10 Trik Rahasia Android yang Belum Diketahui


www.ujwar.com - 10 Trik Rahasia  Android yang Belum Diketahui

10 Trik Rahasia  Android yang Belum Diketahui

Di tahun 2019 ini semakin banyak smartphone yang canggihnya luar biasa. Semakin canggih samartphone yang kamu gunakan, maka semakin banyak pula hal yang bisa dilakukan dari benda tersebut. Bagi kalian para pengguna Android, banyak sekali kegunaan fitur bagi smartphone, baik fitur bawaan dari smartphone itu sendiri ataupun fitur yang ditawarkan dari ribuan aplikasi.

Tetapi, apakah kamu sudah tahu trik rahasia yang bisa dilakukan oleh smartphone android? Ternyata terdapat beberapa trik rahasia dan fitur yang mempunyai manfaat bagi smartphone yang tidak kalah penting dengan fitur-fitur umum yang lainnya. Maka dari itu, berikut adalah 10 trik rahasia android yang belum diketahui banyak orang :


1. Ganti Kegunaan Tombol Home

Mungkin yang kita ketahui selama ini, bahwa tombol home yang posisinya berada ditengah dibagian bawah smartphone fungsinya hanya untuk mengembalikan ke homescreen. Padahal, apabila tombol tersebut ditekan sedikit lebih lama, tombol home ini akan membawa kita ke Google Assistant.

Tetapi nyatanya, kegunaan tersebut bisa kita ubah. Caranya? Dengan menginstal aplikasi  HomeBot yang terdapat di Play Store, kita bisa mengubah tombol home tersebut dengan dengan enam pilihan yang tersedia, mislanya membuka website atau launch berbagai aplikasi .

2. Nonton Video YouTube Minimize

Sekalipun aplikasi video terpopuler saat ini, yaitu YouTube, sampai saat ini aplikasi video tersebut belum memperbolehkan para penggunanya untuk menonton video di minimize sambil multitasking atau melakukan aktivitas lain.

Tetapi, dengan menggunakan aplikasi Autobeat Player ternyata kamu bisa melakukannya. Autobeat Player ini memungkinkan video YouTube ini akan tetap bisa diputar meskipun sedang di-minimize. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memodifikasi ukuran video, agar saat multitasking kita dapat meletakannya di bagian layar manapun.

3. Mengontrol Android dengan Smartphone Lain Tanpa Internet

Sekarang apa-apa sudah membutuhkan internet. Namun aplikasi yang satu ini ternyata tidak. Smartphone Android kamu bisa digunakan untuk mengontrol smartphone lain, seklaipun bahkan handphone biasa tanpa memrluka koneksi internet.

Aplikasi yang dimaksud adalah Memote. Kamu memungkinkan dapat mengendalikan smartphone yang lain, yang nomornya sudah terverifikasi dalam aplikasi tersebut. Cara mengendalikannya pun cukup mudah. Yaitu dengan menggunakan SMS yang berbagai isi pesannya terlebih dahulu sudah diatur di aplikasi. Gimana, simple kan?

4. Terima Notifikasi via PC

Ketika pekerjaanmu dihabiskan hanya di depan komputer saja, sehingga sangat jarang untuk mengecek smartphone. Maka tenang saja, segala notifikasi yang amsuk ke samrtphone bisa kamu bisa pindahkan ke PC. Dengan begitu, kamu tidak perlu takut lagi ketinggalan informasi.

Caranya sangat mudah, kamu cukup menginstal aplikasi Pushbullet di Play Store. Aplikasi ini akan mentransfer semua notifikasi yang masuk ke dalam smartphonemu menjadi ke PC yang kamu gunakan. Tetapi jangan salah pasang, aplikasi ini diinstal di PC-nya, bukan di smartphone.

5. Ubah Tingkat Kecepatan Animasi

Nah, untuk melakukan trik yang satu ini, pertama-tama kamu harus menjadi developer bagi samrtphone Androidmu. Caranya masuknya cukup mudah. Kamu masuk ke menu Settings > About Phone > **Build Number **> (tekan sebanyak tujuh kali) dan status Developer options enabled akan kamu dapatkan.

Setelah itu, animasi yang ingin kamu ubah tingkat kecepatannya bisa kamu lakukan pada opsi "Transition animation scale". Di opsi tersebut kamu bisa memilih, sesuai selera yang kamu inginkan.

                     Tips Memilih Jas Hujan yang Benar
                     Tips Meninggikan Badan dengan Makanan

6. Gunakan Smart Lock

Bagi kalian yang amih menggunakan PIN atau pola untuk mengunnci smartphone, sekarang kamu perlu coba deh menggunakan smart lock. Dengan menggunakan samrtlock ini kamu bisa memilih mode penguncian smartphone yang tentunya lebih mudah.

Caranya menggunakan smart lock ini pertma akamu masuk ke menu Settings > Security > Smart Lock. Setelah itu akan muncul 5 pilihan mode penguncian. Ada yang dengan suara, wajah, dan 3 lainnya. Kamu bebas pilih sesuai keinginan.

7. Kontrol PC dengan Android

Ketika rasa bosan di depan PC muncul, tetapi masih butuh menggunakannya, kamu bisa menggunakan smartphone Androidmu menjadi remote untuk mengontrol PC.

Caranya dengan menggunakan aplikasi yang terdapat di Play Store, terdapat banyak pilihan ada remote control, Unified remote dan lain-lain. Fungsi nyang dimiliki aplikasi tersebut sangat banyak, mislanya menjadi mouse dalam PC, mengetik pesan pada PC, membuka file, sampai menyalakan dan mematikan PC. Keren bukan?

8. Pelindung Mata Saat Membaca di Malam Hari

Ketika menggunakan smartphone di malam hari, terkadang bisa berdampak kurang baik. Apalagi kalau cahayanya terlalu terang, mata akan terasa lebih cepat lelah. Untuk mengatasi maslaah tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi yang terdapat di Play Store.

Aplikasi yang dimaksud adalah Twilight. Ketika menggunakan smartphone di malam hari, kamu bisa mengaktifkan mode redup cahaya yang membuat mata lebih nyaman. Bukan hanya itu, mode waktu dari aplikasi tersebut bisa kamu supaya aktif secara otomatis.

9. Browser Spesialis Multitasking

Apakah kamu termasuk orang yang suka multitasking? Jika iya, maka ada sebuah apliaksi yang bisa membantumu untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Kamu bisa menginstal aplikasi Flynx dari Play Store. Apliaksi tersebut sangat memudahkan aktivitas multitasking. Selain itu, apliaksi tersebut juga memangkas konten-konten yang tidak penting, sehingga waktumu tidak terbuang sia-sia.

10. Akses Hard Drive PC via Android

Ketika kamu sedang berada di luar rumah, dan kamu membutuhkan file penting yang hanya ada di PC, padahal kamu sangat membutuhkannya saat itu juga, dan kebetulan di rumahmu sedang tidak ada orang, dan kamu juga tidak memungkinkan untuk pulang, maka sikap yang harus kamu ambil adalah tenang saja. Lho kok tenang? Iya, karena kamu akan tetap bisa mengakses data yang ada di hard drive PC dengan smartphone Android.

Caranya? Kamu cukup menggunakan aplikasi WiFi PC File Explorer yang terdapat di Play Store. Aplikasi ini akan membantumu menyambungkan PC dengan Android. Sehingga kapan pun dan dimana pun kamu membutuhkan data yang ada di PC tersebut, kamu bisa mengambilnya melalui smartphone Android.

Nah, itulah 10 trik rahasia android yang belum banyak diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

2 Komentar untuk "10 Trik Rahasia Android yang Belum Diketahui"

  1. wah aku penasaran banget pgn coba yg terima notif via PC, soalny akalau di kantor aku tipe org yg males pegang hp, semua2nya aku konek ke PC ahahha, ntr aku coba deh, thks infonya

    BalasHapus
  2. Siap kak. Allhamdulilah kalau bermanfaat :)

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel