Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!

www.ujwar.com - Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!

Surabaya merupakan kota terbesar ke 2 di Indonesia. Selain untuk berlibur ke tempat wisata alamnya, banyak juga wisatawan yang datang ke kota Surabaya untuk menikmati kekayaan kulinernya. Tentunya mempunyai cita rasa yang berbeda dari kota-kota lainnya yang ada di Indonesia. Ngomong-ngomong soal kuliner, apa saja sih kuliner khas dari Kota Surabaya? Nah, supaya tidak membuat kalian penasaran, berikut adalah 7 makanan khas Surabaya yang bisa dinikmati ketika berkunjung ke Surabaya, diantaranya :

1. Sate Klopo


Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
Phinemo

Banyak warung atau pedagang sate klopo di kota Surabaya, namun diantara warung-warung yang lain sate klopo Ondomohen Ibu Asih yang berada di Jalan Walikota Mustajab No. 36 Surabaya yang paling terkenal. Meski warungnya terlihat sederhana, namun tempat kuliner yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. 

Tidak beda seperti sate pada umumnya, daging yang digunakan untuk membuat sate klopo adalah daging sapi atau daging ayam. Namun yang membedakan, sate ini diberi tambahan jeroan dan lemak sapi untuk menambah cita rasa gurih yang nikmat. Sebelum dibakar, sate klopo terlebih dahulu dilumuri parutan kelapa, sehingga cita rasa yang tercipta dari makanna ini menjadi semakin unik dan tentunya membuat ketagihan.

2. Lontong Balap

Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
m.timessingapore.com

Makanan yang satu ini merupakan salah satu ikon makanan khas dari kota Surabaya. Nama makanan ini adalah Lontong Balap. Mengapa diberi nama lontong balap? Itu  karena, penjual dari makanna ini katanya menggunakan pikul untuk mengangkut barang dagangannya. Karena barang dagangannya tersebut berat,  para pedagang pun berjalan dengan cepat seperti sedang balapan. Oleh Karena itu, makanan ini deberi nama lontong balap.


Komposisi dari makanan ini diantaranya; irisan lontong, tahu goreng, kacang tholo (lentho),  singkong dan kelapa parut yang digoreng, toge, kuah, juga tidak lupa ditambah bumbu petis udang yang semakin menambah kenikmatan pada lontong balap. Dan yang terakhir diberi taburan bawang goreng yang gurih.

3. Bebek Tugu Pahlawan

Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
Wikimedia Commons

Tepat di seberang jalan Tugu Pahlawan, terdapat sebuah warung, yakni warung bebek. Meskipun  terletak di pinggir jalan dengan tampilan yang sederhana, Untuk pengunjung, warung ini tidak pernah sepi. Justru banyak pengunjung yang rela antri demi bisa menikmati seporsi nasi bebek hangat yang ditemani dengan sambal yang rasanya mantap. Warung bebek ini buka mulai pukul 6 sore. Apabila tidak ingin mengantri panjang, usahakan datang lebih awal daripada yang lain.

4.Rawon Setan

Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
Wikimedia Commons

Kuliner khas Surabaya yang satu ini terdengar dari namanya cukup seram ya? Karena dinamai rawon setan, sebagian orang pasti beranggapan bahwa rasa dari makanan ini memiliki rasa yang super pedas. Namun, bukan itu alasannya mengapa kuliner ini diberi nama rawon setan,  makanan ini diberi rawon setan Karena potongannya besar-besar dan mulai buka pada jam 10 malam. Yang menjadi cirri khas dari rawon setan khas Surabaya ini adalah warna hitamnya yang  pekat pada rawon yang berasal dari buah kluwak. Berani mencobanya?

5. Sego Sambel Mak Yeye

Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
Phinemo

Meskipun warung ini mulai buka dari pukul 10 malam, namun kuliner ini sudah fenomenal dikalangan pemuda pemudi Surabaya, sehingga sudah banyak dari mereka yang rela mengantri. Tampilan dari kuliner ini cukup unik, yaitu diatas nasinya ditutupi dengan sambal dan tumpukan lauk pauk. Apabila alam hari perut dilanda lapar, kuliner yang satu ini sangat mengenyangkan perut, karena porsinya cukup banyak. Selain itu juga ada beberapa jenis lauk yang tersedia , seperti ikan pari panggang, tempe goreng, dan telur dadar.


6. Rujak Cingur

Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
Wikipedia

Terbuat dari sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga lontong, kemudian sisiram dengan bumbu kacang dan bumbu petis, kuliner khas Surabaya yang satu ini terbilang unik. Apalagi di dalamnya diberi tambahan hidung sapi/kerbau. Unikkan? Makanan ini banyak dijual di pinggir jalan Surabaya, harga yang ditawrkannya pun cukup murah. Pasti tidak akan menyesal untuk mencicipi kuliner khas Surabaya yang satu ini, justru sebaliknya. Justru sebaliknya, jika tidak mencobanya pasti akan menyesal. Tertarik untuk mencobanya? 

7. Warung Kepiting Cak Gundul

Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!
Panduan Wisata Surabaya

Sudah berdiri sejak tahun 1992, warung yang satu ini memang sudah tersohor (terkenal) di Surabaya. kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis merupakan menu andalan dari warung ini. Selain kepiting, terdapat juga aneka makanan dari seafood yang tersedia di warung ini seperti udang, cumi-cumi dan ikan. Warung yang terletak di jalan Kupang Indah ini  mulai berjualan dari pukul 11 siang hingga 11 malam. Bagi para pecinta seafood, wajib mencoba makanan yang satu ini.

Itulah 7 makanan khas kota Surabaya yang wajib untuk kamu coba. Sebetulnya masih banyak makanan-makanan dari kota Surabaya, insyaAllah ditulisan selanjutnya dibahas. Selamat mencoba!

2 Responses to "Inilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!"

  1. Bikin ngiler nich wisata kuliner di Surabaya.
    Saya pingin banget ngerasain sate klopo.., banyak yang bilang enak rasanya. Moga-moga kesampaian nyicipin sate klopo.

    ReplyDelete
  2. Iya aduh kak :) iya semoga saja ditakdirkan untuk bisa mencoba sate kloponya. Aamiin ...

    ReplyDelete

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel