17 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan

www.ujwar.com - 17 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan                                                         
17 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan
Batutimes.com

Ketika hujan turun, maka udara semakin dingin sehingga dapat menurunkan kondisi kesehatan seseorang. Lantaran pada musim hujan banyak virus serta bakteri berkembang biak dan menginfeksi manusia. Jangan sampai aktivitas juga pekerjaan anda terganggu karena penyakit langganan di musim hujan seperti flu, batuk, masuk angin, juga diare.

Namun jangan khawatir, ternyata ada banyak hal lho yang dapat anda lakukan untuk bisa terhindar dari penyakit musiman. Supaya anda kamu tidak mudah sakit ketika musim hujan, berikut 17 tips mencegah penyakit pada saat musim hujan, yuk simak ulasannya:  

1. Selalu Membawa Payung Atau Jas Hujan

casciscus.com

Kedua benda tersebut sangat penting sekali untuk dibawa ke mana pun anda pergi apalagi ketika musim hujan. Walaupun pagi hari matahari terlihat sangat cerah, tapi anda tidak akan tahu cuaca sore hari. Kemungkinan anda bisa terjebak hujan hingga malam karena menganggap tidak akan turun hujan pada hari itu.

2. Konsumsi Makanan Sehat

deherba.com

Ketika musim hujan, suhu menjadi lebih rendah, tubuh juga memerlukan banyak kalori untuk menghangatkan tubuh. Tidah hanya itu, tubuh juga sangat perlu banyak asupan nutrisi untuk mencegah dari terserangnya penyakit. terapkanlah yang satu ini dengan memperbanyak makan makanan yang kaya akan vitamin C juga antioksidan karena dapat menguatkan imun tubuh.

3. Cuci Tangan Dengan Sabun

merdeka.com

Tips yang satu ini juga tidak kalah penting. Anda mungkin memiliki kebiasaan buruk tidak mencuci tangan saat ingin melakukan apa pun, dan hal tersebutlah yang mesti diubah. Tangan merupakan tempat bersarangnya virus serta bakteri, bisa saja anda terserang flu akibat dari tidak menjaga kebersihan tangan. Apbila tidak sempat untuk cuci tangan, bawalah hand sanitizer ke mana pun.

4. Minum Air Bersih Dan Sesekali Teh Herbal

doktersehat.com

Dengan banyak minum air putih dapat membantu detoks tubuh dari racun serta menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain itu, sangat penting untuk anda memastikan bahwa air yang diminum bersih dan matang. Bahkan minum teh herbal juga baik untuk menguatkan serta menghangatkan tubuh, terlebih lagi diminum setelah kehujanan.

5. Jaga Kebersihan Lingkungan

Gaya hidup - inilah.com

Pada saat musim hujan, badan anda rawan sekali terhadap berbagai penyakit. Biasanya apabila hujan sangat deras, maka akan membawa sampah dari berbagai tempat dan terkadang juga mengendap di halaman rumah, ini dapat membawa penyakit. Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan saat sedang musim hujan dengan membersihkan rumah serta lingkungan sekitar untuk mencegah penyakit bersarang.

6. Asupan Vitamin C

MxLiving.com

meningkatkan asupan Vitamin C dalam suplemen bahkan dalam bentuk alami untuk mencegah virus flu dapat menjadi tips musim hujan yang sangat mudah. Mendapatkan vitamin C yang baik seperti dari jeruk, gojiberry, ceri, kiwi, juga bawang putih dikenal sebagai obat yang umum untuk mengatasi flu juga meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah kering alami dengan kandungan Vitamin C juga bisa membantu mengobati banyak masalah kesehatan umum seperti diabetes, demam, tekanan darah tinggi, serta masalah mata terkait usia. Makanan-makana tersebut bisa dimakan mentah, setelah dimasak, atau bahkan dikeringkan dan biasa digunakan dalam smoothie, teh herbal, obat-obatan, dan jus.


7. Hindari Makan di Luar

koran Jakarta

Mungkin tips yang satu ini cukup sulit untuk dilakukan  bagi anda yang suka makan di pinggir jalan. Mulai dari sekarang cobalah untuk menghindari makan makanan di pinggir jalan, terutama ketika musim hujan. Anda perlu menambahkan lebih banyak makanan bergizi dalam menu makan anda untuk menghindari kontaminasi. Apalagi makan makanan yang dimasak di rumah dalam keadaan masih panas sangat dianjurkan selama musim hujan yakni untuk mencegah batuk, pilek ataupun penyakit lainnya.

8. Hindari Dinding Basah

EDUPAINT

Perlu Anda ketahui bahwa dinding basah merupakan tempat berkembang biaknya jamur yang tentunya dapat menyebabkan banyak alergi serta memicu asma. Maka dari itu hindarilah mendekati dinding yang basah.

9. Penolak Serangga

katasapa.com

Mungkin tips yang berikut ini sudah sering anda dengar, bukan? Biasanya jumlah nyamuk dan serangga akan meningkat ketika musim hujan. Untuk mencegah dari gigitan nyamuk dan tetap aman dari gigitan serangga lainnya, dianjurkan untuk menggunakan penolak serangga ringan. Manfaatkan kelambu untuk mencegah malaria, penyakit ini merupakan penyakit paling umum selama musim hujan. Jauhi juga air yang tergenang, karena air yang tergenang dikenal sebagai tempat berkembang biaknya nyamuk.


10. Gunakanlah Pakaian Hangat


butik - fashion.com

Ketika dingin karena hujan, pakailah pakaian yang hangat atau pakaian tebal untuk menjaga tubuh anda tetap hangat serta mencegah tubuh dari kedinginan. Menerapkan tips satu ini juga penting apabila anda akan pergi ke luar rumah.

11. Hindari Menyentuh Wajah Anda

Anggi Putri

Ternyata menyentuh mata dan wajah anda akan meningkatkan risiko infeksi, karena tangan anda mungkin sudah terkontaminasi oleh bakteri atau virus ketika musim hujan. Usahakanlah untuk tidak menyentuh wajah, sekalipun bagian wajah yang gatal. Jika ingin menyentuh wajah, cucilah tangan terlebih dahulu hingga bersih.

12. Mandi Dengan Sabun Antiseptik

Senacho - wordpress.com

Jika hujan terus menerus turun setiap hari, yang harus anda lakukan yakni segera mandi dengan menggunkan air hangat juga memakai sabun antiseptik. Mandi dengan memakai air hangat bisa menghangatkan tubuh yang kedinginan serta mampu menyingkirkan semua kuman.

Sedangkan fungsi dari sabun antiseptik itu yakni dapat membantu tubuh anda terhindar dari risiko terkena penyakit oleh serangan kuman atau bakteri tidak terlihat. Sabun antiseptik juga bisa membersihkan serta melindungi kulit anda agar terasa higienis juga bersih.


13. Jaga Kualitas Tidur

Gatos Imagenes

Untuk tips selanjutnya yang harus anda lakukan yakni menjaga kualitas tidur. Karena tidur yaitu waktu di mana tubuh dapat memulihkan seluruh organ setelah beraktivitas seharian. Sebisa mungkin anda harus tidur tepat waktu. Untuk anak usia 3-5 tahun, waktu tidur yang ideal yakni antara 10-13 jam sehari. Untuk remaja 14-17 tahun waktu tidur yang ideal yakni antara 8-10 jam sehari. Dan untuk orang dewasa waktu tidur yang ideal yakni antara 7-9 jam.

14. Olahraga

Tribun kaltim - tribunnews.com

Selama musim hujan, aktivitas olah fisik terbukti memperkuat sistem imun tubuh lho. Olahraga merupakan cara sederhana yang dapat anda lakukan dan dapatkanlah berbagai manfaatnya. Ada baiknya anda meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga mengeluarkan keringat.

Lakukanlah latihan fisik seperti jogging ataupun bersepeda selama 30 menit, itu sudah cukup kok. Usahakan 5 kali dalam seminggu, hal tersebut dapat berfungsi untuk menangkal serangan penyakit serta mengaktifkan sel darah putih.

15. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Hello Sehat

Makanan berserat tinggi ternyata juga bisa membantu mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat juga melindungi tubuh dari infeksi flu serta pencernaan. Konsumsilah makanan yang mengandung serat tinggi seperti pisang, pir,  alpukat, apel, wortel, brokoli, bayam juga makanan berserat tinggi lainnya.

16. Kenakan Alas Kaki dengan Baik

Tribunnews.com

Cacing dan jamur bisa masuk ke tubuh melalui kaki, jadi selalu pakai alas kaki dengan benar ketika anda akan keluar rumah. Juga pastikan kaki anda selalu dalam keadaan bersih juga menggunakan sandal yang bersih. Perlu anda perhatikan jika sepatu basah akibat kehujanan, maka anda harus selalu siapkan sandal di kantor. Kenakanlah alas kaki seperti sandal jika anda akan keluar rumah ketika hujan.

17. Tutup Mulut Anda Saat Bersin

detik health

Apbila disekitar anda banyak orang atau anda sedang berada di kantor, tutupi mulut juga hidung anda menggunakan kertas tisu, sapu tangan, ketika anda akan bersin atau batuk. Tips menjaga kesehatan di musim hujan tersebut bisa mengurangi penyebaran virus juga bakteri.

Nah iyulah 17 tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah tubuh dari terserangnya penyakit ketika musim hujan. Selamat mencoba.

“Kesehatan selalu tampak berharga setelah kita kehilangannya.”  -Jonathan Swift-

Terima kasih sudah membaca postingan ini. 

Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "17 Tips Mencegah Penyakit di Musim Hujan "

Posting Komentar

Berkomentar dengan baik ya. Ditunggu masukan yang membangun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel