Harus Tahu! 20 Manfaat Membaca Buku Bagi Kehidupan

Harus Tahu! 20 Manfaat Membaca Buku Bagi Kehidupan
doc. Pribadi




Wahgila.com – Harus Tahu! 20 Manfaat Membaca Buku Bagi Kehidupan – Hallo kekawan. Kali ini, Mimin Wahgila ingin membahas soal buku. Siapa sih yang tidak tahu buku? Setiap orang pasti selalu berkutat dengan buku, apalagi anak-anak yang memang masih sekolah. Entah buku pelajaran, atau buku-buku fiksi.

Well, banyak banget nih, yang mengeluh soal buku. Kebanyakan sih, mereka mengeluh karena membaca buku bikin ngantuk, terlihat kuno, takut dibilang kutu buku, dan perspektif negatif lainnya. Namun, tahukah kawan, membaca buku itu ada beberapa manfaat lho. Kalau sudah membaca 20 manfaat membaca ini, pasti kawan-kawan tidak akan melewatkan diri dalam membaca buku.

Berikut manfaat membiasakan membaca buku Indonesia atau buku umum lainnya:

1. Pembentukan Mental

Kawan-kawan, mental itu sangat penting. Ketika tubuhmu sehat, tetapi kemudian mental kurang baik, maka semua itu kurang afdhal. Kurang nendang. Yaps, membaca ini ternyata bisa memperkuat mental manusia. Mental manusia akan terus terangsang, dan otak pun akan melakukan fungsinya dengan baik dan benar. Konon, ketika mental kita bagus, penyakit-penyakit tertentu akan sembuh. Hebat bukan? Yaps. Membaca ini bisa dijadikan sebagai ajang uji mental. Mungkin, orang yang awalnya lemah di mental seperti sering stres, gugupan, demam panggung, dan lain-lain, akan mulai berkurang dengan membaca buku.

2. Menghindari Banyak Fikiran Dan Stres

Hem, di sini, ada yang sering galau mikirin ini itu? Yang ujung-ujungnya stres, atau mungkin jadi mumet dalam melakukan kegiatan? Guys, ketika semua itu melanda, membaca bisa menjadi salah satu relaksasi alami yang bisa digunakan. Coba deh, membaca buku, kitab suci, atau membaca cerita-cerita yang bisa menumbuhkan motivasi untuk kembali seperti semula. Satu hal yang perlu digarisbawahi, jangan sampai dirimu membaca buku hanya karena sedang stres saja. Usahakan membaca buku ini dijadikan sebagai rutinitas yang terus diciptakan, untuk menciptakan kesehatan diri dan fikiran.

3. Menumbuhkan Kepercayaan Diri

Kenapa bisa begitu? Ya bisalah. Sebab dengan membaca, jendela dunia itu terbuka. Bisa saja orang yang awalnya tidak percaya diri karena pengetahuannya kurang, jadi makin percaya diri karena memiliki pengetahuan yang semakin banyak. Itu sebabnya, membaca buku ini benar-benar bermanfaat untuk menunjang dan mendorong kepercaya dirian manusia. Sudahkah kamu percaya diri?

4. Menumbuhkan Simpati dan Empati

Pernah membaca novel inspiratif? Yaps, cerita fiksi ini ternyata  bermanfaat juga untuk meningkatkan simpati dan empati kita terhadap orang lain. Dengan membaca cerita-cerita semacam itu, kita semakin tahu, arti penting dari saling menghargai, saling menolong, dan bukti kepedulian kita kepada orang lain.

5. Menjadi Hiburan

Ya, jelas saja ini bisa terjadi. Selain bacaan berat dan juga ilmu pengetahuan, kita juga bisa membaca buku-buku fiksi seperti komik bergambar, novel, cerpen, puisi, dan lain-lain. Hal tersebut jelas akan membuat kita terhibur. Ketika ada orang yang menganggap bahwa membaca adalah hal yang membosankan, membaca justru adalah hal yang menyenangkan.

6. Manusia jadi Pintar Mengambil Kesimpulan 

Banyak sekali orang yang susah mengambil inti sari suatu hal. Dengan membaca, kita justru belajar untuk menyimpulkan hal dari bacaan kita. Semakin banyak membaca, semakin banyak kita menyimpulkan. Menyimpulkan sesuatu sangatlah penting, sebab bisa menjadi satu hal menarik jika kita kemukakan, dan kita bagikan kepada orang lain.

7. Menambah Pengetahuan 

Jelas dong kawan-kawan. Membaca buku itu bukan hanya sekadar aktivitas pasif, tapi juga aktivitas aktif otak dalam mencerna hal-hal baru yang kita baca dalam sebuah buku. Secara otomatis, hal-hal yang kita baca, menjadi hal menarik yang bisa kita bagikan kepada orang lain. Menjadi orang berpengetahuan bukan hal buruk kok. Setuju?

8. Mengerti Kata-kata Baru

Pernahkah merasa kurang tahu kosa kata Bahasa Indonesia? Itu-itu saja yang digunakan. Sedangkan, kosa kata sangat dibutuhkan untuk variasi dalam berkomunikasi. Sebagai orang yang berpendidikan, kita bahkan bisa tahu kosa kata yang digunakan oleh orang tersebut sebagai orang yang cerdas. Kalau kita hanya menggunakan kosa kata yang itu-itu saja, bisa dipastikan, apakah kita cerdas atau tidak.

Membaca buku memang bisa menambah kosa kata baru, karena ketika kita belajar bicara, orangtua tidak sepenuhnya menyebutkan kata-kata dalam bahasa Indonesia atau bahasa apa pun. Mereka akan cenderung mengucapkan bahasa yang sering digunakan saja.

Antisipasi untuk menghindari kekurangan kosakata, ya kita harus rajin membaca, dan mempelajari cara menggunakan kosa kata tersebut.

9. Menghilangkan Penyakit Pelupa

Wah, siapa nih di sini yang pelupa? Ternyata, membaca juga bisa menjadikan hal menarik dalam menghilangkan pelupa. Mimin rasain sendiri sih guys, ketika Mimin baca buku, memori memang lebih meningkat. Membaca bukyu seperti program merefresh otak, sehingga semua hal bisa diingat lagi, tanpa takut terlupakan.

10. Pintar Menganalisa

Dalam pembelajaran di sekolah sekarang, siswa dituntut untuk bisa menganalissa sesuatu. Bagaimana jadinya jika kita susah menganalisa? Kepusingan? Ya, membaca adalah salah satu hal yang membuat kita bisa lebih cepat dan gampang menganalisa dan meneliti sesuatu. Sebab sudah punya dasar awal, dan juga sudah tahu apa saja yang harus dipecahkan.

11. Meningkatkan Konsentrasi Otak

Sering dibilang nggak fokus? Telat mikir, atau apa pun hal buruk itu? Bisa jadi itu disebabkan karena kurang membaca buku, padahal membaca itu memang penting buat kesehatan otak. Kita akan semakin fokus dalam menjalani hari-hari dan bahkan ketika mendengarkan sesuatu, karena otak kita sudah terlatih ketika membaca buku.

Semakin sering membaca buku, semakin besar kesempatan kita untuk lebih berkonsentrasi dan juga fokus ketika sedang melakukan sesuatu.

12. Menjadi Manusia yang Open Minded

Ya, membaca bisa membuat kita lebih berpikiran luas lagi. Kita bisa lebih bisa mengendalikan diri untuk tidak berkomentar sebelum berpikir, untuk tidak men-judge seseorang, untuk tidak menganggap orang lain salah sebelum mencari data-data dan fakta baru. Hal ini akan membuat kita merasa justru masih miskin ilmu ketika kita sering membaca, dan hal tersebut akan membuat kita akan terus-terus mencoba hal baru dan menggali hal-hal yang belum kita ketahui. Menarik ya?

13. Menjadi Lebih Bijak

Orang yang sudah sering membaca, dan sudah sering menelan hal-hal baru, maka dia akan semakin bijak dan rendah hati. Kenapa? Sebab dia tahu, bahwa orang yang berilmu akan mkenurunkan ego. Hal-hal seperti sok pintar, akan hilang, ketika kita sering membaca buku.

14. Membuat Kita Pintar Menulis

Sadarkah, bahwa seseorang bisa menulis, kebanyakan alasannya adalah karena membaca? Saya pengin bikin ini, itu, membuat buku ini, buku itu, karena memang tergelitik setelah membaca buku. Baik itu fiksi dan non fiksi. Banyak penulis novel, menulis menulis kisahnya, saat setelah membaca novel atau buku-buku lain. So, jika kamu ingin pintar menulis, membaca juga bisa dijadikan salah satu senjata untuk mengumpulkan data dan riset mengenai tulisan yang akan kamu buat.

15. Meningkatkan Kepekaan Sosial

Yaps, hubungan sosial manusia akan semakin ketat, ketika kita mengetahui tentang sosial itu sendiri. Dari mana kita bisa mempelajari soal sosial? Ya salah satunya dari buku. Maka dengan ini, orang yang sering membaca buku akan semakin bisa cara menghadapi manusia lain, cara mempengaruhi manusia lain, cara menyampaikan keinginan, bernegosiasi, dan lain sebagainya.

16. Meningkatkan Motivasi

Ya, membaca buku bisa meningkatkan motivasi hidup, motivasi dalam bentuk apa pun. Mimin pernah sangat semangat ketika membaca novel Sabtu Bersama Bapak, Lima Sentimeter, dan novel inspiratif lainnya. Jelas, hal tersebut akan membuat kita semakin semangat untuk menjalani kehidupan. Semakin semangat dalam menata proses untuk melangkah dan menggapai cita-cita kita sebagai manusia.

17. Meningkatkan Kualitas Diri

Semakin manusia berilmu, maka semakin manusia memiliki kualitas tinggi. Membaca ini memang super, seseorang yang awalnya tidak bisa apa-apa, bisa semerta-merta menjadi orang hebat dengan membaca. Para penemu, para dosen, para guru, berawal dari membaca. Hal tersebut sudah sangat membuktikan bahwa membaca memberikan dampak besar bagi kehidupan.


18. Meningkatkan Keinginan Untuk Membantu Sesama

Melalui membaca, di mana pun itu (buku cetak/internet) akan meningkatkan manusia untuk menebar kebaikan. Mereka akan melakukan hal-hal menarik sebagai manusia yang bermoral dan siap beramal. Hal ini disebabkan oleh kepekaan dan juga keluasan pikiran manusia. Sehingga bisa berpikir untuk menjadi manusia yang bisa menginspirasi dan mengerahkan semua kemampuannya demi membantu orang lain.

19. Membaca Buku Sama Dengan Keliling Dunia

Pernah tahu, bahwa membaca buku katanya sama dengan berkeliling dunia tanpa bepergian? Yups. Kita jadi lebih mengenal dunia luar. Kita jadi lebih mengetahui hal-hal yang mungkin orang lain tak ketahui. Kita jadi semakin punya pandangan luas kepada dunia ini. Ketika seseorang sudah bisa melihat dunia secara luas, maka tidak menutup kemungkinan, akan bisa mengunjungi tempat tersebut secara nyata.

20. Membaca Buku Meningkatkan Rasa Optimis

Benar sekali. Banyak orang yang kehilangan arah ketika dirinya mengalami sebuah masalah. Dengan membaca buku-buku motivasi, atau pun buku yang bermanfaat untuk asupan giji otaknya, maka akan meningkatkan rasa percaya diri dan juga optimis. Rasa akan gagal, rasa tak berguna, rasa tak bisa apa-apa, akan mulai hilang dengan membaca buku.

Nah kawan-kawan, itulah 20 manfaat membaca buku. Sudahkan membaca buku hari ini? Yuk sama-sama memanfaatkan bacaan di sekitar kita.

Belum ada Komentar untuk "Harus Tahu! 20 Manfaat Membaca Buku Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel