12 Tips Supaya Terhindar Dari Penipuan Ketika Belanja Online

www.ujwar.com - 12 Tips Supaya Terhindar Dari Penipuan  Ketika Belanja Online

12 Tips Supaya Terhindar Dari Penipuan  Ketika Belanja Online
Maxmanroe.com

Di zaman yang serba modern saat ini, telah banyak teknologi canggih yang bisa membantu orang-orang untuk mempermudah aktivitasnya, termasuk salah satunya yakni berbelanja. Di zaman modern saat ini, tidak perlu repot-repot pergi ke toko untuk membeli suatu barang, cukup dengan internet saja kita sudah dapat berbelanja. Kegiatan tersebut lebih dikenal dengan nama  belanja online/online shopping. Tentunya Online shopping sangat membantu banyak orang untuk mempermudah mendapatkan barang yang mereka inginkan.

Namun, seiring berkembangnya online shopping tersebut modus-modus kejahatan pun ikut berkembang. Penipuan melalui online shopping tersebut sangat marak sekali di era modernisasi. Untuk itu, supaya tidak banyak  lagi yang tertipu ketika belanja online, berikut 12 tips yang bisa kamu coba agar terhindar dari penipuan saat belanja online/online shopping, yuk simak: 

Baca juga: 7 Tips Memilih Sepatu “Olahraga” Running

1. Situs Website yang Terpercaya

Tips ini harus dilakukan jika kamu berbelanja di situs web yang kamu sendiri kurang tahu. Periksa nomor telepon si penjual kemudian hubungi.

Jika tidak meyakinkan, kunjungi mesin pencari Google ataupun Yahoo kemudian masukan nama situs web tersebut. Carilah tafsiran dari konsumen mereka. Apabila ada yang tidak beres, sudahlah, tinggalkan saja situs web tersebut.

2. Telaah Baik-Baik Kebijakan Situs Web Terhadap Data Pribadi 

Jangan sampai di kebijakan tersebut terdapat poin yang menyebutkan jika pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

Jangan lupa baca juga kebijakan pengembalian barang. Karena barang yang dibeli tidak dapat dilihat secara fisik, harus ada garansi apabila barang yang dikirim cacat, kamu boleh mengirim barang cacat tersebut kembali dan tentunya diganti dengan barang baru atau uang kamu kembali.

Juga Periksa siapa yang membayar pengembalian barang itu.

3. COD (Cash On Demand)

Singkatan yang kerap dipakai para Kaskuser ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi COD ini merupakan kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli juga penjual. Cara ini merupakan cara paling aman supaya tidak tertipu  ketika berbelanja online. Apabila si penjual tidak bisa atau tidak mau diajak COD, maka kamu patut curiga jika penjual tersebut adalah penipu.

4. Bandingkan Harga

Curigailah pada barang bermerek yang dijual dengan potongan harga yang cukup besar. Bisa jadi barang yang lebih murah tak memiliki kelengkapan tertentu, sehingga kamu wajib memeriksa paket barang dengan membaca deskripsi produk baik-baik.

Tidak hanya itu, jangan terlalu percaya pada diskon yang diberikan. Namun hal yang perlu kita sadari yakni jangan percaya serta terpaku pada angka diskon. Tetaplah mencari harga terbaik dengan barang yang terjamin.

Baca juga: Langkah-langkah Menulis Artikel Sesuai Jenis dan Bentuknya

5. Jangan Mudah Tergoda dengan Barang Murah

Jangan langsung  terkesan pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, terlebih lagi meminta ID serta password tanpa izin dari pemilik e-mail. Biasanya hal tersebut kerjaan spammer.

Namun hati-hati, spammer bisa juga merayu. Ia mengirimi e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kamu kunjungi situs web tersebut dan langsung belanja darisana. Jangan via e-mail ataupun jendela pop-up.

6. Cari Tanda Jika Situs Web Tersebut Aman

Biasanya tanda tersebut berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum kamu memasukkan informasi pribadi, periksa tanda itu ada.

Pada saat kamu diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web tersebut. Harusnya alamat situs web tersebut mberubah dari http menjadi  'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran tersebut dienkripsi.

7. Kenali Penjual

Disini kamu perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particle things). Sebelum membeli produk, ada baiknya jika kita mencari tahu asal usul si penjual tersebut. Bagaimana barang jualannya, websitenya, testimonialnya, serta reputasinya, dll. Terlebih lagi jika penjual yang masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial, sebaiknya kamu lebih berhati-hati karena informasinya pasti sangat sulit untuk dicari.

7. Amankan PC 

Minimal PC kamu harus punya antivirus.  Akan lebih baik lagi kalau punya anti spyware juga firewall. Pelu diingat, peranti lunak keamanan tersebut harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru. Sebaiknya atur saja proses update secara otomatis.

8. Pertimbangkanlah Cara Pembayaran

Biasanya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit. Karena dengan kartu kredit, kamu akan memiliki bukti kuat kalau kamu telah melakukan transaks,i apabila barang tidak diantar atau tidak sesuai pesanan.

Namun, karena banyaknya peristiwa seperti pencurian nomor kartu kredit, pembayaran dengan menggunakan sistem seperti PayPal, Transfer Kirim, ataupun COD boleh dipertimbangkan.

9. Periksa Harga Total

Harga barang, ongkos bungkus,  plus ongkos kirim. Bandingkan harga total dari suatu situs web dengan situs web yang  lain.

10. Rekber (Rekening Bersama)

Rekber merupakan salah satu jasa sebagai perantara pembeli dengan penjual. Dengan adanya rekber, tindak penipuan dapat diminimalisir. Karena uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga tidak langsung sampai ke penjual hingga barang yang kita beli diterima. Oleh karena itu, ada  baiknya gunakanlah rekber untuk melakukan transaksi online, namun kamu tetap harus mencari jasa rekber yang terpercaya.

11. Simpan Bukti Pembayaran, Email serta SMS

Ada baiknya, setelah kamu melakukan transfer uang, simpalah bukti pembayaran tersebut beserta email juga SMS antara kamu dengan penjual. Jadi, Apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti penipuan, maka kamu bisa memberikan bukti tersebut kepada pihak yang berwajib untuk menangani masalah tersebut. 

12. Matikan PC Anda setelah Transaksi

Apabila PC dinyalakan terus, karena bisa saja sudah ada garong yang telah menanamkan malware serta mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi.


Nah, itulah 12 tips agar kamu terhindar dari penipuan ketika belanja online/online shopping.

terima kasih sudah membaca postingan ini,

Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "12 Tips Supaya Terhindar Dari Penipuan Ketika Belanja Online"

  1. Betul banget nih nomer 11 sangat penting sekali menyimpan tanda bukti pembayaran, untuk jaga-jaga andai kata barang tidak sampai bisa jadi barbuk (barang bukti) di kantor pihber (pihak berwajib)...

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel