Inilah 25 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri


Inilah 25 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri
pixabay.com

Wahgila.com - Inilah 25 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri – Hallo guys, Mimin kembali lagi nih, buat ngasih tips. Hehehehe. Yaps, 20 Cara meningkatkan Rasa Percaya Diri.

Percaya diri sering kali menjadi permasalahan. Kenapa? Sebab manusia banyak yang tidak bergerak, lantaran kurang percaya diri. Percaya diri itu sangat dibutuhkan untuk membuat kita lebih maju dalam melakukan sesuatu. Hal tersebut pulalah, yang mungkin akan membuat kita sukses di kemudian hari.

Namun, menjadi percaya diri adalah hal yang cukup sulit. Dan masalah ini sering dicari solusinya. Baiklah, Mimin akan membagikan Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri.

1. Bersyukur

Menurutku, hal pertama yang bisa kita lakukan, sebelum hal-hal besar adalah bersyukur. Banyak orang yang tidak bersyukur. Menyalahkan diri sendiri, menjudge diri sendiri, bahkan menganggap dirinya tidak bisa apa-apa. Hal itu jelas bahaya. Dan bersyukur, bisa menjadi kunci kita, dalam memulai untuk menjadi pribadi yang percaya diri. Sudahkah kawan-kawan semua bersyukur? Kalau belum, ayo mulai syukuri apa yang kita miliki.

2. Berdamai dengan Diri Sendiri

Banyak orang kaya, tapi tidak percaya diri. Banyak orang unik, tapi tidak percaya diri. Banyak orang yang katanya aneh, juga tak percaya diri. Hal ini disebabkan oleh kita yang belum menerima sepenuhnya diri kita. Ingat guys, menerima diri sama halnya dengan membuat diri kita lebih tenang. Ya, berdamailah. Jangan selalu berpikir bahwa dirimu itu tak bisa apa-apa. Jangan selalu berpikir, bahwa apa yang kita bisa tak seberapa dengan apa yang orang bisa. Jangan terlalu menuntut. Berdamailah dengan apa yang kita bisa, dengan diri kita, dengan hati kita. Setelah berdamai, apa pun yang terjadi, kita akan tetap percaya diri dengan apa yang kita miliki.

3. Kenali Skill dan Bakat

Kadang, banyak orang yang down karena merasa tidak sehebat orang lain. Tidak memiliki skill dan bakat. Ya, wajar, makanya, sebagai manusia, kita harus senantiasa menemukan sesuatu yang kita minati, sesuatu yang dirasa kita bisa. Menemukan bakat ini sangat penting. Ketika sudah menemukan keahlian di bidang kita, maka kita akan bebas berjalan, dan fokus terhadap apa yang kita minati dalam kehidupan ini.

4. Kembangkan Skill dan Bakat

Aku tidak lebih hebat dari dia! Aku hanyalah satu orang dari seribu orang yang bisa melakukan ini, dan mereka lebih bagus, lebih keren dan lebih waw. Yaps, untuk menghindari rasa rendah diri itu, maka mau tidak mau kita harus mengasah dan mengembangkan skill, maupun bakat kita. Orang punya bakat banyak, tapi orang yang bisa mengembangkan bakat, sangatlah sedikit. Maka, untuk meningkatkan rasa percaya diri, ya kita harus bisa mengembangkan apa yang kita bisa, bahkan kalau bisa sampai master dan ahli. Untuk menjadi orang hebat, kerja keras sangat dibutuhkan.

5. Jadi Diri Sendiri

Ini juga sangat penting. Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau, dan sebagai manusia, kadang kita merasa ingin seperti mereka. Wajar, naluri manusia memang selalu ingin seperti apa yang dilihat. Apalagi sesuatu yang dilihat itu terlihat mengasyikan dan membahagiakan. Namun, alangkah baiknya, kita tetap menjadi diri sendiri. Melalui apa yang kita minati, maka kita bisa mengembangkan diri tanpa harus sama dengan orang lain.

6. Beda itu Unik

Banyak orang yang merasa, berbeda dari orang lain adalah sebuah kesalahan. Hei, kesalahan itu ketika kita berbuat jahat kepada orang lain. Ketika kita memiliki sebuah perbedaan, itu adalah keunikan. Berbeda warna kulit misal, jangan berkecil hati, itu bukan halangan. Beda suku, ras, atau hal-hal lain, itu bukan sebuah halangan. Tetap percaya diri. Karena berbeda itu unik.

7. Jangan Membandingkan 

Banyak orang yang down gara-gara dibanding-bandingkan. Jangan sampai, kita membandingkan diri kita dengan orang lain. Hal itu hanya akan menguras tenaga kita. Kebahagiaan kita standarnya bukan dari orang lain, tetapi dari diri kita sendiri. Sukses antara kita dan orang lain berbeda, maka stop membanding-bandingkan diri.

Ini juga berlaku bagi orangtua, jangan sampai membanding-bandingkan anaknya dengan orang lain. Karena membanding-bandingkan sama dengan membunuh karakter anak. Dia menjadi tak percaya diri, dia menjadi takut salah, dan lain-lain.

Buat standar kebahagiaan sendiri. Percayalah, kita dan orang lain berbeda, jalan dia dan kita pun jelas berbeda cabang. Tetap semangat!

8. Perluas Networking

Banyak orang yang tidak percaya karena tidak memiliki banyak teman dan kenalan. Bagi orang introver, itu mungkin hal biasa, tak cukup banyak teman, mereka akan tetap melakukan hidup. Tapi bagi orang lain, memperluas networking juga lumayan penting. Semakin bertemu banyak orang, semakin sering mengetahui sifat-sifat orang lain, maka kita akan semakin percaya diri.

9. Banyak Membaca

Ya, membaca bisa meningkatkan percaya diri. Mengapa? Dengan membaca, kita bisa mengetahui banyak hal. Hal tersebut akan membuat kita semakin yakin, bahwa kita mengetahui sekian banyak hal. Kepercayaan diri akan meningkat pesat jika kita punya kecerdasan. Ingat, bukan berarti kita sombong, tetapi apa yang kita miliki adalah tonggak agar kita menjadi diri yang selalu semangat dan percaya diri.

10. Perbaiki Penampilan Diri

Ya, penampilan memang cover luar, tetapi ini juga penting, untuk dirimu agar bisa tampil percaya diri. Kebersihan, kerapian, fashionable, itu akan membuat kita semakin bergairah bertemu dengan orang banyak. Jelas hal tersebut akan membuat kita semakin percaya diri, karena tidak ada celah untuk kita merendahkan diri sendiri.

11. Bersikap cuek dan Bodo Amat

Wah, bukannya kita tidak boleh cuek? Bukannya kita harus perhatian kepada orang lain? Bukan, bukan cuek itu yang dimaksud, tetapi cuek terhadap ucapan orang lain yang kadang menyakitkan hati.

Masihkah ada di sini yang sering bawa perasaan ketika orang men-judge? Yaps, sepertinya harus segera menghilangkan perasaan-perasaan seperti itu. Jadilah orang yang cuek dengan keburukan yang orang katakan. Dan jadilah orang yang respect ketika ada orang yang mengingatkan.

Beda kan ya, ucapan buruk dan ucapan baik. Kita bisa saring, mana ucapan yang perlu diikuti, dan mana hal yang nggak perlu diikuti. Sesimpel itu.

12. Menghargai Orang Lain

Kadang, ketidakpercayaan diri yang muncul diakibatkan oleh diri sendiri yang terlalu sombong dan menganggap orang lain kecil. Orang lain jadi benci kepada kita dan juga mengucilkan kita. Sebagai manusia, kita harus tetap menjadi pribadi yang santun. Jangan sombong. Kita harus bisa menjadi orang yang bisa mengayomi, bukan malah membuat orang muak. Hargai orang lain, jika kita ingin dihargai.

13. Selalu Meniatkan Sesuatu Untuk Ibadah

Benar sekali guys. Ketika kita meniatkan apa yang dilakukan untuk ibadah, dan sebagai bentuk ketaatan kita kepada Tuhan, kita akan merasa tenang. Rasa percaya diri dan kokoh akan ada dan terpancar. Kebaikkan akan mengalahkan kejahatan. Jadi, usahakan, apa pun yang kita lakukan harus berpegang terhadap aturan Tuhan.

14. Selalu Dekat Kepada Tuhan

Semakin kita dekat dengan sang pencipta, semakin kita akan tenang dan merasa percaya diri. Kadang, kepercayaan diri akan terpancar, jika memang kita selalu ikhlas melakukan sesuatu dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Kepercayadirian akan muncul sendirinya tanpa harus dibuat-dbuat.

15. Selalu Menganggap Diri Memiliki Banyak Kelebihan

Paling banyak masalah ketidakpercayaan diri ini karena merasa tidak bisa apa-apa, dan banyak kekurangan. Ayolah, manusia adalah makhluk paling sempurna yang Tuhan ciptakan. Setiap orang, punya kadar kelebihan dan kekurangan masing-masing.  Sebagai manusia, kita hanya perlu melakukan satu hal: yakin kelebihan itu akan hebat, dan yakin kekurangan itu sebagai pengingat, agar tidak menjadi sombong.

16. Jika Dalam Kegiatan, Jangan Datang Telat

Yaps, nggak PD dan malu jika kita datang terlambat dalam sebuah kegiatan. Satu-satunya cara untuk menjadi manusia yang tenang dan percaya diri ya datang paling awal dalam kegiatan atau acara yang kita hadiri. Kalau perlu, duduk paling depan. Hal ini akan menambah wibawa dan penadangan orang tentangmu. Tentang kepercayaan diri.

17. Selalu Positif Thinking

Pernah takut dibicarakan orang? Pernah merasa orang yang sedang tertawa, itu menertawakan kita? Stop berpikiran buruk, karena hal itu hanya akan mengurangi energi kita. Kadang kita terlalu picik dengan berpikiran mereka sedang membicarakan kita, sedang menertawakan kita, sedang bermaksud menjahati kita. Pikiran kita terlalu buruk karena telah menilai orang lain dengan negatf.

18. Anggap Hidup Sebagai Komedi

Manusia itu cenderung menganggap, semua yang terjadi sebagai tragedi, meskipun hal yang terjadi itu nggak sedrama dan semenyakitkan di-film-film. Ada orang yang menertawakan, kita anggap sebuah kesalahan besar yang membuat stres berhari-hari. Kita melakukan kesalahan dalam pekerjaan, dianggap sebagai kebodohan. Wajar-wajar saja kita berpikiran seperti itu, tetapi sebagai manusia berakal, kita akan lebih baik jika mendalami sesuatu yang terjadi dengan lebih bijak. Sepertinya, ketika kita menganggap hidup sebagai komedi, akan terasa lebih menyenangkan. 

Kita berbuat salah, anggap sebuah latihan yang harus ditertawakan. Kita dihina orang, anggap itu sebuah permainan, yang suatu saat akan berhenti. Kita ditipu orang, anggap itu sebagai sesuatu yang ahrus ditertawakan karena ketiaktelitian kita. 

Ya, enjoy saja. Jangan terlalu serius menanggapi sesuatu. Hal itu akan membuat kita lebih tenang, dan akan lebih bersinar dengan karakter kita yang seperti itu.

19. Pada Dasarnya, Semua Manusia Punya Kesempatan yang Sama

Kita kadang tak percaya diri gara-gara dia bisa melakukan sesuatu. Kita tidak percaya diri karena dia sudah memiliki pasangan dan hidup bahagia. Well, pada dasarnya, kesempatan manusia itu sama saja, yang membedakan adalah prosesnya. Kita harusnya tetap melangkah, meskipun sesuatu yang terjadi kepada kita dan kepada orang lain akan berbeda. Tugas manusia berjalan da berusaha, Tuhan yang pada akhirnya akan menentukan.

20. Mencoba Hal-hal Baru

Jangan takut mencoba hal baru. Semakin kita sering melakukan hal-hal baru, semakin kita akan percaya diri. Kepercayaandiri tumbuh dari kita yang selalu memanfaatkan keadaan dan waktu. Tidak hanya berdiam diri dan melihat orang lain berjuang. Kita juga bisa melakukan sesuatu, bahkan melebihi orang-orang itu.

21. Perbaiki Sikap Tubuh

Coba bedakan, bagaimana penilaianmu terhadap orang yang tegap dan berdada busung, ketimbang dengan orang membungkuk dan lesu. Jelas, untuk menambah kesan percaya diri, kita lebih baik tegap ketika berjalan, dan memajukan dada sedikit ke depan. Bukan, bukan bertujuan sombong, ini adalah bentuk dari meningkatkan kepercayadirian. Orang lain akan menghargai orang yang berwibawa.

22. Perbaiki Cara Berbicara

Apakah cara berbicaramu terlalu bertele-tele, atau bahkan terlalu cepat? Cobalah belajar untuk berbicara dengan tenang. Tenang berbeda dengan bertele-tele. Berbicara dengan tenang lebih santai, santun, dan dibarengi dengan senyuman mencerahkan. Berbalik dengan orang yang selalu berbicara cepat (karena tekanan) maka itu bentuk dari ketidakpercaya dirian, kecuali cara dia berbicara memang cepat. Kita bisa membedakan, mana cepat yang grasa-grusu, sama cepat yang memang sudah menjadi karakter. Perbaiki cara berbicara kita seenak dan sereleks mungkin.

23. Percaya Akan Diri Sendiri

Sudahkah kamu percaya akan semua kemampuan? Ya, percaya adalah hal terbaik dalam hidup. Semakin kita percaya terhadap diri sendiri, semakin kita akan percaya diri. Percaya diri ini tumbuh karena rasa percaya itu sangat besar. Kalau bukan kita yang mempercayai diri sendiri, siapa lagi?

24. Selalu Mempersiapkan Sepenuh Hati Sebelum Melakukan Sesuatu

Ini berhubungan dengan suatu kegiatan. Jika kamu menjadi seorang pembicara, MC, atau orang yang berada di depan dan menjadi pusat perhatian, maka persiapkan semuanya sebaik mungkin. Semakin kamu faham apa yang harus dilakukan, semakin kamu akan percaya diri. kadang kala, persiapan yang mentah akan membuat dirimu banyak pikiran. Ujung-ujungnya tidak percaya diri. 

25. Menganggap Semua Orang Teman

Kadang kala, sesuatu bisa menjadikan sekat besar. Kita kadang tidka bisa percaya diri saat presentasi di hadapan Rektor, Presiden, atau orang-orang yang dianggap lebih besar dari kita. Salah satu hal untuk membuat kita lebih percaya diri adalah: anggap mereka teman. Kita akan lebih tenang jika berbicara bersama teman, ketimbang berpikir bahwa mereka adalah orang yang lebih tinggi dari kita.

Yaps, itulah 25 cara agar kita percaya diri. Tulisan-tulisan ini tidak akan pernah bermanfaat, jika hanya dibaca. Terapkanlah, dijamin, rasa percaya diri itu perlahan-lahan akan muncul. Selamat berjuang kawan, jangan lupa senyum hari ini 






Belum ada Komentar untuk "Inilah 25 Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel