Yuk Intip Beragam Kebudayaan Surabaya (Jawa Timur)

www.ujwar.com - Yuk Intip Beragam Kebudayaan Surabaya (Jawa Timur)

Yuk Intip Beragam Kebudayaan Surabaya (Jawa Timur)
bestfreephotos.eu

Kota Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur, sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Timur. Surabaya juga merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Kota Jakarta. Kota Surabaya sebagai salah satu pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Jawa Timur serta wilayah Indonesia bagian timur. Surabaya berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa dan terletak di tepi pantai utara pulau Jawa.

Kota ini terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari para penjajah.

Baca juga: 10 Upacara Tradisional Unik Kota Surabaya13 Macam Kuliner Legendaris SurabayaInilah 7 Kuliner Khas Kota Surabaya yang Wajib Dicoba!


SENI DAN BUDAYA SURABAYA

1. Ludruk

commons.wikimedia.org

Ludruk yakni salah satu genre teater di JawaTimur, yang merupakan bentuk kinerja tradisional yang disajikan oleh serombonganaktor/komedian di atas panggung, kembali menceritakan kisah kehidupanseseorang sehari-hari dan perjuangan mereka. Dialog atau monolog di ludruk lebih banyak komedi. Para aktornya pun hampir selalu menggunakan dialek Surabaya.

2. Tari Reog

bestfreephotos.eu

Reog merupakan salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo, yang dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. Sosok warok dan gemblak menghiasi gerbang kota Ponogoro. kedua sosok tersebut ikut tampil pada saat reog dipertunjukkan. Reog juga merupakan salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

3. Tari Sparkling Surabaya

budayajawa.id

Tari sparkling Surabaya merupakan salah satu  tari kreasi modern yang muncul di tengah-tengah masyarakat heterogen Surabaya, dan latar belakang seni perkotaan. Gerakan dalam tari Sparkling Surabaya ini membentuk gaya modern sendiri, mengacu pada gerakan tari tradisional jawa timur yang berkembang di metropolis.

4. Karapan Sapi 

Wikipedia

Karapan sapi ini yakni istilah untuk menyebut perlombaan pacuan sapi yang berasal dari Pulau Madura, Jawa Timur. Pada perlombaan karapan sapi ini, sepasang sapi yang menarik semacam kereta dari kayu dipacu dalam lomba adu cepat melawan pasangan-pasangan sapi lain. Biasanya trek pacuan tersebut biasanya sekitar 100 meter dan lomba pacuan dapat berlangsung sekitar sepuluh detik sampai satu menit.



MAKANAN TRADISIONAL/KHAS 

1. Rujak Cingur

id Wikipedia

Rujak merupakan makanan yang terkenal di banyak tempat di Indonesia. Namun, rujak yang satu ini berbeda dengan rujak-rujak lain yang berisi buah-buahan disiram dengan sambal gula merah. Nah, di Surabaya ada rujak khas yang bernama rujak cingur yang sangat terkenal di Jawa Timur.

Tidak hanya cingur, rujak yang satu ini juga menyertakan irisan buah seperti mentimun, mangga muda, nanas, dan bengkoang ditambahkan dengan sayur- mayur seperti kangkung, kacang panjang, kecambah dan tahu, tempe, serta menjes atau mendoan. Makanan satu ini kerap disajikan dengan saus dari ulegan bumbu kacang, petis udang dan pisang kluthuk yang dihidangkan dengan lontong.

2. Tahu Tek

pegipegi.com

Tahu tek merupakan makanan khas Surabaya berikutnya. Makanan ini berbahan dasar tahu yang dipotong menjadi bebentuk kotak kecil-kecil dan digoreng. Disajikan dengan gorengan kentang, kecambah serta ketimun yang dipotong kecil dan panjang seperti acar. Selanjutnya dilumuri dengan saus gelap yang terbuat dari ulegan kacang tanah dengan petis, bawang putih dan cabe. Untuk menambah nikmatnya, bisa ditaburi kerupuk udang dan bawang goreng. Kenapa disebut tahu tek, karena memang penjualnya menggunakan gerobak dengan kentongan bambu yang berbunyi tek-tek.

3. Rawon

Wikimedia commons

Rawon merupakan menu masakan khas jawa yang berisi sup daging dengan aneka rempah sehingga kuahnya terlihat berwarna hitam pekat. Daging yang di gunakan yaitu daging sapi, terkadang juga ada yang menggunakan daging ayam. agar terasa lebih nikmat saat makan bisa menggunakan perasan air jerik nipis ditambah cabe.



PAKAIAN ADAT

Cak Dan Ning Surabaya

youtube

-Cak yakni sosok pemuda pria Surabaya yang ceplas ceplos sehingga lebih suka mengatakan sesuatu secara spontan dan penuh pertimbangan. Sosok Cak Surabaya merupakan sosok pelindung dan memiliki loyalitas yang tinggi. Hal ini dapat dilihat melalui kemanapun Ning pergi, maka Cak selalu mendampingi. Cak Surabaya memiliki busana kebesaran, yang merupakan pakaian khas Surabaya Tempo Doeloe (dulu) yang sampai sekarang pakaian tersebut masih digunakan dalam acara besar di kediaman walikota, balai kota serta acara - acara formal yang lain.
Pada setiap baju kebesaran Cak Surabaya memiliki banyak filosofi. Mulai dari Udeng Batik poteh pancot miring warna hitam tiga tingkat sampai terompah. Berikut penjelasannya:

1. Udeng Batik poteh pancot miring warna hitam tiga tingkat

Udeng mempunyai makna ciri khas dari Jawa Timur, bermotif batik serta memiliki pancot.

2. Jas tutup badan ( beskap )dengan asesoris

Beskap Cak mempunyai warna putih gading yang melambangkan kesucian, terdapat 5 kancing berwarna emas yang bermakna arek Surabaya selalu menjunjung tinggi rukun islam.

3. Kuku macan

Awalnya gantungan di baju Cak yakni rantai jam dengan bendel hiasan akan tetapi karena terlalu berat maka diganti dengan kuku macan. Kuku macan sendiri mempunyai makna kekuatan dan ketangkasan yang tak terbatas, sehingga Cak menjadi pelindung yang tangguh dan dapat diandalkan. Biasanya Kuku Macan digantungkan pada kancing kedua dari kelima kancing baju beskap

4. Sapu tangan merah

Sapu tangan merah ini melambangkan cak merupakan sosok yang penuh dengan loyalitas dan setia. Biasanya ditempatkan di saku sebelah kiri atas beskap kebesaran.

5. Jarik  Parikesit, Rawon atau Gringsing Wiron

Jarik merupakan salah satu lambang dari keluwesan Jawa. Bahkan dalam bertindak arek Surabaya diharuskan untuk bisa bekerja seefektif dan seefisien mungkin, namun tetap tidak meninggalkan aturan dan norma yang ada.

6. Terompah
Terompah yakni salah satu unsur baju kebesaran Cak Surabaya. Terompah merupakan simbol kecerdasan, foundation, tempat berpijak, berpikir, termasuk kemudian simbol segala yang duniawi.


-Ning Surabaya menggunakan sanggul bentuk gelung rambut biasa, dan pakaian yang dikenakanya yaitu kebaya dengan selendang atau kerudung yang diberi renda-renda, serta dibordir dengan  warna muda. Kebaya serta  kerudung warnanya sama. Kain kebaya yang digunakan tidak boleh tembus pandang, kemudian memakai peniti renteng.

Pada bagian bawahnya, busana Ning menggunakan kain sarung batik pesisir. Kemiren mesti terlihat dengan tumpal yang diletakkan di bagian depan. Anting-anting panjang akan menghiasi telinganya. Tangan memakai gelang emas dan kaki memakai binggel. Mata diberi celak, jari-jari diberi pacar (warna).
Alas kaki berupa selop bertutup depan, runcing  dengan tinggi minimal 7 sampai 9 centimeter.



RUMAH ADAT

Rumah Situbondo

Rumah Joglo










0 Response to "Yuk Intip Beragam Kebudayaan Surabaya (Jawa Timur)"

Post a Comment

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel