10 Cara Merawat Celana Jeans Tetap Awet dan Warnanya Tidak Cepat Pudar

www.ujwar.com - 10 Cara Merawat Celana Jeans Tetap Awet dan Warnanya Tidak Cepat Pudar

10 Cara Merawat Celana Jeans Tetap Awet dan Warnanya Tidak Cepat Pudar
SUKABUMIUPDATE.com

Celana jeans merupakan celana yang kerap dipakai oleh banyak orang di dunia ini. Karena celana ini sangat simple, juga dapat dipadupadankan dengan berbagai macam atasan, dapat membuat lekuk tubuh terlihat lebih ramping. Terlebih lagi untuk kamu yang suka memakai pakaian yang casual, celana yang satu ini juga bisa membuat kaki terlihat lebih jenjang. 

Apalagi di zaman sekarang warna celana jeans tidak hanya itu-itu saja, terdapat banyak pilihan warna yang menarik misalnya cokelat, peach, maroon juga warna cantik lainnya. Asalkan kita pintar dalam me-mix and match jeans dengan atasan tentu akan tetap terlihat menarik.

Jika kita tidak pandai merawatnya agar tetap awet maka  celana jeans yang kita miliki akan cepat rusak malahan warnanya tidak menarik lagi atau juga bahkan bahannya menjadi longgar serta tidak nyaman lagi untuk dikenakan.

Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja yang bisa kita lakukan untuk merawat jelana jeans agar tetap awet dan agar warnanya tidak cepat pudar, yuk simak ulasannya:

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Celana Jeans 

Tampil Cantik

Ada baiknya tidak terlalu seering, karena jika hal tersebut terlalu sering dilakukan maka akan membuat jeans yang kita miliki berubah bentuk serta warnanya akan memudar. Terlalu sering mencuci jeans akan menjadikan jeans kita cepat melar, lama-lama akan kehilangan bentuknya. Cobalah untuk mencuci satu minggu sekali apabila jeans memang benar-benar kotor. 


2. Tidak Perlu Mencuci Jeans yang Baru

Beautynesia

Sebenarnya celana jeans baru alias baru dibeli dari toko tidak perlu di cuci terlebih dahulu. Berbeda dengan beberapa pakaian seperti T-shirt atau baju lainnya yang memang tidak bermasalah jika dicuci ketika baru dbeli. Mengapa jeans baru sebaiknya tidak perlu dicuci terlebih dahulu? Karena hal ini akan membuat warna jeans akan agak memudar dan terlihat belel. 

3. Jangan Mencuci Celana Jeans dengan Mesin cuci Terlalu Sering

Ideal House

Cara merawat celana jeans yang selanjutnya ini sangat perlu diperhatikan, terlebih lagi untuk para wanita yang super sibuk bahkan tidak ada waktu untuk sekadar mencuci pakaian. Kebiasaan dimanjakan dengan terdapat banyaknya teknologi yaitu mesin cuci. Kita menjadi merasa malas untuk mencuci satu atau dua celana jeans yang telah dipakai dengan cara yang manual. Tetapi, ada baiknya menghindari kebiasaan buruk tersebut. 

Mesin cuci memang membuat kita tidak terlalu capek dan tidak membuang-buang waktu, namun ada baiknya sempatkanlah untuk mencuci celana jeans kesayangan agar jeans tidak mudah melar dan warnanya pun tidak akan cepat pudar. Kamu cukup merendamnya saja selama 5 sampai 10 menit dengan detergen yang tidak mengandung bahan pemutih. Mesin cuci bisa merusak celana jeans, misalnya celana jeans akan cepat menipis juga mudah melar. Hal ini tentunya menyebabkan ketidak nyamanan ketika memakai celana tersebut. 

4. Hindari Memakai Detergen yang Memiliki Bahan Pemutih 

iPrice

Detergen yang kerap dipakai untuk mencuci memang bagus untuk menghilangkan noda. Namun, kamu tetap harus  berhati-hati untuk detergen yang mengandung bahan pemutih. Detergen yang satu ini tidak boleh digunakan untuk jeans. Karena baik dari segi warna maupun fisiknya deterjen yang mengandung fluorescent bisa membuat warna asli dari jeans menjadi pudar bahkan luntur. Ada baiknya menggunakan detergen yang tidak mengandung bahan pemutih supaya warna jeans kamu tetap awet. 


5. Keringkan Celana Jeans di Mesin Cuci 

tribunnews.com

Mesin cuci memang memiliki banyak kegunaan pada saat mencuci. salah satunya yakni dapat digunakan untuk mengeringkan celana jeans. Cara yang satu ini boleh sesekali untuk dilakukan karena memang ada baiknya jeans tidak dikeringkan dibawah sinar matahari langsung.   

6. Balik Celana Jeans Ketika Sedang Dijemur

Fitinline.com

Membalikkan celana jeans ketika sedang dijemur itu merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Hal tersebut dilakukan supayawarna jeans tetap awet dan tidak memudar serta agar tidak terlihat belel. 

7. Hindari Menjemur Jeans di Bawah Sinar Matahari Langsung 

Gulalives

Pada saat kamu mengeringkan celana jeans, ada baiknya tidak menjemur jeans tersebut di bawah sinar matahari langsung. karena hal tersebut bisa memudarkan warna jeans, jemurlah jeansmu dengan kondisi terbalik dan jemur jeans di tempat terbuka namun tidak terkena sinar matahari langsung. Supaya jeans tetap awet serta warnanya tidak mudah pudar. 


8. Jangan Menyetrika Jeans Dalam Suhu yang Terlalu Panas

Brilio

Ketika kamu menyetrika jeans kesayangan, pastikan jeansmu dalam keadaan dibalik sama seperti ketika penjemuran dan tentunya harus dalam keadaan kering. Apabila jeans disetrika dalam keadaan masih basah atau lembab, hal tersebut bisa menimbulkan jamur berwarna biru yang dapat membuat jeans kesayanganmu mudah rusak. 

Perlu diperhatikan juga suhu ketika kamu menyetrika jeans, sebaiknya jangan terlalu panas karena akan mengakibatkan terjadinya staining (bercak-bercak putih.

9. Hindari  Merendam Jeans Menggunakan Air Panas 

Kamini.id

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa mencuci jeans baru yakni dengan cara merendamnya terlebih dahulu menggunkan air panas. Bukan membuat jeans terlihat lebih bersih dan tahan lama justru hal tersebut merupakan hal yang sangat fatal dan berdampak buruk pada jeans. 

Air panas akan merusak serat celana jeans sampai-sampai membuatnya mudah robek. Cucilah jeansmu menggunakan air dingin untuk mencegah jeans menyusut serta meningkatkan daya tahannya. 

10. Jangan Melipat Jeans, Lebih Baik Digantung 

Sinarlaundry.blogspot.com

Pada saat kamu menyimpan jeans di dalam lemari, ada baiknya jeans tidak dilipat. Karena hal tersebut dapat membuatnya lembab. Simpanlah dengan cara digantung menggunakan hanger supaya terjaga bentuk aslinya dan tidak ada bekas lipatannya. 

Nah, itulah beberapa cara merawat celana jeans supaya tetap awet dan warnanya tidak memudar. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini.

Semoga bermanfaat.

Selamat mencoba!!


1 Komentar untuk "10 Cara Merawat Celana Jeans Tetap Awet dan Warnanya Tidak Cepat Pudar"

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://jasasablonkaosjogja.com/
    . Sukses selalu

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel