Inilah 9 Masjid yang Terdapat di Surabaya

www.ujwar.com - Inilah 9 Masjid yang Terdapat di Surabaya

Mayoritas penduduk kota Surabaya memeluk agama Islam. Tidak lepas dari jasa Sunan Ampel, anggota Wali Songo perkembangan Islam di Surabaya pada abad ke-15. Beliau yang menyebarkan Islam di tanah Jawa, dan kemudian bertempat tinggal dan mendirikan sebuah masjid di daerah Ampel, Surabaya.

Jika kamu adalah seorang traveller yang menyukai wisata religi, khususnya masjid, kota Surabaya menawarkan untuk tidak melewatkan masjid yang banyak terdapat di sana. Jika sedang berkunjung ke Surabaya, berikut adalah 10  masjid di Surabaya yang harus dikunjungi, diantaranya : 

1. Masjid Ampel


Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
abiummi.com

Merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia, Masjid Ampel terletak di Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1421, oleh Sunan Ampel atau yang bernama asli Raden Rahmatullah. Selain terkenal dengan sejarahnya, Masjid Ampel juga terkenal sebagai masjid unik di Surabaya. Hal ini dikarenakan Masjid Ampel memadukan  arsitektur Jawa Kuno dengan nuansa Arab yang kental. 

Tidak jauh dari Masjid Sunan Ampel, hanya beberapa meter dari masjid, terdapat makam Sunan Ampel, beserta istri dan kerabatnya, yang berada di sebuah kompleks permakaman. 

2. Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
www.jejakpiknik.com

Masjid di Surabaya ini biasa disebut sebagai Masjid Agung Surabaya, yang merupakan masjid terbesar di Indonesia kedua, setelah Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta. Karena arsitektur dari masjid ini memiliki bentuk kubah setengah telur yang dibuat dengan teknologi khusus, yang tahan akan panas, hujan, dan karat, sehingga membuat masjid ini mennjadi menarik. Dan kubah tersebut adalah bagian paling menariknya dari masjid ini. Selain arsitektur tersebut, terdapat juga arsitektur lainnya yang juga sangat indah dari masjid ini, yaitu pintu masjid, mimbar masjid, dan desain interiornya.


Selain masjidnya yang menarik, Masjid Agung Surabaya juga menawarkan wisata menara setinggi 99 meter. Cukup dengan membayar Rp. 5.000,- saja, kita sudah bisa melihat pemandangan kota dan gedung-gedung yang ada di Surabaya dari ketinggian. Pastinya keren!

3. Masjid Cheng Hoo Surabaya

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
www.flickr.com

Masjid Cheng Hoo merupakan salah satu masjid yang juga terkenal di Surabaya. Diberi nama Cheng Hoo karena arsitektur yang dimiliki masjid ini bernuansa Tionghoa, dengan pintunya berbentuk pagoda. Di masjid yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Genteng, Surabaya ini kita juga akan jumpai relief naga serta patung singa dari lilin dengan lafaz Allah dalam huruf Arab. Masjid ini didominasi dengan 3 warna, yaitu warna merah, kuning, dan emas. Tak hanya itu, keunikan lainnya dari masjid ini adalah banyak ornamen Tionghoa jadul yang bisa kita temukan.

Masjid ini tetap mengusung semangat sang laksamana, walaupun lokasi masjid ini tidak berada di wilayah yang disinggahi Cheng Hoo. Masjid ini berada di suatu kawasan perumahan, dengan penduduknya yang memiliki banyak keyakinan berbeda. Dalam pembangunan masjid ini, PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) juga mendukungnya.

4. Masjid Kemayoran

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
surabaya.panduanwisata.com

Masjid Kemayoran juga merupakan masjid yang sangat bersejarah di Indonesia, masjid ini dibangun oleh pemerintah Belanda. Usia dari masjid ini sedikit lebih muda dibandingkan Masjid Ampel. Masjid ini di arsiteki oleh J.W.B Wardennar, dan berlangsung selama 4 tahun, yakni dari tahun 1944 hingga 1948. Masjid ini diberi nama kemayoran karena terletak di tanah yang waktu itu merupakan bekas rumah seorang Mayor Angkatan Darat Belanda.


5. Masjid Al-Falah Surabaya

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
jawatimuran.wordpress.com

Dibangun pada tangal 27 September tahun 1976, MAsjid Al-Falah memiliki bentuk yang sederhana, yaitu tidak memiliki kubah, seperti mushola. Meski bagian dalam dari masjid sangat luas, namun masjid ini tidak memiliki pilar satupun. Dalam pengajaran islam, khususnya di Surabaya Selatan, masjid ini memiliki andil yang besar. Masjid ini juga menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lain yang berada di sekitarnya, dengan Dakwah Islamnya.

6. Masjid Rahmat

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
www.jpnn.com

Berlokasi di Kembang Kuning, MAsjid Rahmat diyakini dibangun oleh Sunan Ampel. Yang pada saat itu Sunan Ampel sedang dalam perjalanan dari Trowulan, Mojokerto menuju Ampel Denta. Awalnya masjid ini merupakan cungkup atau pondokan kecil, yang sepeninggal Sunan Ampel. kemudian masjid ini diamanahkan kepada salah seorang muridnya yaitu Wirosroyo.

Sempat tak terurus dan tertutup hutan, Masjid Rahmat ini ditemukan oleh warga, yang kemudian member nama Masjid Tiban, yang memiliki arti masjid yang muncul dengan sendirinya dari langit. Setelah ditemukannya masjid ini, warga merawatnya. Namun setelah itu dihancurkan oleh Belanda. Kemudian masjid ini mengalami renovasi pada tahun 1964 dan bertahan hingga sekarang.

7. Masjid Peneleh


Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
foto.tempo.co

Masih dipercaya sebagai massjid dibangun sebelum Masjid Ampel. Setelah mempercayakan Msjid Rahmat kepada Wirosroyo, dalam perjalanannya menuju Ampel Denta, Sunan Ampel memutuskan untuk singgah terlebih dahulu ke Peneleh dengan tujuan untuk berdakwah. 

Diperkirakan dibangun pada tahun 1421, Sunan Ampel mendirikan mushola bersama para muridnya. Kemudian mushola ini pada tahun 1800-an dipugar dengan bangunan yang menyerupai bangunan Grahadi. Nah banunagn hasil renovasi tersebut sekarang dikenal dengan nama Masjid Jami’ Peneleh atau Masjid Peneleh.

8. Masjid Al-Mubarok, Keputran

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
www.hipwee.com

Awal pendiriannya, masjid ini tidak berlokasi di Keputran. Melainkan Masjid Al-Mubarok ini berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, Surabaya. Sejarahnya masjid ini dipindahkan ke Keputran karena pada saat itu, pemerintah Belanda berencana akan melakukan sebuah pembangunan di Jalan Urip Sumoharjo. Namun di tengah jalan Urip Sumoharjo terdapat sebuah masjid bernama Masjid Al-Mubarok. Nah oleh karena itu, kemudian masyarakat memindahkan masjid tersebut ke Kampung Keputran, Keputran Gang V. 


9. Masjid Serang Surabaya

Inilah 9 Masjid yang Terdapat di
keywordteam.net

Merupakan salah satu masjid tua di Surabaya, Masjid Serang Surabaya ini berlokasi di wilayah Kampung Arab Ampel. Katanya bangunan masjid ini mirip dengan masjid-masjid yang ada di Yaman.

Pada Malam Ramadhan (maleman) masjid ini digunakan sebagai tempat berkumpulnya para Habib sejak zaman dulu. Masjid Serang Surabaya ini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Langgar Serang, terletak di Jalan Panggung.

Nah, itulah 9 masjid yang terdapat di kota Surabaya. Bagi para traveler penyuka wisata religi, jangan lupa ya untuk berkunjung ke salah satu masjid di atas. Selamat berkunjung

Belum ada Komentar untuk "Inilah 9 Masjid yang Terdapat di Surabaya"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel