Review Novel Indonesia: Aku Lari! Karya Hasan Aspahani

Ujwar.com - Review Novel Indonesia: Aku Lari!  Karya Hasan Aspahani


Review Novel Indonesia: Aku Lari! Karya Hasan Aspahani
dokumen pribadi

Hallo guys, kali ini saya ingin membahas novel Aku Lari!, Karya dari Hasan Aspahani, terbitan Diva Press (Laksana) 2018.

Terus terang, semua buku yang dikirim Diva Press ke aku, menarik. Dan ya, mau nggak mau saya harus menceritakan keunikan dan kelebihan dari novel-novel tersebut. Salah satunya novel Aku Lari! Ini.

Sinopsis Novel Aku Lari!

Buku ini bercerita tentang Mat Kid yang baru keluar dari penjara. Setelah keluar dari penjara tersebut, dia merasa akan benar-benar berhenti dari dunia yang bisa dibilang kurang baik. Dia hanya ingin mencari putrinya bernama Alta dan hidup bahagia.

Namun, semua impiannya itu tidak semudah yang diinginkan. Setelah keluar, teman lamanya bernama Samon, tidak bisa melepaskan Mat Kid begitu saja. Mat Kid adalah salah satu orang yang bisa dibilang ‘Master’ dalam bidang yang ditekuni sebelumnya.

Dan permasalahan itu memang melibatkan  orang-orang di masa lalu mereka, hingga berbagai konflik bermunculan.

Ada salah satu kalimat menarik yang ditulis di back cover buku ini, yaitu:

“Apa sih yang legal dan Ilegal di dunia kita yang hitam ini? Semua yang putih pun akan menjadi abu-abu kalau terjerumus ke situ.”

Kelebihan Novel: Ya Aku Lari!



1. Desain Cover

Sepertinya, aku baru pertama kali melihat desain tentang buku yang seperti di buku Ya, Aku Lari!. Unik begitu. Dalam covernya terdapat huruf-huruf yang berserakan. Pertama kali melihat bukunya, aku langsung tertarik.  Good Job buat desainer dari Diva Press.

2. Buku Ini Membuatku Berimajinasi

Yeah, karena aku seringnya baca buku tinlit, yang notabene-nya bahasa ringan dan begitu-begitu saja. Di buku ini, aku diajak berkelana dengan kata-kata baru. Ya, mungkin bagi orang lain, buku ini biasa saja, ringan juga. Tapi bagi mereka yang berkata ‘ringan’, justru bagiku bahasa di buku ini lebih kepada bikin penasaran. Dan, jelas aku dibawa berimajinasi. Membaca buku ini membuat fokusku 100 persen jatuh ke buku.

3. Pesan Soal Agama

Ada beberapa pesan moral soal agama, tetapi yang kudapatkan, tidak ada kesan menggurui sama sekali. Tidak ada. Pesan-pesan agama ini disampaikan oleh tokoh-tokohnya secara langsung, dan membuat aku sebagai pembaca mengerti. Daebak sih menurutku, selain konflik yang ada, aku juga dapat ilmu soal agama.


4. Novel Politik yang Menarik


Bagiku, novel ini garis besarnya lebih kepada politik. Bagaimana taktik di dalam politik. Bagaimana politik bisa dengan gampang memutarbalikkan fakta. Tentang kejamnya politik. Juga tentang politik yang tersembunyi. Kadang, sesuatu yang terlihat baik di depan, belum berarti baik di belakang. Dan lagi, sesuatu hal yang tampak di publik, bisa jadi merupakan hasil racikan dari orang-orang di belakang layar.

“Oh, jadi politik itu gitu tho.”

Aku langsung bicara gitu saat baca novel ini. Novel ini kaya mengungkap realita soal politik gitu. Apalagi yang berhubungan dengan kekuasaan.

5. Ending yang ....

Endingnya buat aku melongo sih. Lebih kepada, what? Malah pengin baca kelanjutannya kalau ada. Gereget sih. Over all, ketika aku baca novel ini dari awal sampai akhir, langsung tercerahkan dari semua aspek. Pesan-pesannya sampe tanpa harus tersurat.

So guys, itulah kelebihan dari novel: Ya, Aku Lari! Karya Hasan Aspahani. Kalau disuruh ngasih nilai. Kukasih 4 dari 5 bintang. Soalnya aku belajar banyak dari buku ini. Padahal bukunya nggak terlalu tebal, hanya 176 halaman saja.

So, thanks udah baca review kali ini. Nantikan review-ku di buku-buku selanjutnya ya ....






1 Response to "Review Novel Indonesia: Aku Lari! Karya Hasan Aspahani"

  1. Wah bagus banget nih, aku jadi penasaran juga nih sama novelnya

    ReplyDelete

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel