8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang

www.ujwar.com - 8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang 

Status Kota Semarang sebagai kota dagang kuno, kota pelabuhan dan kota pemerintahan. Yang  terpenting bagi Belanda Kota Semarang mampu mengundang banyak orang untuk menetap pada masa itu dari berbagai etnis dan ras. Status penting tersebut memungkinkan untuk Belanda mendirikan berbagai bangunan kuno dengan berbagai campuran gaya arsitektur yang dimiliki, terutama gaya Eropa dan menjadi bagian sejarah kota Semarang. Di Kota Semarang terdapat banyak bangunan yang berkonsep arsitektur Eropa kuno, yang merupakan sisa peninggalan dari penjajahan zaman Eropa di Indonesia dulu.

Berikut ini adalah 8 bangunan bersejarah yang berada di Kota Semarang. diantaranya :

1. Lawang Sewu


8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
Pegipegi


2. Masjid Kauman Semarang

8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
www.JejakPiknik.com

Masjid Kauman Semarang mulai dibangun pada tahun 1750, sekitar abad ke-18. Ini bisa dilihat dari prasasti yang tertera pada gerbang masuk masjid ini. Pada zaman dulunya, masjid ini juga merupakan masjid terbesar di Semarang. Sekarang masjid ini dikenal dengan nama Masjid Agung Semarang, yang merupakan masjid tertua di Jawa. Selain itu, sekarang masjid ini juga menjadi destinasi wisata religi dan sejarah di Semarang. meskipun masjid ini sudah tidak asli seperti pertama kali dibangun, namun kesan sejarah dan cerita sejarahnya yang ada dibelakang pembangunan Masjid Kauman ini masih terjaga dengan baik.

3. Klenteng Sam Poo Kong

8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
www.trover.com


Kelenteng Sam Poo Kong adalah bangunan bersejarah berikutnya yang ada di Semarang. Bangunan yang dibangun pada tahun 1724 ini dibangun oleh masyarakat Tionghoa di Semarang. Tujuan dibangunnya bangunan ini adalah sebagai bentuk penghormatan masyarakat Tionghoa kepada Laksamana Zheng He atau Laksamana Cheng Ho. Tempat wisata religi di Semarang ini sangat ramai dikunjungi, baik dari wisatawan negri maupun wisatawan luar negeri. Seiring berkembangnya zaman,  pada tahun 2002 bangunna ini mengalami perubahan bentuk karena dibangun kembali. Klenteng yang berdiri di atas tanah seluas 3,7 hektar ini diberi nama “Sam Poo Kong” yang berarti leluhur dimaksudkan sebagai pemberian kehormatan bagi Laksamana Zheng He. Masyarakat percaya bahwa terdapat gua tempat tinggal dan berlindung Zheng He di dalam klenteng itu, sewaktu ia terdampar di Pantai Simongan.

4. Kota Lama Semarang

8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
www.tripadvisor.com

Bangunan bersejarah di semarang yang selanjutnya adalah Kota Lama. Kota Lama merupakan Salah satu tempat yang banyak menyimpan bangunan bersejarah serta memiliki pesona kemegahan arsitektur Eropa dan Belanda klasik di Semarang. Banyak orang yang menjuluki kota ini sebagai “Little Netherland” karena di pinggir jalannya terdapat kanal – kanal kecil. Gereja Blenduk yang dibangun pada tahun 1757, merupakan bangunan di Kota Lama yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi. Hingga saat ini gereja tersebut masih digunakan sebagai tempat ibadah.

5. Masjid Layur Semarang



8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
www.klikhotel.com

Selain sejarah masjid Agung atau Masjid Kauman, ternyata di Semarang juga ada juga masjid bersejarah yang lainnya, yaitu Masjid Layur. Sebagaimana dalam sejarah wali songo, jejak sejarah islam yang banyak meninggalkan bangunan bersejarah berupa masjid. Masjid Layur ini merupakan salah satu diantara masjid tertua yang masih berdiri dengan kokoh di Semarang hingga sata ini. Bahkan umurnya masjid ini lebih tua daripada masjid Kauman. Masjid Layur ini dibangun pada tahun 1743 oleh penduduk yang sebagian besar adalah warga Melayu. Gaya Timutr Tengah yang terdapat pada menaranya, merupakan ciri khas dari Masjid Layur. Masjid ini merupakan sebuah masjid dengan percampuran tiga budaya, yaitu budaya Arab, Jawa, dan Melayu. Hal ini bisa kita lihat dari atap masjid ini yang bersusun tiga bercampur dengan arsitektur khas Jawa. Bentuk bangunan masjid ini masih asli seperti awalnya ¬¬¬¬ dengan sedikit perbaikan.

6. Kantor Pos Besar Semarang

8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
gpswisataindonesia.info

salah satu dari tiga kota di Indonesia, Semarang menjadi pelopor jasa pos pertama di indonesia. Gustaaf Willem Baron van Imhoff (Gubernuru Jendral Hindia Belanda ke 27) yang memerintahkan untuk membangun Gedung pos ini, dan beliau juga yang mendirikan kantor pos pertama di Batavia. Sebelum menempati gedung ini, J.P Theben Tervile terlebih dahulu  membentuk lembaga pos yang mulai beroperasi pada tahun 1862 di area Kota Lama Semarang. di mana di depan kantor pos ini terdapat Tugu Titik Nol KM Semarang.  Pada tahun 1979 lalu gedung ini melakukan perbaikan sekaligus penambahan ruang di bagian belakang bangunan.

7. Tugu Muda

8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
semarangwingkorolls.net

Bangunan yang berhasil disempurnakan pada tahun 1951 ini, diresmikan pada tanggal 20 Mei 1953 oleh Bung Karno. Bangunan tersebut adalah Tugu Muda. Di mana tujuan dari pembangunan Tugu Muda ini adalah sebagai bentuk penghargaan dari masyarakat Semarang terhadap jasa – jasa para pejuang yang telah gugur dalam pertempuran kemerdekaan RI. Selain itu, tugu ini juga melambangkan semangat dari para anak muda di Semarang yang pada saat itu melawan penjajahan Jepang, tepatnya dalam peristiwa Perang Lima Hari Semarang yang berlangsung dari tanggal 14-19 Oktober ‘45. Pembangunan tugu ini sempat mengalami penundaan karena perang melawan sekutu dan juga dari pendanaan. Tetapi pada akhirnya, pada tanggal 28 Oktober 1945 Gubernur Jawa Tengah mulai membangun tugu ini. 


8. Gedung Marabunta

8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang
situsbudaya.id

Terletak di jalan Cendrawasih no.23 Semarang, terdapat juga bangunanbersejarah yaitu Gedung Marabunta. Dibagian atap gedung ini terdapat patung semut raksasa, yang menjadi ciri unik dari gedung ini. Selain itu, bangunan  ini juga memiliki langit-langit berbentuk gelada kapal terbalik. Namun saynag, pendirian bangunan bersejarah ini sulit dipastikan, karena ada beberapa data yang simpang siur. Kemungkinan besar gedung ini sudah berdiri sejak tahun 1854, karena Jejak pendirian gedung ini bisa ditelusuri pada tahun 1854. ketika itu di kalangan masyarakat Eropa terdapat sebuah pementasan tetap yang diselenggarakan sebulan sekali. Namun dari gaya bangunan lengking dan kolom langsing yang terdapat di dalam auditoriumnya menjadi bukti yang menguatkan bahwa gaya arsitektur ini digemari hingga abad lalu. Begitu pun dengan sistem dinding, penyangga, dan pasangan bata rollag yang terdapat di atas ambang pintu dan jendelanya. Konon, ada seorang wanita yang bernama Matahari (wanita mata-mata yang terkenal) pernah mengadakan pertunjukan di gedung ini.

Nah itulah 8 bangunan bersejarah yang terdapat di Kota Semarang. Jika kamu penasaran dan ingin mengetahui lebih lengkap mengenai bangunan-bangunan di atas, jangan lupa ketika berkunnjung ke Semarang untuk mengunjungi bangunan-bangunan tersebut.

Terima Kasih, semoga bermanfaat

3 Komentar untuk "8 Bangunan Bersejarah di Kota Semarang "

  1. Rasanya mau aja ke Klenteng Sam Pho Kong itu. Dari dulu belum terwujud untuk kesana.

    BalasHapus
  2. pengen seh om kesana terutama Marabunta,
    tapi apa daya jauh diriku kesana.

    BalasHapus
  3. wah, banyak ya bangunan bersejarah yang ada di kota semarang, jadi pengen main ke sana, apa lagi dari dulu pengen sekali pergi ke lawang sewu, pengen tau ada apa aja di sana, hehe

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel