17 Cara Merawat Smartphone yang Efektif Supaya Awet

www.ujwar.com – 17 Cara Merawat Smartphone yang Efektif Supaya Awet

17 Cara Merawat Smartphone yang Efektif Supaya Awet

Jika kamu tidka ingin smatphone yang kamu miliki rusak, maka kamu wajib mengetahui cara merawatnya. Sekarang ini teknologi sudah tidak bisa diragukan lagi, sudah berkembang dengan sangat pesat. Alat komunikasi semacam smartphone ini sangat digemari oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Alasan kenapa banyak orang menggunakan dan memiliki smartphone salah satunya karena simple dan praktis.  Meski begitu, jika smartphone tidak dirawat dengan baik maka akan cepat rusak. Padahal harganya cukup mahal, sampai-sampai menguras isi dompet. Nah, apabila kamu tidak menginginkan hal seperti itu pada smartphone, maka kamu wajib membaca 19 cara merawat smartphone yang efektif supaya awet di bawah ini, karena cara ini snagat mudah dilakukan oleh siapa pun dan kapan pun.  


1. Jaga Kebersihan

Cara yang pertama untuk merawat smartphone adalah denga menjaga kebersihannya. Bersihkan smartphone secara berkala, dari debu ataupun dari apapun itu. Jangan malas untuk membersihkannya jika ingin smartphonemu awet. Karena smartphone yang bersih akan nyaman pula ketika dipakai. Sangat banyak sekali untuk cara membersihkannya, salah satu caranya kamu bisa menggunakan tisu kering atau tisu berakhol. Namun ingat, jangan pernah menggunakan tisu basah, dengan air, atau dengan yang dapat menyebabkan kerusakan. 

2. Pelindung Layar dan Cassing

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan pelindung layar atau cashing. Cara ini berfungsi untuk menghindari oresan atau benturan yang bisa merusak smartphone, dengan begitu keruskaan tersebut  bisa kita cegah dengan menggunakan pelindung tersebut. Maka dari itu, sebaiknya kita menyisihkan sedikit uang jajan unuk membeli pelindung layar dan cashing supaya tidak berakibat fatal apabila smartphone terbentur. 

3. Simpan di Tempat Aman

Maksud tempat aman di sini adalah tempat dimana smartphone tidak akan jatuh ataupun terinjak oleh orang. Sebaiknya kamu memiliki tempat untuk menyimpan smartphone, karena selain aman cara ini juga dapat menghindari dari kemungkinan lupa meletakannya. 

4. Baterai

Batrei merupakan bagian vital dari smartphone. Karena baterailah yang menghantarkan daya kepada smartphone sehingga bisa digunakan. Kamu harus memastikan bahwa batre dalam keadaan kering. Maka dari itu supaya vatrei tetap kering, hindarilah untuk emmbawa ketempat-tempat yang basah, mislanya toilet, kolam renang, atua pantai.


5. Isi Daya Sesuai Keperluan

Cara yang selanjutnya supaya smartphone awet adalah dengan tidak sembarangan mengisi dayanya. Lebih baik lakukan pengisian secara berkala, misalnya pagi-pagi, siang, dan malam. Hal ini bertujuan agar daya tahan baterai menjadi lebih lama.

6. Body

Cara yang berikutnya ini berlaku untuk para pengguna smartphone yang tidak memiliki lisensi IPx5 ataupun IPx6 berupa sertifikasi anti air, debu dan banting. Dengan begitu kamu harus hati-hati jika smartphone mengalami kerusakan. 

7. Software

APabila kamu menginginkan smartphone awet, salah satu caranya adalah dengan menginstal software. Namun, kamu juga wajib memperhatikan seberapa kuat smartphone menampung software. Karena apabila smartphone menampung software yang terlalu banyak akan berakibat pada sistem operasinya yang melambat (lemot). Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menginstal software, karena dapat mengakibatkan juga virus masuk.

8. Keyboard dan Tombol

Apabila keyboard dan tombol digunakan terlalu lama, itu akan mengakibatkan penurunan pada fungsinya. Maka dari itu, hindarilah penggunaan yang terlalu lama.


9. Speaker dan Kamera

Cara untuk menjaga speaker dan kamera pada smartphone cukup simple dan mudah. Untuk speaker supaya awet, gunakan saja seperlunya. Dan untuk kamera hindari goresan pada lensanya. Maka dengan begitu speaker dan kamera pada smartphone akan lebih awet. 

10. Restore dan Backup

Cara ini berguna untuk menjaga data-data yang penting. Kamu juga tidak perlu repot-repot membackupnya secara berkala. Meskipun nantinya terjadi kerusakan pada smartphone, namun selurih data-data tetap akan terlindungi.   

11. Restart

Supaya sistem jaringan pada smartphone tetap segar dan berjalan dengan normal dan lancar, restarlah smartphone setidaknya dua kali dalam sehari.

12. Anti Virus

Menggunakan anti-virus sangat disarankan untuk digunakan, karena dapat emmbantu mencegah masuknya virus pada smartphone. Lakukan pengupdatean ini secara teratur. Virus bisa masuk dnegan cara apa saja, mislanya dengan melaui jaringan internet saja, virus bisa dengan mudahnya masuk, baik itu melalui file ataupun melalui bluetooth.


13. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Penting

Gunakanlah aplikasi yang diperlukan saja, karena terlalu banyak aplikasi apalagi aplikasi tersebut jarang digunakan, akan mengakibatkan tingkat kecepatannya melemah. Supaya tidak terjadi hal seperti itu, maka lebih baik kamu membuang aplikasi yang tidak terlalu penting itu.

14. Charger Bawaan

Usahakan selalu menggunakan charger bawaannya ketika akan mengisi daya. Karena charger yang berasal dari pabriknya akan menghantarkan daya sesuai yang sudah ditentukan. Dengan begitu kita juga sekaligus menjaga ketahanan daya dari baterianya supaya tidak  cepat rusak (lo-bat).

15. Game

Apabila smartphone yang kamu miliki bukan didesain untuk game, maka kamu jangan terlalu lama menggunakannya untuk bermain game. Karena jika terlalu sering memainkan game dalam waktu yang lama pada smartphone yang buka didesain untuk game akan mengakibatkan processor dan RAMnya rusak. Kamu tidak mau kan terjadi hal seperti ini?

16. Scanning Jika RAM Penuh

Apabila RAM pada smartphone sudah penuh, maka aplikasi yang tengah berjalan pun akan terasa berat, serta tingkat kecepatan pada smartphone pun akan berkurang (lemot). Supaya tidak terjadi hal seperti itu, kamu harus  menormalkannya yaitu dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang sedang berjalan.


17. Perbarui Aplikasi

Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan, yaitu mengupdate atau memperbarui aplikasi minimal satu minggu sekali. Biasanya pemberitahuan ini akan muncul setiap aplikasi yang harus diperbarui. Namun apabila smartphonemu sedang terhubung dengan jaringan wifi, maka apliaksi tersebut biasnaya akan terupdate secara otomatis. 

Nah, itulah cara merawat smartphone yang efektif supaya awet. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini. 

Selamat mencoba!



1 Komentar untuk "17 Cara Merawat Smartphone yang Efektif Supaya Awet"

  1. Oh jadi gitu ya kalau me-charger handphone harus teratur, agar baterainya tidak mudah rusak

    BalasHapus

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel