arah Jalan Patimura atau Jl. dr. Cipto. Jika posisimu sedang berada di Simpang Lima, maka cari jalan menuju  Jalan MT. Haryono, lalu ke arah Pasar Johar. Setelah sampai di Bundaran Bubakan segeralah menuju Jalan Patimura, sampai terlihat Hotel Djelita. Nah, tidak jauh dari sana, kamu akan menemukan sebuah gapura besar yang bertuliskan Jl. Batik.

5. Kampoeng Semarang

5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang
KampoengSemarang.com

Tempat ini berada di sebuah lahan sekitar 4.000 meter persegi. Ya tempat tersebut adalah Kampoeng Semarang, yang merupakan salah satu tempat yang cukup terkenal di Semarang. Wenny Sulistiyowati adalah pemilik dari Kampung Semarang ini. Beliau menyebutkan sejumlah fasilitas yang ditawarkan dari pusat kerajinan dan oleh-oleh ini.  Fasilitas yang ditawarkan diantaranya, galeri batik, galeri yang memanjakan anak-anak, home ware yang menyediakan aneka pernik-pernik rumah, pusat souvenir, pusat oleh-oleh, restoran dan kafe, tempat pertemuan pusat oleh-oleh dan souvenir, serta webe fashion bags,.

Kampoeng semarang ini letaknya tidak jauh dari Bandara Ahmad Yani, hanya sekitar 3km dari sana dan 2km dari Pelabuhan Tanjung Emas. Tepatnya Kampung Batik ini berada di  Jl. Raya Kaligawe KM. 1 No. 96, Sambirejo, Gayamsari, Semarang.

Nah, itulah 5 tempat wisata belanja murah yang ada di kota Semarang. Jika kamu sedang beliburan di Semarang, jangan lupa untuk mampir ya ke salah satu tempat belanja di atas, atau kalau bisa ke semuanya dan bawakan aku oleh-oleh. Hihi :D

Terima kasih sudah membaca 

1 Komentar untuk "5 Wisata Belanja Murah di Kota Semarang"

  1. Banyak juga pilihannya, mulai dari bahan pokok hingga souvenir. Bikin pembeli bisa membeli sesuai kebutuhan..

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel