10 Posisi yang Benar Ketika Duduk di Depan Komputer


www.ujwar.com - 10 Posisi yang Benar Ketika Duduk di Depan Komputer


10 Posisi yang Benar Ketika Duduk di Depan Komputer
pusatgratis.com

Para pekerja kantoran tentunya selalu menghabiskan sebagian waktunya untuk duduk di depan layar komputer. Maka kenyamanan ketika duduk pun merupakan hal yang sangat penting. Apalagi, posisi duduk yang salah yang terus dilakukan dalam waktu lama akan menyebabkan kelainan pada tulang, seperti skoliosis, kifosis, lordosis dan lainnya.

Posisi duduk yang tidak tepat juga dapat membuat kalian mudah lelah serta pegal. Hal tersebut tentunya sangat mempengaruhi kinerja kalian, bukan? Rasa pegal sendiri dapat menjadi sinyal bahwa cara duduk kalian salah. Bahkan apabila duduk dengan posisi benar selama 7 jam pun kita masih bisa merasa lelah.  Terlebih lagi duduk dengan cara yang tidak benar.

Baca juga: 17 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

Berikut 10 posisi duduk yang benar ketika sedang di depan komputer: 

1. Duduk dengan Tegak

Eventkampus.com

Usahakan untuk selalu duduk dengan menempatkan pinggang anda di bagian belakang kursi. Jaga paha anda untuk tetap lurus atau lebih rendah dari pinggang, dan buat punggung dalam posisi menyender serta membentuk sudut 100 derajat.

2. Duduk Dekat dengan Keyboard

jalantikus.com

Tidak hanya badan dekat dengan keyboard, usahakan untuk tetap menempatkan keyboard tepat di depan badan anda, bukan menyamping.

3. Atur Posisi Keyboard Senyaman Mungkin

jalantikus.com

Aturlah posisi pundak anda dalam keadaan yang rileks dengan sikut tidak terbatas oleh sesuatu. Sikut harus tetap dalam posisi terbuka dengan pergelangan tangan yang lurus.

4. Atur Kemiringan Dari Keyboard

Jalantikus.com

Gunakanlah kaki keyboard untuk mengatur kemiringannya. Hal tersebut bergantung pada posisi duduk yang anda lakukan. Apbila posisi duduk anda tinggi, maka buatlah keyboard dalam keadaan rata atau menjauh dari pergelangan tangan. Sebaliknya, untuk anda yang duduknya rendah atau sejajar buatlah keyboard miring ke depan.

5. Gunakan Palm Rest

Das Keyboard

Untuk menjaga pergelangan tangan anda agar tidak cepat lelah serta sakit, maka keyboard yang dilengkapi dengan Palm Rest merupakan pilihan yang tepat. Palm Rest yakni sebuah gundukan yang berada di depan keyboard untuk menjaga posisi pergelangan agar tetap baik.

6. Posisikan Monitor Secara Tepat

hippo.id

Aturlah monitor dalam posisi yang tepat sehingga leher anda merasa nyaman. Atur monitor tepat berada di depan muka supaya leher tidak harus menyokong kepala terlalu berlebihan.

7. Ketika  Sedang Mengetik, Taruh Sumber Ketikan Di Depan dan Sejajar dengan Monitor
Jalantikus.com

Pada saat anda sedang mengetik dan menggunakan media cetak sebagai sumber, usahakan untuk menaruh buku atau juga kertas tersebut tepat di bawah layar. Hal tersebut sangat membantu untuk meminimalisasi pergerakan tubuh, terutama pada bagian leher ketika bekerja.

Baca juga: 8 Tips Pertolongan Pertama Saat Keseleo

8. Penggunaan Tempat Keyboard serta Mouse Akan Lebih Baik

flipkart

Tempat keyboard dan mouse memang mempunyai kegunaan yang tidak boleh disepelekan. Tempat yang dapat menyangga keyboard dalam posisi ergonomis ini cukup baik untuk posisi tangan ketika mengetik maupun menggunakan mouse dalam waktu yang cukup lama.

9. Ambil Istirahat Sejenak Secara Rutin

Gird.ID

Duduk dalam jangka waktu yang lama merupakan hal yang tidak baik untuk tubuh. Jangan lupa untuk selalu mengambil waktu sejenak untuk berdiri, berjaan-jalan kecil, serta peregangan di persendian. Mengistirahatkan mata juga merupakan hal yang penting untuk menjaga mata tetap prima dan tidak mudah lelah.

10. Regangkan Pergelangan Tangan dan Jari

jalantikus.com


Tips yang terakhir ini tidak kalah penting, anda perlu untuk selalu melakukan peregangan di bagian pergelangan tangan minimal enam kali sehari. Lakukan dengan menekuk tangan ke atas juga ke bawah sampai pergelangan terasa tertarik. Langkah tersebut penting untuk menghindari pengguna komputer dari risiko Carpal Tunnel Syndrome.

Nah itulah 10 posisi duduk yang benar ketika anda sedang berada di depan computer, anda tidak perlu takut lagi dengan ancaman sakit punggung, leher, sampai dengan lengan pada saat menggunakan komputer dalam jangka waktu yang cukup lama. 

Terima kasih sudah membaca postingan ini.

Semoga bermanfaat.





  

Belum ada Komentar untuk "10 Posisi yang Benar Ketika Duduk di Depan Komputer"

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel