Yuk Tambah Wawasan Anda! Ini Dia 16 Museum Yang Terdapat di Kota Jakarta

Yuk Tambah Wawasan Anda! Ini Dia 16 Museum Yang Terdapat di Kota Jakarta
JejakPiknik.com
www.ujwar.com - Yuk Tambah Wawasan Anda! Ini Dia 16 Museum Yang Terdapat di Kota Jakarta - Di Kota Jakarta terdapat banyak sekali museum yang dapat anda kunjungi untuk melepas penat sekaligus menambah wawasanmu. Yuk, untuk anda masyarakat Jakarta atau yang sedang singgah ke kota Jakarta, kunjungi museum terbaik di Jakarta ini. Berikut 16 museum yang terdapat di jakarta, yuk simak:


1. Museum Bahari

news.trubus.id

Museum Bahari berlokasi di Jl. Pasar Ikan No.1, RT.11/RW.4, Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Semboyan “Nenek moyangku seorang pelaut” merupakan semboyan lama yang menggambarkan betapa luasnya lautan yang dimiliki Nusantara. Di Museum Bahari anda akan mempelajari sejarah kelautan yang ada di Nusantara beserta berbagai moda transportasi laut pada masa lalu. Buka hari Selasa - Minggu dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. 

2. Museum Satria Mandala

wisata sekolah.com

Museum Satria Mandala berlokasi di Jl. Jendral Gatot Subroto No.14, RT.6/RW.1, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan. Museum Satria Mandala merupakan tempat untuk mempelajari sejarah kemiliteran di Indonesia, khususnya angkatan darat. Berbagai senjata seperti tank dan pesawat tempur bisa anda temui di museum yang satu ini. Buka hari Selasa - Minggu dari pukul 09.00 – 14.30 WIB. 

3. Museum Sumpah Pemuda

jejakPiknik.com

Museum Sumpah Pemuda ini berlokasi di Jalan Kramat Raya No.106, Kwitang, Senen, RT.2/RW.9, Kwitang, Senen, Kota Jakarta Pusat. Sumpah Pemuda adalah salah satu momen bersejarah di Indonesia. Museum yang satu ini adalah tempat yang tepat untuk anda mempelajari juga merasakan ikrar sumpah pemuda lebih dalam lagi. Buka hari Selasa - Kamis dari Pukul 08.00-15.30, dan hari Jumat dari Pukul 08.00-16.00 WIB. 

4. Museum Onrust

Catatan Tentang Sebuah Perjalanan

Museum onrust berlokasi di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Museum yang satu ini berada di Pulau Onrust, pada masa penjajahan terdapat benteng pertahanan Belanda. Untuk mengunjungi pulau Onrust anda harus menggunakan speed boat.

5. Museum Katedral

paroki katedral Jakarta

Museum Katedral berlokasi di Jl. Katedral No.7B, Ps. Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat. Gereja Katedral merupakan Gereja Katolik terbesar di Jakarta. Di dalam Gereja, terdapat museum dimana kamu bisa mempelajari perkembangan Katolik di Indonesia. Buka hari Senin, Rabu, Jumat dari Pukul 10.00 – 12.00 WIB. 

6. Museum Nasional 

www.tokopedia.com

museum Nasional berlokasi di Gambir, Jakarta Pusat. Di dalam Monumen Nasional anda bisa menemukan museum yang berisi diorama perjuangan dan sejarah Repunlik Indonesia. Tidak hanya itu, anda juga bisa naik ke puncak Monas untuk melihat kota Jakarta. Buka hari Selasa - Jum’at dari Pukul 08:00 – 16:00 dan hari Sabtu - Minggu dari Pukul 08:00 – 17:00 WIB.

7. Museum Tekstil

jejakPiknik.com

Museum Tekstil berlokasi di Jl. Aipda KS Tubun No.2-4 Jakarta Pusat. Ketika anda berkunjung ke museum ini anda tidak hanya bisa mendapatkan berbagai pengetahuan mengenai tekstil nusantara, di Museum Tekstil ini anda juga bisa mempelajari bagaimana cara membatik. Buka hari Selasa - Minggu dari pukul 09.00 – 15.00 WIB.

8. Museum / Taman Prasasti

JejakPiknik.com

Museum / Taman Prasasti berlokasi di Jalan Tanah Abang I No.1, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Taman Prasasti ini merupakan museum di Jakarta yang memamerkan berbagai prasasti peninggalan Belanda. Batu nisan dari berbagai tokoh terkenal di masa lalu juga prasasti peresmian pada masa pendudukan kolonial dulu. buka hari Selasa - Minggu dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. 

9. Museum Layang-Layang

liburan Anak

Museum Layang-Layang berlokasi di Jalan Haji Kamang No.19, RT.2/RW.1, Pondok Labu, Cilandak, RT.2/RW.10, Pd. Labu, Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Museum di Jakarta yang satu ini terbilang menarik karena memamerkan berbagai kreasi layang-layang dari berbagai penjuru Indonesia. selain melihat layang-layang yang dipamerkan di museum ini, anda juga dapat menciptakan layang-layang kreasi pribadi di Museum ini lho!. Buka setiap hari dari pukul 09.00 – 16.00 WIB, kecuali libur nasional.

10. Museum Polri

liburan Anak

Museum Polri berlokasi di Jl. Trunojoyo No.3, RT.5/RW.2, Selong, Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan. Untuk anda yang tertarik mempelajari mengenai lembaga kepolisian Republik Indonesia, anda bisa mengunjungi Museum Polri. Buka hari Selasa - Minggu dari pukul 09.00 – 16.00 WIB.

11. Museum Seni Rupa / Museum Keramik

beritahati.com

Museum Seni Rupa berlokasi di Jalan Pos Kota, RT.9/RW.2, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Barat. Museum Seni Rupa atau juga dikenal dengan Museum Keramik merupakan salah satu Museum yang berada di Kota Tua. Museum yang satu ini menampilkan berbagai karya seni rupa Indonesia, mulai dari yang tradisional maupun modern. Berbagai karya seniman legenda seperti Affandi serta mantan gubernur Jakarta Henk Ngatung juga dipamerkan di Museum Seni Rupa. buka hari Selasa, Rabu, Kamis, Minggu dari pukul 09.00-15.00, hari Jumat dari pukul 09.00 – 14.00, dan hari Sabtu dari pukul 09.00 – 12.30 WIB.

12. Museum Gallery Art:1

TripAdvisor

Museum Gallery seni berlokasi di Jl. Lada No.23, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Gallery Art:1 atau yang kerap dikenal dengan nama Gallery Mondecor adalah tempat untuk anda menikmati berbagai karya seni modern kontemporer yang unik. Museum ini juga kerap mengadakan pameran temporer dari berbagai seniman di Indonesia. Buka hari Selasa - Sabtu dari Pukul 10.00 – 18.00, dan hari Minggu dari Pukul 10.00 – 16.00 WIB.

13. Museum Wayang

jejakPiknik.com

Museum Wayang berlokasi di Jl. Lada No.23, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Wayang adalah salah satu kebudayaan Indonesia. Untuk anda yang tertarik mempelajari wayang, Museum Wayang di Kota Tua ini merupakan salah satu destinasi museum di Jakarta yang layak anda kunjungi. Buka hari Selasa - Jum’at dari Pukul 09.00 – 15.00, dan hari Sabtu - Minggu dari Pukul 09.00 – 20.00 WIB.

14. Museum Fatahillah

Indonesiakaya.com

Museum Fatahillah berlokasi di Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Sama dengan Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta juga terletak di Kota Tua. Museum Sejarah Jakarta ini dahulunya merupakan bekas kantor gubernur Batavia. Di Museum ini anda akan melihat berbagai peninggalan kependudukan Belanda saat di Batavia, termasuk penjara bawah tanah yang berada di bawah gedung Museum Fatahillah. Buka hari selasa – minggu dari pukul 09.00 – 15.00 WIB. 

15. Museum Bank Indonesia

Informasi situs budaya

Museum Bank Indonesia berlokasi di Jalan Jembatan Batu No.3, Pinangsia, Tamansari, RT.3/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat. Apabila anda ingin mempelajari sejarah keuangan dan perekonomian di Indonesia, Museum Bank Indonesia merupakan tempat yang tepat. Anda dapat melihat diorama metode perbankan pada masa lampau juga perjalanan perbankan di Indonesia, termasuk pada saat Indonesia mengalami krisis moneter. Buka pada hari selasa - jumat dari pukul 07.30 - 15.30, dan hari sabtu - minggu dari pukul 08.00 - 16.000 WIB.

16. Museum Gajah

pegipegi

Museum Gajah berlokasi di Jl. Medan Merdeka No. 12, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Museum ini dahulunya disebut Museum Gajah lantaran keberadaan patung gajah ikonik yang berada di luar gedung. Di dalam Museum gaah ini anda dapat mempelajari berbagai macam hal, mulai dari berbagai prasasti serta arca-arca peninggalan yang ada di Indonesia hingga berbagai kerajinan dan kebudayaan purba yang ada di Indonesia. Buka hari selasa - jumat dari pukul 08.00 - 16.000, dan hari sabtu - minggu dari pukul 08.00 - 17.000 WIB.


Itulah 16 museum yang terdapat di kota Jakarta, terma kasih sudah membaca postingan ini. Semoga bermanfaat. 



Belum ada Komentar untuk "Yuk Tambah Wawasan Anda! Ini Dia 16 Museum Yang Terdapat di Kota Jakarta"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel