Masih Ingat? Ini Dia 15 Permainan Zaman Dulu

  Masih Ingat? Ini Dia 15 Permainan Zaman Dulu
toyskuya.blogspot.com
www.ujwar.com - Masih Ingat? Ini Dia 15 Permainan Zaman Dulu - Masa kecil merupakan masa yang sangat menyenangkan. Pada saat kita masih kecil, kita paling senang sekali dengan yang namanya bermain. Hayoo,  permainan apa yang kerap kamu mainkan ketika kamu masih kecil ?. Di artikel yang berikut ini kita akan bernostalgia ke zaman kita kecil dulu dengan berbagai permainan yang mungkin sangat kita sukai.

Apabila kalian lahir 90an pasti tahu dong jenis permainan tradisional yang sering dimainkan. Namun, sayangnya seiring perkembangan zaman permainan tradisional mulai terlupakan. Maraknya penggunaan gadget membuat anak-anak lupa akan permainan tradisional khas Indonesia yang dahulu sering dimainkan.

Untuk mengenang kembali permainan khas Indonesia, berikut beberapa permainan populer pada zaman dahulu. Apa aja? yuk simak ulasannya!



1.  Cina Boy

sahabatnesia

Jika bahasa umum permainan ini adalah boy-boyan, Tapi ada juga yang menyebutnya permainan Cina Boy. Permainan yang satu ini identik dengan berlari dan melempar. Permainan ini akan membaginya menjadi dua tim, tim yang pertama yaitu tim penyusun batu, sedangkan tim yang kedua adalah yang harus menghancurkan batu yang disusun oleh tim pertama. Jadi tim penyusun harus mematikan langkah tim penghancur dengan cara melempar bola tennis sampai mengenai tubuhnya. 


2.  Lompat Tali

bpmpd.ntbprov.go.id

Biasanya anak-anak zaman dulu membuat tali untuk permainan lompat tali yaitu dari karet gelang yang digabung-gabung. Cara bermainnya, pemain harus melompati tali yang dipegang oleh dua orang di sisi kanan dan sisi kiri. Pemain tidak boleh mengenai tali yang sedang dilompati dan tinggi maksimal tali sampai tangan diangkat setinggi-tingginya.

Permainan lompat tali ini minimal dimainkan oleh tiga orang. Namun, sayangnya permainan ini semakin jarang dilakukan oleh anak-anak di zaman sekarang.


3. Egrang

merahputih

Permainan egrang merupakan salah satu Permainan anak Indonesia yang sulit dilakukan. Cara bermain permainan yang satu ini adalah seorang anak harus berjalan menaiki egrang.

Egrang merupakan sepasang batangan bambu yang tingginya lebih tinggi dari anak yang akan memainkannya. 50 cm dari bawah batangan bamboo tersebut diberi pijakan kaki yang dikaitkan dengan bambu. 


4. Engklek

ELIB UNIKOM

Apabila kalian lahir pada tahun 90an, tentunya tahu permainan satu ini. Permainan yang hanya menggunakan satu kaki untuk melompat ini kerap dijumpai pada zaman dahulu. Cara bermain permainan yang satu ini yaitu membuat kotak-kotak lalu para pemain membawa potongan genting atau batu. Potongan genting atau batu tersebut kemudian di lempar didalam kotak, selanjutnya pemain melompat dengan satu kaki dan tidak boleh menginjak atau melompati kotak yang ada potongan genting.


5. Petak Umpet

kaskus

Permainan Petak umpet kerap dilakukan di tempat terbuka dan biasanya dilakukan oleh banyak anak. Cara bermain permainan petak umpet ini yaitu satu anak menjadi penjaga dan harus menutup mata, kemudian berhitung dari 1 hingga 10 atau batas yang disepakati bersama.

Setelah penjaga seselai berhitung, penjaga harus menemukan anak-anak yang bersembunyi. Permainan yang satu ini cukup digemari di berbagai negara, namun petak umpet di Indonesia memiliki satu aturan tambahan yang berbeda.

Pada biasanyaa permainan akan berakhir ketika semua peserta berhasil ditemukan dari tempat persembunyian. Namun,  di sebagian wilayah Indonesia menambahi aturan menyentuh titik pihak penjaga saat berhitung. Apabila yang bersembunyi lebih dulu menyentuh lokasi hitung, maka penjaga akan kalah.


6. Gasing

Riau berbagi

Kamu tahu kan alat gasing? alat yang satu ini biasanya digunakan oleh anak-anak untuk bermain adu gasing. Biasanya, anak-anak membentuk lingkaran kemudian gasing akan di adu di dalam lingkaran. Pemenang dari permainan gasing ini adalah gasing yang berputar paling lama dan tidak keluar lingkaran.


7. Layang-Layang

kaskus

Siapa sih yang tidak kenal permainan yang satu ini? Permainan Layang-layang ini biasanya dimainkan oleh anak-anak pada waktu sore hari. Permainan layang-layang menjadi salah satu permainan favorit anak laki-laki. 

Layang-layangnya terbuat dari kertas minyak dan kerangka bambu, selanjutnya disambungkan dengan tali kenur untuk mengendalikan layangan. Namun, permainan layang-layang ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak..


8. Congklak

informasikan.com

Congklak merupakan permainan yang dimainkan oleh dua orang pemain. Permainan Congklak  ini menggunakan papan congkak dan biji congklak yang berjumlah 49 biji lalu dibagi ke 14 lubang kecil.

Pemain yang memulai pertama, membagikan biji yang ada didaerahnya ke lubang-lubang lainnya. Lubang besar merupakan milik masing-masing pemain. Membagikan biji secara berputar dengan satu biji congklak , begitu seterusnya hingga biji congklak habis.


9. Benteng

fortuga kiss parry

Benteng merupakan permainan anak zaman dahulu tanpa biaya tapi jangan salah permainan ini juga seru lho. Cara bermain  permainan Benteng yaitu membuat dua kelompok yang terdiri 4-8 anak perkelompok.

Setiap kelompok mempunyai  markas masing-masing, biasanya berupa batang pohon atau tiang. Setiap kelompok akan berusaha untuk merebut markas lawan. Masing-masing kelompok saling berunding, siapa yang menang berhak mengejar lawan dan merebut markasnya.

Anggota kelompok yang tertangkap atau tersentuh akan dijadikan sebagai tawanan dan diletakkan di samping markas. Apabila kelompoknya berhasil menyentuh anggota kelompoknya yang menjadi tawanan maka dia bebas. Biasanya, terdapat satu orang yang khusus menjaga markas.


10. Gatrik

www.dictio.id

Permainan tradisional yang satu ini menggunakan dua batang bambu tipis dengan ukuran 30 cm dan 15 cm. Dan biasanya dimainakan oleh dua kelompok, masing-masing kelompok berangotakan 3 - 4 dan memiliki pos masing-masing. Setiap kelompok mempunyai tugas masing-masing, satu melempar bambu dan yang satunya lagi menerima bambu yang dilempar. Apabila bambu tertangkap maka akan bertukar peran.


11. Ular Tangga

kaskus

Permainan ular tangga kerap digunakan oleh anak-anak zaman dulu untuk bermain. Ular tangga terdiri dari kotak-kotak dan memiliki nomor dari 1 - 100. Angka 1 bertuliskan start sedangkan agka 100 bertuliskan finish. Dipertengahan kotak akan terdapat gambar tangga dan ular, tangga berguna untuk menaikkan ke angka yang dituju, jadi tidak perlu melewati kotak. Kebalikannya, ular akan membuat pemain turun dari kotak yang ditempatinya, contonya kepala ular di 98 lalu ekor di 54 maka pemain harus turun ke 54. Siapa yang mencapai finish terlebih dahulu maka itulah yang menjadi pemenangnya.


12. Ular Naga

1001 Indonesia

Permainan Ular Naga ini dimainkan oleh banyak orang. Cara bermainnya yaitu ada dua orang yang berpegangan tangan ke atas dan yang lainnya menyanyikan lagu khas ular naga kemudian mengelilingi dua orang yang berpegangan tangan tersebut. Pada saat lagunya habis maka yang tertangkap akan keluar dari permainan, begitu dan seterusnya. Permainan masa kecil yang satu ini pokoknya membuat kamu bernostalgia banget deh.


13. BP / Boneka Kertas

petitepoppies.wordpress.com

Permainan yang satu ini menjadi mainan wajib anak perempuan era tahun 2000 ke bawah. Bentuknya beragam seperti Barbie, Sailormoon, dan lainnya.


14. Bekel

Indogamers

Permainan yang satu ini juga umumnya kerap dimainkan oleh anak perempuan, tetapi permainan ini juga dapat dimainkan oleh anak laki-laki. Bekel yaitu permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Namun, pada saat bersamaan juga harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan.


15. Balon tiup

Youtube

Permainan ini sangat murah dan memainkannya pun mudah, cukup dengan mengeluarkan isinya ke dalam alat tiup, kemudian meniupkan udara ke dalamnya hingga balon mengembang jadi besar. Rasanya sangat bangga sekali jika bisa membuat balon besar dan tidak pecah dalam waktu lama.


Nah, itulah 15 permianan tradisional, adakah salah satu permainan zaman dulu yang belum pernah kamu coba? Seru bukan!
Terima kasih sudah membaca postingan ini.
Semoga bermanfaat.  



4 Responses to "Masih Ingat? Ini Dia 15 Permainan Zaman Dulu"

  1. Wah..wah.. ini mah permainan saya sewaktu masa kecil, seruuu dan murah...beda dengan zaman sekarang, permainannya ONLINE semua , butuh biaya mahal,hahahah......

    ReplyDelete
  2. Wah bener banget nih. Kalau aku dulu suka banget sama permainan lompat tali hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups aku juga suka permainan lompat tali hihi :D

      Delete

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel