Bingung Cari Sambilan? Inilah 15 Bisnis untuk Mahasiswa

Wahgila.com - Bingung Cari Sambilan? Inilah 15 Bisnis untuk Mahasiswa

Bingung Cari Sambilan? Inilah 15 Bisnis untuk Mahasiswa
pixabay.com


Menjadi mahasiswa memang susah-susah gampang. Menjalani pendidikan di usia yang sudah dewasa, jelas dituntut untuk menjadi orang yang lebih mandiri. Salah satunya, tetap kuliah, tetapi juga bisa menghasilkan uang untuk tambah-tambah perkuliahan, atau untuk uang saku.

Bisnis Mahasiswa memang salah satu jalan untuk kita. Selain mencari ilmu, kita juga bisa menghasilkan uang sendiri, tanpa harus membebankan orang tua. Maka, inilah 10 Bisnis Untuk Mahasiswa yang bisa dicoba:

1. Menyediakan Jasa Print dan Ketik

Tidak usah jauh-jauh membuat usaha besar, dengan karyawan bejibun. Kita bisa memulai dengan membuka jasa print makalah, atau jasa ketik makalah. Seperti yang kita ketahui, banyak sekali mahasiswa di lingkungan kita. Jasa ini sepertinya akan efektif jika dijalankan. Selain untuk mahasiswa, usaha ini juga bisa ditargetkan untuk anak-anak SMA dan juga SMP.

Modal usaha kecil. Kita hanya menyediakan komputer, printer juga kertas untuk bahan print Selebihnya, kita bisa membuka jasa ini di kosan, atau rumah sendiri.

Untuk penawaran jasa ini, kita bisa mulai menawarkan ke teman-teman kelas kita. Setelah itu, infonya pasti akan menyebar. Akan banyak orang yang mulai memakai jasa yang kamu sediakan. Menyenangkan sekali bukan?

2. Menjual Buku-Buku Umum

Menjadi penjual buku juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk kita sebagai mahasiswa. Seperti yang kita ketahui, mahasiswa tidak akan pernah jauh dari yang namanya buku. Buku akan senantiasa dibutuhkan, terutama buku-buku penunjang kampus.

Well, ini adalah peluang bagi kita. Kita bisa menjajakan buku di kampus sekaligus.

3. Berjualan Online

Mahasiswa itu tidak seperti orang-orang umum yang memiliki waktu luang yang banyak. Kita bisa menjadi salah satu penjual online di sela-sela kuliah. Baik menjual pakaian, aksesoris, dan hal lainnya. Lumayan ternyata terjun ke dunia online. Sebab di zaman sekarang, orang-orang lebih senang berjualan online, dan belanja dengan cepat tanpa harus panas-panasan ke luar rumah.

4. Menjadi Translator Makalah

Apakah kamu seorang mahasiswa jurusan Bahasa Inggris? Wah, kalau kamu memang mahir berbahasa inggris, menjadi translator bisa menjadi salah satu pilihan nih kawan. Kamu bisa mencoba menjajakan jasa ini secara onffline, atau bahkan online. Sangat bagus potensinya. Mengingat, translator semakin sini memang semakin dibutuhkan. Untuk mentranslate makalah, buku, dan lain sebagainya.

5. Menjadi Pengedit Gambar Atau Desainer

Jika kuliahmu jurusan Desain, bisa juga lho, nyambi jadi pembuat desain-desain dan gambar-gambar. Kebutuhan gambar-gambar untuk visual seperti ini. Banyak orang yang membutuhkan gambar untuk cover book, banner film pendek, banner kegiatan, juga gambar-gambar lainnya.

6. Menjadi Tukang Service Ponsel atau Komputer

Nah, menjadi tukang service memang sangat sederhana. Ini Bisnis mahasiswa tanpa modal. Modal utamanya hanya skill dan kemahiran kita dalam memperbaiki alat-alat elektronik tersebut. Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya jika kita bisa menerima 2-3 servisan sehari. Lumayan buat nambah-nambah penghasilan.

7. Menjadi Penjual Makanan di Kampus

Banyak orang yang gengsi untuk menjadi seorang penjual. Namun faktanya, banyak orang yang sukses dengan menjajakan makanan kepada kawan-kawannya. Untuk makanan, kita bisa ambil dari penjual atau warung lain. Yang jelas, makanan itu pasti akan laris manis jika dijajakan di kampus. Bukankah banyak mahasiswa yang kadang malas datang ke kantin? Ya, ini jadi peluang bisnis untuk mahasiswa pemula.

8. Menjadi Seorang Blogger

Untuk menjadi blogger, sebenarnya siapa saja bisa, tak terkecuali seorang mahasiswa. Emang, menjadi blogger bisa menghasilkan uang ya? Ya bisalah. Namun, menjadi blogger tidak sama dengan pekerjaan lain. Perlu waktu lama untuk bisa benar-benar menerima hasil dari apa yang dikerjakan. 

Tapi, untuk mengisi waktu luang, membagikan informasi penting di blog memang sangat bermanfaat bukan? Selain nanti dapat uang, kita juga dapat pahala karena telah membagikan hal-hal bermanfaat dan menarik.

9. Menjadi Youtuber Muda

Aih, siapa sih yang tidak tahu youtube? Menjadi youtuber di zaman sekarang sangat menjanjikan. Kita bisa kaya raya dengan menjadi youtuber, asalkan, konten yang kita buat memang menarik, dan menjadi trend setter bagi orang-orang.

Persiapkan youtube-mu, persiapkan kontenmu. Jika memang semuanya sudah dipersiapkan, mulailah terjun ke dunia youtube. Sudah bisa dipastikan, dalam waktu dekat, kamu akan mendapatkan uang dari iklan di youtubemu.

10. Menjadi Guru Privat

Wah, siapa sih yang nggak mau jadi guru privat? Menjadi guru privat itu sangat-sangat gampang guys. Gampangnya di mana? Ya, jika kita kuliah di jurusan keguruan, pasti kita sudah diajarkan bagaimana cara mengajar. Kita bisa menjadi pengajar hanya untuk beberapa orang saja karena sistemnya privat. Dan proses pengajaran materi pun akan semakin lancar.

Bayaran dari privat begitu lumayan lho. Bayangkan saja jika dirimu memiliki beberapa murid. Pasti akan sangat menyenangkan. Selain kuliah, kamu juga bisa menyalurkan langsung apa yang kamu bisa dan kamu dapatkan di bangku perkuliahan.

11. Menjadi Seorang Fotografer

Ini peluang! Banyak di antara mahasiswa-mahasiswa kita yang pengin ngeksis. Kita bisa menawarkan diri untuk menjadi fotografer bagi mereka. Mereka biasanya menginginkan foto-foto menarik untuk diupload di instagram. Dan ya, skill kamu dalam fotografi memang harus disalurkan lewat jasa ini.

12. Menyediakan Jasa Edit Video

Di lingkungan perkuliahan, akan banyak sekali tugas dari dosen. Biasanya akan ada tugas membuat film pendek, membuat profile mahasiwa dalam bentuk video, dan lain sebagainya. Tidak semua mahasiswa bisa mengedit video dengan kualitas bagus. Nah, kita yang bisa mengedit video bisa memaksimalkan tugas mereka dengan kita bantu pengeditannya.

13. Menjadi Penulis Part Time

Sering nulis status facebook? Sering nulis caption di Instagram? Wah, sepertinya kamu berbakat menjadi seorang penulis. Menjadi penulis itu memang hal yang sangat diminati sekarang. Banya pula perusahaan yang mencari jasa penulis paruh waktu atau part time.

Penulis apa?

Bisa menjadi penulis artikel, penulis caption, penulis quotes dan penulis cerita fiksi. Bayarannya lumayan lho. Sayang kalau bakatmu tidak disalurkan. Hobbi bisa menjadi uang.

14. Bisnis Kaos dan Jaket

Sering melihat anak-anak kuliahan membuat baju, kaos atau jaket untuk kekompakkan? Nah, kita bisa membuka jasa ini. Kita kunjungi setiap kelas, tawarkan proyek pembuatan pakaiakan kelas. Dan hasilnya lumayan lho. Jika ada 10 kelas saja di kampusmu, maka bisa dibayangkan, berapa ratus orang yang membuat pakaian melalui kamu.

15. Bisnis Aksesoris dan Kerajinan

Usaha aksesoris juga sangat menggiurkan guys. Kamu bisa menyalurkan aksesoris kepada para mahasiswa. Seperti gantungan kunci, bros, pin, atau kerajinan-kerajinan untuk hiasan di kamar dan di rumah. Biasanya, hal-hal yang berbau unik akan sangat diminati.

Tidak perlu harus bisa membuat itu semua. Kita bisa mencari pengrajin pusat, dan kita mengambil barang-barang dari sana. Harga murah, dan kita bisa mendapatkan keuntungan lebih. Pemasaran pun bisa dilakukan secara offline, atau pun online.

Nah, itulah 15 Bisnis Untuk Mahasiswa yang wajib dicoba. Sudahkah belajar berbisnis?

Belum ada Komentar untuk "Bingung Cari Sambilan? Inilah 15 Bisnis untuk Mahasiswa"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel