Review Lengkap Novel: Celebrity Identic By Fitria Andiani

Ujwar.com - Review Lengkap Novel: Celebrity Identic By Fitria Andiani


Review Lengkap Novel: Celebrity Identic By Fitria Andiani


Hallo guys, setelah sekian lama saya tidak mereview buku, maka kali ini saya akan mereview salah satu buku karya penulis Indonesia. Yaps, novel Selebrity Identic, Karya Kak Fitria Andiani.

Well, membaca buku ini, perlu waktu banyak buat saya. 550 halaman, Men. Dan ya, sampai akhirnya, saya bisa beres baca buku tersebut beberapa hari lalu. Kali ini, saya ingin membahas beberapa hal yang menarik dari buku ini. Namun sebelum ke sana, izinkan saya buat menjelaskan dulu garis besar dari Celebrity Identic.

***

Novel ini berisi kisah tentang Illa, seorang montir cantik asal Semarang, yang menjadi artis top, alias bintang baru, karena kemiripannya dengan salah satu artis senior dan top yang sudah meninggal. Bersama Dya, managernya, Illa berhasil menuju karir hingga ke negara Jepang.

Jangan salah, banyak sekali perjuangan yang harus merela lsayakan, bahkan muncul beberapa misteri yang berhubungan dengan penculikan, penganiayaan, pelecehan, dan hal menggemaskan lainnya. Bahkan, muncul masalah pelik—yang justru berasal dari Dya, sahabatnya sekaligus manager. Dya diketahui telah merebut kekasih Illa. 

Di sinilah konflik semakin rumit. Di balik penghianatan, ada jiwa-jiwa persahabatan. Hingga muncul hal-hal buruk, yang mungkin akan membuat mereka memutuskan persahabatan yang telah tumbuh sejak kecil.

Tantangan, mereka harus menyelesaikan tantangan. Dan itu tidak mudah.

***

Yeah, baiklah, garis besar cerita di atas setidaknya sudah membuat kamu lebih mengenal cerita di novel: Celebrity Identic ini ya. Well, sengaja nggak disamain kalimat dan kata-katanya antara yang saya jelaskan, dengan back cover. Biar kamu bisa membaca lebih dekat versi bukunya.

Baiklah guys, marilah kita kupas satu per satu hal-hal menarik di novel ini.



1. Opening yang Membuat Penasaran

Sejak pertama saya membuka novel Celebrity Identic, saya langsung jatuh cinta dengan ceritanya. Kenapa? Yaps, tebakanmu benar. Ini soal opening yang jleb, dan langsung membuat saya sebagai pembaca ingin terus membaca.

Seperti yang kita ketahui, sebuah opening bisa memutuskan: apakah si pembaca akan membaca sampai akhir, atau sebaliknya, menyimpan buku tersebut. Hebat, buku tersebut membuat saya membaca dari awal sampe akhir.

God job buat sang penulis. Saya suka karya-karyamu.

2. Penceritaan yang Terbilang Santai dan Mengalir

Ada type novel yang maksa, pergerakkannya cepat dan terkesan tergesa-gesa. Tapi di novel ini, saya menemukan sedikit ketenangan. Bahasanya sangat mengalir. Dari kalimat ke kalimat lain, nyambung dan membuat saya nggak mengedip beberapa detik. Well, saya cukup nyaman baca buku setebal ini karena gaya bahasa penulis. 

3. Karakter Tokoh yang Kuat

Ada yang sudah baca Celebrity Identic? Hum, siapa sih yang nggak kenal Illa? Tokoh utamanya ini sangat kuat menempel di otakku. Penulis pintar sekali mengenalkan karakter lewat gerak-gerik, tanpa harus mengatakan, Illa begini dan begitu.

Yang kutangkap, Illa ini cewek strong, dan nggak gampang digoyahkan. Dia juga cewek macho. Hahaha. Ya, bagiku macho, karena baru dia montir cantik yang kukenal lewat membaca buku.

4. Bahasa yang Variatif

Suer deh, melalui buku ini, saya belajar beberapa kata baru. Saya yang notabene-nya selalu menggunakan kata itu-itu saja (nggak kreatif banged ya :D), mulai memikirkan, bahwa diksi itu amat penting. Contohnya di novel Celebrity Identic, saya menemukan sesuatu yang nggak kudapet di novel lain.

5. Unsur Ketenaran dan Persahabatan yang Diangkat

Entah kenapa, dari dulu, saya selalu suka dengan bacaan yang ada unsur ‘persahabatan’. Mungkin sudah banyak cerita-cerita persahabatan di luar sana, tetapi bagi siapa saja yang mengangkat salah satu unsur ini, saya selalu memberikan apresiasi. Ditambah, ada unsur ketenaran, yang menguji si tokoh utama dalam segala aspek.

6. Konflik yang Tak Berkesudahan 

Salah satu alasan yang membuat saya terus membaca Celebrity Identic, adalah konfliknya nggak habis-habis. Ya, sebagai seorang pembaca, jelas dong, lebih penasaran ketimbang konflik yang datar, atau bahkan nggak ada konflik sama sekali. Pintar banget ini penulis bikin perasaanku bercampur aduk. Ada senang, sedih, dilema, hingga membuat darah tinggi di beberapa PART. Penulis bisa membangun komunikasi dengan pembaca, secara tidak langsung. 

7. Ending yang Mengagumkan

Saya kasih tahu nggak endingnya? Jangan dong, kalau dikasih tahu, entar nggak penasaran lagi. Intinya, saya puas dengan endingnya. Berbicara soal happy ending atau sad ending, baca sendiri aja ya karyanya. Kukira, nanti kamu juga akan merasakan hal yang sama.

Itu adalah 7 kelebihan yang bisa kusebutkan. Banyak sebenarnya kelebihan dari novel ini, tapi saya ingin kalian yang menemukan langsung hal menarik tersebut. 

Namun, ada hal yang dari pandanganku agak mengganggu (Selera aja kali ya), tulisannya kurang besar. Hahaha. Entah memang saya yang terbiasa dengan novel-novel bertulisan besar, atau memang mata saya yang kurang baik. Kalau font-nya agak lebih besaran lagi, sepertinya bakal lebih readers friendly lagi deh. 

Itu saja sih kalau dari diriku mah. Intinya, saya suka novel Celebrity Identic. Kalau disuruh ngasih nilai, Kukasih 3.8 dari 5 Bintang. Bagiku, nilai segitu sudah sangat bagus. Dan ya, ini salah satu novel yang direkomendasikan untuk kamu yang pengin cerita paket komplit. Percintaan ada, misteri ada, persahabatn ada. Pokoknya, keren dah.


Di antara pembaca blogku, udah ada yang baca belum ya? Kalau ada, yuk sharing mengenai novel Celebrity Identic. Mari berbagi kebahagiaan setelah membaca novel ini.

2 Komentar untuk "Review Lengkap Novel: Celebrity Identic By Fitria Andiani"

  1. 550 halaman? Cukup tebal ya..tapi karena ending yang mengagumkan, perlu dibaca ni...Thanks reviewnya

    BalasHapus
  2. Waduh aku jadi penasaran mau baca bukunya juga nih :D

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel