15 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat dan Tepat

www.ujwar.com - 15 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat dan Tepat

15 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat dan Tepat

Secara tidak langsung, biasanya kita akan mengaitkan rasa cinta ketika membahas masalah cinta, baik itu dalam hal pacaran ataupun pernikahan. Terkadang hubungan asmara yang seperti ini tidak selalu happy ending. Ada hubungan yang berakhir dengan kebahagiaan, bersama-sama sampai ke pelaminan dan hidup rukun hingga tua dan hanya maut memisahkan. Tetapi ada pula yang kandas di tengah jalan, misalnya putus cinta atau perceraian. Ketika kita sedang jatuh dan  terpuruk karena mengalami  perpisahan, akan ada kecenderungan untuk mengisolasi diri yang berusaha untuk melupakan kenangan-kenangan indah yang pernah dilalui bersama pasangan waktu itu.


Tapi pada kenyataanya, ketika rasa cinta itu masih ada terhadapnya, semakin kita berusaha untuk melupakan, maka semakin kuat juga kenangan-kenangan itu menghantui pikiran. Dan biasanya rasa malas dan tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari akan muncul ketika kita sedang frustrasi karena patah hati. Untuk melupakan kenangan-kenangan indah bersama mantan bukanlah perkara yang mudah, butuh proses dan waktu yang cukup lama untuk  bisa melupakannya. Kalau menurut itilah anak zaman now “move on”. Supaya kamu bisa melupakan mantan dengan cepat, mungkin kamu membutuhkan bantuan seseorang, misalnya sahabat. Daripada galau melulu mikirin mantan, lebih baik simak cara melupakan mantan dengan cepat dan tepat di bawah ini : 

1. Jangan terlalu memaksakan untuk melupakan 

Hal pertama kali yang biasanya kita lakukan saat berpisah adalah berusaha melupakan, meski kenangan-kenangan bersama mantan terus teringat. Tetapi lebih baik kamu fokus saja untuk melupakan. Namun, pada saat kamu berusaha untuk melupakan, janganlah terlalu memaksakan untuk lupa dalam waktu yang singkat. Cara melupakan seseorang dengan cepat tetapi tetap adalah berusaha melupakan tetapi tidak juga memaksakan, biarkan mengalir begitu saja. 

2. Hindari sendirian dalam waktu yang lama

Pikiran akan terus berputar mengingat kenangan-kenangan saat bersama dia ketika kita sedang berada dalam kesendirian dan tidak melakukan aktivitas apapun. Tentu hal ini akan membuat kamu susah untuk lupa akannya. Maka dari itu, hindarilah kesendirian dalam waktu yang lama, cobalah lakukan aktivitas yang lebih positif yang bisa membuatmu lupa akan kenangan-kenangan indah itu.

3. Sibukkan diri dengan aktivitas

Cara yang ketiga ini hampir sama dnegan nomor dua. Supaya kamu bisa melupakan mantan dengan cepat, lakukanlah aktivitas-aktivitas yang membuatmu sibuk sehingga tidak ada waktu untuk memikirkannya. Dengan begitu kamu tidak akan dihantui bayang-bayang mantan.


4. Hindari hal-hal yang bisa mengingat mantan

Cara selanjutnya untuk  melupakan seseorang yang kita cintai bisa dengan membuang barang-barang yang pernah di kasih mantan, misalnya kado. Kamu bisa simpan barang tersebut di dalam kardus, disumbangkan, atau bagaimanapun caranya yang penting kamu bisa lupa. Dan satu lagi, jangan biarkan kamu berada dalam situasi yang bisa mengingat-ingat kenangan itu untuk muncul kembali seperti nonton film romantic, mendengarkan lagu-lagu galau, dan sebagainya. 

5. Jangan dihubungi kembali

Ketika kamu sudah putus hubungan dengan mantan, sebaiknya kamu hentikan aktivitas memandangi hape dan melihat chat dengan mantan. Kalau bisa block semua media sosial mantan. Akan lebih baik lagi jika kamu mem-block semua jenis komunikasi yang berhubungan dengan mantan misalnya SMS dan telepon (ganti kartu). Jika dia menyapa, abaikan saja.

6. Batasi interaksi

Apabila mantanmu adalah teman sekelas, teman seorganisasi, teman kuliah, atau bahkan teman kerja, sebaiknya kamu membatasi interaksi dengannya, berkomunikasi seperlunya saja. Dengan begitu kamu akan lebih mudah  untuk melupakan kenangan-kenangan saat bersamanya di masa lalu.


7. Curhat ke sahabat terdekat

Cara yang selanjutnya adalah mengobrol kepada sahabat tentang apa yang kamu alami dalam hal cinta. Karena mau tidak mau kamu harus mempunyai seseorang yang bisa membantumu untuk lupa terhadap kenangan-kenangan indah bersama mantan. 

8. Berinteraksi dengan orang baru

Nah, langkah atau cara yang selanjutnya adalah dengan berinteraksi bersama orang baru. Jangan takut, karena dengan cara ini kamu bisa lebih relax dan bisa juga mencari jodoh yang baru. Sehingga pikiranmu tidak terpacu pada kenangan-kenangan masa lalu itu.

9. Buang atau Hibahkan Pemberian Mantan

Seperti yang sudah dibahas pada nomor lima, segala pemberian mantan seperti kado dan sebagainya sebaiknya simpan di dalam kardus, atau jika masih layak untuk disumbangkan sebaiknya disumbangkan saja. Selain bisa membuatmu lupa kepada mantan, hal ini juga akan menjadi ladang pahala nanti di akhirat.


10. Mencari Kesibukan atau Kegiatan

Cara yang berikutnya adalah dengan melakukan kegiatan lain yang belum pernah kamu lakukan pada saat berhubungan dengannya, karena kamu terlalu fokus pada pacar. Kamu bisa menyalurkan hobi atau bakat sehingga kamu akan lupa pada mantan dan hidup bahagia. Hahaha :D

11. Main Bareng Sahabat

Sepatah apa pun hatimu, seburuk apa pun kondisimu, percaya deh, sahabat pasti yang menjadi tujuan akhir untuk kamu bercerita tentang pahitnya cinta, hehe :D 

Ketika kamu sedang patah hati, cobalah ajak sahabat untuk bermain, karena sahabat yang benar-benar sahabta akan membuatmu lebih tenag dan membantumu untuk cepat move on.

12. Jangan Mendengarkan Lagu Sedih

Haduh, sedang patah hati dengerin lagu-lagu galau? Bukannya lupa malah inget kembali deh sama mantan. Nah, tips supaya kamu cepat lupa kepada mantan salah satunya adalah tidak mendengarkan lagu-lagu sedih, karena hal tersebut dapat membuatmu kembali mengenang hal-hal yang pernah dilakukan bersama pada waktu itu.


13. Cari Lagu yang bisa membuat move on

Daripada dengerin lagu-lagu sedih yang akan membuatmu otomatis menjadi memikirkannya lagi, lebih baik kamu mendengarkan lagu-lagu yang bisa membuatmu bangkit. Misalnya lagu-lagu dangdut yang bisa membuatmu goyang senang, hehe :D

14. Ikhlas, Rela, dan Sadar

Jika sebenarnya kamu dan pasanganmu itu memang tidak ditakdirkan berjodoh, maka kamu harus ikhlas, rela dan sadar bahwa dia memang jodoh yang diberikan oleh tuhan untukmu.

Dengan begitu kamu tidak akan terlalu memikirkannya, justru kamu akan berusaha lebih lagi untuk memantapkan diri sampai menemukan jodoh yang ditakdirkan oleh tuhan.

15. Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta/ Beribadah

Nah, cara terakhir adalah dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta, mintalah petunjuknya, dan berdoalah agar kamu bisa berhasil dalam masalah asmara. Karena Allah sebaik-baiknya untuk meminta dan memohon. Allah tidak akan membiarkan hambanya bersedih dalam waktu yang cukup lama.


Itulah cara atau tips agar bisa melupakan mantan dengan cepat dan tepat. Jadi jangan bersedih ya, jika  kamu putus dengan pasanganmu. Berhusnudzanlah, mungkin itu bukan jodoh yang tepat untuk kita.

Selamat menjalani hidup, semoga artikel ini bermanfaat

1 Komentar untuk "15 Cara Melupakan Mantan dengan Cepat dan Tepat"

  1. Wah bener banget nih kak, denan menyibukkan diri kita bisa perlahan lupa dengan mantan :D

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel