10 Cara Menjadi Bodo Amat Ala Mark Manson

10 Cara Menjadi Bodo Amat Ala Mark Manson
idntimes.com


Ujwar.com – Bodo Amat menjadi salah satu hal yang diinginkan orang-orang pada masa kini. Kenapa? Banyak orang yang ingin menjadi orang lain, yang terlalu mendengarkan orang lain, bahkan menjadi diam di tempat gara-gara selalu mendengarkan keburukan dari orang lain.

Mark Manson melalui bukunya telah menyampaikan untuk menjadi orang yang bodo amat. Di sini, aku akan mencoba mengupas 10 Cara Menjadi Bodo Amat Ala Mark Manson, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Jangan Menganggap Diri Terlalu Istiwewa

Menjadi tidak istimewa bukan sebuah kebodohan. Banyak orang yang selalu memupukka pada diri sendiri kalau dirinya istimewa, padahal hal terpenting dalam hidup adalah mengetahui seluk beluk diri sendiri. Kekurangan dan kelebihan diri sendiri. Bahkan ketidakistimewaan diri sendiri. Sangat pahit bukan? Tapi ketika kita benar-benar tahu bahwa diri ini tak istimewa, kita akan jatuh ke masa ‘bebas’ menjadikan diri seperti apa saja. Dengan sikap kita. Tanpa memikirkan penilaian orang lain terhadap kita.

Semakin tergantung kepada orang lain, semakin kita akan susah. Ketergantungan ini biasanya akan ada karena kita terlalu menjadikan pendapat orang lain menjadi nomor satu. Padahal, pendapat, atau ucapan orang lain bukan satu-satunya yang bisa kita turuti.

Pahamilah, bahwa manusia itu tak ada yang benar-benar istimewa.

2. Fahami Bahwa Kita Tidak Unik

What? Bukankah kita harus mengaku unik? Bukankah unik itu bagus?

Ketika kita semakin menspesialkan diri kita sebagai manusia unik dan lain sebagainya, kita justru malah stuck dalam satu hal. Yakni mencoba memperbesar hati dengan kebisaan yang itu-itu saja. Mencari itu penting, meskipun pada akhirnya kita harus memfokuskan satu hal. 

Banyak orang yang justru menjadi orang hebat ketika mencoba berbagai hal, dan jatuh kepada satu pilihan yang dia fokuskan. Bukan berarti kita hanya berdiam diri dan berkata: unik. Dengan satu pilihan, yang bahkan tak ada perbandingan dan tandingan dengan hal lain.

3. Fokus Pada Satu Hal Saja

Mungkin ini lebih kepada totalitas. Ketika seseorang sudah menemukan satu dari ribuan hal yang telah dicoba, maka fokus dan totalitas menjalani itu adalah kuncinya. Bayangkan saja, ada orang yang memiliki banyak pekerjaan, tetapi tak ada yang tercapai sebagai sesuatu goals. Ya, itu adalah hal yang benar-benar penting dimiliki oleh manusia: fokus pada satu hal.

4. Menghadirkan Perasaan Negatif

What? Bukankah pikiran negatif itu buruk? 

Tidak semua pemikiran negatif, buruk. Kadang kala, sesuatu yang akan diangkap negatif justru adalah positif.

Misal: kita menganggap dan yakin bahwa jika kita ikut sebuah acara yang terdapat orang-orang selalu menghina dan membully, kita akan habis dan malu.

Mungkin pemikiran itu terlihat benar. Tapi justru, itu pikiran terlalu picik. Hal yang dianggap negatif, nyatanya akan memberikan dampak positif.

Kita mungkin akan dihina dan di-bully dalam acara tersebut, tapi kita akan mendapatkan pengalaman berharga, sekaligus pengujian mental.

Jadi, menghadirkan pikiran negatif itu memang perlu. Sebab untuk menjadikan diri manusia stabil.

5. Jika Ingin Marah, Marahlah!

Banyak orang yang berkedok di balik wajah sendiri. Dia tidak bisa melakukan sesuatu. Marah juga tak bisa. Sebagai manusia, manusiawi jika memang ada kemarahan. Sebagai manusia, kita memang harus mengekspresikan marah itu. Bodo Amat. Jangan sampai orang hanya tahu kita di sisi lainnya. Mereka juga harus tahu kita jika berada di posisi marah.

Ini sama dengan prinsip. Ketika ada kesalahan yang dilakukan orang lain ke kita, kita berhak marah. Ketika masih ada sisi emosional ini (Marah dan kembali tenang) maka sepertinya kita jauh dari benih-benih Psikopat. Orang psikopat tidak lagi marah, tidak lagi bersuara. Benda tumpul yang nantinya justru jadi senjata. Menyeramkan.

6. Jangan Berusaha

Bukannya hidup itu harus berusaha?

Yaps, banyak orang yang berusaha menggapai sesuatu, tetapi lupa pada hakikatnya tentang hidup. Proses. Sebuah proses justru adalah kemenangannya. Tapi bagaimana mungkin jika seseorang berusaha karena ingin ‘cepat’ kaya misalkan. Sementara, bagaimana jika seseorang melakukan sesuatu karena memang ingin mendapatkan prosesnya.

Gagal, gagal, dan gagal, merupakan sesuatu hal yang sering dianggap negatif. Padahal justru itu adalah hal positif. Di mana dari kegagalan itu (Proses) akan ada sesuatu yang bisa diambil. Bukan hanya soal kekayaan, tapi juga soal pengalaman hidup.

7. Menikmati Derita

Sahabat, seseorang kadang merasa malu karena merasa tak beruntung dibanding orang lain. Kita terlalu bermimpi tentang enaknya menjadi orang lain. Padahal hakikatnya, mereka juga pasti tidak langsung mendapatkan apa yang diinginkan.

Kuncinya adalah menikmati derita. Kita harus bodo amat, cuek, ketika orang lain bilang ini dan itu. Kita harus tetap melangkah. Menikmati derita yang akan menghasilkan sesuatu suatu saat. Bersikap seperti ini lebih mulai daripada meratapi kesuksesan orang lain.

8. Pilihlah Sesuatu yang Dianggap Menakutkan

Banyak orang menghindari sesuatu yang dianggap akan sangat menyakitkan. Padahal percayalah, bahwa hal itu justru akan menyenangkan. Kita memilih diam dan tak menyapa orang lain, takut tak ditanggapi. Padahal kenyataannya, orang lain akan jauh lebih ramah sama kita.

9. Tentang Sebuah Perspektif Hidup

Banyak orang yang menganggap kebahagiaan itu dihasilkan dari uang dan kekayaan, tetapi banyak juga yang menganggap kebahagiaan dihasilkan dari keluarga yang bisa bersama-sama setiap hari. Jika ingin bodo amat, jadikanlah standar kita sebagai standar sendiri. Jangan jadikan standar orang lain menjadi standar kita.

10. Harus Berani Berkata TIDAK

Terus terang, berkata tidak adalah salah satu hal penting. Saya jarang sekali bisa berkata tidak, meskipun ingin sekali berkata tidak. Sungguh, berkata tidak merupakan salah satu hal penting yang harus bisa kita ucapkan.

Kita harus merdeka dengan tidak berkata ‘ya’ padahal kenyataannya ‘tidak’. Kita sendiri yang akan susah dan menyesal jika kita tidak pernah menuruti kata hati. Jangan pedulikan dampak yang terjadi, tetapi pikirkanlah kemauanmu.

Itulah 10 Cara Menjadi Bodo Amat Ala Mark Manson. Sudahkah bersikap bodo amat?

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menjadi Bodo Amat Ala Mark Manson"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel